Jambi

12 Tempat Wisata di Sungai Penuh Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Terbaik di Sungai Penuh, Jambi. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits untuk Anda Kunjungi Ketika Memiliki Rencana Liburan.

Sekilas memang Sungai Penuh belum terlalu familiar di telinga. Sungai Penuh merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jambi. Kabupaten Sungai Penuh dikelilingi oleh bukit hijau dan lembah kerinci yang terbilang subur. Tak heran jika Sungai Penuh menjadi kabupaten dengan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Ada beragam tempat wisata menarik yang ada di Sungai Penuh diantaranya wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata religi. Lalu apa destinasi wisata yang ada di Sungai Penuh? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Bukit Khayangan

Bukit Khayangan

Image Credit: Jambiupdate.co

Tempat wisata pertama yang ada di Sungai Penuh wajib Anda kunjungi adalah bukit Khayangan. Bukit Khayangan menyajikan view rangkaian bukit barisan yang mempesona. Bukit Khayangan letaknya memang jauh dari pusat kota Jambi namun, keindahan alamnya tentu tak menyurutkan semangat Anda untuk mengunjungi tempat ini.

Bukit Khayangan memiliki ketinggian sekitar 2000 mdpl dengan suhu mencapai 20 derat celcius. Bukit yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat ini terletak di Desa Binakarya, Sungai Penuh serta memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti saung, gazebo, toilet, area parkir yang luas dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Renah Kayu Embun, Kab. Kumun Debai, Kota Sungai Penuh.

2. Bukit Sentiong

Bukit Sentiong

Image Credit: Dananwahyu.com

Selain bukit Khayangan, ada satu lagi bukit dengan panorama alam yang indah yakni bukit Sentiong. Bukit Sentiong merupakan tempat yang menjadi favorit untuk menikmati senja di sore hari apalagi hampir seluruh wilayah kota Sungai Penuh bisa terlihat jelas dari atas bukit. Bukit akan semakin rame ketika sore atau malam hari.

Bukit Sentiong ini berada di pinggir kota Sungai Penuh dengan jarak yang sangat dekat dengan pusat kota. Hanya dengan jarak tempuh selama 5 menit Anda sudah sampai di lokasi bukit Sentiong.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tebo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Sungai Akar, Desa Pelayang Raya, Kec. Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh.

3. Aroma Pecco

Aroma Pecco

Image Credit: Tempatwisata.pro

Aroma Pecco merupakan hamparan kebun teh yang berada di Desa Bedeng Delapan Kayu Aro atau sekitar 50 km dari pusat kota Sungai Penuh. Di Aroma Pecco Anda bisa menikmati pemandangan alam berupa hijaunya kebun teh yang membentang luas ditambah dengan kokohnya gunung Kerinci yang terlihat sangat jelas.

Puas menikmati sejuknya suasana kebun teh, Anda bisa melihat danau yang penuh dengan ikan. Fungsi danau ini tak lain sebagai wadah penampung air hujan di zaman penjajahan Belanda. Tak perlu khawatir fasilitas di tempat ini cukup lengkap seperti adanya dermaga, pondokan, hingga area parkir yang luas.

Lokasi: Pondok Tinggi, Kec. Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh.

4. Air Panas Semurup

Air Panas Semurup

Image Credit: Harimaukerinci.wordpress.com

Berkunjung ke Sungai Penuh tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi air panas Semurup. Sumber air panas yang berjarak sekitar 11 km dari pusat kota Sungai Penuh ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Air panas Semurup ini merupakan air yang berasal dari aktivitas vulkanik gunung Kerinci yang masih aktif.

Lokasi: Jl. Wisata Air Panas Semurup No. 1, Koto Baru Semurup, Kec. Air Hangat, Kab. Kerinci.

5. Danau Kaca

Danau Kaca

Image Credit: Kumparan.com

Danau Kaca merupakan danau yang memiliki warna air yang kebiru-biruan dan sangat jernih. Danau memiliki luas sekitar 900 meter persegi dengan kedalaman yang belum terukur pasti. Ada banyak sekali mitos yang menyelimuti danau Kaca. Meski begitu, danau Kaca tetap dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Lokasi: Dusun Baru Lempur, Kec. Gunung Raya, Kab. Kerinci.

6. Air Terjun Pendung

Air Terjun Pendung

Image Credit: Tempatwisata.pro

Air terjun Pendung berada di Desa Pendung, kecamatan Air Hangat atau berjarak 10 km dari pusat kota Sungai Penuh. Lokasi air terjun selalu dipadati oleh pengunjung yang penasaran dengan keindahan alam air terjun Pendung. Untuk sampai ke lokasi, Adna harus berjalan kaki sekitar satu jam dari area parkir dengan melewati perkebunan warga setempat, hutan, dan sungai kecil.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tanjung Jabung Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Pendung Mudik, Kec. Air Hangat, Kab. Kerinci.

7. Taman Bunga Puti Senang

Taman Bunga Puti Senang

Image Credit: Tanziaberbagiinformasi.blogspot.com

Taman bunga Puti Senang merupakan sebuah taman yang tidak jauh dari pusat kota. Akses menuju taman juga sangat mudah Anda bisa menggunakan kendaraan jenis apapun. Di taman ini Anda bisa menyaksikan cantiknya beragam bunga yang ada serta sejuknya hawa taman.

Lokasi: Talang Lingdung, Kec. Sungai Penuh, Kota Sungaipenuh.

8. WTC Koto Beringin

WTC Koto Beringin

Image Credit: Twitter.com @Afrizaldesa

Ingin menikmati suasana ala pedesaan juga bisa Anda temui di kota Sungai Penuh. Ada satu tempat wisata yang menyajika wisata keluarga ala pedesaan yakni WTC Koto Beringin. Tempat wisata yang berada di Desa Koto Beringin, Kecamatan Hamparan Rawang ini sangat pas untuk Anda yang membutuhkan ketenangan. Terlebih di tempat ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan hamparan persawahan yang hijau dan luas.

Lokasi: Koto Beringin, Kec. Hamparan Rawang, Kota Sungai Penuh.

9. Wisata Bukit Tapan

Image Credit: Trepelin.com

Karena dikelilingi oleh bukit dan lembah tak heran jika banyak sekali bukit yang bisa Anda temui di kota Sungai Penuh ini. Salah satu bukit yang menawarkan keindahan alamnya adalah bukit Tapan. Dari atas bukit Anda bisa menikmati sekaligus melihat secara jelas wilayah kota Sungai Penuh dan indahnya perbukitan dan banyaknya pepohonan yang rindang. Akses menuju tempat ini juga cukup mudah, kendaraan jenis apapun bisa masuk ek kawasan ini.

Lokasi: Koto Renah, Kec. Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh.

10. Bukit Simancik

Bukit Simancik

Image Credit: Kumparan.com

Masih seputar wisata alam perbukitan di Sungai Penuh. Bukit Simancik merupakan bukit yang berada di Dusun Sungai Jeruang, Desa Sungai Jernih, Sungai Penuh. Meski terbilang tempat wisata yang baru namun, bukit Simancik seolah menghipnotis para pengunjung sehingga di akhir pekan banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bungo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Kini bukit Simancik pun sudah dikelola dengan baik oleh organisasi kepemudaan Dusun Sungai Jeruang. Berkat pengelolaan ini, Bukit Simancik bisa digunakan untuk tempat wisata sekedar melepas penat dari rutinitas pekerjaan. Meski sudah dikelola, fasilitas masih minim dan akses menuju lokasi ini masih sedikit sulit sehingga mengharuskan pengunjung untuk berjalan kaki agar sampai ke lokasi bukit Simancik.

Lokasi: Desa Sungaijernih, Kec. Sungai Penuh, Kota Sungaipenuh.

11. Kolam Renang Bruna

Image Credit: Hoteljayawisata.com

Puas dengan wisata alam, Anda bisa menikmati akhir pekan dengan mengunjungi kolam renang Bruna. Tempat ini sangat pas sebagai tempat wisata keluarga. Anda bisa mengajak keluarga Anda untuk berenang atau melakukan aktivitas lainnya yang ada di kawasan kolam rennang Bruna. Kolam renang Bruna berada di pusat kota tepatnya di Desa Talang Lindung, kecamatan Sungai Penuh.

Lokasi: Talang Lindung, Kec. Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh.

12. Wisata Sejarah Ala Sungai Penuh

Wisata Sejarah Ala Sungai Penuh

Image Credit: Kerinciinspirasi.blogspot.com

Sungai Penuh dikenal sebagai kota sejarah mengingat banyak sekali peninggalan bersejarah yang ada di kota ini. Tercatat Sungai Penuh merupakan salah satu pusat peradaban kehidupan era prasejarah serta menjadi pusat peradaban kebudayaan melayu tua. Tak heran jika banyak sekali dokumen atau naskah kuno yang berada di kota ini.

Selain itu, ada beberapa rekomendasi tempat wisata bersejarah yang ada di Sungai Penuh diantaranya adalah Batu Gong Nenek Betung, Batu Sorban, Tabuh, Tulisan Incong, Tabuh Larangan, Masjid Agung Pondok Tinggi, dan masih banyak tempat bersejarah lainnya.

Lokasi: Desa Koto Beringin, Kec. Kumun Debai, Kota Sungai Penuh.

Itulah 12 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Sungai Penuh. Sungai Penuh memang daerah yang belum begitu populer namun, menyimpan potensi wisata yang sangat luar biasa. Alamnya yang masih alami disertai dengan pengeloaan yang tepat membuat tempat wisata Sungai Penuh sangat direkomendasikan sebagai tempat untuk Anda menghabiskan waktu di musim liburan. Selamat berlibur dan menikmati akhir pekan bersama keluarga.