Sumatra Utara

10 Tempat Wisata di Tapanuli Tengah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Periksa Rekomendasi Tempat Wisata Terindah dan Terbaik di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Berwisata ke tempat baru bisa memberikan kita pengalaman dan suasana baru yang menyegarkan fikiran, agar fikiranmu tidak terasa berat. Kali ini Anda bisa mencoba berkunjung ke Tapanuli Tengah. Daerah ini merupakan kabupaten yang berada di Sumatra Utara, dan beribukota Pandan, masih banyak perbukitan di sini, jadi banyak pula wisata alam yang disuguhkan kabupaten Tapanuli Tengah.

Jika Anda sedang berencana berlibur ke Sumatra Utara, kabupaten ini bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Berikut 10 tempat wisata di Tapanuli Tengah yang bisa Anda kunjungi saat berlibur.

1. Pulau Mursala

Pulau Mursala

Image Credit: Satyawinnie.com

Saat ini Pulau Mursala tengah menjadi ikonik dari Tapanuli Tengah. Pulau Mursala memang memiliki satu daya tarik yang tidak dimiliki oleh wisata lain di Tapanuli. Anda bisa menyaksikan air terjun yang langsung mengalir ke laut, wah pemandangan ini tentu akan sangat menyenangkan jika dilihat secara langsung. Jika berkunjung di sini usahakan saat cuaca sedang bagus dan belum memasuki musim penghujan. Maka Anda bisa menyaksikan air terjun dengan debit air yang deras jatuh ke birunya air laut. Pulau Mursala yang berada di kecamatan Tapian Nauli ini bisa Anda tempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam jika menaiki speed boat dari salah satu pantai yaitu Patai Pandan.

Keindahan alam bawah laut di pulau ini memang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Uniknya lagi sebenarnya air dari air terjun Pulau Mursala tidak pernah kering, hanya saja saat musim kemarau volume airnya sedikit berkurang.

Lokasi: Tapian Nauli I, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah.

2. Wisata Sejarah Titik Nol Islam Nusantara

Wisata Sejarah Titik Nol Islam Nusantara

Image Credit: Visitbarus.blogspot.com

Wisata satu ini berada di kota tertua yang ada di Pantai Barat, yaitu kota Barus. Banyak wisata sejarah yang ada di kota tersebut salah satu yang terkenal adalah Wisata sejarahnya yaitu Titik Nol Islam Nusantara. Wisata ini memang masih tergolong baru di Tapanuli Tengah, namun tak pernah sepi pengunjung.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Gunungsitoli Terbaru & Terhits Dikunjungi

Titik Nol Islam Nusantara ini diresmikan langsung oleh presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 24 Maret 2017. Kota Barus sendiri dikenal sebagai gerbang masuknya islam di Nusantara. Menurut sejarah, dahulu kota Barus dikenal sebagai salah satu pelabuhan terbesar di Asia pada masanya.

Dengan kedudukannya sebagai kota tertua di nusantara, terdapat banyak makam pedagang dari Timur Tengah yang bisa Anda temukan di sini. Itulah mengapa mayoritas penduduk di sini juga memeluk agama islam. Untuk Anda yang ingin berwisata sambil menambah pengetahuan, sempatkanlah ke kota Barus.

Lokasi: Pasar Batu, Kec. Barus, Kab. Tapanuli Tengah.

3. Pulau Kalimantung

Pulau Kalimantung

Image Credit: Akurat.co

Masih ingat bukan dengan pernyataan Sumatra memiliki wisata alam yang indah, ya salah satunya bisa Anda temukan di Pulau Kalimantung. Wisata alam satu ini dijamin tidak akan mengecewakanmu, salah satu yang tidak ada duanya. Keindahan air yang biru dan jernih terhampar sejauh mata memandang. Ekspetasi tentang pulau yang indah dan menenangkan benar- benar akan terealisasikan lewat keindahan Pulau Kalimantung.

Untuk mencapai pulau satu ini Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dari ibukota Tapteng, kota Pandan. Jangan lupa pakai sunblock ya untuk meminimalisir sengatan sinar matahari ke kulitmu.

Lokasi: Kepulauan Mursala, Kec. Barus, Kab. Tapanuli Tengah.

4. Pulau Putri

Pulau Putri

Image Credit: Satyawinnie.com

Jika Anda lebih ingin mencari ketenangan dan kedamaian Anda bisa melakukan perjalanan ke Pulau Putri. Pulau ini memang memberikan kedamaian yang bisa Anda rasakan. Banyak pepohonan rindang yang berada di Pulau cantik ini. Waktu tempuh untuk ke tempat ini memang agak lama yaitu 1, 5 jam dengan cuaca yang baik.

Untuk pecinta snorkling Anda bisa mencoba mengeksplore Pantai Pulau Putri. Ombak di sini sangat bisa diandalkan untuk kenyamanan kegiatan air seperti snorkling.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Medan yang Paling Enak

Lokasi: Tapian Nauli I, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah.

5. Pulau Pandan

Pulau Pandan

Image Credit: Deliserdangmall.com

Selanjutnya adalah Pulau Pandan. Rasanya tidak akan habis perjalanan wisata alammu jika jalan-jalan ke Tapanuli Tengah. Memang banyak pulau dan pantai yang masih bisa Anda temui di sini. Salah satu yang terbaik adalah Pulau Pandan.

Pulau ini cocok untuk di jadikan tempat melepas penat bersama teman ataupun bersama keluarga. Deretan pohon kelapa yang menjulang siap menyambutmu.

Lokasi: Pandan, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah.

6. Pantai Kade Tigo Barus

Pantai Kade Tigo Barus

Image Credit: Sibolgapos.com

Masih ada lagi pantai yang bisa Anda jadikan alternatif kunjungan wisatamu di Tapanuli Tengah. Pantai satu ini memang belum terkenal seperti pantai yang ada di Pulau Pandan atau yang ada di Kalimantung. Namun Anda tidak bisa begitu saja menampik keindahan pantai ini.

Saat berkunjung ke sini Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang menyenangkan. Namun jangan ke sini tanpa teman ya, rasanya akan canggung sekali jika bersenang-senang sendiri di pantai yang indah.

Lokasi: Kedai Gedang, Kec. Barus, Kab. Tapanuli Tengah.

7. Pulau Poncan

Pulau Poncan

Image Credit: Sumut.idntimes.com

Nah jika Anda sedang berkunjung ke Pantai Putri, sekalian mampir ke pulau satu ini yaitu Pulau Poncan. Lokasinya memang tidak jauh dengan Pulau Putri. Hamparan pasir putih siap menyilaukan mata, pulau satu ini memang tidak terlalu luas, namun lebih dari cukup untuk memberikanmu penjernihan pikiran dan keindahan laut yang menyegarkan.

Banyak sekali pepohonan dan bangku-bangku kayu yang disediakan untuk para pengunjung demi menikmati pemandangan pulau yang lebih khidmat. Jika ingin menginap pulau ini juga sudah menyediakan penginapan sederhana yang nyaman untukmu.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Medan yang Murah & Enak

Lokasi: Pasar Belakang, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

8. Aek Sijorni

Aek Sijorni

Image Credit: Akurat.co

Wisata satu ini merupakan wisata air terjun yang sangat populer di Tapanuli. Anda bisa merasakan sensasi mandi di bawah air terjun dengan dinaungi pohon-pohon kelapa yang mengelilingmu.

Suasana di Aek Sijorni juga begitu santai dan menyenangkan, apalagi jika Anda datang ke sini dengan ditemani teman- teman dekat atau keluarga. Itu akan membuat suasana menjadi semakin hidup dan lebih seru.

Lokasi: Jl. Trans Sumatera Bukittinggi – Padang Sidempuan, Aek Libung, Kec. Sayur Matinggi, Kab. Tapanuli Selatan.

9. Pantai Sindeas

Pantai Sindeas

Image Credit: Twitter.com @Togamd

Duh pengen ke pantai, namun tidak mau dengan suasana pantai yang ramai? Anda bisa memilih wisata ke Pantai Sindeas, pantai di sini memiliki ombak yang tenang dan angin laut yang sepoi-sepoi. Cocok untuk dijadikan destinasi wisata melihat pemandangan sunset atau matahari terbenam.

Di bibir pantai terdapat banyak pohon pinus yang tinggi sehingga membuat pantai lebih adem dan rindang. Pasir di pantai ini memang bukan pasir putih, tentu itu tidak mengurangi kecantikan pantai satu ini.

Lokasi: Manduamas, Kec. Manduamas, Kab. Tapanuli Tengah.

10. Pulau Karang

Pulau Karang

Image Credit: Mashur-sirfamilyn.blogspot.com

Pulau satu ini wajib banget Anda kunjungi, pulau satu ini juga cocok untuk dijadikan tempat menenangkan diri dan menepi sejenak dari hingar bingar perkotaan. Warna air laut di pulau ini adalah perpaduan warna hijau dan biru yang tentunya menyejukkan mata sekali. jika kesini jangan lupa untuk menikmati momen yang ada ya.

Lokasi: Sitiris-tiris, Kec. Andam Dewi, Kab. Tapanuli Tengah.

Itulah 10 tempat wisata di di Tapanuli Tengah yang hits dikunjungi wisatawan. Sepertinya untuk Anda pecinta wisata alam, Tapanuli Tengah harus di tambahkan di list liburanmu berikutnya ya, sayang banget untuk dilewatkan karena keindahan alam di sini memang pantas untuk dijadikan list liburan favorit.