15 Tempat Wisata di Curup Rejang Lebong Terbaru & Terhits Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Curup Rejang Lebong Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bengkulu sudah lama mendapatkan reputasi sebagai provinsi di Indonesia yang memiliki tempat wisata indah, salah satunya yakni Rejang Lebong. Dengan pemandangan yang luar biasa, tidak mengherankan apabila jumlah pengunjung Rejang Lebong semakin naik setiap harinya.

Daerah yang mengagumkan ini memiliki luas daerah yang cukup lebar, sehingga hal itu membantu banyak tempat untuk membangun tempat wisata yang menarik. Tidak hanya air terjun atau wisata alam saja, namun ada pula berbagai tempat wisata indah yang bisa dikunjungi.

Mulai dari tempat wisata yang penuh sejarah dan nilai estetika tinggi, semuanya ada di kabupaten yang termasuk ke dalam daerah di Bengkulu ini. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Curup, Rejang Lebong.

1. Bukit Kaba

Bukit Kaba
Image Credit: Google Maps Koen Vanhollebeke

Bukit Kaba menjadi salah satu tempat wisata yang paling direkomendasikan ketika sedang berada di Rejang Lebong. Bentuk bukit yang ditumbuhi oleh tanaman hijau dan pepohonan rimbun ini terlihat sangat unik, sebab terlihat seperti memiliki dua bukit yang bersebelahan.

Akses menuju Bukit Kaba terbilang sangat efisien karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Anda tidak perlu merasa khawatir mengenai akses jalan yang buruk sebab jalannya sudah berbentuk aspal dan bisa dilalui dengan kendaraan biasa.

Pada bukit kembar ini, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang sangat indah dan membuat siapapun merasa terkagum-kagum. Terlebih, pada bagian bawah bukit yang elegan ini juga sudah tersedia sebuah kawah unik yang sangat luar biasa indah. Pada kawah yang berwarna hijau tosca itu, Anda bisa berfoto dan menciptakan foto yang instagramable.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sambirejo, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

2. Telaga Puteri Tujuh Warna

Telaga Puteri Tujuh Warna
Image Credit: Google Maps Koen Vanhollebeke

Saat membicarakan mengenai lokasi wisata yang ada di Rejang Lebong, Telaga Puteri Tujuh Warna selalu disebut-sebut oleh banyak orang. Hal itu tentu saja sangat maklum karena telaga yang sangat menakjubkan ini mampu menyihir semua pengunjung yang datang untuk melihat kejernihan air yang ditampilkannya.

Salah satu ciri utama yang dimiliki oleh telaga yang jarang ditemukan di daerah lainnya ini adalah warna airnya yang sangat bervariasi.

Dengan luas sebesar 50 hektar, Anda akan menyaksikan warna air empat telaga dalam warna biru, merah, abu-abu, dan putih. Sedangkan pada tiga telaga yang lainnya terdapat warna kuning, hitam, dan cokelat yang sangat unik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Rimbo Pengadang, Kab. Lebong, Bengkulu.

3. Lubuk Beso

Lubuk Beso
Image Credit: Facebook Darmini

Tempat wisata di Rejang Lebong yang direkomendasikan selanjutnya adalah Lubuk Beso. Nama dari tempat wisata yang selalu ramai oleh kehadiran pengunjung ini disadur dari kata lubuk atau yang bisa diterjemahkan sebagai bagian sungai yang dalam.

Karena itulah, ketinggian air pada Lubuk Beso bisa dikatakan cukup dalam, dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat pemancingan ikan. Pemandangan di sekitarnya yang sangat sejuk akan membuat suasana memancing menjadi lebih asri lagi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Apur, Kec. Ulak Tanding, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

4. Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari
Image Credit: Google Maps Muamalah Chick Bengkulu

Danau Mas Harun Bastari juga menyajikan pemandangan alam yang tidak kalah indah dibandingkan dengan tempat wisata lainnya yang lebih populer. Terdapat pulau kecil yang terletak pada bagian tengah danau, sehingga tampak seperti tempat yang terasingkan namun tetap indah untuk dilihat.

Di sekitar danau juga sudah tersedia berbagai macam fasilitas pendukung yang cukup lengkap dan mampu membuat pengunjung menjadi puas. Suasana yang cukup sepi dan air danau yang mengalir dengan tenang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pengunjung merasa penasaran dengan keberadaan Danau Mas Harus Bastari ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Jaya, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

5. Air Terjun Batu Betiang

Air Terjun Batu Betiang
Image Credit: Google Maps panca erliansyah DS

Wisata air terjun yang terletak di Kecamatan Bermani Ulu Raya ini seringkali juga disebut sebagai Air Terjun Bertingkat. Hal tersebut disebabkan karena dinding-dinding batu yang terletak di sekitar air terjun terlihat sangat menarik dan posisinya yang rapi membuatnya terlihat seperti bertingkat-tingkat.

Dinding batu tersebut memiliki bentuk balok persegi panjang yang sangat unik untuk diperhatikan. Untuk memahami mengenai keindahan alam yang ada di air terjun indah ini, pastikan Anda menyempatkan waktu untuk menyinggahinya dan saksikan sendiri keunikan dari batu keren yang berjejeran.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Babakan Baru, Kec. Bermani Ulu Raya, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

6. Danau Bermanei

Danau Bermanei
Image Credit: Google Maps Muamalah Chick

Danau Bermanei terbilang sangat mencolok dibandingkan dengan danau yang lainnya, sebab lokasinya yang cukup strategis yakni berada di tengah kota. Hal itu tentunya akan menambah pesona tersendiri bagi pengunjung, terlebih pada malam hari suasana danau terlihat sangat indah karena adanya deretan lampu kota yang menyala dengan terang.

Meskipun danau ini tidak digunakan untuk berenang, namun Anda tetap bisa memanjakan lidah dengan membeli makanan di sekitar danau. Rasanya yang lezat disertai oleh pemandangan danau yang membuat mata merasa dipuaskan tentu membuat siapapun merasa nyaman.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pahlawan, Kec. Curup Utara, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

7. Gua Bukit Makmur

Gua Bukit Makmur
Image Credit: gunungraja.com

Apabila dilihat secara sekilas, Gua Bukit Makmur terlihat seperti objek wisata gua pada umumnya. Akan tetapi, jangan salah sebab panorama yang ada di dalamnya terlihat sangat indah dan memukau, bahkan Anda akan terkejut karena keagungan yang ada di dalam gua menakjubkan ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Suban Ayam, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong.

8. Danau Telapak

Danau Telapak
Image Credit: Google Maps panca erliansyah DS

Terletak di dekat bukit yang sejuk dan asri, hal tersebut membuat Danau Telapak menjadi pilihan terbaik ketika Anda memiliki hasrat untuk melakukan refreshing. Suasana yang tenang di sekitar danau menjadi nilai paling utama yang bisa ditawarkan oleh danau yang indah ini.

Meskipun rute yang perlu ditempuh untuk sampai ke danau terbilang cukup sulit, namun Anda tidak perlu khawatir karena pemandangan yang bisa disaksikan sangat menyejukkan mata. Karena itulah, jangan lupa untuk membawa vitamin ketika ingin mencapai Danau Telapak ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sentral, Kec. Bermani Ulu, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

9. Suban Air Panas

Suban Air Panas
Image Credit: Google Maps fenrizal

Mandi menggunakan air panas sering disebut sebagai kegiatan yang membawa manfaat sangat banyak, dan bahkan seringkali dianggap mampu mengobati tubuh dari berbagai penyakit. Karena itu, cobalah untuk mandi di Suban Air Panas dan rasakan sendiri sensasi dari mandi menggunakan air panas.

Banyak sekali pengunjung yang mendatangi tempat yang populer ini untuk melepaskan diri dari rasa lelah dan menghilangkan stres. Suban Air Panas juga sangat aman untuk berbagai usia sehingga keluarga bisa mengunjunginya dengan bebas.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cawang Baru, Kec. Curup Timur, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

10. Air Terjun Panas Pacoa Seribu

Air Terjun Panas Pacoa Seribu
Image Credit: republika.co.id

Seringkali terkenal sebagai Air Terjun Gerojokan Sewu, air terjun yang menyajikan air panas ini juga patut dijadikan sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi ketika berada di Rejang Lebong.

Aliran air pada tempat wisata yang dikelilingi oleh pemandangan indah ini memang cukup panas, namun yang membuatnya unik adalah air tersebut tidak memiliki kandungan belerang sama sekali.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sumber Urip, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejanglebong, Bengkulu.

11. Air Panas Desa Tempel Rejo

Air Panas Desa Tempel Rejo
Image Credit: wisatasiaa

Hampir sama seperti air terjun yang menyajikan air panas lainnya, Air Panas Desa Tempel Rejo memang menawarkan tempat pemandian yang sangat efektif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tidak hanya orang tua saja, namun remaja dan orang dewasa juga seringkali mengunjungi tempat pemandian air panas ini untuk mandi dan berendam sesuka hati.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tempel Rejo, Kec. Curup Selatan, Kab. Rejang Lebong.

12. Kebun Teh Bukit Daun

Kebun Teh Bukit Daun
Image Credit: Google Maps Aang Salman

Tidak hanya kota Bogor saja yang memiliki kebun teh, namun Rejang Lebong juga memiliki tempat wisata kebun teh yang sangat mempesona. Kebun Teh Bukit Daun menyajikan pemandangan alam yang sangat indah dan menarik, bahkan ketika Anda mendatanginya dalam waktu yang singkat, semerbak aroma teh akan tetap bisa dicium dengan jelas.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sentral Baru, Kec. Bermani Ulu, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

13. Kebun Binatang Diobagitte

Kebun Binatang Diobagitte
Image Credit: m.kaskus.co.id

Jika lelah dengan pemandangan alam yang cukup luas, maka Anda bisa memilih untuk mengunjungi Kebun Binatang Diobagitte. Terletak pada lokasi yang sangat berdekatan dengan Kota Curup, kebun binatang yang seru ini menjadi tempat wisata yang sangat populer.

Tersedia berbagai macam hewan yang bisa Anda saksikan dan fasilitas lengkap yang mampu memuaskan pengunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Talang Ulu, Kec. Curup Timur, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

14. Batu Panco

Batu Panco
Image Credit: Facebook Flame Rozario

Batu Panco merupakan sebuah batu yang dianggap keramat oleh masyarakat lokal. Konon, batu ajaib itu disebut-sebut memiliki kekuatan magis yang canggih, sehingga tidak heran apabila masyarakat sekitar sering berdoa di sekitar batu yang besar ini.

Batu jumbo ini dikelilingi oleh sebuah penghalang yang berbentuk seperti meja dan berada tepat di sekitar area pemakaman penduduk.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu Panco, Kec. Curup Utara, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

15. Tugu Pahlawan Tabarenah

Tugu Pahlawan Tabarenah
Image Credit: Facebook Pesona Bumi Pat Petulai Rejang Lebong

Tempat wisata terakhir di Rejang Lebong yang bisa Anda kunjungi adalah Tugu Pahlawan Tabarenah. Selain memiliki nilai sejarah yang tinggi, tugu yang dibangun di sekitar area berumput ini menyajikan pemandangan yang cukup indah.

Meskipun tugu pahlawan ini sudah ditumbuhi oleh banyak rumput liar, namun situs yang dipenuhi oleh fakta sejarah ini tetap menarik untuk dikunjungi. Disini pengunjung bisa memanfaatkan beberapa lokasi untuk spot selfie.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl.Rio Gagas, Tanjung Dalam, Ulok Kupai, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu.

Itulah beberapa tempat wisata populer di Rejang Lebong yang bisa dijadikan referensi ketika ingin melakukan petualangan di kabupaten yang ada di Bengkulu ini. Seluruh objek wisata yang sudah disebut diatas memiliki nilai keunikan dan keindahan tersendiri, namun masing-masing sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Anda bisa pilih lokasi yang paling diminati.