20 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata Tanjung Pinang

Inilah Daftar Tempat Wisata Menarik dan Populer di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Terhits dan Kekinian yang Patut Anda Kunjungi Ketika Ingin Menghabiskan Liburan Bersama Keluarga.

Sebagai warga Negara Indonesia kita harus bersyukur karena sudah tidak perlu lagi bingung jika berniat atau berencana ingin pergi ke suatu tempat untuk liburan. Indonesia memiliki banyak pesona alam yang tidak ada batasnya. Dari wisata alam sampai wisata keluarga yang ramah untuk anak- anak semua ada dan lengkap. Banyak daerah yang saat ini menjadi perhatian pemerintah dan bisa dikembangkan dan bisa menjadi daerah wisata untuk menunjang perekonomian masyarakat setempat, misalkan saja kota Tanjung Pinang. Pasti kita sudah tidak asing dengan nama tersebut.

Tanjung Pinang adalah ibu kota dari provinsi kepulauan Riau, Indonesia. Kota ini terletak di Pulau Bintan dan diantara beberapa pulau kecil seperti Pulau Dompak dan Pulau Penyengat. Dengan letak geografisnya yang bagus Tanjung Pinang memiliki banyak sekali wisata alam dengan pemandangan alam yang siap membuat Anda terkagum-kagum menatapnya.

Jika Anda butuh liburan menarik, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Tanjung Pinang akan kita bahas untuk memberikan Anda alternatif liburan yang menyenangkan.

1. Areca Waterpack

Areca Waterpack
Image Credit: Google Maps (Alexander Ameng Ang)

Bermain air tidak hanya bisa dilakukan di pantai saja, taman air juga sangat menarik untuk dikunjungi. Di Tanjung Pinang, saat Anda enggan untuk ke pantai Anda bisa mengunjungi Areca Waterpack. Memiliki kolam yang terbilang luas, Anda bisa berenang sepuasnya di tempat satu ini. Apalagi kolam untuk anak anak juga orang dewasa sudah dipisahkan.

Beberapa wahana juga disediakan untuk membuat kegiatan berenang semakin menyenangkan. Tidak ketinggalan, Anda juga bisa menemukan kolam ombak yang akan membawa Anda seakan akan sedang di pantai. Untuk membuat kegiatan berenang menjadi aman, para pengunjung harus menggunakan ban atau pelampung agar aman.

Bukan hanya menyediakan kolam dengan berbagai ukuran, Anda juga bisa menemukan fasilitas yang begitu lengkap. Fasilitas mulai dari tempat makan, tempat bilas hingga tempat berbelanja bisa Anda temukan. Menghabiskan waktu liburan di waterpark satu ini akan membuat liburan Anda berkesan.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batu IX, Kec. Tanjungpinang Timur, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

2. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat
Image Credit: Pesona.travel

Sejak duduk di bangku sekolah dasar pasti kita sudah diajarkan jika bahasa melayu adalah cikal bakal lahirnya bahasa Indonesia. Nah untuk mencari tau lebih dalam soal bahasa atau bangsa melayu Anda bisa mencoba untuk datang ke Pulau Penyengat ini. Pulau ini merupakan sebuah pulau kecil di kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau yang berjarak kurang lebih 2 km dari pusat kota.

Berkunjung ke sini Anda akan serasa di bawa ke peradaban melayu kuno, banyak peninggalan- peninggalan bersejarah yang ada di sini seperti Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, makam raja- raja terdahulu, makam dari pahlawan nasional Raja Ali Haji, dan masih banyak lagi peninggalan bersejarah lainnya.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Penyengat, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

3. Bukit Panglong

Bukit Panglong
Image Credit: Google Maps (Mario Saputra)

Sudah banyak area bekas tambang yang berubah menjadi tempat wisata yang keren. Di Pangkal Pinang, Anda bisa menemukan Bukit Panglong yang juga kondang. Bukit satu ini tidak hanya menyimpan keindahan tetapi juga menyimpan batu granit yang banyak. Dan karena sudah dieksplorasi, kini yang tersisa adalah kawah yang kedalamannya mencapai 50 meter.

Lubang ini kemudian berisikan air yang berasal dari air hujan maupun di dalam tanah. Tetapi air ini ternyata bukanlah air yang keruh melainkan begitu jernih. Warna airnya tampak kebiruan yang membuatnya begitu unik. Bukit Panglong sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan indah sembari berburu foto foto cantik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kijang Kota, Kec. Bintan Timur, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

4. Gurun Pasir Busung

Gurun Pasir Busung
Image Credit: Ksmtour.com

Apa yang Anda bayangkan jika mendengar kata gurun ? pastinya hamparan pasir yang di sepanjang mata memandang. Jika Anda ingin merasakan sensasi wisata gurun seperti di Timur Tengah, maka jangan lewatkan wisata ini. Karena di sana Anda akan menyaksikan pemandangan gurun pasir putih seluas mata memandang, bisa banget dijadikan tempat artsy untuk foto- foto cantik koleksi media sosialmu. Dengan cuaca yang panas Anda cukup menggunakan baju kasula saja agar nyaman dan tidak terasa lengket di badan.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Natuna yang Paling Populer
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Busung, Busung, Kec. Seri Kuala Lobam, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

5. Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah

Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah
Image Credit: Google Maps (Ariandi Putri Febrian)

Di Bintan, Anda juga bisa sekalian mengunjungi wisata sejarahnya. Datang saja ke Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah. Museum ini akan membawa Anda mengenal lebih jauh tentang Tanjung Pinang. Pada zaman kolonial, bangunan ini adalah eks gedung Hollandsch Inlandsche School. Mengalami sejarah yang panjang, hingga akhirnya dijadikan sebagai museum.

Tidak hanya menceritakan tentang kota Tanjung Pinang bermula, Anda juga bisa menemukan koleksi lainnya yang tak kalah menarik. Mulai dari berbagai jenis keramik sampai seni dan budaya. Bahkan kini juga sudah tersedia kereta wisata yang baru baru ini diadakan. Pengunjung tinggal duduk cantik di kereta, maka cerita tentang Tanjung Pinang akan dihadirkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ketapang No.2, Kemboja, Kec. Tanjungpinang Barat, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

6. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva
Image Credit: Kumparan.com

Siapa bilang wisata Tanjung Pinang membosankan dan tidak ada daya tariknya. Coba Anda kunjung salah satu tempat wisata religi yang memberikanmu kesan kagum. Ya Vihara Ksitigarbha Bodhisattva adalah salah satu wisata religi yang selalu ramai dikunjungi. Selain dijadikan tempat wisata religi, wisata ini juga menjadi daya tarik utama di Tanjung Pinang. Pasalnya konsep bangunan yang unik memberikan kesan religius yang mendalam.

Jika Anda berkesempatan datang ke sini Anda akan seperti berada dalam syuting film kolosal Tiongkok saja, bagaimana tidak, banyaknya patung- patung Budha semakin menguatkan kesan mendalam vihara tersebut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batu IX, Kec. Tanjungpinang Timur, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

7. Danau Biru

Danau Biru
Image Credit: Google Maps (Wong Tani Batu)

Danau Biru kerap kali dikenal dengan Telaga Biru menjadi destinasi yang instagramable. Danau satu ini terbentuk dari bekas galian pasir, yang membuat bekas galian tersebut diisi dengan air dan membentuk danau. Danau Biru satu ini dikelilingi oleh gunung pasir yang luasnya mencapai 6.000 ha. Bisa dikatakan jika danau ini layaknya oase di tengah gunung pasir.

Dan karena destinasi ini begitu kondang, maka masyarakat mulai menambahkan beberapa properti. Dengan begitu menjadikan banyak spot spot foto kekinian semakin banyak. Anda juga bisa menjajal beberapa wahana, mulai perahu kano maupun perahu bebek untuk bisa mengelilingi danau cantik ini. Sekalipun airnya biru, Anda tidak disarankan untuk berenang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Busung, Kec. Tanjung, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

8. Masjid Raya Sultan Riau

Masjid Raya Sultan Riau
Image Credit: Ksmtour.com

Nah setelah dari vihara atau tempat ibadah agama Budha, untuk Anda yang beragama Islam ada beberapa wisata religi yang bisa Anda datangi untuk menambah ilmu keagamaan seraya semakin mendekatkan diri pada Allah. Salah satu wisata religi terbaik yang ada di Tanjung Pinang adalah Madjid Raya Sultan Riau.

Masjid ini memiliki ciri khas yang tidak dipunyai bangunan masjid lainnya yang ada di nusantara yakni adanya campuran putih telur untuk bahan bangunan masjid. Ini menjadikan masjid Raya Sultan Riau memiliki keunikan dan cirinya sendiri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Penyengat, Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

9. Taman Gurindam

Taman Gurindam
Image Credit: Google Maps (Juanda)

Ketika Anda sudah puas mengelilingi beberapa tempat wisata di Tanjung Pinang, Anda bisa melepas penat di Taman Gurindam. Taman yang memiliki banyak pohon rindang ini sangat cocok untuk bersantai atau bersenda gurau. Di sekitar taman juga ada banyak penjual kuliner yang menarik untuk Anda jajal. Taman Gurindam menjadi tempat nongkrong yang hits di Tanjung Pinang.

BACA JUGA:  Pantai Marina, Pantai Pasir Putih yang Menawan di Batam
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hang Tuah, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

10. Balai Adat Indra Perkasa

Balai Adat Indra Perkasa
Image Credit: Yopiefranz.com

Nah, jangan lupa setiap datang ke suatu daerah sempatkan juga untuk selalu berkunjung ke wisata bangunan daerahnya. Sebab dengan begitu kita bisa ikut menjaga melestarikan kekayaan Negara Indonesia dengan cara apresiasi setinggi- tingginya. Salah satu bangunan daerah yang ada di Tanjung Pinang adalah Balai Adat Indera Perkasa.

Balai Adat ini berada di Pulau Penyengat yang berjarak kurang lebih 15 menit dari Pelabuhan. Balai ini bisa dikatakan sudah menjadi icon dari Pulau Penyengat, karena sudah lebih dari 100 tahun berdiri di pulau tersebut. Sayang sekali jika Anda melewatkan wisata sejarah ke sini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Penyengat, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

11. Bukit Kursi Pulau Penyengat

Bukit Kursi Pulau Penyengat
Image Credit: Google Maps (SUKA KICAU BURNG)

Pulau Penyengat menjadi salah satu destinasi yang sangat sayang untuk dilewatkan saat Anda di Tanjung Pinang. Pulau kecil yang jaraknya sekitar 2 km dari pusat kota ini, akan membawa Anda ke peradaban melayu kuno. Ada banyak peninggalan peninggalan sejarah di Pulau Penyengat ini. Dan tidak ketinggalan sebuah bukit yang dikenal Bukit Kursi.

Di bukit ini, selain bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan mata juga bisa mengunjungi benteng pertahanan. Benteng Pertahanan Bukit Kursi ini langsung menghadap ke lautan luas yang menawan. Menginjakkan kaki di bukit ini juga sangat sayang jika tidak sekalian hunting foto kekinian. Pastikan Anda menyiapkan kamera terbaik Anda.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Penyengat, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

12. Pantai Trikora

Pantai Trikora
Image Credit: Pesona.travel

Destinasi satu ini cocok untuk para traveller yang selalu merindukan suasana wisata alam seperti udara pantai dan pegunungan. Meskipun tempat wisata satu ini tidak termasuk dalam wilayah Tanjung Pinang, namun letaknya dekat jadi Anda masih bisa mengunjunginya saat sedang berada di Tanjung Pinang.

Pesona pantai yag indah di Pantai Trkora ini akan mengingatkan Anda dengan visual pantai yang ada di Bangka Belitung. Tepi pantai dengan pasir putih dan air pantai yang sangat jernih menjadi satu kesatuan yang sayang sekali untuk di lewatkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl.Trikora, Kawal, Kec. Gn. Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

13. TRC Mangrove

TRC Mangrove
Image Credit: Google Maps (Ts Ng)

Untuk membuat liburan Anda semakin lengkap, Anda tidak bisa melewatkan TRC Mangrove di Bintan ini. TRC Mangrove sendiri merupakan sebuah resort yang menawarkan pemandangan pantai juga hutan mangrove. Pengunjung akan melewati jembatan kayu dan bisa berfoto foto dengan background foto yang begitu cantik dan instagramable.

Satwa yang tinggal di hutan mangrove ini juga beragam, mulai dari burung, biawak hingga ular. Menjangkau destinasi satu ini memang membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Akses jalan yang nantinya harus Anda taklukkan cukup menantang. Tetapi semua akan terbayarkan dengan keindahan yang ditawarkan. Inilah mengapa destinasi satu ini begitu hits dan tak pernah sepi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panca Marga, Sebong Pereh, Kec. Tlk. Sebong, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

14. Masjid Pink Pulau Bintan

Masjid Pink Pulau Bintan
Image Credit: Pesona.travel

Selain Masjid Raya masih ada satu destinasi wisata religi yang wajib Anda datangi. Untuk Anda pelancong yang tidak begitu menyukasi destinasi wisata alam, Masjid Pink ini bisa menjadi alternatif tepat, masyarakat setempat menyebut masjid pink dengan nama asli Majid  Raya An Nur. Terletak di kelurahan Kawal, Gunung Kijang kabupaten Bintan. Untuk bisa datang ke sini transportasi dan biaya akomodasi sudah ada di tidak perlu taku akan kesusahan lagi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Kawal, Kawal, Kec. Gn. Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

15. Tugu Pensil Simbol Ikonik

Tugu Pensil Simbol Ikonik
Image Credit: Batamnews.co.id

Selain kota Padang yang memiliki jam gadang sebagai tengara ikoniknya, Tanjung Pinang juga memiliki tugu ikonik seperti di Jogja. Bedanya tugu yang ada di Jalan Haji Agus Salim ini dibangun dengan alasan tertentu. Tugu Pensil dibangun sebagai symbol pemberantasan buta aksara sekaligus untuk penghargaan untuk kepulauan Riau karena telah membebaskan daerahnya dari buta aksara. Karena Tugu Pensil berada di Pulau Penyengat tentu bisa menjadi list tambahan destinasi wisata yang patut Anda kunjungi jika berkunjung ke pulau ini. Pemandangan lain yang bisa Anda saksikan adalah indahnya matahari terebnam yang sangat indah.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun Terbaru & Terhits Dikunjungi
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Agus Salim, Kec. Tanjungpinang Barat, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

16. Masjid Raya Dompak

Masjid Raya Dompak
Image Credit: Robbihafzan.wordpress.com

Satu lagi wisata religi yang bisa Anda kujungi adalah masjid Raya Dompak yang berada di Pulau Dompak, Bukit Bestari kota Tanjung Pinang kelurahan Riau. Masjid ini Nampak sedikit berbeda dengan masjid lain yang berada di Tanjung Pinang, itu karena arsitektur masjid Dompak tampak lebih berkonsep modern dan elegan. Bentuknya tidak sebesar atauu seluas masjid raya yang ada di kota Tanjung inang, namun  dari kejauhan tetap saja masjid ini Nampak elegan dan berkelas.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dompak, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

17. Jembatan Dompak Tanjung Pinang

Jembatan Dompak Tanjung Pinang
Image Credit: Wisatasia.com

Nah, jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi wisata religi Masjid Raya Dompak, Anda bisa sekalian untuk mengunjungi jembatan Dompak yang masih berdekatan. Wisata ini belum sepenuhnya d kelola oleh pemerintah setempat, jaldi belum banyak fasilitas dan wahana yang ada di sini, lokasi jembatan Dompak yang berada di pusat kota Tanjung Pinang memudahkan pelancong untuk berkunjung ke destinasi wisata ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batu IX, Kec. Tanjungpinang Timur, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

18. Taman Gurindam

Taman Gurindam
Image Credit: Harianmemokepri.com

Sudah puas berkeliling ke destinasi wisata alam yang ada di Tanjung Pinang, Anda dan keluarga bisa menyempatkan diri untuk sekedar melepas lelah di salah satu taman rindang yang ada di Jl. Hang Tuah, Kota Tanjung Pinang. Sekedar beristirahat dan bersenda gurau dengan keluarga sebelum meutup hari yang menyenangkan. Di sekitaran taman Gurindam banyak terdapat penjual yang menjajakan berbagai macam kuiner tradisional. Dari kuliner ringan, berat, sampai kue-kue tradisional siap membuat perut Anda kenyang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hang Tuah, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

19. Tepi Laut Tanjung Pinang

Tepi Laut Tanjung Pinang
Image Credit: Passgal.blogspot.com

Anda sedang lelah dan ingin berwisata ke tempat- tempat yang bisa membantu proses penyembuhan luka batin, atau sekedar melepaskan penat dan stress yang sedang melanda. Tepi Laut sangat cocok untuk solusi dari permasalahan Anda tersebut. Di sini Anda bisa melihat hamparan air laut tak berbatas, sejauh mata memandang hanya air laut yang tak nampak di mana ujung garis pantainya.

Langit cerah dan rindang tampak menyatu menyajikan pesona alam yang luar biasa mempesona. Jika Anda sedang kelelahan dan butuh tempat yang tenang Anda bisa berdiri sambil memandangi pemandangan sunrise atau sunset dari tempat yang telah disediakan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hang Tuah, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

20. Tanjung Siambang

Tanjung Siambang
Image Credit: Trepelin.com

Terakhir satu lagu destinasi alam yang masih bisa Anda nikmati sebelum pulang ke kota asal adalah Pantai Tanjung Siambang. Pantai ini bisa Anda jadikan salam perpisahan sebelum meninggalkan kota Tanjung Pinang. Pantai dengan pasir putih cenderung kuning ini beradu dengan air laut jernih dan segar. Susah sekali tentunya untuk menolak pesona pantai ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dompak, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Itulah 20 rekomendasi tempat wisata di Tanjung Pinang yang wajib dikunjungi untuk mendapatkan liburan yang berkualitas. Tanjung Pinang memang memiliki banyak pesona alam yang siap membuatmu terbuai dan betah berlama-lama di Tanjung Pinang. Seperti halnya daerah lain, Tanjung Pinang juga memiliki banyak pilihan kuliner khas Tanjung Pinang, dijamin akan memanjakan lidahmu dan memberikan kesan dan pengalam tersendiri yang susah untuk dilupakan.