Lampung

10 Tempat Wisata di Tulang Bawang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Favorit di Tulang Bawang, Lampung. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan.

Nama Tulang Bawang mungkin jarang terdengar bagi kalangan wisatawan, meski sebenarnya tempat ini banyak memiliki potensi dalam bidang pariwisata, baik itu pariwisata alam maupun non alam. Beberapa objek wisata yang ada memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri, sehingga penting Anda ketahui tentang beberapa penjelasan mengenai destinasi wisata menarik yang ada di Tulang Bawang.

Mungkin saja dapat bermanfaat ketika Anda berkunjung ke Kabupaten yang berada di Provinsi  Lampung ini, dan tertarik untuk menjelajah beberapa spot wisata yang ada. Berikut adalah 10 rekomendasi tempat wisata di Tulang Bawang yang sangat menarik untuk Anda kunjungi saat liburan.

1. Way Tulang Bawang

Way Tulang Bawang

Image Credit: Wisato.id

Way Tulang Bawang merupakan kawasan sungai yang sampai saat ini masih terus dikembangkan agar menjadi suatu kawasan yang lebih potensial. Sungai ini termasuk ke dalam sungai terluas yang ada di Provinsi Lampung dengan panjang puluhan kilometer dan lebar yang hampir mencapai 200 meter. Sehingga, tidak heran jika dapat membelah Kota Manggala.

Sementara itu, objek wisata ini terus dikembangkan, seperti dayung, memancing, perahu hias dan beberapa wisata air lainnya. Bahkan, sungai ini juga kerap dijadikan sebagai tempat perlombaan saat momen penting.

Lokasi: Kuala Teladas, Kec. Dente Teladas, Kab. Tulangbawang.

2. Kota Tua Menggala

Kota Tua Menggala

Image Credit: Duniaindra.com

Kota Tua Manggala adalah Kota pusat pemerintahan yang dipisahkan oleh aliran sungai Tulang Bawang. Selain berperan sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang, kota ini juga banyak menyimpan berbagai peninggalan berupa bangunan-bangunan bersejarah peninggalan Belanda. Kita akan dibawa ke dalam suasana masa lampau apabila berkunjung ke Kota ini.

Selain itu, terdapat tempat yang dapat menarik perhatian yaitu Dermaga Sungai Tulang Bawang dan Pasar Lama yang juga merupakan bangunan peninggalan Belanda. Sehingga, tempat ini layak untuk dijadikan destinasi wisata sejarah dan budaya.

BACA JUGA:  11 Tempat Wisata di Metro Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Menggala Kota, Kec. Menggala, Kab. Tulangbawang.

3. Cakat Raya

Cakat Raya

Image Credit: Liatsinira.blogspot.com

Selanjutnya masih seputar bangunan, Cakat Raya ini merupakan destinasi wisata yang menyimpan berbagai macam keragaman budaya. Sehingga, kerap disebut sebagai miniatur TMII (Taman Mini Indonesia Indah) yang berada di Lampung. Terdapat rumah-rumah adat dari berbagai daerah, bahkan miniatur beberapa candi yang ada di Indonesia, seperti misalnya Candi Prambanan yang dibuat dengan ukuran 9×10 meter dengan ketinggian kurang lebih 12 meter. Dengan demikian, Cakat Raya banyak dikunjungi masyarakat karena adanya berbagai macan spot foto yang sangat menarik dan instagramable tentunya.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, Menggala, Kec. Menggala Timur, Kab. Tulangbawang.

4. Islamic Centre Tulang Bawang

Masjid Baitus Shobur

Image Credit: Qoobah.co.id

Islamic Centre ini merupakan kawasan Masjid Asmaul Husna atau kerap disebut sebagai Masjid Agung Baitul Sobhur. Selain berperan sebagai wisata religi, bangunan masjid ini memiliki arsitektur khas Lampung yang dapat merepresentasikan 4 marga yang terdapat di Lampung. Bahkan dapat pula dijumpai danau buatan dengan berbagai macam ikan yang hidup di dalamnya.

Itulah daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Islamic Centre ini, karena selain sebagai wisata religi juga termasuk ke dalam wisata bangunan dan budaya. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengunjunginya.

Lokasi: Jl. Raya Panaragan Jaya – Pulung Kencana, Panaragan Jaya, Kec. Tulang Bawang Tengah, Kab. Tulang Bawang Barat.

5. Taman Wisata Agro Pulung Kencana

Taman Wisata Agro Pulung Kencana

Image Credit: Wisatasia.com

Meski sebenarnya tempat ini bukanlah asli destinasi wisata, tetapi banyak pengunjung yang datang ke tempat ini. Ditambah lagi adanya beberapa fasilitas pendukung seperti gazebo dan beberapa kedai makanan yang bisa dijadikan tempat untuk bersantai sembari menikmati indahnya pesona alam yang ada.

Kawasan ini sebenarnya merupakan Pusat Pelestarian Keanekaragaman Hayati Tanaman serta Buah-buahan Tropis sekaligus sebagai kawasan penelitian tentang bibit-bibit unggul sebelum disebarluaskan kepada seluruh masyarakat atau petani yang ada di Tulang Bawang dan sekitarnya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pesawaran Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Tirta Kencana, Kec. Tulang Bawang Tengah, Kab. Tulang Bawang Barat.

6. Rawa Pacing

Rawa Pacing

Image Credit: Malahayati.ac.id

Objek wisata Rawa Pancing merupakan salah satu wisata alam yang berjarak kurang lebih 30 km dari kawasan Kota Tua Manggala, bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke tempat ini. Meski akses jalan licin dan berbatu tetapi tidak menyurutkan minat pengunjung untuk datang ke tempat ini.

Selain menawarkan keasrian alam dan suasananya yang masih alami, terdapat pula gerombolan burung yang konon kabarnya bermigrasi dari Asia dan Australia di atas rawa ini saat musim hujan tiba. Sehingga, akan sangat beruntung apabila Anda datang ke rawa ini bertepatan dengan datangnya burung-burung yang tidak biasa hidup di Indonesia.

Lokasi: Kibang Pacing, Kec. Menggala Timur, Kab. Tulang Bawang.

7. Kuala Teladas

Kuala Teladas

Image Credit: Thevirginhunter.blogspot.com

Kuala Teladas merupakan nama dari sebuah kampung atau desa yang ada di Kabupaten Tulang Bawang. Mayoritas penduduknya mempunyai mata pencaharian yang sama yaitu budidaya ikan dan udang. Meski tidak ditetapkan secara resmi sebagai desa wisata, tetapi banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk menyusuri aliran sungai Way Tulang Bawang dengan perahu kecil dan sampan.

Selain itu, banyak juga wisatawan datang kesini untuk mendapatkan hasil tangkapan dari masyarakatnya berupa berbagai jenis ikan seperti ikan mas, ikan baung, ikan patin dan beberapa jenis udang dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan ikan dan udang yang telah dipasarkan TPI.

Lokasi: Kuala Teladas, Kec. Dente Teladas, Kab. Tulang Bawang.

8. Kampung Tambak Rawajitu Timur

Kampung Tambak Rawajitu Timur

Image Credit: Mongabay.co.id

Hampir sama dengan Kuala Teladas, melainkan sebagian area kampung ini berada di bawah kekuasaan PT AWS (Aruna Wijaya Sakti) sebuah perusahaan tambak udang di Kecamatan Rawajitu Timur. Sebagian masyarakatnya juga bekerja sebagai petani tambak di perusahaan ini, dan sisanya mengolah tambak milik pribadi.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lampung Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Wisatawan yang datang ke tempat ini harus memiliki ijin dari PT AWS, tidak seperti Kuala Teladas dimana wisatawan bisa secara bebas menyusuri rawa. Meski demikian, selain pesona alam yang masih alami, Anda juga bisa berbelanja aneka macam hasil panenan tambak yang ada di tempat ini.

Lokasi: Bumi Dipasena Jaya, Kec. Rawajitu Timur, Kab. Tulang Bawang.

9. Jurang Seribu

Jurang Seribu

Image Credit: Berita24.id

Jurang Seribu tergolong sebagai destinasi wisata baru yang ada di Tulang Bawang. Awalnya berupa jalan setapak yang membelah rawa menjadi 2 bagian, namun kini jalan tersebut telah diubah menjadi jalan atau jembatan penghubung yang bisa digunakan masyarakat untuk memancing atau pergi berkebun.

Seiring berjalannya waktu, sepanjang jalan ini ditanami pohon sepang yang memiliki dahan dan ranting yang rimbun dan bisa membentuk menyerupai lengkungan. Dengan demikian, secara tidak sengaja terbentuk sebuah lorong secara alami dari dedaunan dan dahan pohon tersebut. Sehingga, banyak wisatawan datang untuk mengabadikan momen dengan berfoto di tempat ini.

Lokasi: Tiyuh Panaragan, Kec. Tulang Bawang Tengah, kab. Tulang Bawang Barat.

10. Monumen Patung Tugu Rato

Monumen Patung Tugu Rato

Image Credit: Wadahguru.com

Monumen Patung Tugu Rato belakangan ini menjadi sorotan dalam bidang pariwisata yang ada di wilayah Kecamatan Rawa Kebo, Kabupaten Tulang Bawang. Pembangunan monumen ini diangkat dari sebuah kisah yang menceritakan bawa pada beberapa waktu silam kerap muncul raja naga di area rawa-rawa di Kecamatan Rawa Kebo ini. Letaknya yang berada di persimpangan jalan dan kawasan strategis menjadikan monumen ini memiliki daya tarik tersendiri disamping uniknya bentuk bangunan yang berupa patung naga.

Lokasi: Panaragan Jaya, Kec. Tulang Bawang Tengah, Kab. Tulang Bawang Barat.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Tulang bawang yang dapat Anda jadikan sebagai referensi apabila suatu saat berkunjung ke Kabupaten ini. Mayoritas wisata yang disuguhkan berupa wisata alam yang masih terjaga keasriannya, sehingga tidak akan menyesal setelah Anda mendatanginya. Di samping itu, kawasan Tulang Bawang ini mayoritas berupa rawa-rawa sehingga memiliki tingkat produktifitas dan potensi yang tinggi dalam pengembangan kawasan wisata alam dan wisata kuliner khususnya dalam hasil tangkapannya.