11 Tempat Wisata di Kalianda Lampung Selatan Terbaru, Hits & Populer

11 Tempat Wisata di Kalianda Lampung Selatan Terbaru, Hits & Populer

Kalianda merupakan sebuah kota kecil yang berada di Kabupaten Lampung Selatan dan menyimpan beragam tempat menarik. Lokasi kota ini terletak di tempat yang bersahaja yakni tepat di kaki Gunung Rajabasa. Selain itu, Kalianda juga terletak di daerah sepanjang tepian kawasan pantai Lampung Selatan.

Karena lokasinya berada di sepanjang tepian kawasan pantai dan tepat di kaki gunung, maka tidak mengherankan jika kota ini mempunyai banyak destinasi wisata bertemakan alam. Tidak sedikit wisatawan dari luar daerah yang mengetahui perihal adanya beragam tempat wisata di daerah yang lokasinya ada di Pulau Sumatera paling ujung tersebut.

Keindahan alam di berbagai tempat wisata daerah Kalianda tiada duanya. Pasalnya, pesona alam disana benar-benar masih alami karena tidak banyak perombakan yang dilakukan oleh pemerintah setempat pada setiap destinasi wisata disana. Hanya perombakan pada akses jalannya dan penambahan spot foto agar tempat wisata semakin menarik. Berikut daftar tempat hits di Kalianda yang layak Anda jelajahi.

1. Pantai Bagoes

Pantai Bagoes
Image Credit: Google Maps Beni Beni

Pantai Bagoes lokasinya dekat dengan jalan lintas Sumatera sehingga akses jalan menuju kesana terbilang sangat mudah. Jarak pantainya lebih dekat jika dibandingkan dengan jarak ke Pantai Embe jika melalui jalan lintas Sumatera tersebut. Pemandangan alam yang disajikan begitu memanjakan mata.

Bagaimana tidak, deretan pepohonan hijau seolah menyambut para pengunjung yang datang. Pepohonan hijau berada di bibir pantai sehingga nuansa alaminya sangat kental. Pasir pantainya kecokelatan dan ombaknya tidak terlalu besar. Dengan pemandangannya yang eksotik, pantai ini kerap dijadikan lokasi foto prewedding.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

2. Pantai Embe

Pantai Embe
Image Credit: Twitter MD Hasabi Ruzain

Pantai Embe merupakan singkatan dari nama sebenarnya yakni Pantai Merak Belantung. Pantai ini banyak dijadikan referensi bagi para wisatawan yang berasal dari luar kota. Dengan nuansa yang masih alami, pantai ini mempunyai beragam fasilitas yang sudah cukup lengkap. Tak perlu khawatir terkait fasilitas ketika berkunjung.

Warna pasir pantainya putih bersih dengan banyak pepohonan di kawasan pinggir pantai. Udara di kawasan pantai terasa sangat segar ditambah dengan ketenangan dan kedamaian yang disuguhkan oleh Pantai Embe membuat banyak wisatawan merasa betah ketika berkunjung kesana.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

3. Pantai Ketang

Pantai Ketang
Image Credit: Google Maps Ariani Ariani

Lampung Selatan termasuk Kalianda memang dikenal dengan surganya wisata pantai. Di kota ini ada banyak sekali pantai dengan daya tariknya masing-masing. Salah satunya adalah Pantai Ketang yang kerap disebut oleh masyarakat setempat sebagai Pantai Baru Rame Kalianda. Akses menuju ke pantai sangatlah mudah.

Lokasinya terletak di tepi jalan, tepatnya sejalur menuju ke Alau-Alau Boutique sehingga para pengunjung mudah menemukan pantai ini dan bebas berkunjung kapan saja sesuai keinginan. Tak heran jika Pantai Ketang selalu ramai dipadati pengunjung. Menariknya, latar belakangnya berupa gunung dengan batu karang yang eksotis.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Way Urang, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

4. Pantai Guci Batu Kapal Rajabasa

Pantai Guci Batu Kapal Rajabasa
Image Credit: Twitter Wahyu

Kalianda terkenal dengan deretan pantainya yang indah, Pantai Guci Batu Kapal Rajabasa merupakan pantai yang lokasinya sejalur dengan pantai cantik lainnya. Sesuai namanya, pantai ini cukup unik karena mempunyai bebatuan karang dengan bentuk yang mirip dengan kapal.

Pemandangan alam di pantai ini begitu indah sehingga banyak wisatawan yang berkunjung untuk mendapatkan foto yang menarik. Ombak pantainya tidak begitu besar, maka para wisatawan dapat bermain air dan berenang disana. Selain tidak begitu besar, ombaknya juga tergolong tenang, namun Anda tetap harus berhati-hati.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pesisir, Maja, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

5. Air Terjun Pangkul

Air Terjun Way Tayas
Image Credit: Twitter fajrin herris gembel

Selain deretan pantai, Kalianda juga memiliki beberapa wisata air terjun. Salah satu wisata air terjun disana adalah Air Terjun Pangkul. Lokasinya berada di daerah Gunung Rajabasa. Pemandangan alamnya begitu eksotis dengan rimbunnya pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun tersebut.

Air terjun ini dikenal juga dengan Air Terjun Curug Way Tayas. Untuk menuju kesana, para wisatawan bisa melalui rute yang mengarah ke kawasan Pantai Guci Batu Kapal maupun Pantai Canti Indah. Yang menarik dari air terjun ini adalah pada musim tertentu, para wisatawan bisa menikmati kelezatan buah durian dan juga berenang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sukaraja, Kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

6. Air Terjun Way Kalam

Air Terjun Way Kalam
Image Credit: Facebook Vj Lehans

Selain Air Terjun Way Tayas atau Air Terjun Pangkul, Kalianda juga memiliki wisata Air Terjun Way Kalam. Lokasinya terletak di Kecamatan Penengahan, tepatnya di Desa Way Kalam. Kawasan air terjun ini letaknya sejalur dengan Gunung Rajabasa. Untuk aksesnya sendiri termasuk cukup mudah ditempuh menggunakan kendaraan pribadi.

Pokdarwis telah mengelola akses jalan menuju ke Air Terjun Way Kalam sehingga para wisatawan tidak berpikir dua kali jika ingin berwisata kesana. Aktivitas yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di sana adalah berenang dan mendirikan tenda di kawasan air terjun. Tidak perlu khawatir karena fasilitas disana sudah cukup memadai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Way Kalam, Kec. Penengahan, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

7. Air Terjun Cirurug

air Terjun Cirurug
Image Credit: Sites.google.com

Ada lagi Air Terjun Cirurug yang menyimpan legenda menarik. Dinamakan ‘Cirurug’ karena desa dimana air terjun berada didominasi oleh masyarakat yang asalnya dari suku Sunda. Oleh karena itu, jangan heran jika Anda mendapati banyak penduduk setempat yang menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa mereka sehari-hari.

Perjalanan menuju ke lokasi bisa ditempuh selama 45 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua. Sementara itu, jika para wisatawan menggunakan kendaraan roda empat, tempat parkirnya cukup jauh dari lokasi air terjun sehingga diharuskan berjalan kaki dikarenakan akses jalan menuju ke lokasi cukup sempit.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Cugung, Kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

8. Gunung Rajabasa

Gunung Rajabasa
Image Credit: Twitter SANTAIAREA

Gunung ini cukup terkenal di kalangan para pendaki. Dengan ketinggian 1281 mdpl dimana puncaknya menyuguhkan pemandangan alam dengan latar belakang pantai nan eksotik membuat para pendaki merasa tertantang untuk bisa menaklukannya. Untuk mencapai puncak, para pendaki membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam.

Waktu tempuh mencapai puncak tergantung dengan kecepatan masing-masing pendaki. Terdapat 5 pos di sepanjang jalur pendakian yang dapat digunakan para pendaki untuk tempat beristirahat. Tak perlu khawatir, bagi para pendaki yang belum hafal jalur menuju puncak atau pemula, bisa membawa atau menyewa pemandu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Area Hutan, Kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

9. Taman Kain Inuh

Taman Kain Inuh
Image Credit: Twitter KaliandaNews

Selain gunung, air terjun, dan pantai, Kalianda juga memiliki tempat wisata berupa taman yang juga menarik untuk dikunjungi. Lokasi taman terletak di tepi jalan lintas Sumatera sehingga terbilang cukup strategis. Selain itu, lokasinya dekat dengan sebuah kompleks pemda yang banyak diminati masyarakat untuk melepas penat.

Taman ini berupa taman terbuka hijau dengan beberapa tempat duduk yang bisa digunakan untuk tempat bersantai. Jika Anda mencari tempat bersantai dan tidak membutuhkan budget yang besar, cobalah untuk mengunjungi taman Kain Inuh ketika sedang berada di kota ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kedaton, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

10. Pemandian Air Panas Way Belerang

Pemandian Air Panas Way Belerang
Image Credit: Google Maps Sandi

Setelah puas mengunjungi beragam objek wisata alam di Kalianda, Anda bisa beristirahat sejenak supaya rasa lelah yang dirasakan dapat hilang. Salah satu referensi tempat beristirahat yang direkomendasikan adalah pemandian air panas Way Belerang. Sesuai namanya, tempat ini berupa kolam pemandian air panas.

Letak kolam berada di alam terbuka dengan pemandangan pepohonan hijau yang mengelilinginya. Sambil berendam, Anda bisa sambil menikmati suasana alam yang menentramkan jiwa. Di Pemandian Air Panas Way Belerang terdapat 3 kolam dengan ciri khas yang berbeda antara 1 kolam dengan kolam lainnya.

Kolam paling atas memiliki warna pekat dengan aroma belerang yang lebih menyengat dibandingkan dengan dua kolam yang ada di bawahnya. Kedalaman kolam paling atas yakni kurang lebih 100 cm dengan pancuran yang airnya murni dari Gunung Rajabasa secara langsung dengan suhu 50-60 derajat celcius.

Dua kolam yang terletak di bawah kolam utama memiliki air yang jernih dengan tinggi kedalaman kurang lebih 150 cm. Air panas yang ada di kolam berasal secara murni dari belerang. Sensasi berendam di kolam pemandian ini seolah membuat segala rasa lelah yang dirasakan selama berwisata hilang dalam sekejap.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalianda, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

11. Dermaga Bom Kuliner Kalianda

Dermaga Bom Kuliner Kalianda
Image Credit: Twitter @RestuAndara99

Setelah berjalan-jalan ke berbagai tempat wisata alam dan beristirahat sejenak melepaskan segala rasa lelah di Pemandian Air Panas Way Belerang, Anda bisa mengisi kekosongan perut dan melepaskan dahaga di Dermaga Bom Kuliner Kalianda. Disana Anda dapat menemukan beragam jenis makanan khasnya.

Tempat ini dulunya adalah pusat lokasi pelelangan ikan dimana semakin berjalannya waktu disulap menjadi pusat kuliner yang ada di wilayah Kalianda. Bahkan, tempat ini tidak hanya merupakan pusat kuliner saja, namun juga didesain sedemikian rupa secara menarik sehingga bisa memfasilitasi para pengunjung yang hobi berfoto.

Dermaga Bom Kuliner akan semakin ramai saat malam minggu didominasi anak-anak muda. Disana banyak dijual jajanan tradisional maupun makanan kekinian dan bisa dimakan di tempat maupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Bagi Anda yang datang dari luar kota, berkunjung ke tempat ini sangat direkomendasikan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Palembapang, Kota Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

Itulah beberapa tempat wisata yang populer di Kalianda, Lampung Selatan. Di kota ini sendiri memiliki beragam tempat menarik yang didominasi oleh wisata alam baik air terjun, pantai, hingga gunung. Selain itu, ada juga wisata kuliner hingga pemandian air panas yang menarik untuk dikunjungi.