Kepulauan Riau

10 Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Favorit di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits yang Kaya Pesona, Wajib Anda Eksplor Saat Memilih Liburan ke Riau.

Tanjung Balai Karimun adalah salah satu wilayah eksotis yang ada di Kepulauan Riau. Letaknya yang berada di Tenggara Singapura ini menjadi salah satu lalu lintas perdagangan di Selat Malaka. Wilayahnya yang luas terdiri dari 198 pulau, namun hanya 67 pulau saja yang berpenghuni. Banyak orang yang tertarik untuk melintas dan singgah sebentar ke wilayah ini karena memiliki panorama alam yang sangat indah. Jika Anda hendak liburan, silakan mampir ke pulau ini walau hanya sebentar.

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu tempat tanpa menikmati wisata yang ada di wilayah tersebut. Berikut ini 10 rekomendasi tempat wisata di Tanjung Balai Karimun yang sayang untuk dilewatkan.

1. Pantai Pelawan

Pantai Pelawan

Image Credit by Jelajahiya.blogspot.com

Sebuah wisata pantai dengan pemandangan alam yang menawan. Pantai ini memberikan pesona berbeda dari banyaknya pantai yang ada di Indonesia. Deretan batu granit yang cantik menambah eksotisme pasir putih yang menawan di pantai ini.

Tidak hanya itu saja, ombaknya yang besar juga akan menambah suasana syahdu yang memilu saat menatap laut yang begitu luas. Pantai ini juga dekat dengan free trade zone, yakni zona pasar bebas antara Batam, Bintan dan Karimun.

Lokasi: Pangke, Kec. Meral, Kab. Karimun.

2. Pantai Pongkar

Pantai Pongkar

Image Credit by Djangki.wordpress.com

Ombak yang ada di pantai ini sangat besar dan indah karena terletak di bagian Selat Malaka. Pantai ini memiliki pesona alam yang anggun dan luhur. Sesuai dengan daya tarik utama berupa Pulau Karimun Anak dan Pulau tekong Hiu, pantai ini menjadi incaran banyak orang. Terutama turis asing yang ingin merasakan keindahan pasir putih dan udara tropis di kota ini. Karena pemandangan yang ada di kedua pulau tersebut sangat asri. Dapat dikatakan  pulau tersebut belum terjamah oleh banyak orang sehingga fasilitas yang dihadirkan juga masih terawat sangat baik.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Lingga Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Pongkar, Kec. Tebing, Kab. Karimun.

3. Air Terjun Pongkar

Air Terjun Pongkar

Image Credit by Djangki.wordPress.com

Ada sebuah air terjun dengan kucuran yang sangat kecil karena turun dari kaki Gunung Jantan. Air terjun ini terletak di Desa Pongkar sehingga orang menyebutnya dengan Air Terjun Pongkar. Udara yang ada di sekitar sangat sejuk, plus hadirnya air yang dingin akan membuat bulu terasa merinding.

Di bawah air terjun juga terdapat spot khusus yang agak luas sehingga bisa digunakan untuk berenang. Bisa dibayangkan bukan, sambil berenang sesekali melihat pemandangan indah di sekitar kolam alami. Sebenarnya, daya tarik utama dari air terjun ini ialah gunung jantang yang menjulang sehingga membuat air terjun tersebut.

Lokasi: Pongkar, Kec. Tebing, Kab. Karimun.

4. Gunung Jantan

Gunung Jantan

Image Credit by Gunungbagging.com

Sambil menyurusi air terjun Anda juga dapat menikmati pendakian panjang di Gunung Jantan. Bagi Anda yang suka dengan trekking maka sangat pas jika mendatangi gunung ini guna memicu adrenalin. Gunakan kedua tangan dan kaki untuk olahraga alami di alam terbuka yang indah ini. Tentu saja sambil menghirup udara sejuk dan dingin di sekitar gunung. Lokasi gunung ini masih satu area dengan Air Terjun Pongkar yakni di Desa Pongkar.

Lokasi: Pongkar, Kec. Tebing, Kab. Karimun.

5. Coastal Area Tanjung Balai Karimun

Coastal Area Tanjung Balai Karimun

Image Credit by Karimuntourism.com

Di tempat ini terdapat resort mewah yang dikelola dengan baik sehingga Anda dapat menikmati aneka pemandangan alam yang eksotis. Tentu saja tidak hanya itu, sambil menikmati hidangan istimewa Anda bisa melihat Pantai Gloria yang sangat populer.

Coastal Area Tanjung Balai Karimun adalah sebuah kota kecil tempat berkumpulnya segala aktivitas. Dapat dikatakan tempat ini menjadi pusat kota dari wilayah Karimun. Tidak heran jika Anda dapat melihat aktivitas kota yang sangat indah. Namun kota ini sangat indah dan tertata dengan rapi sehingga akan membuat semua orang terpesona.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Tanjung Balai Karimun, Kec. Karimun, Kab. Karimun.

6. Makam Sibadang

Makam Sibadang

Image Credit by Wisatago.com

Ada sebuah situs sejarah yang hingga sekarang masih tetap dilestarikan. Tempat ini juga dijadikan sebagai tempat wisata terutama bagi mereka yang hendak ziarah ke Makam Sibadang, seorang hulubalang Area Tanjung Balai Karimun. Dulunya, Balang ini memiliki kekuatan sakti sehingga bisa menangkap para perampok yang datang ke sini. Tidak heran jika makam tersebut dijadikan tempat keramat yang terus dijaga.

Uniknya lagi, ukuran makam tersebut agak panjang sekitar 4-5 meter. Sangat panjang untuk ukuran orang normal. Konon, ukuran makam ini sengaja dibuat agak panjang agar lebih mudah dalam perawatan. Kemudian bentuknya yang berbeda juga akan membuat orang mudah mengingat.

Lokasi: Buru, Kec. Buru, Kab. Karimun.

7. Masjid Agung Karimun

Masjid Agung Karimun

Image Credit by Anugerahkubah.com

Bangunan yang indah dan megah ini terletak di daerah Meral. Memiliki arsitek ala orang pribumi yang sangat unik dan menarik. Masjid ini sudah berdiri sejak lama sehingga memiliki nilai budaya tersendiri. Menjadi incaran para wisatawan asing yang ingin melakukan wisata religi bersama keluarga. Karena dibangun di lokasi yang masih sangat luas tidak heran jika masjid ini juga sangat luas. Dapat menampung ratusan jamaah tiap kali sholat. Halaman luar juga cukup luas sehingga bisa digunakan untuk sholat khusus pada saat hari raya.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman – Poros, Meral Kota, Kec. Meral, Kab. Karimun.

8. Pantai Telunas

Pantai Telunas

Image Credit by Booking.com

Sebuah pantai perawan yang agak sulit untuk mencapainya. Anda butuh menaiki perahu motor agar bisa sampai ke lokasi. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pantai Telunas ini setidaknya 60 menit sesuai dengan kondisi cuaca yang ada. Jika sedang hujan badai biasanya wisata  Pantai Telunas ini akan ditutup. Kemudian pengunjung yang sudah terlanjut berada di pantai diberikan fasilitas untuk istirahat di resort terdekat. Layanan dan fasilitas yang ada di resort ini sangat lengkap.

BACA JUGA:  13 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Pulau Sugi, Mentangun, Kec. Moro, Kab. Karimun.

9. Pantai Gading

Pantai Gading

Image Credit by Lendoot.com

Terdapat beragam misteri di sekitar Pantai Gading ini. Karena di sekitar pantai ada tangga misterius yang akan membuat Anda bertanya berapa jumlah anak tangga yang sebenarnya karena tiap berjalan akan mengalami perubahan. Misalnya saat naik jumlah anak tangga 70 namun saat turun menjadi 75. Selain itu, Anda juga dapat menikmati pesona batu putih yang ada di sekitar pantai. Cocok untuk duduk santai sambil melihat laut biru nan eksotis. Bila merasa bosan silakan saja berjalan di sekitar pantai untuk menghirup udara segar. Terletak di  Tanjung Batu, Kundur, Pulau Karimun.

Lokasi: Tanjung Balai Karimun, Kec. Karimun, Kab. Karimun.

10. Pantai Batu Limau

Pantai Batu Limau

Image Credit by AllIndonesiatourism.com

Nama pantai ini sesuai dengan lokasinya yang terdapat aneka batu yang mirip dengan benda tertentu. Sedangkan bentuk yang paling dominan dan menyorot perhatian ialah bentuk batu besar dengan bongkahan yang menyerupai buah limau. Tentu saja semua orang akan senang dan bahagia jika dapat melihat dan menemukan sosok batu tersebut. Pasir putih yang indah dan air laut yang jernih membuah pantai ini menjadi populer.

Lokasi: Batu Limau, Kec. Kundur, Kab. Karimun.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Tanjung Balai Karimun yang sayang untuk dilewatkan. Jika Anda penasaran dengan keberadaan wisata tersebut maka silakan ambil cuti dan berkunjung segera. Gunakan waktu yang ada untuk dapat menikmati pesona alam yang ada di tempat tersebut. Banyak turis asing yang sering berkunjung kembali karena lokasinya yang sangat indah dan damai.