Jambi

15 Tempat Wisata di Tanjung Jabung Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Apa Saja Destinasi Menarik di Jambi? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Tanjung Jabung Barat. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Menjadi salah satu Kabupaten di Provinsi Jambi, Tanjung Jabung Barat beribu kotakan Kuala Tungkal memiliki daya Tarik tersendiri. Didiami oleh masyarakat heterogen yang terdiri dari Mining, Banjar, Jawa, Melayu, Bugis, Tionghua, tak membuat perbedaan jadi perpecahan. Semua warga masyarakat hidup dengan rukun di Bumi Serangkuh Dayung ini.

Kabupaten yang dikaruniai perkebunan yang luas mampu menghasilkan pinang, kelapa, sawit dan berbagai jenis buah-buahan sebagai sumber utama penghasilan masyarakatnya. Tidak hanya itu, kekayaan alami berupa gas alam dan minyak bumi juga menjadi salah satu asset yang menguntungkan bagi Kabupaten ini.

Dari sektor pariwisata, Kabupaten Tanjung Jabung Barat juga sangat banyak, beberapa tempat wisata menarik diantaranya:

1. Pantai Pangkal Babu

Pantai Pangkal Babu

Image Credit: Prasojo2014.wordpress.com

Berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan, pantai pasir putih Pangkal Babu menawarkan pesona alam yang sangat indah. Pantai ini berada di dua dusun yakni dusun Makmur dan dusun Bahagia di desa Tungkal Kecamatan Tungkal Ilir. Meskipun berjarak tidak jauh dari pusat kota Kuala Tungkal, namun keberadaannya tidak diketahui banyak orang karena akses untuk menuju kesana masih sangat sulit dilalui. Jalannya sempit dan licin, terlebih saat musim penghujan.

Bagi warga sekitar, pantai pasir putih yang ada di pangkal babu ini cukup ajaib keberadaannya, mengingat kawasan tersebut dikenal sebagai pantai berlumpur. Tidak jauh dari lokasi pantai pasir putih pangkal babu, terdapat hutan mangrove yang cukup luas untuk menahan erosi maupun banjir akibat air laut yang pasang. Pemandangan di sekitar hutan mangrove sangat indah karena banyak tumbuhan hijau yang menambah cantik kawasan tersebut.

Lokasi: Tungkal I, Kec. Tungkal Ilir, Kab. Tanjung Jabung Barat.

2. Waterfront City

Waterfront City

Image Credit: Jambiupdate.co

Waterfront dibangun sebenarnya memiliki tujuan khusus yakni memecah ombak yang ada di laut, akan tetapi justru menjadi tempat wisata yang menarik karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah, maka tak heran jika banyak pelancong yang senang mengunjungi tempat ini.

Di sore hari tempat wisata yang beralamat di jalan Panglimaa Anjungan Marina Pengabuan Permai, Kuala Tungkal ini menjadi tempat yang ramai dikunjungi warga dan wisatawan. Ditemani angin yang berhembus pengunjung bisa menikmati gemuruh ombak laut yang menyejukkan mata.

Lokasi: Sungai Serindit, Kec. Pengabuan, Kab. Tanjung Jabung Barat.

3. Taman Wisata Lestari Indah

Taman Wisata Lestari Indah

Image Credit: Wisataterbaru.net

Terkenal dengan nama Muntialo, taman yang lokasinya ada di dusun Muntialo Kecamatan Betara ini ramai dikunjungi di saat weekend maupun hari libur. Dihiasi dengan berbagai tanaman hijau, mampu menambah kesejukan saat berada disana.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Jambi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Terdapat kolam pancing yang bisa digunakan untuk aktifitas memancing bagi siapa saja yang suka menggelutinya. Berada di bawah pohon rindang, membuat pemancing dan wisatawan merasa tenang berada di tempat wisata lestari indah.

Lokasi: Muntialo, Kec. Betara, Kab. Tanjung Jabung Barat.

4. Tungkal Ancol Beach

Tungkal Ancol Beach

Image Credit: Candraadjiegeng08.blogspot.com

Ternyata tidak hanya di Jakarta yang memiliki tempat wisata bernama Ancol. Di Tanjung Jabung Barat juga terdapat tempat wisata bernama Tungkalan Ancol Beach. Dibangun di atas tanah seluas 1 hektar, di dirikan pada masa pemerintahan bupati Drs. H. Usman Ermulan, MM. Di tempat wisata ini ada beberapa tempat bermain anak-anak dan juga sering dilaksanakan event tertentu di hari libur maupun perayaan lainnya. Tempat wisata Tungkalan Ancol Beach ini bisa dikunjungi oleh siapapun tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.

Tungkalan Ancol Beach berada di jalan pelabuhan Marina Kota Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Disini Anda bisa juga bisa berwisata kuliner dan menikmati berbagai macam menu masakan khas Jambi.

Lokasi: Tungkal II, Kec. Tungkal Ilir, Kab. Tanjung Jabung Barat.

5. Bukit Senyum

Bukit Senyum

Image Credit: Facebook.com @Bukit Senyum Pematang Lumut

Destinasi wisata lainnya yang wajib dikunjungi saat berada di Tanjung Jabung Barat adalah bukit senyum di Area Petrochina Pematang Lumut Kecamatan Betara. Sama dengan namanya, siapa saja yang mengunjungi tempat ini akan dibuat tersenyum dengan pemandangan gemerlap lampu kota.

Di atas bukit ini, tampak cantik kawasan perkotaan yang dihiasi berbagai warna lampu, jadi akan lebih menarik jika mengunjungi bukit senyum di malam hari. Ketenangan dan kedamainan bisa dirasakan jika berada di lokasi ini karena jauh dari hiruk pikuk kota.

Lokasi: Pematang Lumut, Kec. Betara, Kab. Tanjung Jabung Barat.

6. Danau Hijau

Danau Hijau

Image Credit: Wisatasumbar.net

Di desa Rantau Benar Kecamatan Renah Mendaluh juga dilengkapi dengan keindahan alam danau oleh Sang Maha Pencipta. Pemandangan danau hijau ini sangat menawan dan eksotis. Bebatuan putih yang ada di sekitaran danau hijau semakin menambah cantik lokasi wisata yang ada di kawasan PT Bukit Kausar. Mengabadikan moment di tempat cantik ini wajib hukumnya karena akan tampak sangat indah.

Lokasi: Desa Rantau Benar, Kec. Renah Mendaluh, Kab. Tanjung Jabung Barat.

7. Kolam Renang Alam Asri

Image Credit: Hargatiket.net

Kolam renang yang berada di Jalan Purwodadi Simpangabadi Purwodadi Kecamatan tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini memang cocok di beri nama Alam Asri. Tempatnya benar-benar teduh karena bagian belakang lokasi kolam renang adalah pepohonan sawit.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Batanghari Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Destinasi wisata ini sangat tepat jika Anda kunjungi bersama keluarga untuk menghabiskan waktu seharian. Tak jarang beberapa anggota Palang Merah Remaja dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengadakan pelatihan dan pembekalan di taman rekseasi ini.

Lokasi: Jl. Purwodadi – Simpang Abadi, Purwodadi, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Tanjung Jabung Barat.

8. Air Terjun Calista Irawan

Air Terjun Calista Irawan

Image Credit: Wisataterbaru.net

Salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Tanjung Jabung Barat, air terjun Callista Irawan menjadi tempat yang cukup diminati masyarakat local maupun turis. Akses menuju lokasinya sangat mudah sehingga selalu ramai pengunjung. Memiliki 7 tingkatan air terjun, membuat objek wisata ini semakin Nampak indah.

Di bagian paling bawah, terdapat kolam besar yang bisa digunakan untuk berenang atau sekedar berendam sambil menikmati kucuran air dari atas. Tempat ini udaranya sangat sejuk dan segar. Ketenangan alam bisa dinikmati sambil memandang hijaunya tumbuhan yang hidup disekitar air terjun.

Lokasi: Lubuk Bernai, Kec. Batang Asam, Kab. Tanjung Jabung Barat.

9. Air Terjun 12 Tingkat Sungai Lengginai

Air Terjun 12 Tingkat Sungai Lengginai

Image Credit: Kerincitraveling.wordpress.com

Air terjun dengan tingkatan berjumlah 12 ini lokasinya sulit dijangkau. Perjalanan menuju air terjun dengan pemandangan menawan ini menghabiskan waktu 1 jam. Namun semua jerih lelah terbayar lunas karena ada suguhan indah di depan mata. Kesejukan dan deburan air yang jatuh dari 12 tingakatan air, membuat suasana semakin tenang.

Serasa kesukaran dan masalah hidup hilang sejenak saat berkunjung ke air terjun 12 tingkat yang ada di Tanjung Jabung Barat ini.

Lokasi: Desa Sungai Gebar, Kec. Kuala Betara, Kab. Tanjung Jabung Barat.

10. Air Terjun Taman Raja

Image Credit: K-tista-1.blogspot.com

Masih dengan keindahan alam air terjun yang menjadi tujuan wisata alam di Tanjung Jabung Barat. Menariknya di air terjun Taman Raja ini ada banyak bebatuan dengan tatanan cantik sehingga membuat air yang turun meliuk dengan indahnya. Ditambah dengan suara gemericik air yang tiada henti turun dan membasahi seluruh permukaan kolam. Jernihnya air semakin menambah kesegaran untuk menikmati alam.

Air terjun yang berada di Kecamatan Batang Asam ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Keasriannya mampu mengajak wisatawan untuk kembali berkunjung menikmati kesejukan tempat ini.

Lokasi: Desa Taman Raja, Kec. Tungkal Ulu, Kab. Tanjung Jabung Barat.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Sungai Penuh Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

11. Air Terjun Bukit Pinang Bawah

Air Terjun Bukit Pinang Bawah

Image Credit: Hyraceum63.rssing.com

Di desa Bojo Kecamatan Tungkal Ulu juga terdapat air terjun yang bisa dinikmati keindahan alamnya. Sambil menikmati pemandangan hijau yang ada disekeliling, suara gemercik air dan burung-burung membuat hati terasa damai.

Lokasi air terjun bukit pinang bawah ini hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua maupun berjalan kaki menyusuri desa Suban, tentunya Anda harus melintasi sungai yang bisa menjadi pengalaman tak terlupakan. Mengunjungi tempat ini sangat seru jika mengajak teman-teman terdekat untuk berpetualang menuju air terjun bukit pinah bawah yang segar.

Lokasi: Desa tanjung bojo Kec. Tungkal Ulu, Kab. Tanjung Jabung Barat.

12. Air Terjun Lingkis

Image Credit: Facebook.com @Jambiku.id

Air terjun ini awalnya tidak memiliki nama khusus namun wiasatawan yang berkunjung sering menyebutnya Lingkis, nama yang sebenarnya adalah nama sungai yang ada disana. Bagi yang ingin refresing sangatlah tepat mengunjungi air terjun Lingkis.

Keindahan air terjun yang satu ini tentunya juga tidak hanya dinikmati warga sekitar namun juga pelancong dari berbagai kota lain.

Lokasi: Desa Lingkis, Kec. Renah Mendaluh, Kab. Tanjung Jabung Barat.

13. Taman Nasional Bukit 30

Taman Nasional Bukit 30

Image Credit: Attayaya.net

Taman Nasional Bukit 30 merupakan tempat konservasi yang tidak ternilai harganya. Menjaga kelestarian hutan hujan tropis di dataran rendah, taman nasional ini memiliki manfaat yang besar. Ada berbagai tanaman yang dibudidayakan di sini diantaranya Raflesia Hasselti (cendawa muko rimau), Amorphopalus Titanium (bunga bangkai), Johannesteijs Mannia Altifrons (solo) dan masih banyak lagi lainnya.

Di Taman Nasional ini Anda tidak hanya bisa menikmati kesejukan dan indahnya tanaman endemik namun juga sebagai media pembelajaran yang sangat tepat untuk putra-putri anda.

Lokasi: Desa Muara Danau, Kec. Renah Mendaluh, Kab. Tanjab Barat.

14. Masjid Besar Suryah Khairudin

Masjid Besar Suryah Khairudin

Image Credit: Detik.com

Salah satu tempat yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak sambil berdoa adalah Masjid Besar Suriah Khairudin yang ada di Kecamatan Merlung. Masjid yang merupakan terbesar ke-3 di Jambi ini dibangun oleh tokoh terkemuka yakni H. Suhai Siregar. Tentunya bagi wisatawan yang beragama Muslim bisa mengunjungi tempat ibadah ini.

Lokasi: Merlung, Kec. Merlung, Kab. Tanjung Jabung Barat.

15. Jembatan WFC Kuala Tungkal

Image Credit: Jambi-independent.co.id

Jembatan ini berlokasi di Tungkal, Desa Tungkal IV, Tungkal Ilir sangat nyaman untuk nongkrong dan menghabiskan waktu disiang atau malam hari. Banyak pedagang yang menjual berbagai macam jenis makanan. Pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbenam sambil makan gorengan maupun minum es tebu. Tak jarang para pengunjung berolahraga di tempat ini seperti jogging.

Lokasi: Jl. Syarif Hidayatullah, Desa Tungkal IV, Kec. Tungkal Ilir, Kab. Tanjung Jabung Barat.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Tanjung Jabung Barat yang patut Anda kunjungi ketika liburan. Semoga bermanfaat!