Tjong A Fie Mansion, Bangunan Bersejarah dengan Desain Arsitektur Unik di Medan

Tjong A Fie Mansion, Bangunan Bersejarah dengan Desain Arsitektur Unik di Medan
Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.

Indonesia sangat kaya akan tempat wisata yang tidak membosankan. Pulau Sumatera termasuk salah satu pulau di Indonesia yang menyimpan potensi wisata besar sehingga tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. Kota Medan, Sumatra Utara, memiliki tempat wisata sejarah bernama Tjong A Fie Mansion.

Tempat wisata tersebut mempunyai daya tarik tersendiri yang berbeda dengan tempat wisata lainnya di Medan. Nuansanya benar-benar nuansa sejarah sehingga tempat ini selalu berhasil membuat wisatawan merasa penasaran untuk mengunjunginya. Tempat-tempat wisata bersejarah yang tersebar di seluruh penjuru daerah menjadi bukti kekayaan wisata Indonesia.

Mulai dari tempat wisata alam seperti gunung, pantai, taman, hingga bukit, wisata sejarah seperti candi, museum, hingga monumen, sampai dengan wisata kekinian semuanya ada di Indonesia. Termasuk di Medan yang memang mempunyai beragam tempat wisata dengan sisi ketertarikannya masing-masing dan tidak akan ditemukan di daerah lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Tjong A Fie Mansion

Daya Tarik Tjong A Fie Mansion Medan
Image Credit: Twitter Keliling Indonesia

1. Memiliki Sejarah Menarik Terkait Bangunannya

Tempat wisata ini berupa museum yang dulunya merupakan kediaman Tjong A Fie. Rumah tua yang kini menjadi museum tersebut sudah berdiri lebih dari 1 abad, tepatnya tahun 1900. Kemudian pada tanggal 18 Juni 2009 yang bertepatan dengan ulang tahun ke-150 si pemilik rumah, bangunan ini dibuka untuk masyarakat umum.

Usia bangunannya memang sudah 1 abad lebih, namun siapa sangka jika bangunan yang memiliki dua lantai tersebut masih terjaga baik dan masih tampak megah. Sisi menarik lainnya juga bisa dilihat dari keragaman budaya khas Medan yang tampak dari bentuk bangunanya sehingga menjadi landmark yang ada di Kota Medan.

2. Merupakan Rumah Tua Milik Saudagar Asal Tiongkok

Salah satu destinasi wisata sejarah di Kota Medan ini dinamakan Tjong A Fie Mansion bukan tanpa sebab. Asal muasal nama ‘Tjong A Fie’ yang disematkan di nama tempat wisata tersebut adalah dari seorang kapitan, bangkir, sekaligus pengusaha sukses dan kaya asal Tiongkok, China yang merupakan pemiliknya.

Beliau lah yang membangun rumah ini dan bertempat tinggal disana semasa hidupnya dari tahun 1860 hingga tahun 1921. Sewaktu Tjong A Fie masih hidup, beliau dikenal oleh masyarakat dengan berbagai bisnisnya yang sukses mulai dari bank, perusahaan kereta api, perkebunan, hingga pabrik gula dan minyak kelapa sawit.

Daya Tarik Dimiliki Tjong A Fie Mansion Medan
Image Credit: Google Maps TJIUNGGU TJERMIN

3. Mempunyai Arsitektur Bangunan yang Tampak Unik

Tjong A Fie yang dulu dikenal sebagai saudagar kaya dan dermawan di Kota Medan membangun rumah seluas 6.000 meter persegi dengan arsitektur bangunan yang unik. Keunikannya bisa dilihat dari perpaduan dari variasi tiga desain arsitektur rumah, yaitu desain ala Eropa, Melayu dan Tionghoa.

Furnitur meja dan juga kursi khas jaman dulu disusun secara rapi di ruang tamu dengan hiasan berupa vas bunga di meja. Beberapa poster yang menggambarkan Tjong A Fie terpampang rapi di dinding. Ada juga almari hias yang dihiasi dengan foto beliau bersama sang istri, serta beberapa teko keramik dengan motif khas Tiongkok.

4. Memiliki Ruangan-Ruangan Seperti Layaknya Rumah

Karena dulunya merupakan rumah pribadi, maka wisatawan tidak hanya menemukan ruang tamu saja di Tjong A Fie Mansion. Ada juga ruang makan dengan meja makan dan empat kursi. Terdapat alat-alat makan berupa garpu, sendok, mangkok, dan piring yang tersusun di atas meja secara rapi dan teratur.

Selain itu, ada ruang tidur berisikan perabotan kuno yang lengkap berupa tempat tidur model antik dengan meja rias, kursi, klambu, dan lain sebagainya. Ruangan paling populer disana yakni tempat ibadah. Dulunya ruangan tersebut digunakan untuk tempat hio dan persembahyangan untuk memuja dewa-dewa.

Ruang ibadah yang ada di museum ini mempunyai kemiripan dengan klenteng berukuran kecil. Perabotan serta bangunannya hampir semuanya berbahan kayu. Sehingga museum tersebut tampak seperti rumah yang masih menyimpan ciri khas tersendiri dan tidak banyak berubah semenjak Tjong A Fie masih hidup.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Tjong A Fie Mansion Medan
Image Credit: Google Maps Henry Suripto

Lokasi rumah tua yang dialihfungsikan sebagai museum ini terletak di Kota Medan, tepatnya di daerah Kesawan. Wisatawan bisa menemukan tempat wisata sejarah yang berlantai dua tersebut di Jalan Ahmad Yani no. 105. Lokasinya tergolong sangat strategis karena dekat sekali dengan lokasi pusat Kota Medan.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Tjong A Fie Mansion bisa menempuhnya menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan berangkat dari pusat kota menuju ke lokasi dengan menempuh perjalanan kurang lebih 10 menit saja. Wisatawan luar daerah dan mancanegara bisa berangkat dari titik lokasi Bandara Lanud Soewondo Medan.

Selanjutnya wisatawan bisa menggunakan taksi atau ojek online untuk menuju ke lokasi. Rute yang ditempuh akan melewati Jl. Komodor Muda Adi Sucipto kemudian Jl. Imam Bonjol. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan melalui Jl. Letjen Suprapto menuju ke Jl. Pemuda. Lokasi tempat wisata ada di kanan jalan setelah perempatan Gedung BKS PPS.

Harga Tiket Masuk Wisata

Tiket Tjong A Fie Mansion Medan
Image Credit: Twitter Traveloka Indonesia

Wisatawan yang berkunjung kesana harus menyiapkan budget sebesar Rp 35.000 per orang baik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk tiket masuknya. Harga tiket tersebut sudah termasuk tour guide yang akan menemani wisatawan berkeliling area museum sambil menceritakan sejarah bangunan bersejarah ini.

Tjong A Fie Mansion dibuka untuk masyarakat umum setiap hari Senin sampai Minggu mulai pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB. Karena bangunannya yang tampak unik, tempat wisata ini kerap digunakan untuk lokasi foto prewedding dengan konsep tempo dulu. Wisatawan perlu memperhatikan peraturan yang tertera ketika memasuki tempat ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Tjong A Fie Mansion

Aktivitas Tjong A Fie Mansion Medan
Image Credit: Google Maps Sujatmiko Donohadi

1. Hunting Foto

Bangunan museum yang merupakan peninggalan Tjong A Fie ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan museum lainnya yang tampak dari desain arsitekturnya. Tidak heran jika museum tersebut tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan, wisatawan dari luar daerah dan mancanegara pun tertarik mengunjunginya.

Ketika berencana untuk melakukan perjalanan wisata ke museum sejarah ini saat liburan ke Medan, wisatawan jangan sampai lupa untuk membawa kamera. Desain arsitektur bangunannya benar-benar luar biasa eksotik dan tidak ada museum lainnya yang memiliki desain arsitektur seperti tempat wisata ini.

2. Berkeliling Area Museum dan Mempelajari Sejarahnya

Dengan membayar tiket masuk Rp 35ribu, wisatawan akan mendapatkan fasilitas berupa tour guide yang siap menemani wisatawan berkeliling area museum. Tentu saja kesempatan tersebut jangan disia-siakan sehingga wisatawan bisa bertanya segala hal terkait sejarah museum ini kepada tour guide.

Karena Tjong A Fie Mansion merupakan tempat wisata sejarah, wisatawan tidak diperbolehkan untuk duduk maupun mengambil foto atau video di area-area terlarang. Hal tersebut pasti disampaikan oleh tour guide ketika sedang eksplor museum. Sehingga pastikan wisatawan patuh pada peraturan yang ada disana.

3. Membeli Souvenir Khas

Berkunjung ke tempat wisata tidak akan lengkap rasanya jika tidak membeli souvenir khasnya. Di tempat wisata ini wisatawan bisa menemukan souvenir khas Sumatera Utara berupa kaos dan pernak-pernik di lantai dua. Souvenir yang dijual disana memang bukan merupakan souvenir khas Tiongkok.

Oleh karena itu, selain menyiapkan budget untuk tiket masuk, wisatawan juga sebaiknya menyiapkan budget untuk membeli souvenir yang akan dibagikan untuk keluarga di rumah. Souvenir khusus dengan logo gambar bangunan tempat wisata ini sementara hanya tersedia kaos dan mug saja dengan harga terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tjong A Fie Mansion Medan
Image Credit: Google Maps Yunisa Malino

Berbicara tentang fasilitas, wisatawan tidak perlu khawatir karena tempat wisata yang menyajikan suasana tempo dulu dengan bangunan khas Tiongkok tersebut mempunyai beragam fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat fasilitas tempat parkir yang cukup luas di halaman. Wisatawan bisa masuk melalui gerbang depan untuk parkir kendaraan di halaman.

Fasilitas lainnya adalah tour guide gratis karena sudah termasuk dengan tiket masuknya. Selain itu, ada fasilitas toilet dan toko souvenir di lantai dua.

Karena memang dulunya merupakan rumah pribadi Tjong A Fie, maka di dalam bangunan Tjong A Fie Mansion terdapat banyak perabotan seperti meja dan kursi serta ruangan-ruangan seperti layaknya rumah.

Wisatawan boleh duduk di area yang memang diperbolehkan. Ada beberapa area yang tidak boleh dimasuki oleh wisatawan dan ada beberapa tempat duduk yang tidak boleh diduduki sehingga wisatawan sebaiknya mematuhi peraturan tersebut. Untuk fasilitas warung makan memang tidak tersedia disana karena merupakan museum sejarah dan landmark Medan.

Bagi Anda wisatawan luar daerah dan mancanegara yang ingin melakukan kunjungan wisata di Tjong A Fie Mansion, sebaiknya mencari tahu segala informasi terkait tempat wisata tersebut sebelum mengunjunginya. Untuk tiket masuknya, wisatawan bisa memesannya melalui online di website resminya maupun membelinya langsung ketika tiba di lokasi.