Sumatra Barat

10 Tempat Wisata di Tanah Datar Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Terletak di provinsi Sumatera Barat, Tanah Datar menawarkan banyak sekali pilihan destinasi wisata untuk Anda eksplor ketika berlibur. Anda bisa menemukan pemandangan indah, cagar budaya, wisata sejarah, dan makanan tradisional yang menarik dan masih terjaga baik di Tanah Datar.

Berikut 10 tempat wisata di Tanah Datar yang menarik dan terhits dikunjungi wisatawan.

1. Wisata Istana Pagaruyung/Istana Basa

Wisata Istana Pagaruyung Istana Basa

Image Credit: Jendelakecildunia.com

Istana Pagaruyung atau biasa disebut Istana Basa terletak di kota Batusangkar. Awalnya istana merupakan kediaman bagi keluarga kerajaan Pagaruyung, namun saat ini sudah diubah menjadi tempat wisata. Berbentuk rumah gadang, istana ini memiliki 3 tingkat dengan ukiran dinding dan langit-langit serta kain-hiasan yang indah decak kagum setiap pengunjung.

Di Lantai satu Anda dapat menemukan Anjuang yaitu tempat untuk raja bermeditasi, bermusyawarah, sekaligus kamar tidur bagi permaisuri. Selain itu ada kamar anak raja sebanyak 7 tempat, dengan ruangan tengah berisi singasana Bunda Kanduang untuk mengawasi tamu. Peninggalan kerajaan juga ditampilkan di etalase.

Lantai dua berisi ruangan kosong untuk anak perempuan raja yang belum menikah, Anda dapat menikmati keindahan bukit hijau di bagian belakang. Di lantai 3 merupakan tempat penyimpanan alat kebesaran raja. Anda juga bisa menyewa pakaian adat Minangkabau untuk berfoto sebagai oleh-oleh.

Lokasi: Jl. Sutan Alam Bagagarsyah, Pagaruyung, Kec. Tanjung Emas, Kab. Tanah Datar.

2. Bukit Aua Sarumpun

Bukit Aua Sarumpun

Image Credit: Pramtsncandung.wordpress.com

Bukit Aua Sarumpun menyajikan tanah lapang berupa hamparan ilalang dengan tinggi sepinggang orang dewasa. Dari sini Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Singgalang, Marapi, dan Sago. Pemandangan yang indah dan menakjubkan membuat Anda tak ingin beranjak dari bukit.

Anda juga dapat menikmati sore dan matahari terbenam dengan suguhan pemandangan bukit berlapis dan Danau Singkarak. Untuk sampai lokasi Bukit Aua Sarumpun, Anda memang harus menempuh perjalanan yang cukup terjal dengan jalan yang belum halus dan becek, namun semua akan sebanding dengan keindahan pemandangan yang didapat.

Lokasi: Iii Koto, Kec. Rambatan, Kab. Tanah Datar.

3. Cagar Budaya Batikam

Cagar Budaya Batikam

Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Cagar Budaya Batikan atau biasa disebut Batu yang tertusuk, merupakan lokasi bersejarah di Nagari Lima Kaum, tepatnya di Jurung Dusun Tuo Tanah Datar. Batu Batikan sendiri merupakan benda cagar budaya berupa batu dengan bekas tusukan ditengah, yang menurut sejarah merupakan bekas tusukan keris Datuak Parpatiah Nan Sabatang.

Batu Batikan merupakan bukti adanya Kerajaan Minangkabau di zaman Neolitikum. Batu ini melambangkan pentingnya musyawarah dan perdamaian di Minangkabau. Lokasi cagar budaya ini memiliki luas 1.800 m, yang sebelumnya pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat musyawarah kepala suku atau medan nan bapaneh.

Lokasi: Jorong Dusun Tuo, Kec. Nagari Lima Kaum, Kab. Tanah Datar.

4. Benteng Van Der Capellen

Skip to main content Skip to toolbar About WordPress Andalas Tourism 81 WordPress Update, 3 Plugin Updates, 4 Theme Updates 00 Comments in moderation Theme Options New Performance SEO Howdy, Admin Log Out WordPress 5.4 is available! Please update now. Leave A Review? We hope you've enjoyed using LoginPress! Would you consider leaving us a review on WordPress.org? Sure! I'd love to! I've already left a review Maybe Later Never show again Add New Post Add title Permalink: https://www.andalastourism.com/10-tempat-wisata…-hits-dikunjungi ‎ Word count: 1079 Draft saved at 2:17:13 pm. Default sideLeftRight Preview (opens in a new tab) Status: Draft Edit Edit status Visibility: Public Edit Edit visibility Publish immediately Edit Edit date and time Purge from cache Move to Trash All Categories Most Used Aceh Bangka Belitung Bengkulu Jambi Kepulauan Riau Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara + Add New Category Add New Tag Separate tags with commas Tempat Wisata Tanah Datar Click the image to edit or update Remove featured image UPGRADE TO PRO VERSION Preview Snippet 10 Tempat Wisata di Tanah Datar Terbaru & Paling Hits Dikunjungi - Andalas Tourism https://www.andalastourism.com/?p=1573 Title characters. Most search engines use a maximum of 60 chars for the title. Description characters. Most search engines use a maximum of 160 chars for the description. Custom Canonical URL NOINDEX this page/post NOFOLLOW this page/post Disable on this page/post Thank you for creating with WordPress. Get Version 5.4 Link inserted. No results found. Add Media Actions Filter Media Filter by type Filter by date Search Media list Attachment Details Benteng-Van-Der-Capellen.jpg April 22, 2020 77 KB 750 by 450 pixels Edit Image Alt Text Describe the purpose of the image (opens in a new tab). Leave empty if the image is purely decorative. Title Caption Description Copy Link Smush 11 images reduced by 3.4 KB (2.6%) Image size: 77.1 KB View Stats Required fields are marked * Compress image Prioritize maximum compression Prioritize retention of detail Custom Maximum compression Best image quality Show advanced options WP-Optimize image settings Attachment Display Settings Alignment Link To Size Selected media actions 1 item selected

Image Credit: Pagaruyungtour.blogspot.com

Benteng ini merupakan peninggalan Belanda, berada di kota Batusangkar. Mengunjungi lokasi ini akan memmbuat Anda mengetahui sejarah panjang Benteng Van Der Carpellen yang tidak lepas dari perang antar kaum agama dan adat pada tahun 1821, perang Padri. Belanda membangun benteng ini tahun 1822 untuk membantu kaum adat dengan syarat kepala penghulu dan pemerintah kerajaan Pagaruyung diserahkan ke Belanda.

Nama Van Der Capellen sendiri berasal dari nama Gubernur Jendral Belanda saat itu. Hingga saat ini benteng masih berdiri kokoh dan terjaga. Anda dapat menemukan lapangan disebelah benteng untuk bermain. Di bagian depan terdapat dua meriam peninggalan Belanda dengan tulisan VOC.

Lokasi: Baringin, Kec. Lima Kaum, Kab. Tanah Datar.

5. Danau Singkarak

Danau Singkarak

Image Credit: Jejakpiknik.com

Anda mungkin akan berdecak kagum ketika menikmat pesona wisata terindah di Tanah datar, Danau Singkarak ini. Memiliki luas 107.8 km, danau ini disebut sebagai danau terindah dan terluas kedua di Sumatera setelah Danau Toba.

Terdapat beberapa spot yang bisa Anda pilih untuk menikmati keindahan Danau Singkarak, yaitu di puncak pulau, puncau bukit Aua Sarumpun, Puncak Gobah Aripan, Puncak Cinangkiak, dan puncak Akasia.

Lokasi: Malalo, Kec. Batipuh Selatan, Kab. Tanah Datar.

6. Masjid Raya Rao-Rao

Masjid Raya Rao-Rao

Image Credit: Wikipedia.org

Masjid Raya Rao-Rao adalah salah satu masjid tertua di Indonesia, terletak di Sungai tarab, tepatnya di Jalan Raya Lintas Batusangkar-bukittinggi. Masjid ini memiliki luas 16×16 m dengan gaya arsitektur paduan antara Minangkabau, Italia, Belanda, dan Persia.

Masjid Rao-rao termasuk salah satu cagar budaya yang didirkan dari tahun 1892 dan selesai pada tahun 1916. Anda dapat menikmati keindahan cagar budaya ini dengan segala arsitekturnya, selain itu Anda bisa mencicipi Sambal Lado Tulang yang terkenal dan disebut sambal paling enak di daerah ini.

Lokasi: Jl. Raya Batusangkar Bukittinggi No.20, Rao Rao, Kec. Sungai Tarab, Kab. Tanah Datar.

7. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai

Image Credit: Pegipegi.com

Air terjun ini termasuk wisata yang indah dan patut untuk dikunjungi saat liburan ke Tanah Datar. Menjadi maskot dan wisata andalan, air terjun lembah anai memiliki tinggi 35 m dan berada di batas barat kawasan cagar alam Lembah Anai.

Di sini, Anda akan menikmati suasana almi air terjun dengan pemandangan hutan yang rimbun. Air terjun mengalir jernih membentuk warna-warni indah saat disinari oleh matahari.

Lokasi: Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kab. Tanah Datar.

8. Desa Pariangan

Desa Pariangan

Image Credit: Wikipedia.org

Desa kuno, Pariangan merupakan salah satu tempat yang disebut sebagai salah satu desa paling indah di dunia. Penilaian ini pantas didapat dengan keasrian yang dimiliki desa Pariangan. Warisan leluhur dan budaya Sumatera Barat juga masih terjaga apik di lokasi ini.

Desa Pariangan atau biasa disebut Nagari Pariangan adalah desa kuno yang menjadi cikal bakal sistem pemerintahan khas Minangkabau dengan nama Nagari. Di desa ini Anda dapat menemukan bagunan rumah gadang dengan dinding ukiran kayu dan anyaman rotan. Anda juga dapat menemukan masjid Ishlah berusia ratusan tahun dengan gaya arsitektur ala dataran tinggi Tibet.

Lokasi: Pariangan, Kec. Pariangan, Kab. Tanah Datar.

9. Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Image Credit: Wikipedia.org

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang merupakan bangunan bersejarah di Nagari Belimbing yang didirikan oleh Datuk Penghulu Basa sekitar 300 tahun lalu. Rumah ini memiliki gaya arsitektur khas Minang dengan bagian luar menggunakan kayu berwarna hitam. Atap bangunan bergonjong empat dari ijuk. Hingga saat ini konstruksi bangunan tidak mengalami perubahan, masih berdiri kokoh dan indah.

Salah satu keunikan dan spesialnya tempat ini sehingga menjadi objek wisata dan cagar budaya adalah pembangunannya yang tanpa paku. Semua menggunakan sistem ikat dan pasak, struktur yang membuat bangunan kokoh dan tahan gempa.

Lokasi: Belimbing, Kec. Rambatan, Kab. Tanah Datar.

10. Tabek Patah

Tabek Patah

Image Credit: Pesonatour.com

Panorama Tabek Patah menjadi salah satu wisata yang wajib dikunjungi ketika datang ke Tanah Datar, Sumatera Barat. Anda akan disuguhi pemandangan alam y ang indah dengan pemandangan pohon pinus hijau dan spot foto cantik untuk menghias akun sosial media. Kawasan wisata Tabek patah berada di pinggang Gunung Marapi sehingga memberikan suasana yang dingin sejuk. Anda dapat mengunjungi lokasi dari mulai pukul sembilan pagi dengan harga tiket sekitar 5000 rupiah.

Lokasi: Jl. Raya Batusangkar Bukit tinggi , Tabek Patah, Kec. Salimpaung, Kab. Tanah Datar.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Tanah Datar yang bisa Anda kunjungi ketika liburan. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati keindahan alam dan budaya di Tanah Datar.