11 Tempat Wisata di Bangkinang Kampar Terbaru, Hits & Populer

11 Tempat Wisata di Bangkinang Kampar Terbaru, Hits & Populer

Bangkinang adalah sebuah daerah yang menjadi ibukota dari Kabupaten Kampar. Kabupaten Kampar yang dijuluki sebagai ‘Bumi Sarimadu’ sendiri terletak di Provinsi Riau. Sejak dahulu, daerah ini sudah populer dengan beragam tempat wisatanya yang menarik untuk dikunjungi seperti wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata hits dan kekinian.

Bangkinang kerap dijadikan destinasi wisata bagi para wisatawan yang sedang berlibur di Riau. Keindahan alam disana begitu memukau dan mampu menghipnotis siapa saja yang berkunjung. Beberapa tempat yang paling populer di telinga adalah Candi Muara Takus, Danau Rusa, Sungai Gulamo, dan Tepian Mahligai.

Menjelajah berbagai destinasi wisata di Riau terutama daerah Bangkinang memang sangat menyenangkan. Selain beberapa tempat populer tersebut, ada lagi beragam tempat menarik lainnya yang baru bermunculan untuk memenuhi kebutuhan refreshing para wisatawan. Berikut beberapa tempat wisata hits di Bangkinang Kampar yang recommended untuk Anda jelajahi.

1. Tepian Mahligai

Tepian Mahligai
Image Credit: Google Maps Raisha Mayangsari

Tempat wisata yang berada di Desa Pulau Gadang ini dulunya merupakan lahan dermaga dari perkebunan karet yang ada di dekat PLTA Koto Panjang. Kemudian warga memiliki inisiatif untuk membenahi lahan tersebut sehingga terciptalah destinasi wisata baru yang menarik bagi para wisatawan,

Penataan tempat ini terbilang modern dengan fasilitas berupa deretan beberapa permainan air yang ada di danau samping dermaga. Di sudut yang lain terdapat fasilitas berupa spot kuliner yang dilengkapi dengan kursi-kursi yang ditata menghadap ke danau untuk tempat makan para wisatawan.

Menariknya, tiket masuknya terbilang sangat terjangkau. Tepian Mahligai cocok dikunjungi oleh siapa saja dari berbagai kalangan usia sehingga Anda bisa mengajak anak-anak serta keluarga untuk berlibur disana. Anda juga bisa menaiki sampan menuju ke Pulau Jodoh di seberang dermaga jika ingin leluasa bermain hammock.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bangkinang – Payakumbuh, Pulau Gadang, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

2. Sungai Gulamo

Sungai Gulamo
Image Credit: Twitter Pangkalan Kerinci

Sungai Gulamo kerap disebut-sebut sebagai Green Canyon-nya Kapar karena sekilas mirip dengan objek wisata Grand Canyon yang ada di Jawa Barat. Sungai ini termasuk geo tourism atau objek wisata geo yang letaknya di desa Tanjung Alai. Nuansa meditasinya sangat besar karena debit air sungainya sangat tenang dan airnya jernih.

Di samping itu, dinding-dinding yang ada di sekeliling sungai menjulang tinggi dan dibelah oleh sungai yang berukuran sedang serta bebatuan besar banyak tergeletak di sepanjang sungai. Keindahan alamnya begitu memanjakan mata sehingga tidak heran jika Sungai Gulamo menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan.

Disana Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, menaiki sampan untuk menjelajah sungai, hingga rafting. Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa berangkat dari pusat Kota Pekanbaru menuju jembatan 1 di Desa Tanjung Alai dan menempuh waktu sekitar 2 jam. Kemudian menuju ke lokasi menaiki perahu atau kapal.

Harga Tiket: Rp 200.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

3. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus
Image Credit: Google Maps Rommy Roperta

Kabupaten Kampar mempunyai ikon wisata berupa cagar budaya bernilai sejarah yakni Candi Muara Takus. Di kawasan candi ini terdapat objek sejarah lainnya seperti Candi Bunsu, Mahligai Stupa, dan Candi Palangkan sehingga arsitektur bangunan di masa kerajaan terlihat sangat kental.

Candi Muara Takus merupakan salah satu peninggalan sejarah dan bukti kejayaan dari Kerajaan Sriwijaya sebagai penguasa laut yang begitu legendaris. Keindahan bangunan arsitekturnya membuat candi ini menjadi tempat wisata populer di kalangan para wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Muara Takus, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

4. Taman Agro Nadin

Taman Agro Nadin
Image Credit: Google Maps Maz Iwal

Bagi Anda yang senang dengan tempat kekinian, Taman Agro Nadin wajib Anda kunjungi. Konsep tempat wisata ini mirip dengan yang digunakan oleh Go Green Kampar. Konsep tersebut tergambarkan secara nyata melalui beberapa spot foto kekinian seperti rumah terbalik, rumah pohon, hingga rumah kurcaci.

Lokasi taman ada di Kecamatan Tambang, tepatnya di Desa Kuapan. Karena memiliki beragam spot foto kekinian yang menarik, maka tidak heran jika setiap libur nasional maupun weekend taman wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Taman Agro Nadin cocok untuk para wisatawan anak-anak hingga dewasa.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuapan, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau.

5. Jembatan Waterfront City

Jembatan Waterfront City
Image Credit: Google Maps bayu temo

Di daerah Bangkinang terdapat destinasi kuliner malam dengan panorama Jembatan Waterfront City yang diterangi lampu kerlap-kerlip berwarna-warni. Menikmati sajian kuliner khas Riau pun menjadi tidak membosankan karena panorama di depan mata sungguh menakjubkan.

Lampu kerlap-kerlip tersebut dipasang di beberapa tiang penyangga jembatan sehingga Sungai Kampar yang berada di bawah jembatan tampak tidak biasa. Jika Anda pecinta fotografi, wajib untuk mengunjungi Jembatan Waterfront City karena di tempat inilah merupakan tempat terbaik untuk hunting foto di malam hari.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung godang, Pulau Lawas, Kec. Bangkinang Seberang, Kab. Kampar, Riau.

6. Bukit Naang Bangkinang

Bukit Naang Bangkinang
Image Credit: Google Maps HADI PURWANTO

Bagi Anda pecinta wisata adventure, cobalah untuk mendatangi Bukit Naang. Disana terdapat beragam wahana outbond seru pemacu adrenalin, salah satunya adalah wahana Flying Fox setinggi 22 meter. Selain flying fox, terdapat wahana seru lainnya seperti tree top adventure, air softgun, ATV, hingga jembatan gantung.

Bukit Naang Bangkinang tidak hanya menyuguhkan wahana untuk orang dewasa saja, namun juga memiliki wahana waterboom yang ramah untuk anak-anak. Yang menarik dari kawasan wisata bukit ini bukan hanya adanya beragam wahana yang menarik saja, namun juga pemandangan alamnya sangat indah.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Bangkinang Petapahan, Pasir Sialang, Kec.Bangkinang Seberang, Kab. Kampar, Riau.

7. Ulu Kasok

Ulu Kasok
Image Credit: Google Maps Asep Ykl

Tak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat Papua, karena di Kabupaten Kampar terdapat tempat wisata Ulu Kasok yang menyuguhkan panorama alam mirip dengan Raja Ampat. Disana Anda akan menemukan beragam spot foto kekinian seperti Puncak Tuah, Pucak Kompe, hingga Bukit Kelok Indah.

Spot-spot foto tersebut memiliki latar belakang alam yang bisa dinikmati dari ketinggian. Dalam sejarahnya, Ulu Kasok dulunya merupakan waduk yang dibuat atas inisiatif stoke holder dengan tujuan memenuhi kebutuhan dari irigasi air. Lokasinya ada di daerah Tanjung Alai, tepatnya di Desa Pulau Gadang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

8. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas
Image Credit: Twitter Pariwisata Riau

Air Terjun Batang Kapas merupakan salah satu wisata air terjun yang ada di Kabupaten Kampar, tepatnya di Desa Batu Sasak. Airnya cukup tinggi, kurang lebih 150 meter. Akan tetapi debit airnya tergolong tidak begitu besar sehingga tidak sedikit wisatawan yang bermain air di kolam yang ada di bawah air terjun.

Air terjun ini termasuk air terjun paling tinggi di daerah Sumatera tengah. Kemegahan air terjun terlihat dari bebatuan putih yang bisa disaksikan dari kejauhan. Banyak satwa liar yang hidup bebas di kawasan air terjun ini. Selain itu, pepohonan yang sudah berusia ratusan tahun pun turut menyumbang keelokan panorama alam disana.

Harga Tiket: Rp 200.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu Sasak, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

9. Stanum Bangkinang

Stanum Bangkinang
Image Credit: Google Maps Mohammad Fauziddin

Kabupaten Kampar memiliki taman rekreasi Stanum Bangkinang yang populer dengan beragam fasilitasnya yang menarik. Disana Anda dapat bermain skate board, berenang di kolam renang, berjalan-jalan di taman bunga, mengadakan pertemuan di gedung pertemuan, bermalam di penginapan, hingga menikmati sajian kuliner di restoran.

Stanum ini termasuk wisata legend yang ada di Kabupaten Kampar. Konon tempat ini sudah ada sejak tahun 1990-an dan masih aktif hingga saat ini meskipun sempat sepi pengunjung ketika destinasi wisata terbaru mulai bermunculan. Namun, kini wahana dan fasilitasnya sudah diperbaiki menjadi lebih baik.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Langgini, Kec. Bangkinang, Kab. Kampar, Riau.

10. Rimbang Baling

Rimbang Baling
Image Credit: Google Maps Zuki Rama

Rimbang Baling merupakan salah satu tempat wisata populer dan termasuk favorit bagi para wisatawan. Tempat ini adalah kawasan hutan lindung untuk suaka margasatwa dengan panorama alam yang tidak kalah indahnya dibandingkan tempat terkenal lainnya yang ada di Indonesia.

Hutan disana masih begitu alami dengan air sungai yang bersih, pepohonan hijau yang rimbun, hingga keanekaragaman hayati yang melimpah dan beragam satwa yang hidup tenang dan bebas. Arus air sungai yang beriak kerap digunakan untuk aktivitas wisatawan bermain arung jeram dan body rafting.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Lama, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

11. Tuluk Jering

Tuluk Jering
Image Credit: Facebook Putri Sugara

Tuluk Jering merupakan objek wisata bernuansa pedesaan yang berada di Kabupaten Kampar, tepatnya di tepian Sungai Kampar. Pemandangannya begitu eksotis, dengan hamparan rerumputan yang hijau dan pasir yang putih bersih. Karena pasir di kawasan ini putih bersih seperti pasir pantai, maka dijuluki ‘pasir cinta’.

Berada di Teluk Jering seolah sedang berada di pantai karena pemandangan alamnya sangat mirip dengan pemandangan alam khas pantai. Hanya saja, tempat wisata ini bukan berada di tepi laut melainkan tepi sungai. Ditambah lagi pasir putihnya yang mirip dengan pantai menjadikan tempat ini seolah seperti pantai sungguhan.

Fasilitas yang disediakan di Teluk Jering adalah banana boat yang digunakan untuk menjelajah Sungai Kampar. Untuk lokasinya sendiri terletak di Kabupaten Kampar, tepatnya di Pantai Cinta Teluk Jering. Tempat ini sangat cocok untuk tempat healing Anda dan keluarga.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Kenidai, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau.

Beberapa tempat wisata di Kabupaten Kampar yang ada di Provinsi Riau tersebut direkomendasikan untuk Anda yang membutuhkan destinasi ketika sedang berada di daerah Bangkinang. Pastikan untuk melihat akses jalan untuk menuju ke lokasi supaya kendaraan aman sampai tujuan tanpa kendala.