10 Wisata Kuliner di Asahan yang Murah & Enak

10 Wisata Kuliner di Asahan yang Murah & Enak

Asahan memiliki beragam wisata kuliner yang menarik untuk dicicipi. Hidangan khas mulai dari makanan berat hingga penutupnya memiliki cita rasa yang dijamin menggugah selera.

Sumatra Utara tak hanya tentang Medan saja, beberapa kabupaten di sekitarnya pun memiliki daya tarik tersendiri yang bisa membuat wisatawan betah. Salah satunya kabupaten Asahan, yang jaraknya kurang lebih 200km dari kota Medan. Namun, tak perlu khawatir karena dengan melewati lintas Sumatra waktu tempuh yang dibutuhkan hanya sekitar empat jam.

Meskipun lumayan jauh, berkunjung ke Asahan tak akan membuat para wisatawan kecewa, sebab di kawasan sekitar kabupaten Asahan ini menyajikan destinasi wisata menarik yang jarang dijumpai di tempat lain. Pun dengan beragam jenis kulinernya yang bermacam-macam.

Kabupaten Asahan yang penduduknya mayoritas adalah suku Melayu Asahan ini memiliki banyak rumah makan yang terjangkau. Maka tak heran jika ke Sumatra Utara kurang lengkap apabila tak menikmati berbagai sajian kuliner khasnya yang lezat dan ramah di kantong ini. Berikut deretam tempat kuliner favorit di Asahan untuk menikmati hidangan lezat.

1. Miso Ayam Bacok

Miso Ayam Bacok
Image Credit: Google Maps (Aminah Fitrhie Panjaitan Afiet)

Hidangan berkuah asal Kabupaten Asahan ini keberadaannya cukup populer. Miso Asahan adalah sebuah hidangan yang terbuat dari mie baik yang kuning atau putih lalu diguyur dengan kaldu. Kaldu ayam kaya rempah-rempah tersebut yang memberikan rasa gurih dan lezatnya Miso Asahan. Miso Asahan biasanya juga dilengkapi kerupuk, suiran ayam kampung dan taburan daun bawang di atasnya.

Miso Ayam bacok yang terletak di Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan ini menyediakan Miso dengan lauk tambahan yang tak kalah menggoda. Beberapa lauk pendamping yang bisa dinikmati bersama Miso Asahan ini yaitu nugget sate, sate kerang hingga telur rebus. Daya tarik miso di tempat ini yaitu taburan ayam di atas Miso yang sangat banyak.

Lokasi: Jl. HOS Cokroaminoto, Mekar Baru, Kec. Kisaran Barat, Kab. Asahan.

2. Rumah Makan Artha Uli (B2)

Rumah Makan Artha Uli (B2)
Image Credit: Google Maps (mariani caroline)

Salah satu kuliner khas Sumatra Utara yang patut dicoba bagi wisatawan yaitu Saksang. Bagi yang belum familiar dengan jenis makanan tersebut, Saksang merupakan hidangan yang terbuat dari daging yang dibumbui dengan darah dari daging tersebut daging yang digunakan biasanya yaitu sapi, kerbau atau babi. Agar tidak amis ditambahkan bumbu rempah-rempah dan santan.

Hidangan tersebut tersedia di Gambiran Baru, kecamatan Kisaran Timur tepatnya di Rumah Makan Artha Uli. Rumah makan tersebut tak hanya menyediakan Saksang saja namun juga menghidangkan berbagai olahan khas Batak lainnya seperti Na Niura, Tombur, Babi Panggang Karo dan hidangan menarik lainnya.

Lokasi: Jl. Fl. Tobing No.36-28, Gambir Baru, Kec. Kisaran Timur, Kab. Asahan.

3. Rumah Makan Pondok Keluarga

Rumah Makan Pondok Keluarga
Image Credit: Google Maps (Yunita Lubis)

Berlibur ke Asahan apalagi bersama keluarga memang paling cocok jika mengisi perut di Rumah Makan Pondok Keluarga. Tempatnya yang nyaman dan bersih serta pelayanan penyajian yang relatif tak memakan banyak waktu menjadi keunggulan tempat ini. Selain itu, harga setiap hidangan mudah dijangkau.

Rumah makan ini terletak di kawasan yang cukup strategis yakni berada di Kisaran Barat Kota, kabupaten Asahan. Terdapat menu yang beraneka ragam seperti berbagai macam seafood, ayam, bebek yang diolah dengan dibakar, goreng, hingga steam. Ikan bakar Asahan merupakan menu andalan di tempat ini. Tak hanya itu, tersedia pula olahan sayur mayur dan macam-macam minuman yang menyegarkan.

Lokasi: Jl. Imam Bonjol, Kisaran Kota, Kec. Kisaran Barat, Kab. Asahan.

4. Gulai Asam GAOK

Gulai Asam GAOK
Image Credit: Google Maps (pak muha)

Kuniler khas Sumatra Utara lainnya yang wajib dicoba ketika di kabupaten Asahan adalah Arsik. Bagi yang belum tahu, Arsik merupakan makanan dari ikan mas yang dimasak dengan bumbu kuning. Pengertian dari Arsik sendiri yaitu ikan mas bumbu kuning. Namun tak hanya ikan mas saja yang bisa digunakan, nyatanya ikan kembung, kakap hingga daging pun bisa digunakan sebagai alternatif.

Apabila ingin merasakan kenikmatan Arsik, coba datang ke Gulai Asam GAOK yang lokasinya berada di Tanjung Balai Kota, kabupaten Asahan. Letaknya yang berada di dekat teluk, membuat rumah makan ini tak hanya menyajikan Arsik namun juga beberapa hidangan seafood yang juga tak kalah memanjakan lidah.

Sesuai namanya, rumah makan ini pun menyediakan menu andalan lain seperti gulai asam kepala ikan, udang asam manis, cumi goreng tepung dan jenis olahan seafood lainnya. Kepala ikan yang biasanya digunakan dari ikan kakap kemudian disajikan dengan taburan daun kemangi serta potongan tomat.

Lokasi: Sei Merbau, Kec. Teluk Nibung, Kota Tanjung Balai.

5. Rumah Makan Rasa Sayang

Rumah Makan Rasa Sayang
Image Credit: Google Maps (Hartanto Kosasih)

Rumah makan cina muslim, begitulah sebutan untuk rumah makan ini. Bukan tanpa alasan, sebab menu yang disajikan berupa hidangan khas Tiongkok yang dimasak tanpa bahan yang dilarang dikonsumsi oleh umat muslim. Meskipun begitu, untuk masalah rasa tak perlu dipertanyakan lagi sebab kebanyakan pengunjung selalu ingin kembali merasakannya.

Beralamatkan di Teladan, Kecamatan Kisaran Timur rumah makan ini menyediakan berbagai menu tomyam, ayam tepung, kalian tahu jepang, ayam saus tiram, bawal asam manis, cumi goreng sambal ijo, sop tahu dan lain sebagainya. Menu andalan di tempat ini yaitu olahan ikan saus asam manis dan ayam mentega. Siraman saus asam manis dan lelehan mentega yang meresap membaur di seluruh penjuru ruangan.

Lokasi: Jl. Imam Bonjol, Teladan, Kec. Kisaran Timur, Kab. Asahan.

6. Berburu Kue Ombus-ombus di Pasar

Kue Ombus-ombus
Image Credit: Cookpad.com

Ombus-ombus merupakan salah satu camilan tradisional khas Sumatra Utara. Jajanan tersebut sebenarnya berasal dari Siborong-borong. Keberadaan Ombus-ombus saat ini hanya bisa ditemukan di acara adat atau festival makanan tertentu. Namun, tak jarang juga jajanan ini ditemukan di pasar tradisional.

Makanan ringan ini memiliki cita rasa yang gurih serta manis legit. Ombus-ombus terbuat dari campuran antara beras ketan, tepung terigu, sedikit parutan kelapa, potongan gula merah sebagai isian. Setelah itu kue tradisional ini dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk menjadi kerucut atau segitiga, lalu langka terakhir adalah pengukusan. Tunggu hingga matang dan ombus-ombus siap disantap.

Lokasi: Pasar tradisional, Kab. Asahan.

7. Rumah Makan Anapa 126

Rumah Makan Anapa 126
Image Credit: Google Maps (kaguya natomo)

Berkunjung ke Asahan akan terasa kurang jika tak mencicipi olahan menu yang ada di Rumah Makan Anapa 126 ini. Berbagai jenis hidangan ikan, ayam, hingga sayuran yang diolah dengan berbagai macam bumbu seperti dipanggang, digoreng, saus asam manis, lada hitam, saus tiram hingga saus pedas.

Sayur gurih tauco yang merupakan makanan andalan masyarakat kabupaten Asahan menjadi menu wajib dicoba ketika berkunjung ke rumah makan ini. Campuran udang, daging sapi, buncis, dan sayuran lainnya dimasak dengan kuah kental ini sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat.

Selain itu, rumah makan yang bertempat di Kisaran Kota, Kabupaten Asahan ini menyediakan ruang VIP yang bisa digunakan untuk menjamu tamu penting. Tersedia pula mushola dan tempat parkir yang cukup luas sehingga tak perlu repot jika datang ke sini bersama rombongan.

Lokasi: Jl. Mas Mansyur, Tegal Sari, Kec. Kisaran Barat, Kab. Asahan.

8. Rumah Makan StatusQuo

Rumah Makan StatusQuo
Image Credit: Google Maps (Montana Alam Raya Indonesia)

Berkunjung ke Asahan kurang lengkap rasanya jika tak menyantap Anyang Pakis. Hidangan yang terbuat dari pakis ini merupakan menu asli kabupaten Asahan, yang tampilannya sering kali disamakan dengan urap. Namun tak menyangkal karena bumbu Anyang Pakis ini hampir sama dengan urap hanya saja bumbu kelapa yang digunakan disangrai hingga menyerupai serundeng.

Anyang Pakis sejatinya hidangan yang sering dijumpai pada jaman dahulu, namun seiring berjalannya waktu makanan ini sulit dijumpai. Ketika bulan puasa Ramadhan di sepanjang jalan menuju Simpang Enam hingga Masjid Raya Kisaran akan berjajar penjual Anyang Pakis. Dan uniknya dalam sekejap saja menu tersebut akan habis. Oleh sebab itu, bulan puasa adalah waktu yang terbaik berburu Anyang Pakis.

Namun, kini tak perlu menunggu bulan puasa untuk menikmatinya, sebab Rumah Makan StatusQuo yang berada di Pulau Rakyat, kabupaten Asahan ini juga menyediakan Anyang Pakis. Meskipun langka harga yang yang dipatok hanya sekitar Rp 10.000 per porsinya.

Lokasi: Pulau Rakyat Tua, Kec. Pulau Rakyat, Kab. Asahan.

9. Rumah Makan Simalungun

Rumah Makan Simalungun
Image Credit: Google Maps (Stiven Daniel)

Terletak di Kisaran Kota, kecamatan Kisaran Barat rumah makan ini menyajikan berbagai menu masakan china yang super lezat. Tak hanya lezat hidangan yang disajikan dimasak dengan menggunakan bahan yang masih segar sehingga menambah kenikmatan rasanya.

Tempat ini tutup pada jam dua siang dan buka kembali di pagi hari pada jam enam pagi. Oleh karena itu, berbagai menunya bisa dijadikan pilihan untuk sarapan dan makan siang. Adapun menu yang ditawarkan mulai dari bak kut teh, angsio babi, perut babi panggang, babi jalinan hingga mie wanton.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.118, Kisaran Kota, Kec. Kisaran Barat, Kab. Asahan.

10. Toko Roti Bika Ambon Rasyiiqa

Toko Roti Bika Ambon Rasyiiqa
Image Credit: Google Maps (Aris Saputra)

Mendengar nama Bika Ambon tentu sudah tak asing lagi. Meski ada unsur nama Ambon dalam kue tersebut nyatanya kue tersebut adalah kue khas Medan. Kue ini terbuat dari santan, gula, tepung, serta bagian kuning telur yang nantinya akan ditambahkan air nira untuk difermentasikan.

Bentuk Bika Ambon umumnya persegi atau persegi panjang, namun bisa juga berbentuk lain sesuai dengan pembuatnya. Proses pembuatan yang ukup memakan waktu, membuat banyak pendagang yang menjual Bika Ambon sebagai oleh-oleh. Adalah Toko Roti Bika Ambon Rasyiiqa yang terletak di Kedai Ledang, kecamatan Kisaran Timur. Toko tersebut menjual kue Bika Ambon dan berbagai kue atau tart.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, Kedai Ledang, Kec. Kisaran Timur, Kab. Asahan.

Itulah rekomendasi tempat wisata kuliner di Asahan, Sumatra Utara yang sering dicari oleh para wisatawan. Beberapa hidangan khas daerah tersebut akan lebih nikmat disantap langsung dan akan terasa lebih menyenangkan jika menyantapnya bersama dengan keluarga.