Villa Gardenia Lampung, Tempat Menginap Sekaligus Taman Wisata yang Menawan

Villa Gardenia Lampung, Tempat Menginap Sekaligus Taman Wisata yang Menawan

Villa Gardenia salah satu penginapan yang memiliki taman wisata kekinian di Pesawaran, Lampung. Menawarkan kebun bunga yang indah, beragam wahana menarik, pesona lankap laut dan bukit barisan dari kejauhan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. R.E. Martadinata, Teluk Pandan, Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

Villa Gardenia mengambil konsep kebun bunga kekinian dengan suasana sejuk dan menyegarkan. Terletak di Kabupaten Pesawaran, Lampung, destinasi ini kerap diburu para wisatawan untuk dijadikan spot foto instagramable. Terdapat aneka wahana permainan yang siap memanjakan Anda, mulai dari ayunan, panahan, hammock, perosotan dan masih banyak lagi.

Villa Gardenia merupakan destinasi yang sangat ramah terhadap rombongan keluarga. Pihak pengelola menyiapkan taman bermain anak secara terpisah dengan segala fasilitas penunjangnya. Tak hanya menawarkan pelayanan profesional, pemandangan di sini pun tak kalah memukau. Anda akan menemukan taman bunga yang menawan mata.

Aneka tanaman tersebar hampir di seluruh kawasan, masing-masing menampilkan warna kembang bunga yang berbeda. Dilengkapi oleh lanskap pegunungan dan lautan di kejauhan, serta deretan pepohonan hijau yang menambah keindahan visualnya. Tak hanya itu, ada pula kamar-kamar penginapan dengan desain artistik memanfaatkan material kayu dan beratapkan jerami.

Daya Tarik yang Dimiliki Villa Gardenia

Daya Tarik Gardenia
Image Credit: Instagram.com @villa_gardenialampung

1. Menyediakan Kolam Renang

Fasilitas ini sangat tepat bagi Anda yang hobi berenang atau sekedar bermain air. Kondisi lingkungannya cukup bersih dan terawat, dijamin mampu membuat pengunjung betah berlama-lama. Airnya berwarna biru dan berukuran luas merupakan perpaduan yang bagus untuk memuaskan keinginan berenang ke sana-kemari.

2. Lanskap Laut, Gugusan Pulau dan Bukit Barisan di Kejauhan

Poin unggul dari Villa Gardenia tidak hanya dari segi fasilitas dan pelayanan, melainkan juga lokasinya yang terbilang strategis. Membentang sedikit tinggi di atas daratan, Anda dimungkinkan untuk puas menatap lanskap birunya samudra di kejauhan. Gugusan pulau serta kapal-kapal nelayan yang berlayar di Teluk Lampung menjadi daya pikat tersendiri.

Barisan bukit terlihat seakan mengepung lautan, sedikit terkesan abu-abu karena jaraknya yang lumayan jauh. Panoramanya akan semakin mengagumkan ketika Anda berkunjung pada hari yang cerah, di saat gumpalan awan putih menggantung di angkasa. Walau Lampung terkenal memiliki cuaca panas cenderung terik, tetapi tidak akan serta-merta mengurangi poin unggul destinasi ini.

Daya Tarik Villa Gardenia
Image Credit: Google Maps (Yuli Ernawati)

3. Keindahan Sang Surya di Kala Senja

Senja selalu menjadi momen yang paling dinantikan bagi para penikmatnya. Kurang lengkap rasanya jika Anda datang ke tempat wisata berbasis alam, tetapi sengaja melewatkan kesempatan menikmati matahari terbenam. Di tempat ini, Anda akan disuguhkan detik-detik sang surya tenggelam di balik samudra. Rasakan ketika udara mulai mendingin, serta langit yang perlahan gelap.

Belum lagi, pepohonan hijau yang mengelilingi kawasan ini semakin mempercantik pemandangan. Dari jauh kapal-kapal seolah tampak mengapung di atas permukaan air yang mulai berubah warna karena bias cahaya jingga. Terlebih, lampu-lampu di pemukiman penduduk telah dinyalakan sehingga kilaunya menghadirkan kesan hangat nan romantis.

4. Panorama Kebun Bunga

Selain rasa sejuk yang bersumber dari pepohonan di sekeliling Villa Gardenia, aneka bunga pun siap menyambut Anda. Konsep utama di objek wisata ini memang kebun bunga. Bisa dilihat lewat banyaknya spot foto yang memanfaatkan tanaman sebagai penghiasnya. Sebut saja Lorong Bunga dan Taman Bunga Tumpah.

Lorong Bunga mendukung penjelajahan pengunjung dalam rangka mendaki dataran tinggi yang langsung menghadap ke lautan. Sesuai namanya, Anda bisa menelusuri sebuah lorong yang dipenuhi beragam jenis bunga.

Bentuk lorongnya terbilang miring sehingga Anda harus senantiasa berhati-hati, khususnya ketika berkunjung selepas hujan turun. Di samping itu, secara umum tampak seperti love. Adapun Taman Bunga Tumpah, dinamakan demikian karena bentuknya didesain sedemikian rupa hingga terlihat seolah tumpah ke atas.

Taman satu ini sangat menggoda pengunjung untuk memanfaatkannya sebagai latar belakang saat berfoto ria. Bahkan, jika kemampuan fotografi Anda sebatas amatir, panorama di sini sudah cukup mendukung untuk mengabadikan momen estetis.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Villa Gardenia

Alamat Villa Gardenia
Image Credit: Google Maps (As Raiseda)

Terletak di Teluk Pandan, Padang Cermin, tepatnya bersebrangan dengan TPI dan Kuburan Cina Lempasing. Akses menuju ke sini terbilang mudah, bisa Anda capai dalam waktu kurang lebih 30 menit jika bertolak dari Kota Bandar Lampung mengarah ke Teluk Bintang. Sesaat sebelum memasuki kawasan kantor gubernur, Anda dapat mengambil arah kanan begitu tiba di perempatan.

Ikuti terus arus jalan sampai Anda memasuki daerah kabupaten Pesawaran. Setelah itu, lanjutkan perjalanan hingga tiba di Jalan R.E. Martadinata, Sukajaya Lempasing. Inilah rute yang dapat Anda pilih jika menggunakan kendaraan pribadi. Disarankan datang bersama orang lain apabila Anda baru berkunjung pertama kali untuk membantu membaca petunjuk Google Maps.

Di lain pihak, tak perlu risau apabila Anda tidak memiliki kendaraan pribadi karena ada transportasi umum sebagai alternatifnya. Berangkat dari Stasiun Tanjung Karang di Pasar Bawah, ambil angkot bertrayek ke arah Gudang Garam Teluk.

Setelah itu, berhenti di Gudang Garam dan teruskan perjalanan dengan angkot berbeda. Anda juga bisa menumpang mobil L300 yang memiliki bak tertutup.

Arah selanjutnya menuju Teluk Piabung. Setiba disana, Anda bisa meminta sopir berhenti tepat di depan gerbang Villa Gardenia. Dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 21.00 waktu setempat. Jadi, Anda bisa datang kapan saja sesuka hati.

Harga Tiket Masuk Villa Gardenia Lampung

Harga Tiket Villa Gardenia
Image Credit: Google Maps (Widya N)

Setiap pengunjung akan dikenakan tarif tiket masuk senilai Rp 15.000. Bagi yang membawa kendaraan roda dua berlaku karcis parkir sebesar Rp 3.000, sedangkan kendaraan roda empat dipatok mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 10.000. Estimasi biaya akomodasi ini belum termasuk wahana permainan yang ada di dalamnya.

Jika Anda ingin bermain air di kolam renang, maka harus mengeluarkan modal tambahan senilai Rp 5.000-an. Begitu pula dengan wahana lain seperti hammock, bahkan Anda harus membayar lagi jika ingin berfoto di spot tertentu. Di samping itu, pihak pengelola menyediakan penyewaan ATV yang dikenai tarif Rp 30.000 per 15 menit, serta Rp 50.000 per 30 menit.

Mungkin semua retribusi di Villa Gardenia terbilang mahal, khususnya bagi para mahasiswa dan pelajar. Meski demikian, tentunya harga tersebut akan sebanding dengan pengalaman memuaskan. Jika Anda ingin berhemat, disarankan mengambil paket penginapan dengan harga Rp 650.000-an sudah termasuk tiket masuk, serta sejumlah wahana lain seperti fasilitas kolam hangat juga panahan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Villa Gardenia

Kegiatan di Villa Gardenia
Image Credit: Twitter.com @yoexplore

1. Menjelajahi Seluruh Kawasan Taman Wisata

Ada dua alternatif yang bisa Anda gunakan jika tertarik melakukan penjelajahan, yakni memberdayakan ATV atau berjalan kaki. Sediakan waktu untuk menyambangi setiap spot foto satu per satu, sekaligus membuat video dokumenter. Hanya dengan dibayangkan saja, hasilnya pasti akan tampak sangat eksotis.

Disarankan memulai penjelajahan dari pintu masuk dan berakhir di titik yang sama. Sembari melihat-lihat pemandangan, Anda dapat mampir membeli makanan ringan di kafe yang telah disediakan. Ketika merasa capek, jangan ragu menepi sejenak di bangku-bangku taman.

Hanya saja, jika mengendarai ATV, maka waktunya menjadi serba terbatas kecuali Anda mau mengeluarkan biaya lebih banyak. Untuk mengatasinya, Anda bisa juga mengajak teman ikut bermain. Dengan demikian, sewa ATV dapat ditanggung bersama.

2. Narsis di Atas Jembatan Goyang

Ada wahana yang diberi nama Jembatan Goyang di Villa Gardenia karena ketika dipijaki materialnya akan bergoyang. Memanfaatkan bahan-bahan kayu dan tali-temali, jembatan tersebut didesain menggantung sekian meter dari atas permukaan tanah. Dapat difungsikan pula sebagai arena outbound, di mana anak-anak kerap bermain di atas sini.

Kegiatan Villa Gardenia
Image Credit: Instagram.com @muhammadtiosaputra_22

3. Bermalam di Camping Ground

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi tidur di alam bebas ditemani bunyi serangga saat malam tiba, cobalah menyewa salah satu space di Camping Ground. Ajaklah teman terbaik agar suasananya semakin seru dan menyenangkan.

Sebelum meninggalkan rumah, usahakan Anda telah menyiapkan persiapan sebaik mungkin, baik itu perlengkapan logistik maupun ide-ide menarik demi membangun keceriaan. Selain itu, Villa Gardenia juga cocok bagi organisasi pelajar atau mahasiswa yang ingin mengadakan Latihan Dasar kepemimpinan (LDK) di ruang terbuka.

4. Kencan Romantis Bersama Pasangan

Butuh tempat romantis dengan konsep terbuka? Objek wisata ini cukup layak dimasukkan ke dalam daftar prioritas saat ingin mengajak pasangan jalan-jalan. Di samping suasananya kekinian khas kawula muda, banyak makanan ringan yang telah menanti Anda. Dengan begitu, tidak terlalu banyak properti yang harus disiapkan, cukup penuhi estimasi budget saja.

Fasilitas yang Tersedia di Villa Gardenia Lampung

Fasilitas Villa Gardenia
Image Credit: Google Maps (Bangpenvlog)

Menyesuaikan tarif retribusi yang cukup banyak, pihak pengelola menyiapkan fasilitas komplet di Villa Gardenia. Tak hanya terbatas untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti kafe, penginapan, toilet, musala, area parkir, dan sejenisnya.

Namun, ada pula aneka wahana penunjang, baik untuk orang dewasa maupun anak kecil. Beberapa di antaranya arena panahan, ATV, dan area outbound.

Villa Gardenia merupakan representasi nyata dari objek wisata paket komplet di bilangan Lampung. Berbagai aktivitas menarik yang menjanjikan pengalaman tak terlupakan dapat Anda nikmati selagi di sini. Agar semakin terasa menyenangkan, usahakan datang bersama kawan terbaik atau pasangan terkasih di tengah cuaca cerah. Manfaatkan waktu liburan sebaik-baiknya sebelum sibuk bekerja lagi.