Lampung

15 Tempat Wisata di Tanggamus Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Tanggamus? Periksa Daftar Tempat Wisata Menarik di Tanggamus, Lampung. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Paling Populer Dikunjungi Saat Liburan.

Kabupaten Tanggamus merupakan salah satu daerah di Provinsi Lampung yang memiliki begitu banyak wisata bahari. Hal ini dikarenakan letaknya yang tepat berhadapan langsung dengan teluk besar yang ada di Lampung. Bahkan ketika Anda berkunjung ke Tanggamus ini Anda dapat bertemu langsung dengan lumba-lumba yang hidup di alam bebas.

Ada begitu banyak objek wisata menarik yang dapat ditemukan di daerah Tanggamus ini. Uniknya Tanggamus merupakan nama yang diambil dari salah satu gunung yang ada di daerah tersebut yaitu Gunung Tanggamus, dan mulai berdiri pada tanggal 21 Maret 1997 di Lampung.

Bagi Anda yang ingin berlibur, Tanggamus bisa menjadi salah satu tujuan wisata terbaik rekomendasi kami. Untuk lebih jelasnya, berikut 15 tempat wisata di Tenggamus yang paling hits dikjungi wisatawan.

1. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan

Image Credit: Dhangarazblog.wordpress.com

Destinasi wisata yang pertama yaitu Teluk Kiluan. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa di Tanggamus ini Anda dapat menyaksikan lumba-lumba yang berada di alam bebas. Jika Anda pernah datang ke Pantai Lovina yang berada di Bali maka Teluk Kiluan yang ada di Lampung ini merupakan tempat yang sama untuk dapat menyaksikan kawanan lumba-lumba yang berada di lautan lepas.

Destinasi yang berada di desa Negeri cocok sebagai spot berenang di Laguna biru yang sangat mempesona dan jernih. Jika Anda berada di Bandar Lampung, Teluk kilauan dapat ditempuh selama 3 sampai 4 jam lamanya atau dengan jakar 80 km.

Lokasi: Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus.

2. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Gigi Hiu juga seringkali disebut sebagai Pantai Batu Layar atau Pantai Pegadungan. Lokasi wisata ini digadang-gadang memiliki pemandangan yang sangat foto genetic. Karena pemandangannya yang sangatlah spektakuler. Bahkan pemandangan bawah air dari pantai ini dapat dilihat secara visual. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot melakukan snorkeling. Airnya yang jernih membuat kita dapat dengan jelas melihat ke bawah.

Lokasi: Pekon Susuk, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus.

3. Air Terjun Lamuran

Air Terjun Lamuran

Image Credit: Saibumi.com

Wisata menarik dari Tanggamus yang selanjutnya yaitu Air Terjun Lamuran. Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata yang terbilang masih alami karena lokasinya sendiri masih tersembunyi dan belum banyak dijangkau atau di kunjungi para wisatawan. Lokasinya yaitu berada di lereng gunung Tanggamus. Namun jika Anda sudah sampai di tempat wisata perjalanan yang tidak mudah akan terbayarkan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pringsewu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Akses menuju ke Air Terjun Lamuran memang belum lah memadai meskipun letaknya yang secara administratif berada di wilayah ibukota kabupaten, yaitu berada di Dusun Lamuran Pekon atau Desa Teratas. Keunikan yang dimiliki oleh objek wisata satu ini yaitu batu yang berada tepat di bawah air terjun tersebut.

Lokasi: Pekon Bentengan, Kec. Kota Agung, Kab. Tanggamus.

4. Gunung Tanggamus

Gunung Tanggamus

Image Credit: Pekongistingpermai.blogspot.com

Objek selanjutnya yaitu Gunung Tanggamus. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa kabupaten Tanggamus ini mengambil namanya dari salah satu gunung yang ada di daerah tersebut yaitu Gunung Tanggamus. Gunung ini seringkali dijadikan sebagai objek wisata pendakian dan camping di berlokasi puncak gunung tersebut.

Lokasi tepatnya yaitu berada di timur laut ibu kota Kabupaten yaitu di Kecamatan Kota Agung. Puncak gunung ini seringkali disebut sebagai negeri atas awan. Ketinggian Gunung Tanggamus ini yaitu 2.102 m di atas permukaan laut. Sehingga Gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua yang ada di provinsi Lampung.

Lokasi: Gunung Tanggamus, Kec. Kota Agung, Kab. Tanggamus.

5. Pantai Sawmill

Pantai Sawmill

Image Credit: Adityaspy97.blogspot.com

Salah satu pantai yang sangat menarik di Tanggamus yaitu pantai Sawmil. Ketika Anda sempat berkunjung ke Pantai Sawmil tidak hanya pemandangan pantai yang akan Anda dapatkan. Namun Anda juga akan ditawarkan pemandangan spektakuler seperti terlihat gugusan Pegunungan Bukit Barisan Selatan yang berada di sebelah barat pantai.

Pegunungan Bukit Barisan ini sendiri sudah disahkan oleh pemerintah menjadi Taman Nasional. Selain itu di sisi Timur Anda juga akan disuguhkan keindahan memukau dari Gunung Tanggamus sendiri.

Lokasi: Jl. Raya Pekon Karang Anyar, Karang Anyar, Kec. Wonosobo, Kab. Tanggamus.

6. Air Terjun Way Lalaan

Air Terjun Way Lalaan

Image Credit: Razonewane.com

Wisata alam yang selanjutnya yaitu Air Terjun Way Lalaan. Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang berbondong-bondong untuk datang ke air terjun yang satu ini. Tinggi air terjun Way Lalaan ini yaitu 11 meter. Air yang mengalir dari atas langsung menuju ke sungai Lalaan. Aliran Sungai Lalaan sendiri bermuara di Teluk Semangka.

Lokasi tepatnya yaitu berada di Pekon atau Desa Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung Timur. Jika Anda datang ke tempat wisata ini maka Anda akan menaiki tangga beton yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda yaitu sejak tahun 1937.

Lokasi: Kampung Baru, Kec. Kota Agung Timur, Kab. Tanggamus.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pesisir Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

7. Curug Jarum Lebuay

Curug Jarum Lebuay

Image Credit: Razonewane.com

Wisata air selanjutnya yaitu Curug Jarum Lebuay. Sama halnya dengan air terjun Way Lalaan, Curug Jarum Lebuay ini sudah ada sejak zaman Belanda. Lokasi tepatnya berada di Pekon Lebuay Datar, Kecamatan Air Naningan. Anda tidak perlu khawatir Jika datang di Curug Jarum Lebuay ini saat musim kemarau, karena debit air yang dikeluarkan air terjun ini sangatlah melimpah.

Perbedaannya hanyalah ketika musim kemarau aliran air terjun ini hanya satu. Lain halnya jika musim hujan air terjun ini menjadi dua aliran air terjun kembar. Pengunjung juga dapat berenang di kolam renang yang tepat berada di bawah air terjun tersebut.

Lokasi: Lebuay, Kec. Naningan, Kab. Tanggamus.

8. Bendungan Batu tegi

Bendungan Batu tegi

Image Credit: Ksmtour.com

Wisata selanjutnya adalah Bendungan Batutegi. Bendungan ini sudah mulai dibangun sejak tahun 1995. Namun waktu penyelesaian yang membutuhkan 9 tahun lamanya. Lokasinya berada diantara dua bukit yang sangat tinggi tepatnya berada di Kecamatan Air Naningan Pekon Batutegi.

Bendungan Batu Tegi ini dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air. Jika Anda datang ke tempat wisata ini Anda cukup membayar Rp2.000 per orangnya. Sangatlah cocok bagi Anda yang ingin menikmati waktu sendiri atau mencari spot foto unik.

Lokasi: Batu Tegi, Kec. Air Naningan, Kab. Tanggamus.

9. Kawah Belerang Bukit Pagar Alam

Kawah Belerang Bukit Pagar Alam

Image Credit: Travelerien.com

Wisata menarik selanjutnya adalah Lereng Bukit Pagar Alam. Bagi Anda yang menyukai pergi ke tempat yang menantang, objek wisata ini bisa menjadi salah satu tujuan terbaik Anda. Lokasinya berada di perbukitan namun tidak perlu khawatir karena suhu yang ada di kawasan ini tetap terasa hangat. Hal ini dikarenakan beberapa titik di kawasan ini mengeluarkan genangan air yang tidak terlalu dalam. Ini merupakan sumber air panas yang muncul dari sela-sela batuan.

Selain mengeluarkan air panas tersebut juga mengeluarkan kepulan asap putih dengan disertai bau belerang yang sangatlah khas. Kawah Balerang Bukit Pagar Alam ini memiliki warna keperakan dan agak kehitaman.

Lokasi: Pagaralam Ulubelu, Kec. Ulubelu, Kab. Tanggamus.

10. Air Terjun Lembah Pelangi

Air Terjun Lembah Pelangi

Image Credit: Malahayati.ac.id

Wisata air yang selanjutnya yaitu Air Terjun Lembah Pelangi. Air terjun yang satu ini memiliki ketinggian berkisar 20 meter. Objek wisata ini merupakan salah satu spot yang sedang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Tanggamus.

Menariknya dari air terjun Lembah Pelangi ini yaitu tersusun dari tiga bagian.Bagian yang paling bawah memiliki tempat sumber air panas. Wisatawan sering menggunakannya untuk mandi ataupun terapi yang tentunya baik untuk kesehatan terutama kulit.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata Kuliner di Lampung yang Murah dan Enak

Lokasi: Sukamaju, Kec. Ulubelu, Kab. Tanggamus.

11. Danau Hijau

Danau Hijau

Image Credit: Eviindrawanto.com

Wisata Danau Hijau ini merupakan salah satu sumber air panas yang berada di Ulu Belu. Danau ini memiliki air yang berwarna hijau sehingga diberikan nama Danau Hijau. Air panas berasal dari kawah belerang sehingga di Danau Hijau ini bau belerang yang menyengat tercium baunya.

Lokasi: Rejosari, Kec. Ulubelu, Kab. Tanggamus.

12. Pantai Muara Indah

Pantai Muara Indah

Image Credit: Indonesia.travlr.com

Salah satu pantai yang dengan ombak yang tidak terlalu tinggi di Tanggamus yaitu Pantai Muara Indah. Ombak pantai yang tidak terlalu tinggi ini memungkinkan para wisatawan untuk dapat bermain di pesisir pantai. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai wisata keluarga. Selain pantai di lokasi wisata ini juga ada ada taman yang dijadikan sebagai RTH atau Ruang Terbuka Hijau.

Lokasi: Pantai Muara Indah, Kec. Kota Agung, Kab. Tanggamus.

13. Pantai Terbaya

Pantai Terbaya

Image Credit: Ragamwisataid.blogspot.com

Masih berhubungan dengan pantai, bahasan selanjutnya yaitu Pantai Terbaya. Keunikan yang dimiliki oleh wisata alam ini yaitu adanya hamparan batu-batu kecil yang menyebar di sepanjang bibir pantai. Bahkan batu-batu kecil ini tersusun rapi di pinggir pantai sehingga merupakan salah satu spot foto yang menarik bagi para wisatawan. Anda juga dapat menikmati sunset yang menakjubkan yang menghadap langsung ke Teluk Semangka di Pantai Terbaya ini.

Lokasi: Terbaya, Kec. Kota Agung, Kab. Tanggamus.

14. Dam Margo Tirto

Dam Margo Tirto

Image Credit: Facebook.com @LampungEksis

Destinasi selanjutnya yaitu Dam Margo Tirto, bendungan yang tidak terlalu besar ukurannya namun ada nilai sejarah yang terkandung. Di Dam Margo Tirto ini ada beberapa apa permainan yang dapat dicoba, seperti contohnya sepeda air. Selain itu ada juga beberapa spot foto menarik yang disediakan dan fasilitas yang lain yang membuat nyaman pengunung.

Lokasi: Campang, Kec. Gisting, Kab. Tanggamus.

15. Pantai Karang Putih

Pantai Karang Putih

Image Credit: Lampost.co

Pantai dengan keunikan batu karang yang berwarna putih di Tanggamus yaitu Pantai Karang Putih. Keberadaan batu karang yang berwarna putih mencorong ke atas ini merupakan salah satu spot foto menarik yang banyak diincar oleh para wisatawan. Selain itu, pemadangan alam sekitar pantai juga menarik dibaluti dengan pohon kelapa.

Lokasi: Putih Doh, Kec. Cukuh Balak, Kab. Tanggamus.

Itulah 15 tempat wisata di Tanggamus yang bisa menjadi referensi wisata terbaik Anda. Berkunjung ke Tenggamus, Anda bisa menyesuaikan dengan budget dan selera yang anda miliki. Tentunya setiap tempat memiliki keunikannya masing-masing. Mulai dari air terjun, pantai, hingga bendungan yang sudah ada sejak zaman Belanda. Semoga bermanfaat.