Waduk Jeulikat, Spot Favorit dengan View Alam yang Memesona di Lhokseumawe

Waduk Jeulikat, Spot Favorit dengan View Alam yang Memesona di Lhokseumawe
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Waduk Jeulikat, Jeuleukat, Kec. Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Aceh.

Aceh adalah salah satu provinsi yang berada di ujung pulau Sumatera Indonesia. Sebagai salah satu provinsi besar, Aceh memiliki tempat-tempat indah untuk didatangi. Tempat indah ini dijadikan destinasi-destinasi wisata alam baik yang alami maupun buatan. Salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi adalah Waduk Jeulikat.

Waduk yang indah ini berada di Kota Lhokseumawe. Sebelum menjadi waduk, menurut masyarakat sekitar tempat tersebut adalah tampungan air untuk mengaliri air ke persawahan masyarakat. Setelah itu, beberapa tahun yang lalu, Pemerintah menjadikan tempat tersebut sebagai waduk untuk destinasi wisata baru kota.

Waduk jeulikat ini cocok untuk anda melepas penat dan stress, yang kunjungi di waktu libur ataupun di hari-hari lainnya. Pesona yang ditampilkan bisa membuat takjub. Selain pesona waduk terdapat beberapa perbukitan yang menghijau dan beberapa fasilitas yang dapat dijadikan spot kamera.

Daya Tarik yang Dimiliki Waduk Jeulikat

Daya Tarik Waduk Jeulikat Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Cut Shanaz Dhiya Shafira

1. Pesona Waduk

Daya tarik utama yang ditampilkan Waduk Jeulikat adalah pesona dari waduk sendiri. Ketika sampai di lokasi, wisatawan dapat menyaksikan keindahan waduk yang dikelilingi oleh perbukitan yang hijau. Perbukitan ini ditumbuhi oleh beberapa pepohonan dan rerumputan.

2. Air Mancur

Hal menarik yang tersaji berikutnya adalah adanya air mancur yang berada di tengah-tengah waduk. Air ini terus menyemburkan air yang keluar mengikuti tempo dan kembali membasahi waduk. Gemericik bunyi air mancur dapat anda dengar dengan khusyuk.

3. Hamparan rumput dan Tangga cantik

Setelah memasuki Waduk Jeulikat, wisatawan akan menuruni tangga. Tangga ini bercorak batu warna-warni yang menghiasi keindahan. Dapat juga dijadikan spot untuk berfoto. Setelah menuruni tangga, anda akan menyaksikan hamparan rumput hijau yang luas. Hamparan ini dapat dijadikan alas untuk duduk sambil melihat pemandangan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Waduk Jeulikat Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Fuadi EsTe

Destinasi indah ini dapat anda temui di Aceh, tepatnya berada di Desa Jeulikat Kecamatan Blang Mangat, kota Lhokseumawe, Aceh. Lokasi Waduk Jeulikat ini cukup dekat dari Kota Lhokseumawe yaitu hanya berjarak 7 kilometer dari kota. Wisatawan hanya menempuh waktu 15 menit dari Kota Lhokseumawe.

Tetapi jika anda datang dari Kota Aceh pusat, maka jarak yang ditempuh cukup jauh yaitu sekitar 270 kilometer menuju ke arah timur dengan jarak waktu perjalanan lebih dari 5 jam. Walaupun melelahkan, tetapi akan terbayar dengan pemandangan yang disajikan waduk.

Untuk akses ke lokasi anda dapat menggunakan kendaraan mobil atau pun motor sebagai alat transportasi ke waduk. Selain itu, pengunjung dapat menaiki kendaraan umum, tetapi sayangnya masih sedikit kendaraan umum yang beroperasi ke waduk. Oleh sebab itu alangkah lebih praktisnya jika memakai kendaraan pribadi.

Ada dua jalur rute untuk menuju lokasi wisata, yaitu jalur pertama melalui Jalan Medan – Banda Aceh, setelah itu masuk ke simpang Jalan Elak yang berada di kawasan Alue Awe, anda dapat melalui jalan itu terus sampai bertemu dengan Jalan Jeulikat.

Selanjutnya, anda dapat menempuh Jalur Cot Sabong Blang dan Poroh Lhok Mon Puteh untuk sampai ke Waduk Jeulikat. Jalur kedua dapat di lalui dari Jalan Medan – Banda Aceh yang berada di kawasan Cunda. Setelah itu masuk ke arah Cot Sabong setelah melalui jalanan aspal yang membelah Gampong Blang Poroh.

Berikutnya, anda menempuh Jalan Gampong Lhok Mon Puteh, hingga menuju Gampong Jeulikat. Setelah itu dapat sampai ke lokasi wisata. Atau jika pendatang baru, aktifkan selalu aplikasi google maps untuk mempermudah perjalanan ke lokasi waduk.

Jalanan yang sudah beraspal dan perjalanan yang tidak berkelok akan menjamin kekonsistenan perut anda untuk tidak berguncang mengeluarkan isinya. Hal ini tentu dapat mengurangi beban terlebih untuk yang memiliki masalah dalam mabuk perjalanan.

Sepanjang perjalanan, anda akan melihat perumahan penduduk setempat, selain itu melihat hamparan tumbuhan-tumbuhan hijau khas Desa. Tumbuhan hijau ini tentu membuat kondisi yang cenderung sejuk dan cuaca yang lumayan dingin.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Waduk Jeulikat Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Fuadi EsTe

Untuk bisa menikmati suasana pemandangan Waduk Jeulikat yang menarik ini anda tidak usah mengeluarkan uang sepeser pun karena tidak dipungut biaya retribusi. Tetapi jika membawa kendaraan maka retribusi akan dibebankan untuk biaya parkir di sekitar area waduk.

Biaya parkir untuk kendaraan bermobil dibanderol dengan harga senilai Rp 10.000, sedangkan untuk kendaraan motor dibanderol dengan harga senilai Rp 5.000. Adapun untuk waktu operasional waduk, dibuka pada hari Senin sampai Minggu dari pukul 09.30 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

Selain biaya parkir, untuk wisatawan yang ingin bermalam, sekitar 3 sampai 4 kilometer dari Waduk terdapat penginapan yang dapat disewa, harganya bervariatif mulai dari Rp 250.000 sampai dengan Rp 500.000 untuk biaya sewa per- malamnya dengan fasilitas yang cukup memadai.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Waduk Jeulikat

Aktivitas Seru Waduk Jeulikat Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Fuadi EsTe

1. Wahana permainan

Selain menampilkan keindahan waduk, wisatawan juga dapat merasakan langsung bermain dengan beberapa wahana yang disajikan di perairan Waduk Jeulikat. Wahana ini memiliki tarif yang berbeda-beda tergantung dengan keinginan dan berapa lama waktu bermain.

Seperti tempat bermain istana balon dan kereta api tarifnya dibanderol mulai dari Rp 5.000 sampai dengan Rp 10.000. selanjutnya, terdapat beberapa wahana permainan sampan dayung bebek. Sampan dayung bebek ini adalah salah satu perahu yang digunakan untuk mengelilingi waduk dengan lebih dekat.

Wahana yang satu ini dibanderol dengan harga senilai antara Rp 20.000 sampai dengan 25.000 per orang dan sewanya per-jam. Setiap unit dayung bebek ini dapat menampung 2 sampai 4 orang penumpang. Selain sampan dayung, terdapat rakit yang dapat wisatawan gunakan.

Rakit ini berkapasitas sekitar 10 orang penumpang dengan petugas yang dioperasikan oleh penduduk sekitar. Selain rakit, anda juga dapat menggunakan sepeda air untuk sendiri maupun berpasangan.

2. Spot Foto

Berfoto adalah kegiatan yang wajib anda lakukan saat berkunjung ke Waduk Jeulikat. wisatawan dapat memanfaatkan keindahan waduk yang elok untuk diabadikan di kamera. Keindahan yang ditawarkan waduk sangat menarik dan memanjakan mata saat dipandang.

Beberapa tempat yang dapat dijadikan latar berfoto seperti di penurunan waduk. Tersedia tangga menurun yang menuju ke inti waduk. Tangga dihiasi dengan corak-corak batu warna-warni yang sangat cantik. Selain tangga, terdapat taman yang juga dihiasi lampu warna-warni.

Keindahan waduk juga terlihat di waduk itu sendiri. Kejernihan air waduk sangat cocok untuk diabadikan di foto menarik. Selain itu, terdapat air mancur di tengah-tengah waduk yang selalu memancarkan air segar yang kembali ke kejernihan air waduk. Anda juga dapat memotret hamparan rumput hijau dan perbukitan di sekitar waduk.

Destinasi wisata ini tidak pernah sepi, karena setiap harinya banyak pengunjung yang datang, terlebih di hari libur. Bahkan beberapa wisatawan yang datang menjadikan Waduk Jeulikat sebagai hunting foto untuk pra wedding dengan memanfaatkan keindahan waduk yang menarik hati.

3. Flying Fox

Kegiatan yang satu ini sangat cocok untuk wisatawan yang menyukai tantangan dan adrenalin. Pengunjung dapat bermain flying fox dengan merasakan sensasi melintasi waduk. Wahana yang seru ini dapat membawa anda merasakan terbang.

Walaupun terbilang menantang, tetapi wahana ini memiliki keamanan yang ketat. Jadi tidak perlu takut ataupun khawatir karena aman, selain itu terdapat beberapa petugas yang siap membimbing anda untuk melakukan wahana ini. Tetapi wahana ini tidak cocok dimainkan bagi wisatawan yang penakut ya!

Aktivitas Waduk Jeulikat Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Fuadi EsTe

4. Bersantai

Aktivitas yang dapat anda lakukan adalah bersantai di Waduk Jeulikat. Terdapat beberapa pondok-pondok yang khusus dipergunakan untuk wisatawan. Pondok ini menghadap tepat di depan waduk perairan, jadi potret pemandangan yang terampil dapat memanjakan mata.

Selain bersantai di pondok, wisatawan juga dapat bersantai langsung di hamparan rumput-rumput hijau yang terdapat disepanjang pinggir waduk dan pondok. Hamparan rumput ini sangat lembut dan bersih sehingga cocok untuk diduduki.

Selanjutnya, wisatawan dapat berjalan berkeliling waduk. Selain melihat anda juga dapat merasakan langsung pemandangan indah yang disajikan jadi sangat sayang untuk dilewatkan. Mengelilingi waduk sambil mengambil foto-foto menarik untuk diabadikan di potret terbaik kamera.

5. Piknik

Hamparan rumput yang menghijau di sekitar Waduk Jeulikat sangat cocok dijadikan tempat untuk berpiknik. Terlebih jika berkunjung dengan rombongan keluarga ataupun teman. Anda dapat membawa bekal piknik dan perlengkapan lainnya seperti alas, minuman dan perlengkapan lain yang menunjang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Waduk

Fasilitas Waduk Jeulikat Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Mustafa Kamal

Pemerintah setempat telah sangat baik untuk mengelola Waduk Jeulikat, terlihat dari fasilitas-fasilitas waduk yang cukup memadai. Terdapat area parkir yang sangat luas bagi pengguna mobil dan motor yang dijaga ketat oleh petugas parkir dari penduduk setempat.

Selain itu, terdapat toilet wanita dan pria yang selalu dibersihkan oleh petugas sehingga terjamin bersihnya. Bagi muslim, tersedia musholla khusus pria dan wanita untuk beribadah sesuai waktunya.

Tersedia juga beberapa perahu dan wahana-wahana menarik yang dapat di naiki. Selanjutnya, terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan serta berat untuk anda yang kelaparan.

Waduk Jeulikat adalah salah satu wisata alam buatan yang menampilkan keindahan alam alami. Selain dapat menikmati keindahan menarik, wisatawan juga dapat merasakan sensasi berbagai wahana yang diberikan. Untuk itu, waduk ini wajib dijadikan destinasi yang dapat anda datangi ketika berlibur ya!