11 Tempat Wisata di Batusangkar Tanah Datar Terbaru, Hits & Populer

11 Tempat Wisata di Batusangkar Tanah Datar Terbaru, Hits & Populer

Sumatera Barat memiliki beberapa daerah yang mengandung potensi pariwisata tinggi, salah satunya adalah kabupaten Tanah Datar. Keindahan budaya dan kearifan lokal yang cukup besar membuat kabupaten yang memiliki ibu kota Batusangkar ini memikat banyak pengunjung untuk menyinggahinya.

Kondisi jalan yang tidak terlalu parah mampu membantu pengunjung untuk mengakses tempat wisata yang ngehits di kabupaten ini dengan mudah. Karena tingkat popularitasnya yang tinggi itulah yang membuat kota ini selalu ramai oleh kunjungan wisatawan dari berbagai daerah.

Ada berbagai tempat menarik nan indah yang bisa ditemukan di Batusangkar, karena daerah ini diberkahi oleh budaya yang sangat beragam. Mari simak apa saja tempat wisata yang bisa Anda kunjungi ketika sudah berada di Batusangkar, Tanah Datar.

1. Pacu Jawi

Pacu Jawi
Image Credit: Twitter GoPro

Pacu Jawi merupakan sebuah agenda pariwisata yang diselenggarakan setiap tahun secara rutin di empat kecamatan yang termasuk ke dalam kabupaten Tanah Datar. Empat kecamatan itu adalah kecamatan Lima Kaum, Rambatan, Pariangan, dan Sungai Tarab.

Banyak orang yang menganggap bahwa Pacu Jawi memiliki kemiripan tertentu dengan sebuah pertunjukan budaya yang ada di Madura yakni Karapan Sapi. Namun, baik itu Karapan Sapi dan Pacu Jawi memiliki perbedaan yang cukup signifikan dan sangat mencolok sehingga kedua pertunjukan ini tidak bisa dianggap sama.

Pada Pacu Jawi, kegiatan tersebut dilakukan di sawah dan seringkali diadakan sebelum musim tanam tiba. Biasanya, hanya kaum laki-laki yang melakukan kegiatan unik ini, sebab mereka akan berjalan bersama dengan dua sapi atau kerbau sambil mengitari sawah.. Anda akan merasakan pengalaman yang berbeda ketika melihat kegiatan yang menarik ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iii Koto, Kec. Rambatan, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

2. Puncak Pato

Puncak Pato
Image Credit: Google Maps Hartanto Kosasih

Puncak Pato merupakan sebuah desa yang berlokasi di Nagari Batu Bulek, dan seringkali disebut-sebut sebagai saksi bisu mengenai sejarah pertarungan kaum Paderi melawan para penjajah. Kaum Paderi yang dipimpin oleh Imam Bonjol memanfaatkan keberadaan Puncak Pato sebagai benteng pertahanan untuk melawan musuh.

Karena dipenuhi nilai sejarah, tempat wisata yang sangat indah dan dipenuhi oleh deretan sawah yang berjejer ini tentunya akan memuaskan Anda yang memang mencari destinasi dengan nilai luhur tinggi. Akan tetapi, karena lokasinya yang cukup tinggi Anda harus berusaha cukup ekstra untuk sampai di tempat tujuan.

Sesampainya di Puncak Pato, Anda akan disuguhkan oleh hamparan sawah dan pepohonan menjulang yang sangat mengagumkan. Pemandangan indah itu akan membuat siapapun merasa takjub dan tidak bersedia untuk meninggalkan tempat yang istimewa ini dalam waktu yang singkat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu Bulek, Kec. Lintau Buo Utara, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

3. Batu Angkek-Angkek

Batu Angkek-Angkek
Image Credit: Twitter SUMBAR

Wisata Batu Angkek-Angkek adalah tempat wisata yang tidak bisa dianggap remeh dan dilupakan begitu saja. Sejak zaman dahulu, lokasi ditemukannya batu Angkek-Angkek ini selalu ramai oleh kunjungan pengunjung sebab mereka mempercayai batu tersebut memiliki kekuatan magis.

Batu tersebut dinamakan Angkek-Angkek karena sejak pertama kali ditemukannya batu ajaib ini, banyak masyarakat yang berusaha untuk mengangkat batu tersebut. Dalam bahasa lokal di daerah itu, angkek-angkek bisa diterjemahkan sebagai angkat-angkat dalam bahasa Indonesia.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Sungayang, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

4. Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung
Image Credit: Google Maps Asdar Mustofa

Jika mengunjungi Tanah Datar, akan terasa kurang lengkap apabila Anda tidak turut serta menyempatkan diri untuk mengintip keberadaan Istana Pagaruyung. Objek wisata yang populer karena pesona yang mengagumkan ini memang memiliki nilai sejarah tinggi, sebab dulu digunakan sebagai tempat istirahat keluarga kerajaan Pagaruyung.

Karena zaman yang semakin berkembang dan berubah menjadi lebih modern, keberadaan istana ini pun semakin dilupakan. Hal itu diatasi oleh pemerintah Minangkabau dengan membuatnya sebagai tempat wisata beserta cagar budaya yang selalu dilindungi.

Dengan bangunan yang kokoh disertai oleh material yang terbuat dari kayu, hal itu membuat Istana Pagaruyung ini menjadi surga bagi para pecinta sejarah zaman kerajaan Indonesia. Pengunjung sering menjadikan istana megah ini sebagai latar belakang ketika ingin melakukan pemotretan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sutan Alam Bagagarsyah, Pagaruyung, Kec. Tanjung Emas, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

5. Cagar Budaya Batikam

Cagar Budaya Batikam
Image Credit: Google Maps Fauzi ST

Destinasi selanjutnya jatuh kepada Cagar Budaya Batikam. Sesuai dengan namanya, tempat ini yang menyajikan pemandangan sejuk ini termasuk ke dalam cagar budaya yang dilestarikan dan dilindungi oleh pemerintah setempat.

Hal tersebut karena Cagar Budaya Batikam memiliki sebuah batu yang cukup unik, dimana batu tersebut memiliki bekas tusukan pada bagian tengah. Karena hal tersebut, maka banyak masyarakat yang memberi julukan lain terhadap batu yang eksentrik itu sebagai batu yang tertusuk.

Keberadaan batu yang tertusuk itu juga menjadi bukti konkrit yang menjelaskan mengenai kerajaan Minangkabau yang pernah berkuasa pada zaman Neolithikum. Bagi masyarakat zaman dahulu, umumnya Cagar Budaya Batikam ini digunakan sebagai tempat musyawarah bagi medan nan bapaneh atau kepala suku.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No.160, Dusun Tuo, Kec. Lima Kaum, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

6. Bukit Aua Sarumpun

Bukit Aua Sarumpun
Image Credit: Google Maps arief budiman

Jika membahas mengenai tempat wisata apa yang paling populer di Tanah Datar, kemungkinan besar akan banyak yang menjawab Bukit Aua Sarumpun. Hal itu sangat wajar karena bukit yang dipenuhi oleh hamparan rumput ilalang ini memang sangat indah dan mengagumkan.

Kumpulan rumput ilalang yang memenuhi seluruh bukit memiliki tinggi yang cukup bervariasi, bahkan ada yang tingginya mencapai pinggang orang dewasa. Karena keberadaan rumput yang sangat indah itu, maka banyak pihak yang menganggap bahwa Bukit Aua Sarumpun adalah bukit yang sangat romantis.

Pengunjung yang singgah ke bukit yang populer ini seringkali berkunjung dengan tujuan untuk mengabadikan setiap pemandangan yang tersaji di sekitarnya. Bak lukisan, pemandangan alam yang ada di Bukit Aua Sarumpun dijamin tidak akan bisa dilupakan dengan begitu saja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iii Koto, Kec. Rambatan, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

7. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai
Image Credit: Google Maps tahufix maisur

Siapa sih yang tidak mengenal Air Terjun Lembah Anai? Air terjun yang tingkat popularitasnya sudah mendunia ini selalu ramai oleh kunjungan wisatawan setiap harinya, bahkan ada pula turis luar negeri yang mengunjungi air terjun yang menakjubkan ini.

Tak tanggung-tanggung, Air Terjun Lembah Anai sering digadang-gadang sebagai tempat yang dijadikan sebagai maskot pariwisata di Minangkabau. Pemandangan hutan yang sangat rimbun disertai oleh air deras yang turun dari atas akan membuat siapapun merasa betah untuk berlama-lama di air terjun yang ngehits ini.

Harga Tiket: Rp 1.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

8. Danau Singkarak

Danau Singkarak
Image Credit: Google Maps SAKANTI OFFICIAL

Danau Singkarak juga termasuk ke dalam daftar tempat yang sangat populer di kabupaten ini. Keindahannya yang menakjubkan sudah membius begitu banyak wisatawan, sehingga jumlah pengunjung yang datang setiap tahunnya akan selalu bertambah.

Banyak yang menganggap keindahan Danau Singkarak setara dengan keindahan Danau Toba yang sangat diagungkan oleh masyarakat Sumatera Utara. Warna airnya yang memukau dengan tambahan hijau kebiruan akan tampak luar biasa saat terkena pancaran sinar matahari.

Akan tetapi, waktu paling tepat untuk mengunjungi danau yang indah ini adalah saat sore hari. Langit senja akan berubah warna menjadi jingga dan matahari yang turun secara perlahan akan menambah sensasi romantis pada danau yang mempesona ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Danau Singkarak, Kab. Solok dan Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

9. Kincir Air Talawi

Kincir Air Talawi
Image Credit: Google Maps okta pianus

Sebenarnya, Kincir Air Talawi dibangun dengan tujuan utama untuk membantu sawah yang dimiliki oleh warga sekitar teraliri air. Akan tetapi, kini Kincir Air Talawi tidak digunakan untuk kepentingan irigasi saja, namun juga pariwisata yang mendatangkan keuntungan tinggi.

Bentuk kincir air yang ada di Talawi ini memang sangat besar sehingga terkadang masyarakat menyebutnya sebagai kincir air raksasa. Banyak pengunjung yang datang untuk menyaksikan kehebohan kincir air, namun tidak sedikit pula mereka yang turut serta bermain air dan mengambil foto di sekitar kincir air.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Simawang, Kec. Rambatan, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

10. Benteng Van Der Capellen

Benteng Van Der Capellen
Image Credit: Google Maps Wilma Prima

Lagi-lagi, Tanah Datar menyajikan destinasi yang memiliki peran tinggi ketika sedang berada di zaman penjajahan, salah satunya adalah Benteng Van Der Capellen. Benteng peninggalan Belanda ini diciptakan oleh pemerintah kolonial ketika mereka sedang bertarung melawan kaum Padri pada tahun 1821.

Benteng Van Der Capellen dibangun dengan tujuan untuk membantu kaum adat, namun setelah masa penjajahan berakhir benteng yang didominasi oleh bangunan khas Belanda ini pun turut ditinggalkan. Saat ini banyak pengunjung yang mendatangi benteng untuk melihat peninggalan sejarah dan mempelajari mengenai sejarah perang Padri.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baringin, Kec. Lima Kaum, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

11. Desa Pariangan

Desa Pariangan
Image Credit: Twitter antarafoto.com

Objek wisata terakhir adalah Desa Pariangan. Kabarnya, Desa Pariangan ini termasuk ke dalam jajaran salah satu desa yang paling indah sedunia, sebab nuansanya memang sangat tradisional dan menyimpan warisan sejarah yang melimpah.

Pelestarian Desa Pariangan pun dilakukan oleh pemerintah setempat untuk membuat desa yang unik ini selalu terjaga. Suasana sejuk dan asri menjadi nilai tambah yang mampu menggaet banyak turis untuk mengunjungi desa yang terkenal ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pariangan, Kab. Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa Anda eksplor ketika berada di Batusangkar. Banyaknya destinasi di kabupaten ini menjadi salah satu tanda bahwa Indonesia dan seluruh provinsi yang termasuk di dalamnya memang menyimpan keindahan dan keunikan yang sangat luar biasa dan harus dijaga dalam waktu yang lama.