Indahnya Ulu Kasok, Pesona Bukit Eksotis Bak Raja Ampat di Kampar

Indahnya Ulu Kasok, Pesona Bukit Eksotis Bak Raja Ampat di Kampar
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

Ulu Kasok digadang-gadang sebagai Raja Ampat versi mini yang berlokasi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Artinya, daya tarik utama destinasi menawan ini adalah pesona baharinya. Bagaimanapun juga, di Indonesia memang tidak terlalu sulit untuk menemukan pulau-pulau dengan keindahan memukau mata.

Dengan laut sebagai wilayah terbesarnya, Indonesia bisa dibilang adalah surga impian bagi para pecinta destinasi bahari. Ketika Anda mengunjungi Pulau Gadang di Kabupaten Kampar, keindahan yang menakjubkan siap menyambut dengan pasti. Tidak heran, destinasi alam ini sempat booming beberapa waktu lalu dan sukses mengundang wisatawan dari banyak penjuru.

Tidak hanya itu, tumbuhnya pepohonan rindang turut menyemarakkan suasana di Ulu Kasok. Bertandang ke sini sama artinya melakukan healing untuk kondisi mental dan fisik yang mungkin lelah setelah menjalani rutinitas harian. Selain lanskapnya tampak menakjubkan saat diamati dari atas ketinggian, ini juga menghadirkan efek tenang.

Daya Tarik yang Dimiliki Ulu Kasok

Daya Tarik Ulu Kasok Kampar
Image Credit: Instagram Elvi^^

1. Puncak Bukit

Puncak bukit masih menjadi salah satu spot incaran para traveler dengan keinginan menikmati pesona alam bebas. Di sini, Anda bisa menemukan sebuah bukit yang ketinggiannya mencapai 500 meter dari permukaan tanah. Artinya, agar dapat mengagumi keindahan destinasi cantik ini secara keseluruhan, sejauh itulah jarak yang mesti ditempuh.

Setiba di puncak bukit Ulu Kasok, terpaan angin akan terasa lebih kencang daripada situasi normal di dataran rendah. Oleh karena itu, jika Anda termasuk orang yang sensitif terhadap udara dingin, disarankan mengenakan pakaian tebal, jaket, atau hoodie. Ini demi kenyamanan dan keamanan diri sendiri, sekaligus menghindari kondisi yang tak diharapkan.

2. Hamparan Laut yang Luas

Selain menyelam dan mengagumi kehidupan di dalamnya, laut termasuk lanskap yang menghadirkan kesejukan ketika dipandang mata. Berlama-lama di sini bisa membantu Anda healing sejenak dari seluruh aktivitas rutin harian, terutama pekerjaan dengan beban berat.

Cobalah nikmati waktu-waktu tersebut dan bila perlu ambil waktu yang cukup lama. Melihat laut, sekaligus bisa meningkatkan semangat hidup dan rasa syukur karena telah bertahan hidup meski segalanya terasa melelahkan.

Daya Tarik Dimiliki Ulu Kasok Kampar
Image Credit: Google Maps Santoso sibolang santoso sibolang

3. Lanskap Bagai Raja Ampat

Sejalan dengan luasnya lautan biru yang ada di Ulu Kasok, anggapan bahwa ini mirip dengan Raja Ampat semakin kuat terdengar. Mungkin bukan yang pertama kali dan bukan pula satu-satunya, tetapi wisata bahari cantik ini, punya pesonanya sendiri.

Sayangnya, untuk mengetahui itu secara langsung, tidak ada cara paling masuk akal kecuali berkunjung langsung. Jadi, jika Anda tertarik, segera pesan tiket penerbangan ke Bandara Pekanbaru, lalu ambil rute perjalanan tercepat menuju Kabupaten Kampar, melalui Bengkinang.

4. Rute Mudah Dilewati

Kemudahan rute perjalanan menuju tempat wisata juga termasuk dalam daya tarik itu sendiri. Pasalnya, di Indonesia sudah menjadi pemahaman umum bahwasanya destinasi alam yang cantik biasanya terletak di pedalaman, sangat jauh dari keriuhan kota.

Kabar baiknya, Ulu Kasok tidaklah demikian, bahkan jaraknya terbilang cukup dekat dengan Bandara Pekanbaru. Bagi wisatawan asal pulau atau provinsi lain, ini merupakan kabar yang bagus karena tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu di perjalanan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Ulu Kasok Kampar
Image Credit: Google Maps Abi Laksamana

Kondisi perjalanan ke Ulu Kasok di Kampar terbilang mudah, tidak akan membuat Anda was-was selama prosesnya. Hanya saja, belum ada transportasi umum yang langsung menuju ke sana, sehingga untuk mencapainya perlu memanfaatkan rental mobil atau kendaraan pribadi.

Untuk spesifikasi detail lokasinya sendiri bisa ditemukan di Kecamatan XIII Koto Kampar, persisnya di Desa Pulau Gadang. Ambil rute menuju jalan raya Pekanbaru-Payakumbuh, dan Anda akan mendapati destinasi cantik ini di salah satu titik di antara jalur tersebut.

Apabila Anda baru pertama kali berkunjung ke sana, lebih disarankan untuk menyewa rental dari lokasi di sekitar penginapan. Tujuannya agar terhindar dari kebingungan perihal rute atau tersesat di tengah perjalanan. Selain itu, Anda pun tidak perlu pusing tentang aktivitas mengemudi dan bisa tidur siang untuk mengumpulkan energi sebelum bersenang-senang.

Di sisi lain, apabila Anda menyukai sensasi petualangan mencari sebuah lokasi, disarankan untuk menyewa kendaraan bermotor, lalu kendalikan kemudi secara mandiri. Sebaiknya ajaklah teman terdekat agar perjalanan lebih berwarna.

Jarak terdekat yang bisa dijadikan patokan adalah Kota Bangkinang, di mana selisihnya kurang lebih 15 km. Apabila berasal dari pulau lain dan datang dengan menumpang pesawat, itu tidak akan terlalu sulit untuk menemukannya sejak tiba di Bandara Pekanbaru.

Dari Pekanbaru ke Bangkinang, setidaknya butuh menempuh jarak sejauh 90 km dengan estimasi kelajuan normal, atau ini setara 2 jam. Belum lagi, pemandangan dari pohon-pohon sawit yang berjajar di tepi jalan akan menyejukkan perjalanan Anda sehingga tidak terasa begitu melelahkan.

Satu yang paling penting, pastikan untuk senantiasa menjaga keamanan diri dan barang bawaan, mengingat kejahatan bisa saja terjadi sewaktu-waktu tanpa disadari.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Ulu Kasok Kampar
Image Credit: Google Maps Herry Wisata

Setidaknya perlu retribusi tiket masuk sebesar Rp 10.000 per kepala jika berencana mengunjungi Ulu Kasok, dan ini, belum termasuk biaya yang lain-lainnya. Misalnya, Anda hendak memakai jasa fotografer ketika berada di lokasi, maka akan dikenakan tarif pelayanan kurang lebih Rp 20.000.

Adapun soal hasil fotonya, Anda tidak perlu khawatir karena tidak akan mengecewakan, bahkan mungkin bisa melebihi ekspektasi. Bukankah harga tersebut cukup sepadan dengan hasil yang menjanjikan?

Lalu, tersedia pula persewaan peralatan snorkeling yang harganya bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu sebelum Anda mulai bertransaksi dan cobalah untuk melakukan negosiasi, barangkali bisa menerima potongan harga.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Ulu Kasok

Aktivitas Ulu Kasok Kampar
Image Credit: Instagram inonk_kartullo

1. Meditasi

Apa yang lebih menarik dibandingkan meditasi ketika Anda dihadapkan pada pepohonan hijau, di mana tak jauh dari sana ada hamparan laut biru memukau? Gelar tikar atau alas duduk apa pun di atas puncak bukit, lalu tarik napas dalam-dalam, dan embuskan perlahan.

Anda bisa sekaligus mendengarkan musik-musik klasik atau sesuai selera pribadi demi mendapatkan ketenangan tambahan. Pasang headset di telinga, pejamkan mata, lalu rasakan bahwa angin sepoi-sepoi mengangkat semua beban di pundak Anda. Ini mungkin sebatas sugesti, tetapi ketika dikerjakan dengan serius, rupanya itu cukup berhasil!

2. Aktivitas Kuliner

Riau termasuk provinsi di Indonesia yang memadukan berbagai macam budaya dalam satu wilayah administratif. Pola hidup, cara pandang, hingga selera soal rasa makanan, serta-merta menyatu dan mengundang wisatawan dari banyak daerah-daerah lain.

Adalah kesalahan untuk mampir ke Riau tanpa mencicipi kulinernya khas lokal. Jadi, meskipun tujuan utama Anda ke Ulu Kasok untuk menikmati pesona bahari yang ditawarkan, tetapi jangan lewatkan kesempatan berburu kuliner.

Dari masakan khas Melayu hingga Tionghoa, itu tentunya akan memuaskan lidah Anda. Jika perlu, carilah buah tangan untuk keluarga di rumah, entah kue-kue kering atau resep masakan yang unik dan baru. Pada dasarnya, wisata paket lengkap adalah ketika seseorang tidak melupakan makanannya.

3. Melukis

Melukis mungkin bisa jadi pilihan aktivitas yang unik dan jarang dilakukan ketika sedang liburan. Hanya saja, bukan berarti ini kabar buruk, justru sebaliknya, bisa menjadi rehat sejenak dari aktivitas yang cenderung monoton.

Ada begitu banyak keindahan alam di Ulu Kasok, dan semuanya, bahkan sangat layak diabadikan. Kabar baiknya, saat ini orang tidak harus memanfaatkan kanvas dan cat air untuk melukis sesuatu, melainkan cukup dengan membawa perangkat elektronik seperti tab.

Semuanya kini mungkin dilakukan melalui alat digital, dan hasilnya pun tidak jauh berbeda. Maka dari itu, jadikan aktivitas melukis sebagai salah satu referensi, terutama jika Anda belum memiliki rencana bepergian yang spesifik. Dari laut, bukit, lalu-lalang wisatawan, pilihlah objek terbaik sesuai kesukaan Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Ulu Kasok Kampar
Image Credit: Google Maps H Hengki

Indahnya pesona Ulu Kasok rupanya telah tersebar sampai ke luar negeri, inilah kenapa destinasi bahari tersebut ramai dikunjungi pelancong dari berbagai penjuru. Seiring dengan meningkatnya intensitas kunjungan, tentu akan menjadi dorongan tersendiri bagi pihak pengelola untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan mereka.

Oleh karena itu, ketika berkunjung ke sini, Anda tidak perlu khawatir soal pemenuhan kebutuhan mendasar. Ingin makan, minum, beribadah, bersenang-senang? Semuanya telah terakomodasi dengan baik, jadi cukup siapkan anggaran yang memadai saja. Dari musala, kamar mandi, perlengkapan menyelam, hingga warung-warung makan, lengkap bukan?

Hanya saja, perlu dipahami bahwa setiap kesenangan yang ditawarkan biasanya akan diikuti oleh pengeluaran tertentu. Sejak berada di pintu masuknya hingga keluar lagi, ada biaya khusus yang perlu Anda bayarkan. Dengan begitu, pastikan untuk menghitung total estimasi anggaran secara menyeluruh, lalu melebihkannya sedikit.

Ulu Kasok di Kampar mungkin bukan satu-satunya wisata dengan pesona bagai Raja Ampat, tetapi tempat ini memiliki keunikannya sendiri. Hal itu hanya dapat dirasakan saat Anda berkunjung langsung ke lokasi, bukan hanya sekadar mencari informasi di dunia digital. Jadi, segera rencanakan jadwal bepergian Anda di akhir atau di awal tahun nanti!