Wira Garden, Taman Rekreasi Keluarga Favorit di Bandar Lampung

Wira Garden, Taman Rekreasi Keluarga Favorit di Bandar Lampung

Wira Garden salah satu objek wisata alam yang populer di Bandar Lampung yang cocok sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Taman wisata alam yang dilengkapi dengan cottage, camping ground, outbound dan fasilitas lainnya.

Harga Tiket: Rp 12.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wan Abdurrahman, Batu Putuk, Kec. Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Lokasi provinsi Lampung yang menjadi jalur sibuk karena menjadi penghubung dengan Pulau Jawa ini, cukup ramai didatangi oleh orang-orang. Selain lokasinya yang strategis, Lampung juga memiliki banyak destinasi wisata menarik. Salah satu yang cukup menjanjikan untuk dikunjungi yaitu Wira Garden.

Tempat wisata yang satu ini memang menawarkan berbagai hal untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke kota tersebut. Tidak akan sulit jika ingin datang ke lokasi ini, karena keberadaannya dekat dengan pusat keramaian Lampung. Tempat wisata alam itu tidak hanya memberikan keindahan panorama alamnya saja, akan tetapi juga berbagai hal lainnya.

Taman wisata yang satu ini bak tempat dengan paket lengkap untuk berlibur. Jika benar-benar ingin mendapatkan ketenangan dari alam, pergi ke sana merupakan pilihan yang tepat. Mengajak keluarga ataupun saudara dan kerabat lainnya akan menambah liburan menjadi lebih menyenangkan. Fasilitas yang diberikan pun juga memadai untuk dipakai oleh para tamu yang datang.

Daya Tarik yang Dimiliki Wira Garden

Daya Tarik Wira Garden
Image Credit: Google Maps (Atho Sofyan Al-Bongasi)

1. Objek Wisata Alam yang Asri

Wira Garden memang merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai keindahan alamnya yang berpadu dengan apik. Tempat wisata ini menampilkan sebuah potret alam yang akan menarik perhatian siapapun yang singgah ke sana. Pepohonan yang menjulang tinggi ke angkasa menjadi peneduh mata ketika singgah ke tempat tersebut.

Berbagai macam tumbuh-tumbuhan juga dapat ditemukan di tempat liburan yang satu ini. Wisatawan dapat sekedar menyusuri seluruh areanya untuk mendapatkan nuansa yang sangat menenangkan. Kunjungan ke sana memang akan membawa sebuah pengalaman yang berbeda dari alamnya yang nampak rindang.

2. Lokasinya yang Cukup Luas

Tempat wisata yang satu ini memang memiliki luas yang cukup besar bagi para pengunjung yang jumlahnya juga banyak. Tidak sedikit orang dari luar daerah Lampung yang datang ke sana hanya untuk merasakan sensasi liburan di alam dengan berbagai wahana yang dapat dicoba. Secara keseluruhan, tempat tersebut dapat dibagi menjadi tiga bagian.

Titik yang ada di taman tengah, area sungainya, serta kawasan yang biasanya didirikan tenda-tenda untuk berkemah. Area taman tengah merupakan tempat yang sangat luas bagi para pengunjung melakukan berbagai hal. Banyak kegiatan bisa dilakukan oleh para pengunjung bersama dengan kerabat ataupun saudara lainnya.

Beberapa wahana juga tersedia untuk semakin menyemarakan aktivitas berlibur. Taman bagian tengah memang titik yang cocok untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Adanya wahana bermain anak-anak menjadikannya sangat cocok untuk bermain bersama si kecil. Itulah sebabnya, mengajak buah hati ke tempat ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat.

Di pinggirnya, terdapat beberapa gazebo. Pengunjung Wira Garden dapat memakainya untuk rehat sejenak menikmati udara yang jernih dari berbagai polusi. Selain itu, keberadaan gazebo juga dapat digunakan untuk para orang tua mengawasi gerak-gerik anak kecil yang dibiarkannya bermain-main menjelajahi seluruh permainan di area tersebut.

Ketika pengunjung ingin ke daerah sungainya, maka harus melewati sebuah tempat yang cukup menarik. Ada sebuah goa topi raja yang cukup apik dengan berbagai ukiran di tebing yang ada di sekelilingnya. Objek ini biasa dijadikan latar belakang foto yang diambil oleh para turis yang datang.

Area sungainya cukup menarik untuk dieksplorasi lebih dalam lagi. Di sana rupanya juga menjadi lokasi bagi para organisasi pramuka melakukan kegiatan. Wajar saja karena aliran sungainya tidak terlalu deras walaupun banyak bebatuan di temukan. Namun, batu sungai tersebut banyak yang aman dijadikan pijakan lantaran permukaannya rata.

Jadi, tidak perlu ragu ketika menjadikan batu-batu tersebut sebagai pijakan kaki untuk menikmati udara di tengah aliran sungai yang menimbulkan suara gemericik yang syahdu. Tak jauh dari sana, ada sebuah tempat yang menjadi ikon dari Wira Garden ini.

Daya Tarik Wira Garden
Image Credit: Google Maps (Halengkara Family)

3. Pemandangan Teluk Dibalik Bukitnya

Ada sebuah tebing yang cukup tinggi seolah menjadi batas alami bagi tempat ini. Cukup menantang bagi siapapun yang senang memacu adrenalin dengan panjat tebing. Akan tetapi, yang membuatnya sangat menarik bukanlah hal tersebut. Melainkan, adanya pemandangan laut yang begitu menarik perhatian di baliknya.

Tidak hanya itu, disini ada sebuah teluk yang memiliki view yang begitu indah. Tempat ini nampak sangat ekstotik untuk dijadikan spot berfoto bagi para pengunjung. Selain itu, menikmati alam terbuka yang langsung menghadap ke lautan menjadi sesuatu yang membuat liburan tambah menyenangkan.

4. Sumber Air untuk Awet Muda

Di tempat tersebut ternyata juga ada sebuah titik yang dipercaya keajaibannya. Bagaimana tidak demikian? Ada sebuah sumber air yang akan membuat orang menggunakannya menjadi tetap terjaga fisiknya. Berbagai cerita dibalik adanya mata air yang membuat penampilan fisik tidak akan menua itu banyak dijadikan alasan.

Air yang keluar berasal dari beberapa bongkah batu yang ada pada bagian tengahnya. Lokasi sumber air yang fenomenal tersebut tidak jauh dari kawasan sungainya. Itulah sebabnya, ketika berkunjung untuk bermain-main air sungai yang sejuk, pengunjung tidak akan kelewatan untuk menjajal kesaktian dari air tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wira Garden

Alamat Wira Garden
Image Credit: Jelajahlampung.com

Tempat wisata Wira Garden ini berada di Provinsi Lampung, yang merupakan daerah paling ujung Pulau Sumatra yang dekat dengan tanah Jawa. Tempat tersebut ada di daerah bernama Teluk Betung, kota Bandar Lampung. Itulah sebabnya akses menuju ke sana sangat mudah dan tidak akan sulit untuk ditemukan.

Lokasinya ada di dekat taman wisata lain, yakni Taman WIsata Bumi Kedaton. Tempat ini berada di Jalan Wan Abdurrahman, tepatnya di daerah Batu Putu. Jika wisatawan dari pusat keramaian kota, maka tuju jalur PM Noer, setelah itu masuk ke daerah Raden Imba Kesuma. Perjalanan dilanjutkan untuk menuju Teluk Betung.

Dari teluk, maka kendaraan yang digunakan harus dilanjutkan menuju kea rah Sumur Putri. Setelah itu, kontur tanah akan menanjak kemudian menurun. Akan ditemukan sebuah perempatan yang kemudian ambil jalur yang ada arah untuk sampai ke Air Terjun Batu Putu. Arahnya sama jika ingin mencapai Wira Garden.

Jarak yang harus ditempuh oleh para wisatawan dari persimpangan jalan tersebut yakni kurang lebih sepanjang 3 kilometer. Pengunjung akan sampai begitu melihat gapura besar yang ada di depan objek wisata tersebut.

Agar dapat masuk menikmati segala hal yang ada di dalamnya, maka pengunjung harus membayar beberapa biaya. Masing-masing orang perlu membeli tiket masuk seharga Rp 12.500,-. Nominal tersebut sangat terjangkau karena banyak hal bisa diperoleh oleh para pengunjung. Hampir seluruh sarana dan prasarana di sana bisa dinikmati dengan hanya membayar tiket itu.

Jika ingin berkunjung ke tempat yang satu ini, bisa dilakukan dari pagi hari hingga sore. Waktu buka tempat wisata ini yakni dari pukul 8 pada pagi hari hingga jam 5 sore hari. Jika membawa kendaraan pribadi, maka harus membayar tarif parkir yang sudah ditentukan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wira Garden

Kegiatan di Wira Garden
Image Credit: Google Maps (Kristina Mellyza)

1. Menyusuri Taman Wisata

Tidak hanya taman dengan berbagai tumbuh-tumbuhan saja, akan tetapi sungai alami juga bisa ditemukan di sana. Inilah sebabnya pengunjung dapat melakukan penjelajahan menjadi lebih menyenangkan lagi.

Tidak hanya suasana asri dengan hijaunya dedaunan pohon, akan tetapi aliran sungai jernih yang mengalir di tengah-tengahnya juga menjadi sesuatu yang cukup menarik untuk dikunjungi. Ada juga pemandangan apik lautan di balik bukit yang berdiri indah di tempat tersebut.

2. Menikmati Kesegaran Air Sungai

Sungai yang mengalir di sana juga tidak kalah menarik untuk dijajal oleh para pengunjung Wira Garden. Air yang mengalir terasa begitu segar di kulit. Ditambah dengan adanya mata air yang dipercaya akan membuat wajah menjadi tetap terlihat muda. Air tersebut juga dapat dicoba untuk membuktikan mitos tersebut atau sekadar menikmati kesegarannya saja.

Kegiatan Menarik di Wira Garden
Image Credit: Google Maps (Djuta Boen)

3. Mencoba Berbagai Wahana Permainan

Di dalam tempat wisata ini ada banyak permainan yang bisa dicoba oleh pengunjung, baik anak-anak ataupun orang yang sudah dewasa. Ya, disini ada beberapa permainan dapat dipakai juga oleh orang dewasa. Jika tidak ingin bermain, pengunjung juga bisa menunggu di bangku-bangku yang telah tersedia.

Fasilitas yang Tersedia di Wira Garden Bandar Lampung

Fasilitas di Wira Garden
Image Credit: Google Maps (Atho Sofyan Al-Bongasi)

Objek wisata di Lampung ini memang lengkap karena terdapat tiga buah aula yang cukup besar. Di dalamnya terdapat perangkat yang cukup lengkap seperti LCD dan sound system. Tempat tersebut biasanya disewa untuk berbagai acara.

Ada juga area camping yang memang sudah banyak tenda-tenda berdiri. Jika ingin bermalam di sebuah kamar, juga ada penginapan di dalamnya. Beberapa pondok makan dapat ditemukan juga untuk memuaskan rasa lapar dan harganya tetap disesuaikan dengan kantong pengunjung.

Wira Garden memang sebuah tempat seperti paket lengkap dalam berlibur. Itulah sebabnya objek tersebut begitu menarik untuk dikunjungi tatkala berada di Bandar Lampung. Jika ingin menginap, disini juga telah tersedia banyak tempat penginapan.