11 Tempat Wisata di Baturaja OKU Terbaru, Hits & Populer

11 Tempat Wisata di Baturaja OKU Terbaru, Hits & Populer

Baturaja merupakan salah satu wilayah dari Provinsi Sumatera Selatan. Merupakan ibukota Kabupaten Ogan Komering Ulu. Tempat ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang patut dan layak untuk Anda kunjungi. Beberapa tempat wisata yang ditawarkan memang menyajikan pemandangan yang begitu memukau.

Seperti yang diketahui, Kota Baturaja dibelah oleh Sungai Ogan sehingga menjadikan tempat tersebut begitu nyaman dan asri. Anda akan menemukan banyak sekali destinasi alam yang sangat memukau. Karena itu, jika kebetulan Anda berkunjung ke Provinsi Sumatera Selatan, maka tidak ada salahnya untuk singgah di kota ini.

Tidak hanya wisata alam saja, tapi Anda juga bisa menemukan wisata sejarah di kota tersebut. Bagi Anda yang merasa penasaran mengenai apa saja tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Baturaja, maka berikut ini akan diulas secara lengkap.

1. Air Terjun Desa Tanjung Karang

Air Terjun Desa Tanjung Karang
Image Credit: Facebook PT. DHARMA LESTARI TOUR & TRAVEL

Rekomendasi tempat wisata pertama yang sangat menarik dan patut untuk Anda kunjungi, yaitu Air Terjun Desa Tanjung Karang. Walaupun air terjun tersebut tidak begitu tinggi, namun air terjun ini mempunyai kolam alami yang cukup luas.

Di kolam alami tersebut nantinya para pengunjung dapat berendam, mandi bahkan berenang. Disamping itu juga air terjun tersebut dikelilingi dengan pohon-pohon berukuran besar. Dengan adanya pohon-pohon tersebut, suasana akan terasa begitu rindang, asri dan juga sejuk.

Bagi Anda yang merasa penasaran ingin berkunjung ke Air Terjun Desa Tanjung Karang ini, maka bisa langsung meluncur ke Desa Tanjung Karang. Desa itu berada di Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tanjung Karang, Kec. Baturaja Barat, Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

2. Sungai Mandi Hawa

Sungai Mandi Hawa
Image Credit: Facebook Riduan Kenirai Baturaja

Sungai Mandi Hawa merupakan sebuah sungai yang dikelilingi oleh bebatuan eksotis. Dari pusat Kota Baturaja, Sungai Mandi Hawa ini berjarak kurang lebih 43 km. Lokasi tepatnya sungai tersebut berada di desa Tulang, Kecamatan Lengkiti.

Dari cerita legenda yang beredar, tempat wisata tersebut adalah lokasi bekas pertempuran yang disebabkan oleh perebutan wilayah kekuasaan. Di sanalah nantinya Anda juga bisa menemukan beberapa peninggalan dari pertempuran yang cukup melegenda tersebut.

Namun dibalik dari cerita legenda yang memang sedikit horor itu, sungai ini memiliki beberapa spot foto yang begitu elok dan patut untuk Anda coba. Sungai Mandi Hawa sangatlah cocok untuk dikunjungi ketika Anda ingin berburu foto yang indah dan instagramable.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tualang, Kec. Lengkiti, Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

3. Bukit Lesung Bintang

Bukit Lesung
Image Credit: Google Maps Rieke Auliana Putri

Untuk rekomendasi tempat wisata yang berikutnya yaitu Bukit Lesung Bintang. Perbukitan ini menawarkan pemandangan yang begitu indah. Lokasinya sendiri terdapat di Desa Bukit Raya, Kecamatan Baturaja Barat.

Tak hanya itu saja, di Bukit Lesung Bintang Anda pun juga dapat menikmati beberapa peninggalan sejarah. Salah satu di antara peninggalan yang cukup terkenal yaitu sebuah batu yang memiliki bentuk lesung persegi delapan. Jika dilihat sekilas, maka batu ini memiliki bentuk mirip bintang.

Selain itu, dari puncak bukit tersebut nantinya Anda akan disuguhkan pemandangan kota yang begitu indah. Karena itu, jangan lupa untuk memastikan Anda membawa kamera ketika hendak berkunjung ke bukit cantik ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gatot Subroto, Tanjung Baru, Kec. Baturaja Timur, Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

4. Bukit Balau

Bukit balau
Image Credit: Google Maps Alwi

Bagi para penggemar matahari terbit, maka sangat tepat jika memutuskan untuk berkunjung ke Bukit Balau. Di bukit ini memang terkenal memiliki pemandangan matahari terbit yang begitu indah. Lokasi dari bukit tersebut terdapat di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur. Banyak anak-anak muda yang melakukan camping di Bukit Balau.

Tidak hanya itu saja, Bukit Balau juga sering digunakan sebagai salah satu tempat kemah oleh beberapa pecinta alam. Selain itu banyak juga yang melakukan diklat ataupun outbound di tempat tersebut oleh karena lokasinya yang sangat mendukung aktivitas-aktivitas itu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Baru, Kec. Baturaja Timur, Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

5. Gua Putri

Gua Putri
Image Credit: Google Maps Raden Wisanggeni

Destinasi berikutnya berasal dari Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji. Tempat wisata tersebut bernama Gua Putri. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Baturaja, maka untuk mencapai Goa Putri akan memerlukan waktu kurang lebih 30 hingga 45 menit.

Gua Putri merupakan salah satu destinasi wisata sejarah. Hal itu dikarenakan di dalam gua tersebut terdapat peninggalan-peninggalan bersejarah. Tidak hanya itu saja, gua ini juga menawarkan objek wisata alam serta budaya yang sangat seru dan menarik untuk di saksikan.

Untuk membuat para pengunjung merasa betah, maka Gua Putri juga telah dilengkapi fasilitas pendukung. Fasilitas yang bisa ditemukan seperti contohnya mushola, tempat untuk bersantai dan beristirahat, tempat cuci muka yang dipercaya mampu membuat kulit menjadi cerah seketika, serta warung makan bagi para wisatawan yang merasa lapar.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padang Bindu, Suka Merindu, kec. Semidang Aji, Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

6. Bendali Rantau Kumpai

Bendali Rantau Kumpai
Image Credit: Facebook Like Palembang

Bendali merupakan singkatan dari bendungan pengendali air, merupakan sebuah bendungan yang di sini telah lama dijadikan objek wisata oleh pemerintah kabupaten. Lokasi dari tempat tersebut kurang lebih berjarak 17 kilometer dari pusat kota. Lokasi tepatnya yaitu terdapat di Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

Keunikan yang bisa Anda temukan di objek wisata tersebut yaitu ada pada airnya yang memiliki dua warna. Di bagian tengah air tersebut memiliki warna coklat jika Anda lihat dari kejauhan. Namun jika Anda dekati dan lihat dari dekat, maka warnanya akan menjadi kehijauan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tungku Jaya, Kec. Sosoh Buay Rayap, Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

7. Taman Kota Baturaja

Taman Kota Baturaja
Image Credit: Google Maps Sunardi Ardi

Untuk tempat menarik berikutnya yang juga perlu dikunjungi yaitu Taman Kota. Taman kota tersebut terdapat di Desa Baturaja Lama, Kecamatan Baturaja timur. Tempat ini selain dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau untuk wilayah kota, tapi juga dimanfaatkan sebagai wahana rekreasi murah meriah bagi masyarakat kota dan sekitar.

Terdapat fasilitas pendukung yang bisa Anda temukan di tempat tersebut. Seperti contohnya kursi di bawah pohon, wahana permainan untuk anak-anak, bahkan Anda juga akan menemukan banyak warung makan di taman kota tersebut yang menyuguhkan aneka kuliner lezat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baturaja Lama, Kec. Baturaja Timur, Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

8. Gua Harimau

Gua Harimau
Image Credit: Google Maps Muhamad Devi Riswandi

Gua harimau berada tidak jauh lokasinya dari Gua Putri. Karena memang 2 gua tersebut berada di desa yang sama. Gua Harimau mulanya merupakan tempat penelitian yang dilakukan oleh para ahli purbakala.

Di dalam gua tersebut pernah ditemukan 78 kerangka manusia-manusia purba kuno. Namun meski dijadikan sebagai tempat penelitian, gua masih diizinkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Gua ini telah dilengkapi dengan sebuah tangga permanen yang mempunyai anak tangga berjumlah 104 buah. Tangga sengaja dibuat untuk memudahkan para ahli serta para wisatawan untuk masuk ke dalam area gua harimau.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Padang Bindu, Kec. Semidang Aji, Kab.Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

9. Air Panas Gemuhak

Air Panas Gemuhak
Image Credit: Facebook Tegoeh Wiyono

Tempat wisata berikutnya ini juga tak kalah menarik untuk Anda kunjungi. Berupa wisata alam air panas yang bernama gemuhak. Lokasi dari wisata tersebut yaitu berada di kawasan hutan lindung Kecamatan Ulu Ogan.

Terdapat beberapa titik yang menjadi sumber air panas dengan suhunya dapat mencapai 90⁰ C. Karena itu, jangan heran jika Anda datang ke tempat tersebut sangat dipenuhi oleh uap udara yang terasa panas.

Tak jarang para wisatawan datang dengan membawa telur dan merebusnya di sana. Selain itu, air sumber panas tersebut juga dipercaya oleh masyarakat sekitar mampu untuk mengobati berbagai macam penyakit pada kulit.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Tiga, Kec. Ulu Ogan, Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

10. Air Terjun Kambas

Air Terjun Kambas
Image Credit: Twitter Pesona Sriwijaya

Rekomendasi wisata selanjutnya berupa air terjun. Air Terjun Kambas memiliki ketinggian mencapai 50 meter. Berada di Desa Ulak Lebar, Kecamatan Ulu Ogan. Untuk bisa mencapai lokasi dari air terjun ini, maka Anda perlu berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit dari Desa Ulak Lebar.

Nantinya Anda juga perlu melewati area perkebunan dan aliran Sungai Kambas. Sehingga selama perjalanan Anda sudah akan disuguhi pemandangan yang begitu memukau.

Namun ketika Anda telah sampai di lokasi, maka semua lelah Anda akan terbayar dengan lunas. Karena pemandangan dari air terjun tersebut memang begitu mengagumkan dan memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Mendingin, Kec. Ulu Ogan, Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

11. Bukit Khiang

Bukit Khiang
Image Credit: Facebook Nuruzzaman Romli

Untuk tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Sumatera Selatan, khususnya di Kota Baturaja yaitu Bukit Khiang. Bukit tersebut memang sangatlah populer dan banyak wisatawan berbondong-bondong untuk pergi ke tempat tersebut.

Penduduk sekitar menyebut bukit ini dengan nama Bukit Puyang Rau. Lokasi tepatnya bukit tersebut berada yaitu di Desa Gunung Meraksa, Kecamatan Lubuk Batang. Tempat ini memang seringkali dijadikan sebagai salah satu area camping oleh siswa sekolah.

Hal itu wajar saja karena memang selain bukit ini memiliki panorama bukit sangatlah indah, namun objek wisata tersebut mudah untuk diakses. Bahkan kendaraan juga mampu untuk menjangkau area bukit lebih dekat lagi. Sehingga dengan begitu para wisatawan tidak perlu capek-capek berjalan terlalu jauh.

Saat Anda memutuskan untuk mengunjungi Bukit Khiang, maka pastikan Anda memilih waktu di mana cuaca sedang cerah. Jangan memaksakan diri datang ketika cuaca mendung. Karena memang terlalu berbahaya untuk mendaki bukit ketika tengah turun hujan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Let Ali Hanafiah, Kec. Baturaja Timur, Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi ketika berada di Kota Baturaja. Deretan destinasi tersebut menyuguhkan panorama yang begitu indah serta keseruan yang tidak akan dapat Anda lupakan.