The Le Hu Garden, Taman Kekinian yang Tawarkan Spot Instagramable di Deli Serdang

The Le Hu Garden, Taman Kekinian yang Tawarkan Spot Instagramable di Deli Serdang

The Le Hu Garden salah satu taman kekinian yang indah dekat Kota Medan yang menarik dikunjungi. Menyuguhkan taman hijau dan rangkaian bunga berwarna-warni sebagai spot foto yang instagramable.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pendidikan, Deli Tua Barat, Kec. Deli Tua, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Taman bunga menjadi salah satu wisata yang memiliki daya tarik sendiri di mata wisatawan. Akhir-akhir ini, Medan muncul di media sosial karena wisata taman bunganya yang menarik perhatian. The Le Hu Garden, cukup viral di media sosial karena pemandangannya yang indah berupa hamparan taman bunga berwarna-warni dan menyejukkan mata yang dilengkapi dengan spot-spot foto menarik.

Tidak mengherankan jika wisata taman bunga ini semakin ramai dikunjungi wisatawan dari waktu ke waktu karena hamparan bunganya begitu cantik dan segar. Suasana yang disuguhkan pun benar-benar sejuk dan teduh. Apalagi ditambah dengan adanya danau buatan yang memberikan suasana tempat wisata satu ini semakin membuat para pengunjung betah berlama-lama.

Pesona keindahan taman bunga terlihat asri karena lokasinya berada di pedesaan. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang menginginkan tempat berlibur dengan suasana tenang dan menentramkam hati. Berlibur ke tempat wisata ini dapat mengurangi segala rasa kejenuhan maupun beban pikiran yang sedang dirasakan para pengunjung, udaranya sejuk ditambah dengan suara air yang tenang.

Daya Tarik yang Dimiliki The Le Hu Garden

Daya Tarik The Le Hu Garden
Image Credit: Google Maps (Itisss)

1. Asal Muasal Tempat Wisata

Taman bunga tersebut awalnya bukanlah tempat wisata seperti sekarang ini. Tidak disangka bahwa dulunya taman bunga ini merupakan sebuah taman yang berada di halaman rumah pribadi seseorang. Desain tamannya adalah hasil kreatifitas pemiliknya. Dulunya taman ini digunakan untuk pesta barbeque dan pesta kebun oleh pemiliknya.

Seiring berjalannya waktu, taman ini dibuka untuk masyarakat umum dan dibuat danau buatan untuk menambah pesonanya. Selain taman bunga dan danau buatan, terdapat juga satu rumah yang desainnya unik. Nama The Le Hu Garden bermula dari nama kampung atau desa Le Hu. Kemudian pemiliknya menambahkan kata ‘Garden’ agar namanya semakin cantik.

2. Sebagai Lokasi Prewedding

Tidak mengherankan jika lokasi wisata satu ini dijadikan sebagai lokasi prewedding. Kegiatan prewedding dengan latar belakang hamparan bunga nan cantik tentu akan membuat hasil foto semakin terlihat mempesona. Para calon pengantin mengajak fotografer terpecaya untuk mengambil foto-foto di beberapa spot yang berbeda yang ada di taman bunga tersebut.

Bagi calon pengantin yang tidak membawa pernak-pernik untuk kebutuhan prewedding, tempat wisata ini juga menerima reservasi untuk kegiatan prewedding dan di dalam rumah utama tersedia berbagai pernak-pernik prewedding berbentuk klasik yang bisa Anda sewa bersama dengan pasangan. Oleh karena itu, taman bunga cantik ini cocok untuk tempat prewedding.

Daya Tarik Dimiliki The Le Hu Garden
Image Credit: Google Maps (Jusup Sukatendel)

3. Wisata Edukasi untuk Anak-Anak

Selain sebagai lokasi prewedding, The Le Hu Garden juga bermanfaat sebagai lokasi wisata bertema edukasi untuk anak-anak. Orang tua tidak hanya sekedar mengajak berlibur saja disana, melainkan juga mengenalkan flora dan dauna kepada anak-anak mereka. Dengan berkeliling area taman yang luas, ada banyak sekali spot edukasi yang bisa dikenalkan.

Contohnya saja, mengenalkan beragam jenis pepohonan dan tanaman bunga, mengajarkan anak memberi makan ikan sebagai bentuk kasih sayang terhadap hewan, mengenalkan pada anak mengenai seberapa pentingnya menjaga kelestarian alam dan menjaga kebersihan sejak dini dan mengajak anak mengunjungi area khusus budidaya buah-buahan dan sayuran.

4. Pemandangannya Cocok untuk Fotografi

The Le Hu Garden, taman wisata berupa hamparan bunga dengan danau buatannya yang mempesona berhasil menghipnotis siapapun yang berkunjung. Areanya yang luas tidak membuat para pengunjung lelah berjalan kaki mengitari seluruh area taman.

Pesonanya yang menakjubkan seolah mampu membayar segala rasa lelah yang dirasakan para wisatawan sehingga sangat direkomendasikan. Wisatawan yang hobi fotografi dan senang dengan pemandangan yang penuh dengan bunga cocok sekali berkunjung ke tempat wisata ini.

Berbeda dengan tempat wisata lainnya, taman bunga tersebut memiliki daya tarik tersendiri yang tidak akan ditemukan di tempat wisata lainnya. Meskipun masih baru, namun taman bunga satu ini telah berhasil mengambil hati para wisatawan lokal hingga luar kota.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi The Le Hu Garden

Alamat The Le Hu Garden
Image Credit: Google Maps (Ren Shiro)

Lokasi tempat wisata berada di daerah Medan, tepatnya di Deli Tua. Anda bisa berkunjung ke lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Dari pusat Kota Medan, perjalanan menuju ke lokasi akan memakan waktu kurang lebih 40 menit atau jarak yang ditempuh adalah sekitar 17 km. Lokasinya berada di pedesaan yang cukup jauh dari hiruk pikuk kota.

Rute yang ditempuh dari pusat Kota Medan adalah melalui Jalan Brogejn Zein Hamid. Kemudian lanjutkan perjalanan melalui Jalan Besar Deli Tua, Terminal Amplas, dan Jalan Pendidikan. Setelah itu, perjalanan menuju The Le Hu Garden akan melalui SMA Negeri 1 Deli Tua. Lokasinya tak jauh dari SMA tersebut, Anda harus melewati kuburan jepang, kemudian ikuti petunjuk menuju ke lokasi.

Jika Anda menggunakan transportasi umum, berangkat dari Aksara, Anda bisa naik angkot 07 dengan tujuan Simpang Limun. Setelah itu, Anda charter ke angkot A15 hingga simpang SMA Negeri 1 Deli Tua.

Kemudian Anda bisa naik becak menuju ke lokasi. Ketika Anda akan pulang dan tidak menemukan becak lagi, pemantau lapangan tempat wisata bersedia untuk mengantarkan Anda ke simpang.

Harga Tiket Masuk The Le Hu Garden Medan

Harga Tiket he Le Hu Garden
Image Credit: Google Maps (Bara Pohan)

Per Maret 2021, masyarakat umum diharuskan membayar tiket masuk wisata sebesar Rp 20.000 per orang. Harga tiket masuk tersebut sepadan dengan pemandangan yang akan pengunjung dapatkan ketika memasuki tempat wisata. Pihak pengelola juga menyediakan tiga tiket terusan, yakni paket terusan A, paket terusan B, dan paket terusan C dengan harga tiket yang berbeda satu sama lain.

Untuk paket terusan A dibanderol dengan harga tiket Rp 80.000, sudah termasuk pelet ikan, tiket taman istimewa (taman papua, taman jepang, dan taman jawa), benih sayuran, dan tiket perahu. Paket terusan B dibanderol dengan harga tiket Rp 155.000, sudah termasuk paket terusan A, love juice/ hydrococo, souvenir, dan paket makan untuk 1 orang.

Paket terusan C di The Le Hu Garden dibanderol dengan harga tiket Rp 180.000, sudah termasuk paket terusan B, hydrococo atau love juice, souvenir, dan paket makan untuk 1 orang. Bagi Anda yang ingin berlibur bersama dengan keluarga disana, Anda bisa memilih tiket mana yang ingin dibeli dengan menyesuaikan budget. Tempat wisata ini dibuka setiap hari dari pukul 09.00-18.00 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di The Le Hu Garden

Kegiatan Menarik di The Le Hu Garden
Image Credit: Google Maps (Ruslan Agustian)

1. Menjelajah Danau dengan Wahana Air

Meskipun danau buatan, namun keindahannya tiada duanya. Di tepi danau dihiasi dengan rerumputan dan aneka macam tanaman yang tumbuh lebat. Pengunjung juga bisa beristirahat di gubuk yang tersedia di atas danau. Paling menarik yakni menjelajah danau dengan perahu atau bebek dayung yang bisa disewa oleh pengunjung dengan harga terjangkau.

2. Memberi Makan Ikan dan Memancing

Bagi Anda yang hobi memancing, tempat wisata ini menyediakan tambak yang tidak jauh dari danau untuk tempat memancing. Tidak perlu khawatir jika Anda tidak membawa peralatan pancing, karena disana tersedia penyewaan alat pancing. Selain memancing, Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk memberi makan ikan dengan pelet ikan yang sudah disediakan.

3. Berfoto di Spot-Spot Instagramable

Ciri khas The Le Hu Garden adalah banyaknya spot-spot foto instagramable yang bisa Anda manfaatkan untuk berfoto. Ada beragam spot foto menarik dengan bentuk yang berbeda-beda. Spot foto hamparan bunga berbentuk love adalah spot yang paling banya digemari oleh pengunjung. Bahkan, spot foto tersebut kerap menjadi spot foto untuk prewedding.

4. Menemani Anak Bermain di Playground

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan arena bermain anak atau playground yang berisikan aneka ragam permainan seru dan menarik. Area playground tersebut berupa lapangan rumput yang luas dengan beraneka ragam wahana permainan untuk anak-anak. Area ini juga cocok untuk anak-anak yang ingin berolahraga atau bermain bola.

5. Berjalan-Jalan Keliling Taman

Anda yang butuh melepas penat, sangat direkomendasikan untuk berjalan-jalan berkeliling taman bunga. Berjalan mengitari taman ini tidak akan membuat Anda letih karena udaranya sejuk, tempatnya teduh, dan yang paling menyenangkan adalah di setiap sudutnya selalu ada spot-spot yang pasti membuat Anda ingin berhenti sejenak untuk berfoto.

Kegiatan di The Le Hu Garden
Image Credit: Facebook.com @(Tari Syahfitri Utami)

6. Bersantai di Gubuk atau Gazebo

The Le Hu Garden menyediakan gubuk untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga. Lokasinya ada di area bukit sehingga pemandangan yang disuguhkan sangatlah menarik karena bisa melihat tempat wisata dari atas. Terdapat juga gazebo unik dengan atapnya yang berupa payung.

7. Mengadakan Acara Keluarga atau Gathering Kantor di Pondok Bambu

Di tempat wisata tersebut juga dilengkapi dengan pondok bambu berwarna coklat yang dapat difungsikan sebagai tempat gathering kantor atau acara keluarga, arisan, reunian, dan kegiatan lainnya. Tampilan pondok bambu ini didesain secara klasik dan berbentuk seperti rumah singgah. Namun untuk bisa menggunakannya, Anda harus reservasi terlebih dahulu.

8. Kuliner di Kafe atau Tempat Makan

Setelah Anda merasa puas berkeliling taman bunga, bermain wahana air, dan melakukan kegiatan menarik lainnya, Anda bisa mengisi kekosongan perut dengan menyantap makanan serta menghilangkan dahaga dengan meminum minuman sesuai selera. Di The Le Hu Garden tersedia kafe atau tempat makan dengan harga yang terjangkau.

9. Membeli Souvenir

Bagi Anda yang masih merasa kurang jika meninggalkan tempat wisata ini tanpa membawa buah tangan, Anda bisa mencoba untuk mampir ke toko souvenir yang ada disana. Ada beragam pernak-pernik cantik dan lucu yang bisa Anda bawa pulang dengan harga terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di The Le Hu Garden Deli Serdang

Fasilitas di The Le Hu Garden
Image Credit: Google Maps (MF Ramadhan)

Anda tidak perlu berpikir dua kali jika ingin mengunjungi tempat wisata ini. Karena disana sudah tersedia fasilitas lengkap dan memadai seperti lahan parkir, mushola, kafe atau tempat makan, toko souvenir, penginapan, toilet umum, penyewaan perahu, gazebo, pondok bambu, dan lain sebagainya.

Dengan panorama yang cantik, dilengkapi dengan danau buatan yang menarik, ditambah dengan berbagai fasilitas lengkap dan memadai sudah tidak mengherankan lagi jika The Le Hu Garden tidak pernah sepi pengunjung. Area yang luas dengan beragam spot yang menarik tidak akan membuat Anda bosan ketika berada disana.