Jambi

10 Tempat Wisata di Tebo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Bagi Anda yang belum mengetahui di provinsi Jambi terdapat sebuah kabupaten yang bernama Tebo. Kabupaten Tebo secara resmi berdiri pada tanggal 12 Oktober 1999. Daerah ini merupakan hasi pemekaran dari kabupaten Bungo Tebo. Kabupaten dengan ibukota di Muara Tebo ternyata memiliki potensi wisata yang cukup siginifikan. Apalagi wilayahnya yang dikelilingi oleh perbukitan serta sebagian masuk dalam kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh.

Ada beragam tempat wisata yang ada di kabupaten Tebo ini yang sayang apabila dilewatkan begitu saja. Penasaran dimana saja objek wisata tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Air Terjun Gajah Mati

Air Terjun Gajah Mati

Image Credit: Portaltebo.id

Tempat wisata pertama yang ada di Tebo adalah air terjun Gajah Mati. Air terjun yang berada di Desa Muara Kilis, kecamatan Tengah Ilir ini tidak seseram namanya. Karena di air terjun ini Anda akan menemukan suasana berbeda dimana kesunyian menyelimuti tempat ini.

Air terjun ini memang tergolong tempat wisata baru yang ada di Tebo, namun siapa sangka jika air terjun ini memiliki air yang sangat segar serta pemandangan sekitar yang masih asri dan tentunya sangat indah.

Lokasi: Desa Benteng Makmur, Kec. Tengah Ilir, Kab. Tebo.

2. Air Terjun Langgas

Air Terjun Langgas

Image Credit: Portaltebo.id

Tebo memang surganya air terjun. Tak heran jika banyak sekali air terjun yang bisa Anda temukan di kabupaten ini. Salah satu tempat wisata air terjun yang masih baru ini adalah air terjun Langgas. Berada di kecamatan VII Koto ini memang merupakan air terjun yang terbilang unik. Pasalnya air yang seharusnya jatuh dari atas tidak bisa langsung jatuh karena adanya tebing bertingkat yang berada di bawahnya.

Karena masih alami maka fasilitas pun masih sangat minim. Belum lagi akses menuju ke lokasi air terjun terbilang masih sulit. Meski begitu air terjun ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi apalagi jika Anda para pecinta alam yang suka akan tantangan.

Lokasi: Desa Muara Kilis, Kec. VII Koto, Kab. Tebo.

3. Bukit Tiga Puluh

Bukit Tiga Puluh

Image Credit: Attayaya.net

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di Tebo adalah bukit Tiga Puluh. Berada di kawasan Taman Nasional Tiga Puluh, tak heran jika kawasan ini menyimpan banyak keanekaragaman hayati serta pemandangan alam yang sangat mempesona. Taman nasional dengan luas sekitar 127.698 ha ini memiliki beragam habitat baik flora maupun fauna.

Salah satu yang wajib Anda kunjungi adalah bukit Tiga Puluh ini. Dengan Anda berada di puncak bukit seketika hamparan hijau nan luas serta panorama alam Tebo terlihat dengan jelas.

Lokasi: Rantau Langsat, Kec. Batang Gangsal, Kab. Indragiri Hulu.

4. Danau Riak

Danau Riak

Image Credit: Jambi-independent.co.id

Danau Riak merupakan sebuah danau yang bisa dikatakan menjadi salah satu tempat wisata andalah kabupaten Tebo. Berada di Desa Cermin Alam, Kecamatan VII Koto Ilir ini memiliki lebar sekitar 150 meter dengan kedalaman mencapai 10 meter.

Hal yang membuatnya unik danau Riak tidak pernah sekalipun kering meski Tebo dilanda musim kemarau panjang. Di danau Riak Anda tidak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar danau namun juga bisa mencoba berbagai wahana permainan air seperti sepeda air.

Lokasi: Trimakmur, Cermin Alam, Kec. Vii Koto Ilir, Kab. Tebo.

5. Danau Sigombak

Danau Sigombak

Image Credit: Tamacang.blogspot.com

Selain danau Riak, Tebo juga memiliki danau lainnya yakni danau Sigombak. Danau yang berada di Desa Jambu, Kecamatan Tebo Ulu atau berjarak kurang lebih 30 km dari kota Muara Tebo ini juga masuk dalam jajaran tempat wisata andalan Tebo. Danau dengan luas sekitar 40 ha ini merupakan danau kombinasi antara danau alam dan buatan manusia.

Diketahui danau ini terbentuk karena adanya aliran sungai Bulian yang membentuk lubuk dan akhirnya oleh masyarakat setempat dinamakan Lubuk Tilam Putih. Yang membuat danau Sigombak menarik karena da pulau kecil yang berada di tengah danau yang kemduian dinamakan pulau Sigombak. Danau ini telah resmi menjadi wisata andalah Tebo maka tak heran jika fasilitas di tempat ini cukup lengkap.

Danau yang disebut-sebut miniatur danau Toba ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Anda pun bisa puas berfoto disini mengingat banyak spot foto menarik yang tersedia. Selain itu, Anda pun bisa mencoba berbagai aktivitas menarik seperti memancing, naik perahu, berenang, hingga membuat tenda di sekitar danau.

Lokasi: Teluk Kembang Jambu, Kec. Tebo Ulu, Kab. Tebo.

6. Jembatan Jihan

Jembatan Jihan

Image Credit: Twitter.com

Jika umumnya sebuah jembatan di bangun memanjang di atas sebuah sungai namun berbeda halnya dengan jembatan Jihan. Jembatan ini dibangun di atas sebuah hamparan persawahan warga. Dari jembatan ini Anda bisa menikmati sejuknya suasana ala pedesaan serta melihat hamparan hijau dari sawah yang beradi disekitar jembatan.

Lokasi: Desa Betung Bedarah Barat, Kec. Tebo Ilir, Kab. Tebo.

7. Kebun Raya Bukit Sari

Kebun Raya Bukit Sari

Image Credit: Seringjalan.com

Tebo juga memiliki tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi salah satunya adalah kebun raya Bukit Sari. Disaat Anda merasa lelah dengan aktivitas pekerjaan tak ada salahnya Anda untuk berlibur ke tempat ini. Kebun raya dengan luas sekitar 300 ha dan berjarak kurang lebih 1,22 km dari Muaro Bungo ini memiliki setidaknya 50 spesies flora.

Tempat dengan tipe ekosistem hutan tropika ini menawarkan kesejukan alamnya serta air sungai yang sangat jernih. Dan menariknya lagi di kawasan kebun raya Bukit Sari terdapat sebuah sumber air panas dengan luas sekitar 6,5 ha dengan diameter kurang lebih 2 meter persegi. Dijamin Anda akan betah berlama-lama di tempat ini.

Lokasi: Kembang Seri, Kec. Maro Sebo Ulu, Kab. Batang Hari.

8. Makam Sultan Thaha

Makam Sultan Thaha

Image Credit: Galerijambi.com

Tidak hanya terkenal akan wisata alamnya yang luar biasa, Tebo juga memiliki tempat wisata religi yakni makam sultan Thaha. Makam sultan Thaha ini terletak di kota Muara Tebo atas tepatnya 200 km dari kota Jambi. Sultan Thaha Syaifuddin merupakan mantan sultan dari kerajaan Jambi yang bergelar Pangeran Ratu Jayaningrat.

Sultan Thaha merupakan sultan terakhir dari kerajan Jambi sekaligus generasi ke 17 dari putri Pinang Masak. Dia juga merupakan salah satu pahlawan yang keras melawan penjajah Belanda. Sultan Thaha ini diketahui meninggal pada tanggal 26 April 1904 di Muara Tebo di usia 88 tahun. Tepat pada tanggal 1 Desember 1977 Sultan Thaha resmi dinobatkan sebagai pahlawan nasional.

Lokasi: Jl. Sultan Thaha, Muara Tebo, Kec. Tebo Tengah, Kab. Tebo.

9. Masjid Agung Al-Ittihad

Masjid Agung Al-Ittihad

Image Credit: Portaltebo.id

Masih dengan tempat wisata religi, ada satu tempat lagi yang bisa Anda kunjungi yakni masjid agung Al-Ijtihad. Tempat ibadah umat Islam ini berada di Bedaro Rampak, Tebo Tengah serta menjadi masjid termegah di kabupaten Tebo. Masjid ini tercatat diresmikan secara umum pada bulan Juli 2015 silam. Masjid ini memiliki pemandanga sekitar yang cukup indah sehingga banyak orang memanfaatkannya untuk tempat prewedding.

Lokasi: Bedaro Rampak, Kec. Tebo Tengah, Kab. Tebo.

10. Tanggo Rajo

Tangga Rajo

Image Credit: Portaltebo.id

Bosan dengan suasana perkotaan Anda bisa mengunjungi taman Tangga Rajo. Taman ini berada di tengah kota tepatnya di kota Muara Tebo, kecamatan Tebo Tengah. Taman ini sangat cocok untuk sekedar menikmati senja di sore hari atau sekedar nongkrong.

Lokasi: Muara Tebo, Kec. Tebo Tengah, Kab. Tebo.

Nah, itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Tebo yang menarik dan sangat wajib untuk dikunjungi. Jangan lupa pula untuk menikmati kuliner khas Tebo atau sekedar membeli oleh-oleh khas Tebo untuk keluarga di rumah. Selamat berlibur dan berakhir pekan.