11 Tempat Wisata di Kabanjahe Karo Terbaru, Hits & Populer

11 Tempat Wisata di Kabanjahe Karo Terbaru, Hits & Populer

Kabanjahe Karo, Sumatra Utara menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh para pelancong. Hal ini dikarenakan wilayahnya memiliki sejumlah wisata yang tidak boleh dilewatkan. Mulai dari wisata alam, religi, hingga situs bersejarah semuanya ada disini. Setiap destinasinya pun menawarkan beragam panorama alam yang begitu indah.

Tempat wisata yang ada memiliki sejumlah fasilitas penunjang yang bisa digunakan oleh pengunjung. Anda yang sedang berlibur tidak usah khawatir karena akan merasa betah berada lama-lama di areanya. Tidak hanya itu saja, setiap wisata tersebut tentu memiliki sejumlah wahana menarik yang menjadi daya tarik untuk memikat hati para pelancong.

Saat hari libur akan tampak banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke destinasi Kabanjahe. Apalagi disana juga menawarkan beberapa spot foto yang menarik untuk mengabadikan momen. Tidak heran jika pariwisatanya selalu ramai dikunjungi oleh pelancong dari berbagai daerah. Maka dari itu jangan lupa untuk melipir ke objek wisata di Karo.

1. Agro Wisata Kabanjahe

Agro Wisata Kabanjahe
Image Credit: Google Maps Samuel Perangin angin

Agro wisata adalah tempat rekreasi yang tampak seperti kebun buah. Diketahui buah yang sering dijumpai disini adalah strawberry dan jeruk. Buah tersebut tentu memiliki kualitas yang bagus dan rasanya sangat manis. Wisatawan yang berlibur dapat berkeliling sekaligus memetik sendiri buah yang ada atau sekedar mencicipi buah hasil petikannya tersebut.

Tempatnya yang begitu luas dimanfaatkan pengelola untuk terus menambah buah-buahan. Bahkan Anda juga dapat bertanya kepada petugas mengenai cara menanam dan merawat buah dalam jumlah banyak. Hal itulah yang membuat pengunjung penasaran ingin datang ke wisata ini. Apalagi saat hari libur agro wisata Kabanjahe ini akan dipadati para travelller.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Munte, Kacaribu, Kec. Kabanjahe, Kab. Karo, Sumatera Utara.

2. Puncak 2000 Siosar

Puncak 2000 Siosar
Image Credit: Google Maps rizky hermawan

Puncak ini berupa bukit hijau yang terbentang luas dengan beragam panorama alam. Anda yang berada di areanya akan melihat Gunung Sinabung. Dahulu tempat ini memang digunakan untuk pengungsian Gunung Sinabung yang pernah erupsi. Namun, lambat laun Puncak 2000 Siosar dideain sedemikian rupa untuk dijadikan sebagai tempat pariwisata.

Pada sekitar puncak terdapat gazebo atau tempat istirahat yang terbuat dari kayu. Wisata tersebut cocok untuk sekedar melepas penat karena anginnya sepoi-sepoi. Anda bisa pula mengabadikan foto karena banyak spot yang menarik untuk dijadikan background. Maka dari itu, jangan lupa untuk berlibur ke Puncak 2000 Siosar saat ada di Kabanjahe Karo.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagara, Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara.

3. Desa Peceren

Desa Peceren
Image Credit: Twitter Cipta Ginting

Desa Peceren merupakan tempat tinggal tradisional yang sampai saat ini dihuni oleh suku Karo. Dahulu desa tersebut dikenal sebagai Desa Sempajaya oleh penduduk setempat. Pada kawasannya terdapat banyak rumah adat yang diperkirakan memiliki umur sekitar 100 tahun lebih. Desain rumahnya pun masih ada yang mempertahankan bangunan lama.

Traveller yang berkunjung dapat melihat dengan detail rumah kuno yang begitu unik. Penduduknya yang ramah akan membuat para pelancong merasa nyaman saat bertanya informasi. Selain sebagai tempat berlibur, Desa Peceren juga dijadikan wisata edukasi. Tidak heran jika banyak wisatawan yang berbondong-bondong berkunjung bersama keluarga.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Peceren, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

4. Kebun Madu Efi

Kebun Madu Efi
Image Credit: Google Maps Erwin Firmansyah

Area tempat rekreasi ini menyuguhkan beberapa spot foto yang menarik berupa replika rumah warna-warni. Ada pula tanaman bunga yang cantik tampak melengkapi wisata tersebut. Selain itu wisatawan dapat melihat area peternakan lebah yang dijaga oleh petugas. Anda yang berada disini akan merasakan suasana seperti liburan di luar negeri.

Tempatnya yang sejuk sangat cocok digunakan untuk piknik bersama kerabat. Traveller dapat membawa peralatan sendiri dari rumah. Akan tetapi Anda bisa pula menyewa tenda yang ada di Kebun Madu Efi untuk bersantai. Tenda tersebut terbuat dari jerami dan kayu sehingga tampak estetik, apalagi fasilitas di tenda juga sudah dilengkapi dengan listrik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kabanjahe – Siosar KM.13 Siosar, Sukamaju, Kec. Tigapanah, Kab. Karo, Sumatera Utara.

5. Museum Pusaka Karo

Museum Pusaka Karo
Image Credit: Twitter Putra Karo

Destinasi lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Museum Pusaka Karo. Wisata bersejarah ini begitu unik dengan desain bangunan yang tampak mewah. Tiap sudutnya terdapat beberapa koleksi yang dipamerkan termasuk tumbuk lada, untai-untai, dan tutu-tutu. Koleksi tersebut diletakkan di dalam rak kaca agar tidak rusak dan kotor.

Museum Pusaka Karo memiliki beberapa lantai yang menyuguhkan benda berbeda-beda. Anda dapat berkeliling sambil mempelajari sejarah melalui informasi yang telah tersedia. Pengunjung yang datang diharapkan tidak merusak koleksi yang ada. Hal ini bertujuan untuk menjaga benda sejarah agar bisa dilestarikan dengan baik dan dinikmati dari masa ke masa.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Perwira, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

6. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling
Image Credit: Twitter Bunda Cantika Cahyani

Bukit Gundaling diketahui mempunyai ketinggian sekitar 1.575 mdpl. Ketinggian tersebut banyak dimanfaatkan oleh wisatawan untuk melihat keindahan alam yang ada di sekitar. Tanaman hijau dan pegunungan tampak menghadap langsung ke arah bukit ini. Hal itulah yang akan menyejukkan mata dan udaranya terasa segar karena letaknya jauh dari polusi.

Anda yang berlibur tidak hanya bisa menikmati panorama saja, tetapi dapat menggunakan fasilitas yang ada. Kawasan Bukit Gundaling menyediakan persewaan kuda, gazebo, dan beberapa spot menarik untuk foto. Akan tetapi pengunjung diharapkan membawa makanan sendiri dari rumah karena lokasinya lumayan jauh dari warung dan pemukiman penduduk.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gundaling I, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

7. Funland Mickey Holiday

Funland Mickey Holiday
Image Credit: Google Maps Mikie Funland

Funland Mickey menjadi wisata permainan yang banyak diincar oleh para pelancong. Pada areanya menyediakan beragam wahana mulai dari peluncur air, tornado, hingga roller coster. Pengunjung yang ingin menikmati kereta luncur dapat mencoba permainan buzz coaster. Ada pula von voyage yang akan mengajak Anda seolah-olah mengelilingi lautan.

Permainan yang ada dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Hal inilah yang membuat Funland Mickey tidak pernah sepi pengunjung. Traveller juga dapat mengunjungi cafe yang ada di sekitar untuk sekedar bersantai.

Tak hanya itu saja, fasilitasnya pun cukup lengkap mulai dari toilet umum, gazebo, dan toko souvenir yang dapat dikunjungi traveller. Areanya yang outdoor banyak dijadikan sebagai spot foto oleh para tamu yang berlibur. Maka dari itu jangan lupa untuk melipir ke Funland Mickey.

Harga Tiket: Rp 95.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

8. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar
Image Credit: Google Maps Islamic Media

Danau Lau Kawar termasuk wisata alam yang memiliki suasana menenangkan. Traveller yang berlibur akan melihat penghijauan di sekitar danau. Lahannya diperkirakan mencapai 200 hektar yang menghadap langsung ke arah gunung dan bukit. Selain dapat menikmati panorama alam, Anda bisa pula menyewa perahu untuk berkeliling melihat Danau Kawar.

Pada sudut lain terdapat area untuk camping atau berkemah. Pengunjung dapat membawa tenda dan sejumlah peralatan lain dari rumah karena disana jauh dari pemukiman penduduk. Kegiatan ini tentu akan sangat menyenangkan apalagi jika mengajak kerabat dekat. Nikmati pemandangan Danau Lau Kawar yang tidak akan dijumpai di daerah lain.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta Gugung, Kec. Naman Teran, Kab. Karo, Sumatera Utara.

9. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini
Image Credit: Instagram Hotel Indonesia Group

Taman Alam Lumbini adalah vihara yang sangat besar dan memiliki desain mewah. Pada bagian depannya tampak kuil yang hampir mirip dengan bangunan di luar negeri. Ada pula pagoda emas yang menempel pada vihara sehingga tampak cantik. Vihara ini biasanya digunakan untuk tempat beribadah sekaligus wisata berlibur yang ramai dikunjungi.

Setiap bangunan vihara dikelilingi dengan bendera dari berbagai negara. Tempatnya yang bagus sering dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto. Saat hari perayaan tertentu vihara ini akan ramai digunakan oleh umat Buddha untuk melakukan ibadah. Semua orang boleh datang kesini asalkan memakai pakaian yang sopan dan tidak merusak tiap sudut bangunan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Barusjahe, Kec. Dolat Rayat, Kab. Karo, Sumatera Utara.

10. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap
Image Credit: Instagram Air Terjun sikulikap

Air Terjun Sikulikap sangat menarik untuk dikunjungi karena menyuguhkan beragam keindahan alam. Traveller yang ada di kawasannya akan melihat air yang jatuh dari ketinggian dengan dikelilingi bukit hijau. Airnya begitu dingin sehingga membuat udara sekitar menjadi sejuk. Selain itu air terjun ini terlihat sangat jernih karena turun dari gunung.

Para pelancong dapat melakukan beberapa aktivitas selama berlibur ke air terjun ini. Salah satunya adalah bermain air dan camping. Namun di bak penampungan Air terjun Sikulikap banyak batu-batuan yang licin sehingga Anda harus berhati-hati. Suasana yang begitu segar di area air terjun sangat cocok digunakan untuk bersantai sambil berkumpul dengan teman.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Doulu, Martelu, Kec. Sibolangit, Kab. Karo, Sumatera Utara.

11. Bukit Kubu

Bukit Kubu
Image Credit: Google Maps citok

Bukit Kubu menawarkan hamparan rumput hijau yang menyejukkan mata. Area sekelilingnya terdapat pohon pinus yang berjejer rapi melengkapi wisata alam tersebut. Bukit ini banyak dijadikan sebagai tempat piknik rombongan keluarga. Saat hari libur tampak para pelancong membawa makanan dan tikar untuk menikmati keindahan Bukit Kubu.

Selain tempatnya yang sejuk, Bukit Kubu juga menawarkan sejumlah wahana permainan seru. Mulai dari berkuda, flying fox, dan mobil kontrol semuanya dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Anda bisa pula bermain layang-layang saat berlibur kesini. Lahannya yang luas dijamin akan membuat wisatawan merasa betah berlama-lama.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kabanjahe, Kabupaten Karo. Anda yang sedang berada di wilayahnya jangan lupa mengunjungi destinasi yang ada. Ajak keluarga atau kerabat dekat agar liburan terasa semakin menyenangkan. Hal yang terpenting sebelum berlibur siapkan budget dan beberapa peralatan yang nantinya akan digunakan.