15 Tempat Wisata di Sekitar Danau Toba yang Paling Hits

15 Tempat Wisata di Sekitar Danau Toba yang Paling Hits

Siapa tidak mengenal Danau Toba yang terkenal sebagai predikat salah satu danau terbesar di Dunia sebagai kebanggaan Indonesia, terlebih dengan pesona alamnya. Inilah daftar tempat wisata di Danau Toba yang menarik dijelajahi saat liburan dan akhir pekan.

Danau alami yang berlokasi di Kaldera Gunung Supervulkan ini mempunyai panjang 100 km dan lebar 30 km. Selain itu, lokasinya yang berada di tengah provinsi Sumatra Utara ini memiliki kedalaman 505 meter dan ketinggian dari permukaan berkisar 900 meter. Danau Toba juga memiliki predikat sebagai danau vulkanik terbesar di dunia.

Danau Toba terbentuk dari letusan gunung berapi ribuan tahun yang lalu. Budaya danau ini juga sangat kental. Salah satu legenda terkenal dari danau ini adalah legenda Danau Toba. Berawal dari legenda itulah yang mendorong banyak wisatawan mengunjungi objek wisata ini. Tidak hanya wisata Danau Toba yang memiliki banyak pesona indah dan menarik, namun kawasan sekitarnya juga menarik.

Tempat wisata yang ditawarkan di tempat ini mulai dari perbukitan, pantai, air terjun bahkan tempat penginapan pun tersedia. Tempat penginapan mulai dari hotel sampai area berkemah pun ada. Berikut daftar tempat wisata menarik di sekitar Danau Toba yang bisa Anda jelajahi.

1. Bukit Gibeon

Bukit Gibeon
Image Credit: Google Maps (Jhon Harrys Sinulingga)

Lokasi bukit yang berada di desa Sibisa ini membutuhkan waktu 20 menit dari arah Parapat untuk menuju lokasinya. Selain menjadi wisata umum untuk masyarakat juga dibuka untuk wisata rohani seperti agenda seminari.

Selain terdapat bangunan untuk agenda seminari, di bukit ini terdapat pula kolam pemandian. Air di kolam pemandian ini sangat segar dan jernih. Pembangunan wisata di Bukit Gibeon ini juga memberi dampak positif untuk perekonomian penduduk Desa Sibisa.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parsaoran Sibisa, Kec. Ajibata, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

2. Pantai Paropo

Pantai Paropo
Image Credit: Google Maps (Juma Sabah Kendit Simalem)

Pantai yang lokasinya berada di sekitar area danau toba memberikan keindahan sempurna untuk para wisatawan. Khususnya bagi para pecinta fotografi akan sangat puas dengan sajian pemandangan perbukitan berwarna hijau dengan paduan langit berubah warna keemasan.

Saat menyaksikan pemandangan matahari terbenam dan terbit di pantai ini akan membuat seolah olah terbius oleh keindahannya. Tentu saja berkemah sangat mendukung di lokasi wisata ini. Terkenal akan fasilitas berkemah yang terbaik membuat para wisatawan memasukkan pantai ini ke dalam list rencana berkemah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Paropo I, Kec. Silahi Sabungan, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

3. Tanjung Unta

Tanjung Unta
Image Credit: Instagram.com @rooban2810

Perbuktian satu ini memiliki keunikan yang membuat para wisatawan penasaran mengunjunginya. Keunikan tersebut terletak pada bentuk bukit yang menyerupai hewan unta. Tidak hanya itu tokoh nasional Indonesia yaitu Bung Hatta juga terpesona akan tempat wisata ini.

Nama Tanjung Unta ini pun pemberian dari Bung Hatta. Lokasi wisata ini juga memiliki ikatan kuat dengan Bung Hatta. Tepatnya lokasi wisata ini berhubungan dengan perjalanan beliau sewaktu diasingkan di Sumatera Utara.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. St. H.H. Damanik, Tambun Raya, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

4. Pantai Batu Hoda

Pantai Batu Hoda
Image Credit: Googlo Maps (Batuhoda Beach)

Pantai ini mempunyai pasir berwana putih tekstur kasar bercampur dengan bebatuan. Selain itu, terdapat pula pohon-pohon rindang dan bunyi kecipak air dari danau Toba membuat pantai ini patut untuk dikunjungi.

Pantai ini berlokasi di sebuah dusun bernama Malau dan berjarak 1 km dari Pelabuhan Simanindo. Akses menuju pantai ini terbilang cukup mudah menggunakan kendaraan. Selain itu tersimpan juga akan cerita legenda yang terkenal yaitu Legenda Batu Hoda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Cinta Dame, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

5. Desa Tuktuk Siadong

Desa Tuktuk Siadong
Image Credit: Google Maps (i way)

Desa ini begitu populer di telinga para wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika para wisatawan ingin menjelajahi Danau Toba secara mendalam maka desa inilah tempat singgahnya. Memiliki deretan penginapan untuk para wisatawan dan menyajikan pemandangan Danau Toba menjadi keunggulan penginapan di desa ini.

Tidak heran apabila desa ini memperoleh julukan kampung turis karena begitu banyaknya antusias wisatawan menginap di desa ini. Selain menawarkan wisata Danau Toba des aini juga menawarkan perbukitan sebagai penyaluran kegiatan hiking dan pesona pantai pasir putihnya yang sejuk.

Harga Tiket: Map: Cek Lokasi
Alamat: Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatra Utara.

6. Desa Wisata Tomok

Desa Wisata Tomok
Image Credit: Google Maps (Agripa Sidabutar)

Desa yang telah memberikan dampak positif bagi penduduknya di bidang perdagangan, agraris dan tentu saja pariwisata. Anda bisa melihat bentuk dari persandingan antara makam, bangunan gereja tua yang eksotis, transportasi becak motor, dan penduduk yang sudah menguasai bahasa inggris memudahkan para wisatawan asing berkomunikasi.

Desa Wisata Tomok mempunyai titik lokasi di salah satu akses masuk menuju Pulau Samosir dari arah Pelabuhan Wisata Parapat. Wisatawan akan ditawarkan pemandangan khas perkampungan Batak. Dimulai dari pemakaman kuno para raja-raja batak, rumah adat, dan patung sigale-gale.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Makam Sidabutar, Tomok, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

7. Bukit Indah Simarunjung

Bukit Indah Simarunjung
Image Credit: Google Maps (Wenny Manda Sari Barus Lee)

Bukit ini sudah menjadi lokasi untuk berwisata selfie kekinian di sekitar Danau Toba. Menikmati pemandangan Danau Toba dari ketinggian dapat pula dijadikan bidikan angle tepat untuk mengambil sebuah foto menarik.

Selain pemandangan yang indah, di wisata ini telah ditambahkan berbagai spot foto menarik untuk dicoba. Mulai dari gardu pandang, rumah pohon, ayunan dengan pemandangan Danau toba secara langsung, dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

8. Pusuk Buhit

Pusuk Buhit
Image Credit: Instagram.com @rickyfebriand17

Lokasi wisata ini dianggap tempat sakral untuk penduduk sekitar. Penduduk sekitar meyakini bahwa tempat ini adalah tempat lahirnya dari suku Batak. Pusuk Buhit yang merupakan sebuah gunung dengan predikat puncak tertinggi di area Danau Toba. Berada di tiga kecamatan sekaligus membuat tempat wisata ini semakin unik.

Tiga kecamatan tersebut ialah Panguruan, Harian Boho dan Sianjur Mula-Mula. Di tempat wisata ini dikelilingi pohon pinus. Pohon pinusnya berukuran sangat besar berdiri tegak dari bawah sampai atas puncak dan bebatuan menambah kesan misterius. Selain pesona misteriusnya di tempat ini juga dapat menikmati keindahan danau toba dari atas Menara Pandang Tele.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pardugul, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

9. Air Terjun Binanga Bolon

Air Terjun Binanga Bolon
Image Credit: Instagram.com @imemcore

Untuk para wisatawan yang menyukai tantangan perlu mengunjungi lokasi wisata ini. Spot wisata ini adalah spot petualangan menarik untuk para wisatawan yang berburu dan mencari keindahan alam yang tersembunyi. Mengapa demikian? Karena untuk mencapai lokasi air terjun Binanga Bolon dibutuhkan nyali yang besar.

Lokasi yang tidak mudah untuk ditembus karena harus menembus rimba belantara untuk mencapai air terjun ini. Air terjun ini menyimpan akan keindahan artistik dari bamboo berbentuk sulur yang menyerupai gapura berwarna hijau. Tentunya pemandangan tersebut akan menghilangkan rasa capek dan letih saat perjalanan menuju lokasi air terjun ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purba Dolok, Kec. Purba, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

10. Hotel Inna Parapat

Hotel Inna Parapat
Image Credit: Google Maps (Inna Parapat)

Hotel yang terkenal dengan julukan miniatur dari negeri Belanda ini berlokasi di pinggiran Danau Toba. Mempunyai bentuk seperti bungalow ini sering digunakan untuk para atlit yang sedang bertanding di Sumatera Utara. Acara-acara olahraga yang sering diselenggarakan tidak hanya lokal tapi juga internasional.

Acara olahraga tersebut seperti Pekan Olahraga Nasional, Asian Games, Sea Games, dan lain sebagainya. Terdapat fasilitas resto yang tidak hanya satu tapi tiga dengan sajian masakan lokal sampai internasional. Walaupun tidak memiliki fasilitas kolam renang, tapi terdapat tepi danau pasir putih yang bisa digunakan untuk berenang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Marihat No.1, Tiga Raja, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

11. Lembah Bakkara

Lembah Bakkara
Image Credit: Instagram.com @iwanvanwilan

Sempat heboh di dunia maya tempat wisata ini ternyata memiliki kemiripan dengan lokasi wisata yang berada di negara Norwegia. Lembah tersebut yaitu bernama Lembah Stryn. Jadi tidak perlu merogoh kocok untuk berlibur ke luar negeri ketika di dalam negeri terdapat pemandangan serupa. Lembah ini juga menyimpan akan nilai sejarah di dalamnya.

Nilai sejarah tersebut yaitu lembah ini ialah tempat kelahiran dari Raja Sisingamaraja. Diapit oleh dataran tinggi membuat lembah ini memiliki keindahan yang luar biasa. Biaya masuk untuk menuju lembah ini juga terbilang cukup terjangkau. Selain itu di dekat wisata ini juga terdapat banyak tempat wisata menarik di sekitarnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lembah Bakkara, Kec. Baktiraja, Kab. Humbang Hasundutan, Sumatra Utara.

12. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging
Image Credit: Google Maps (R Ryanto)

Ingin memanjakan mata dengan pemandangan bunga yang indah? Jangan lupa untuk mengunjungi kebun bunga satu ini. Lokasi berdekatan dengan area wisata Danau Toba. Semula Sapo Juma ini adalah villa yang sekelilingnya taman bunga dan menghadap secara langsung pemandangan danau Toba.

Pemandangan bunga yang berbagai jenis dan berwarna-warni akan membuat pikiran dari wisatawan lebih fresh, segar, dan rileks. Wisatawan dapat mengambil berbagai pose foto menarik di lokasi wisata ini. Foto-foto yang diambil di lokasi wisata ini akan menjadi menarik ketika di unggah pada sosial media.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara.

13. Gunung Sibuatan

Gunung Sibuatan
Image Credit: Google Maps (Zaza Nashrul Huda)

Untuk para pendaki tidak lengkap rasanya jika tidak menaklukan gunung Sibuatan. Gunung ini ialah gunung tertinggi yang mempunyai 2475 meter di atas permukaan laut. Tantangan menarik yaitu menaiki dan menuruni 3 lembah dan 3 bukit sebelum mencapai puncaknya.

Pada saat mendaki gunung akan melihat pemandangan hutan lumut sepanjang perjalanan. Hanya pada gunung Sibuatan ini dapat merasakan kesempatan langka mendaki gunung tertinggi di Sumatera Utara. Banyak tanaman menarik yang dapat dijumpai di Hutan Lumut yaitu kantung semar, berbagai jenis tanaman anggrek, dan pandan Bali.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Laksa, Kec. Pegagan Hilir, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

14. Aek Rangat Panguruan

Aek Rangat Panguruan
Image Credit: Google Maps (stephen zheng)

Destinasi favorit bagi para wisatawan yang memiliki arti air panas. Mengapa dinamakan Aek Rangat karena lokasinya di lereng Gunung Pusuk Buhit yang aktif. Asal dari air panas ini yaitu berasal dari batu kapur yang mengeluarkan sumber mata air. Fasilitas dari wisata ini yaitu terdapat beberapa kolam pemandian air panas yang memiliki berbagi tingkatan untuk panasnya

Selain itu terdapat juga kolam pemandian yang dangkal dan cocok bagi anak-anak. Sering pula dijadikan spot foto untuk pre wedding. Setelah berendam tentu saja perut akan merasa sangat lapar dan tenang saja di sekitar area terdapat berbagai kios makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang dijual muali dari ringan seperti snack, air mineral, air soda, dan lain-lain.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aek Rangat, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

15. Bukit Holbung

Bukit Holbung
Image Credit: Google Maps (Andre Kesuma)

Bukit Teletubbiesnya Sumatera Utara yang dekat dengan area wisata danau Toba. Nama dari bukit ini diambil dari nama desanya yang bernama Desa Holbung. Rangkaian dari perbukitan ini sudah ada semenjak 200 tahun lalu. Panorama dari puncak ini begitu indah saat menjelang matahari tenggelam. Dari puncak bukit ini juga dapat melihat Pusuk Buhit dan Danau Toba.

Memiliki jarak dari kota Medan sejauh 224 km dan membutuhkan waktu 6 jam dengan kendaraan. Untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh 2 jalur yaitu rute Medan-Kabanjahe dan rute Medan-Siantar-Parapat-Samosir. Untuk wisata ini dibuka selama 24 jam penuh dan disarankan untuk pendakian di pagi hari atau siang hari, karena cuaca yang sering tidak mendukung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dolok Raja, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

Setelah mengetahui beberapa tempat wisata menarik di sekitar Danau Toba tentunya saat Anda menentukan waktu berlibur yang tepat. Jangan sampai ada yang terlewat dan selamat menikmati liburan.