Sumatra Utara

10 Tempat Wisata di Tapanuli Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Sumatera Utara? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Menarik & Populer di Tapanuli Utara Terbaru, Kekinian dan Paling Hits untuk Liburan Anda yang Lebih Berkesan.

Indonesia memang memiliki banyak destinasi wisata, tak terhitung jumlahnya jika harus menghitungnya satu persatu. Salah satu destinasi wisata yang patut dijadikan pilihan utama adalah Tapanuli Utara. Daerah ini memang masih terasa asing di telinga banyak orang, namun tidak untuk para traveller.

Tapanuli Utara merupakan kabupaten yang berada di Sumatera Utara. Provinsi ini memang memiliki kekayaan alam yang sudah diragukan lagi, begitupun dengan keaneka ragaman wisata yang ada di daerah tersebut. Berikut adalah 10 rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda datangi jika berkesempatan ke Tapanuli Utara.

1. Kawah Sipoholon

Kawah Sipoholon

Image Credit: Travel.kompas.com

Wisata keren pertama yang akan kita bahas adalah Kawah Sipoholon. Objek wisata satu ini merupakan pemandian air panas yang terkenal di Tapanuli Utara. Di sini terdapat dua sumber mata air yang posisinya berdampingan satu sama lain. Kedua sumber mata air inilah yang menjadi daya tarik utama di wisata Kawah Sipoholon.

Wisata Kawah Sipoholon ini cukup ramai di kunjungi masyarakat sekitar untuk relaksasi mamupun wisata bersama keluarga. Setiap harinya wisata ini tak pernah sepi, jadi jangan terkejut jika Anda datang saat weekend dan keadaan sedang ramai.

Lokasi: Situmeang Habinsaran, Kec. Sipoholon, Kab. Tapanuli Utara.

2. Pemandian Air Soda Parbubu

Image Credit: Ksmtour.com

Mendengar namanya yang unik pasti sudah membuatmu penasaran. Pemandian satu ini memang cukup berbeda dengan pemandian air panas lain yang ada di Tapanuli Utara, pasalnya pemandian air soda hanya ada 2 di dunia. Satu ada di Venezuela, satu lagi berada di Desa Parbubu. Jadi jika Anda ingin merasakan sensasi kolam air soda tak perlu jauh-jauh ke Venezuela ya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Mandailing Natal Terbaru & Terhits Dikunjungi

Meskipun tidak berenang Anda tidak akan tenggelam di kolamnya, karena terdapat gas dari dasar kolam yang akan membentuk banyak buih dan gelembung udara. Setelah mandi sari pemandian soda ini dijamin tubuhmu akan terasa segar dan ringan. Rutin mandi di sini juga akam membuat kulit terasa lebih halus.

Lokasi: Parbubu 1, Kec. Tarutung, Kab. Tapanuli Utara.

3. Salib Kasih

Salib Kasih

Image Credit: Pesona.travel

Walaupun memiliki masyarakat yang mayoritas memeluk agama islam, Tapanuli Tengah juga memiliki wisata religi untuk umat non islam seperti Salib Kasih. Destinasi ini adalah wisata religi yang terkenal di Tapanuli, Salib Kasih merupakan monument berbentuk Salib yang berukuran besar. Menurut sejarah monument ini didirikan untuk mengenang jasa seorang misionaris Jerman yang membawa agama Kristen ke Tapanuli.

Di sekeliling Salib Kasih adalah wisata alam berupa hutan yang masih rimbun, jelas ini adalah pemandangan dari wisata alam yang sayang sekali untuk di lewatkan begitu saja.

Lokasi: Dolok, Kec. Siatas Barita, Kab. Tapanuli Utara.

4. Situs Hindu Hopong

Image Credit: Henryparuliansitompul.wordpress.com

Ada lagi wisata religi yang terkenal di Tapanuli, namanya adalah Situs Hindu Hopong. Jejak-jejak peninggalan agama Hindu di Sumatra salah satunya berada di Tapanuli Utara. Situs ini diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Kerajaan Sriwijaya. Di sini terdapat banyak patung dan bebatuan sejarah yang merupakan peninggalan zaman dahulu yang banyak menceritakan tentang perkembangan agama hindu di Nusatara khususnya di Tapanuli Utara.

Nah jika ingin berwisata sambil menggali banyak pengetahuan, tempat ini sangat cocok Anda kunjungi. Jangan lupa bawa pula tour guide untuk memandu dan memberikan wawasan baru untuk menghiasi liburan Anda.

Lokasi: Hopong, Kec. Simangumban, Kab. Tapanuli Utara.

5. Muara Nauli

Muara Nauli

Image Credit: Muaranaulihotel.com

Tapanuli Utara juga masih di dominasi oleh perbukitan yang hijau, salah satunya bisa Anda temukan di Kecamata Muara Nauli. Destinasi wisata ini akan memberikan refleksi kesegaran dari hijaunya alam di sekitar perbukitan. Tempat ini juga cocok sekali untuk dijadikan salah satu tempat yang ideal untuk menikmati view Danau Toba.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Medan yang Murah & Enak

Di sini juga sudah banyak penginapan berupa villa ataupun hotel–hotel berbintang yang bisa memberikanmu pengalaman menginap terbaik di Tapanuli Utara.

Lokasi: Hutana Godang, Kec. Muara, Kab. Tapanuli Utara.

6. Tugu Toga Aritonang

Image Credit: Tourtoba.com

Tugu Toga Aritonang memang masih tergolong wisata baru yang ada di Tapanuli Utara. Tugu ini didirikan oleh Marga Aritonang yang merupakan keturunan langsung dari Raja Lontung ke-6. Tugu ini juga tidak pernah sepi pengunjung, setiap harinya selalu ramai dikunjungi wisatawan luar Tapanuli, maupun masyarakat lokalnya.

Tugu Toga Aritonang juga salah satu tempat dengan view terbaik untuk melihat pemandangan Danau Toba. Pemandangan di sekitar tugu juga tak kalah keren. Anda akan disuguhkan kombinasi bukit yang hijau rindang dan masih lebat serta birunya Danau Toba. Sayang sekali jika melewatkan tempat cantik satu ini.

Lokasi: Dolok Martumbur, Kec. Muara, Kab. Tapanuli Utara.

7. Bukit Doa

Bukit Doa

Image Credit: Rimbaceloteh.blogspot.com

Masih ada lagi wisata religi yang terdapat di Tapanuli Utara, yaitu Bukit Doa. Bukit ini berada di Desa Huta Ginjang Kecamatan Muara. Umat Kristen yang berada di Tapanuli pasti sudah tak asing dengan destinasi wisata satu ini. Selain dijadikan wisata religi bagi kaum Kristen, Bukit Doa juga bisa dijadikan wisata bersama keluarga ataupun teman dekat. Ada lokasi yang biasa digunakan untuk gathering maupun outbond.

Untuk Anda yang berencana menikah di Sumatera, tak ada salahnya menjadikan Bukit Doa tempat perhelatan pernikahan yang menarik, dijamin tidak menyesal dengan suguhan panorama di sana.

Lokasi: Huta Ginjang, Kec. Muara, Kab. Tapanuli Utara.

8. Huta Ginjang

Image Credit: Travel.kompas.com

Nah kalau sudah ke Bukit Doa, jangan lupa pula untuk mampir ke Huta Ginjang. Dari namanya saja pasti sudah membuatmu penasaran. Panorama indah di sini sulit untuk di tepis, hijaunya perbukitan yang disampingnya juga terdapat Danau Toba. Nikmat sekali bukan jika bisa melihat pemandangan seasri ini.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Medan yang Paling Hits

Berada di ketinggian 1.550 mdpl menjadikan Huta Ginjang menjadi lokasi favorit untuk olahraga paralayang. Para penggiat paralayang Sumatra biasa berlatih paralayang di Huta Ginjang. Bahkan presiden Joko Widodo juga pernah mengunjungi tempat ini hanya untuk melihat pemandangan Danau Toba.

Lokasi: Huta Ginjang, Kec. Muara, Kab. Tapanuli Utara.

9. Pulau Sibandang

Pulau Sibandang

Image Credit: Marketeers.com

Pulau ini berada di Kecataman Muara. Selain Samosir, pulau lain yang biasa dijadikan destinasi wisata untuk melihat pemandangan Danau Toba adalah Pulau Sibandang. Pemandangan alam dengan kombinasi hijaunya pepohonan yang juga masih lebat, serta hamparan air di Danau Toba akan membuatmu lupa waktu. Sayangnya belum banyak fasilitas yang terdapat di pulau ini, jadi usahakan sediakan perlengkapanmu dengan cermat.

Lokasi: Sibandang, Kec. Muara, Kab. Tapanuli Utara.

10. Pemandian Air Panas Tamaro

Pemandian Air Panas Tamaro

Image Credit: Jhendral.blogspot.com

Objek wisata satu ini merupakan sebuah pemandian air panas yang sudah terkenal di Tapanuli Utara. Pemandian air panas Tamaro memiliki air hangat yang bercampur dengan belerang yang ada di kolam Desa Hutabarat. Untuk masuk ke sini Anda hanya dipungut biaya sebesar 5 ribu rupiah saja, ongkos yang murah untuk membuat badan kembali segar.

Lokasi: Jl. AM. Tambunan, Kutabarat, Simamora, Kec. Tarutung, Kab. Tapanuli Utara.

Tentunya masih banyak sekali tempat wisata yang ada di Tapanuli Utara, masih banyak pula waktu yang bisa Anda habiskan untuk berkeliling ke Sumatra. Semoga bisa memberikanmu gambaran jika Anda sedang berkesempatan mengunjungi salah satu provinsi di Indonesia tersebut, dijamin Anda akan menikmati suasana dan sejenak membantumu untuk melupakan hiruk pikuk perkotaan yang tidak pernah ada habisnya.