Jambi

10 Tempat Wisata di Tanjung Jabung Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Jambi? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Terbaik di Tanjung Jabung Timur Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits untuk Mendapatkan Liburan yang Lebih Berkesan.

Salah satu kabupaten yang menyimpan banyak obyek wisata di Provinsi Jambi adalah Tanjung Jabung Timur. Posisinya berada di paling timur dan menjadi pilihan paling tepat untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga maupun teman terdekat.

Beberapa tempat wisata yang ditawarkan akan membuat anca berdecak kagum karena memang sangat indah. Penasaran? Berikut ulasan 10 tempat wisata menarik di Tanjung Jabung Timur.

1. Taman Nasional Berbak

Image Credit: Wikipedia.org

Menjadi tempat konservasi terluas di Asian Tenggara, Taman Nasional Berbak ini berada di 12,5 meter di atas permukaan laut. Dengan curah hujan 2.300 mm setiap tahunnya kawasan hutan rawa ini terdiri dari rawa gambut dan air tawar sehingga membuatnya sangat unik. Temperatur tempat ini ada diantara 25-28 derajat celsius.

Taman Nasional Berbak luasnya 100.000 hektar lengkap dengan berbagai flora fauna yang sangat banyak. Ada 261 jenis tanaman yang terdiri dari 73 famili, diantaranya terdapat 23 jenis pepohonan palem dan pandan yang jenisnya ada 10 buah. Sedangkan untuk faunanya terdapat 224 jenis burung, 28 mamalia, 44 fauna jenis reptil dan 35 jenis lainnya masih ada di Taman Nasional Berbak. Memang tempat ini sangat asri dan jarang tersentuh manusia. Pelestarian Taman Nasional Berbak terjaga dalam undang-undang yang disahkan oleh pemerintah. Jadi tidak ada pemburuan liar atau hukuman taruhannya. Taman Nasional Berbak berada di Jalan Yos Sudarso Km 4 Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Siapapun yang ingin mengunjungi tempat ini harus melapor terlebih dahulu supaya bisa menikmati keindahan alam dan merasakan keasriannya.

Lokasi: Simpang, Kec. Berbak, Kab. Tanjung Jabung Timur.

2. Wisata Cagar Alam Hutan Bakau Pantai Timur

Wisata Cagar Alam Hutan Bakau Pantai Timur

Image Credit: Wonderfuljambi.blogspot.com

Kawasan wisata yang terdiri darihutan bakau ini memiliki luas 3.826 hektar dan dilengkapi dengan berbagai macam biota air seperti kepiting dan udang jenis gala. Membentang disepanjang pantai tepatnya di pangkal duri sampai ke Nipah Panjang.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Jambi yang Murah & Enak

Wisata cagar alam hutan bakau yang ada di pantai timur ini menjadi tempat wisata yang cukup diminati dan banyak pengunjungnya. Tidak ada salahnya jika berkunjung ke cagar alam ini untuk belajar tentang alam dan menikmati keseruan dan petualangan.

Lokasi: Air Hitam Laut, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur.

3. Taman Selaras Pinang Masak

Taman Selaras Pinang Masak

Image Credit: Tribunnews.com

Salah satu tempat lainnya yang banyak dikunjungi warga Jambi adalah taman selaras pinang masak. Menjadi tempat kebanggaan warga Jambi karena memiliki keelokan yang menyenangkan mata. Semenjak diresmikan oleh pemerintH, tempat ini semakin ramai pengunjung.

Beberapa pendopo disediakan supaya pengunjung bisa leluasa menikmati sore bersama keluarga. Tidak mengherankan memang banyak warga yang senang berkunjung ke taman ini karena suguhan sungai Batanghari di depan mata memiliki pemandangan yang sangat indah. Orang tua bisa bercengkrama saling berbagi cerita dan anak-anak bisa bermain sepuasnya di area yang disediakan. Pemandangan bunga dan tumbuh-tumbuhan semakin menyegarkan mata bagi anda yang sedang menjalankan olahraga sore di taman ini.

Selain itu, para pengunjung juga bisa menyewa speed boot untuk mengelilingi sungai Batanghari dan bisa menyaksikan kesegaran Taman Nasional Berbak karena lokasinya yang ada di tepi sungai. Dengan membayar sejumlah uang yang sudah ditentukan anda bisa menikmati pemandangan di atas speed boot.

Lokasi: Selaras Pinang Masak, Kec. Sabak Timur, Kab. Tanjung Jabung Timur.

4. Pantai Cemara

Pantai Cemara

Image Credit: Basecamppetualang.blogspot.com

Objek wisata lain yang ada di kabupaten ini adalah pantai Cemara. Selain indah, pantai ini juga sebagai tempat migrasi berbagai jenis burung dari banyak belahan dunia. Maka tidak heran jika beberapa peneliti hewan terutama burung sering melakukan penelitian di tempat ini. Daerah pantai cemara ini jauh dari pemukiman warga. Tidak ada penginapan di dekat pantai cemara, namun bagi pengunjung yang memiliki jiwa petualang, berkemah di pantai cemara adalah pilihan sangat tepat. Dengan luas 450 hektar sebenarnya pantai cemara tidak jauh dari Taman Nasional Berbak namun karena aksesnya yang sulit maka tidak ada warga yang tinggal disana.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Batanghari Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Pantai yang ada di Kecamatan Sabung ini terdapat kurang lebih 26.000 ekor burung yang terdiri dari 230 jenis burung hutan, 27 jenis burung pantai dan 11 jenis burung laut. Semua burung akan berada di tepi pantai untuk berjemur.

Lokasi: Desa Air Laut Hitam, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur.

5. Pulau Berhala

Pulau Berhala

Image Credit: Wartawisata.id

Pulau satu ini menyuguhkan keindahan tiada tara yang akan membuat pengunjungnya merasa bahagia. Sebenarnya secara teritorial pulau Berhala masuk dalam kawasan Tanjung Jabung Timur, namun kini sudah menjadi milik kepulauan Riau. Namun hal tersebut tidak menjadikan masalah bagi masyarakat kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dikaruniai dengan pantai yang indah denhan pasir putihnya yang bersih dan ombak yang tenang, pulau Berhala semakin memikat banyak wisatawan untuk berkunjung. Dilengkapi dengan bebatuan besar yang menambah elok pemandangan pulau Berhala.

Untuk menuju pulau berhala anda harus menyewa speed boat dengan perjalanan kurang lebih 45 menit dari Nipah. Sudah ada beberapa agen pariwisata yang menyediakan paket wisata untuk berkunjung di pantai berhala.

Lokasi: Pulau Berhala, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur.

6. Sumber Mata Air Panas

Image Credit: Wisatalengkap.com

Potensi wisata dari kawasan kabupaten Tanjung Jabung Timur sangat berlimpah salah satunya adalah sumber air panas yang bisa dinikmati kapan saja. Sumber mata air yang berada di Desa Pandan Sejahtera Kecamatan Geragai ini memiliki 4 titik dengan suhu yang berbeda-beda.

Untuk menuju tempat berendam air panas ini anda harus menghubunginwarga sekitar untuk membantu mengantarkan menuju sumber air panas tersebut karena jalannya masih cukup sulit dilalui.

Lokasi: Desa Pandan Sejahtera, Kec, Geragai, Kab. Tanjung Jabung Timur.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Merangin Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

7. Crocodile Safari

Crocodile Safari

Image Credit: Pegipegi.com

Sesuai dengan namanya, tempat ini menawarkan wisata bersama buaya. Sebagai salah satu tempat penangkaran buaya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, tempat ini sangat dijaga keberadaannya. Anda bisa berfoto bersama buaya dan juga merasakan adrenalin berbeda saat berada di tempat ini.

Lokasi: Teluk Dawan, Kec. Muarasabak Barat, Kab. Tanjungjabung Timur.

8. Pantai Air Hitam

Pantai Air Hitam

Image Credit: Muhammadghaly.blogspot.com

Tempat wisata ini diberi nama sesuai dengan warna airnya yakni hitam. Berada juga di desa air hitam laut, pemandangan pantai ini juga tidak kalah indah dadi obyek wisata lainnya. Tidak hanya kekayaan dari hadil laut saja yang menjadi ladang uang bagi warga sekitar namun juga burung walet. Budaya yang selalu di adakan setahun sekali di pantai hitam ini adalah mandi safar yang mampu menyedot perhatian turis mancanegara.

Lokasi: Air Hitam Laut, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur.

9. Kampung Laut

Kampung Laut

Image Credit: Viva.co.id

Kampung laut cukup tterkenal diberbagai daerah karena berbagai biota lautnya yang sangat menawan. Bahkan yang paling terkenal adalah tradisi menutik atau mansing sumbung, yaitu sebuah tradisi untuk memancing kerang hitam atau kerang laut. Tradisi ini selalu dilakukan oleh masyarakat kampung laut setiap satu tahun sekali. Keceriaan ini dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat di Tanjung Jabung Timur saat air laut sedang surut dan berlangsung selama 1 minggu.

Lokasi: kampung laut, Kec. Kuala Jambi, Kab. Tanjung Jabung Timur.

10. Kota Kandis

Kota Kandis

Image Credit: Mongabay.co.id

Destinasi lainnya di Tanjung Jabung Timur adalah kota kandis. Disini para pengunjung bisa menyaksikan hamparan ladang gambut yang menyejukkan mata. Selain itu anda juga bisa berfoto-foto ria dengan pemandangan alam yang ada. Siapa saja yang berkunjung di desa ini bisa merasakan sensasi berbeda lengkap dengan keramahan warga yang ada disana.

Lokasi: Koto Kandis Dendang, Kec. Dendang, Kab. Tanjung Jabung Timur.

Itulah 10 tempat wisata favorit di Tanjung Jabung Timur yang patut dkunjungi untuk mengisi liburan Anda. Selamat berlibur!