Aceh

15 Wisata Kuliner di Banda Aceh yang Murah & Enak

Berwisata ke Banda Aceh menjadi semakin lengkap jika Anda sekaligus mencicipi wisata kuliner yang ada di Banda Aceh. Selain lezat, menikmati makanan khas juga dapat melepas penat.

Banda Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Aceh yang juga dikenal sebagai serambi Mekah terletak di bagian paling barat negara ini. Letaknya yang demikian membuat kota ini menyimpan pesona yang menarik. Tidak hanya menampilkan destinasi wisata alam yang mempesona. Berada di Aceh juga membuat siapa pun pengunjung merasa nyaman dengan hidangan lezat yang ditawarkan.

Aceh mampu menghadirkan banyak sajian makanan yang menggugah selera. Anda yang hobi berwisata kuliner wajib datang di kota ini. Ada banyak olahan lezat yang siap memanjakan perut setiap pengunjung. Ada dapat berwisata kuliner sembari berkeliling di berbagai tempat indah yang ada di sana. Pengalaman akan lebih berkesan dengan datang bersama rekan atau keluarga.

Wisata kuliner menjadi pengalaman seru. Tidak hanya membuat dahaga lapar terpenuhi melainkan membuat siapa saja semakin nyaman di tempat yang dikunjungi. Berikut beberapa wisata kuliner di Aceh yang enak dan murah wajib Anda kunjungi.

1. Ayam Tangkap

Image Credit: Masakapahariini.com

Mengonsumsi berbagai olahan ayam pasti kebanyakan orang sudah tak asing. Namun pernahkah Anda mencoba ayam tangkap khas Aceh?. Ayam tangkap merupakan makanan khas yang populer di kota ini. Olahan yang super lezat ini di masak menggunakan banyak rempah alami sehingga soal rasa tentu menggugah siapa pun yang hendak memakannya.

Dalam pengolahan pada umumnya tak beda jauh dengan olahan ayam lain. Ayam di racik dengan berbagai bumbu seperti biasa. Bedanya saat kondisi setengah matang, perlu ditambahkan berbagai dedaunan seperti salam, daun kari hingga daun pandan. Dedaunan itu menambah aroma sedap pada makanan serta bisa pula di konsumsi. Tambahan nasi hangat membuat rasa lapar hilang seketika.

Lokasi: Jl. T. Panglima Nyak Makam, Doy, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

2. Kuah Beulangong

Kuah Beulangong

Image Credit: Beritagar.id

Datang ke Aceh maka jangan lupa mencicipi kuah beulangong. Makanan khas serambi mekah ini dikenal sangat lezat bercita rasa tinggi. Nama beulangong itu sendiri mengambil dari tempat memasak yang menggunakan kuali besar. Proses meraciknya pun tidak mudah membutuhkan proses yang agak rumit. Menu masakan lezat ini biasanya lebih mudah ditemukan saat perayaan hari besar.

Kuah beulangong memiliki keunikan tersendiri. Sebab kuahnya tidak menggunakan santan melainkan dengan memanfaatkan parutan kelapa ditambah bahan lainnya. Umumnya kuah akan berisi potongan daging kambing ataupun sapi. Soal rasa tentu Anda tak perlu ragu lagi, sudah pasti lezat dan nikmat.

Lokasi: Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

3. Sate Matang

Sate Matang

Image Credit: Ksmtour.com

Penggemar menu masakan sate wajib mencoba mencicipi sate matang. Olahan sate ini cukup terkenal di Aceh berkat kelezatannya yang menggugah selera makan. Anda juga dapat dengan bebas menentukan daging apa yang hendak di pilih. Entah itu sapi ataupun kambing yang jelas keduanya memiliki cita rasa yang mampu mengguncang di lidah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Jaya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bila di lihat dari tampilan mungkin sate ini terlihat kecil tapi soal rasa Anda pasti tak menyesal mencicipinya. Di lumuri berbagai olahan kacang dan kaldu membuat cita rasa semakin menggoda. Belum lagi tambahan rawit dan bahan lain akan membuat rasa pedas tercipta. Anda dapat bebas mencoba makanan lezat ini baik di waktu pagi, siang atau malam.

Lokasi: Jl. Sri Ratu Syafiatuddin, Peunayong, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

4. Sie Reuboh

Sie Reuboh

Image Credit: Lamurionline.com

Rekomendasi masakan berikut datang dari sie reuboh. Masakan ini merupakan perpaduan berbagai macam bumbu alami yang menyelimuti daging sapi dan tetelan. Tambahan bumbu alami yang ada di olahan tentu menambah wangi dan lezat makanan yang satu ini.

Selain cita rasa yang menggugah selera, masakan khas Aceh yang populer ini juga dikenal tahan lama. Bahkan sie reuboh mampu awet hingga berbulan-bulan. Hal itu ternyata dipengaruhi dari tambahan bumbu berupa cuka Aceh. Cuka dengan bahan alami demikian mampu mengawetkan daging sekaligus membuat lunak.

Lokasi: Peunayong, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

5. Mie Razali

Mie Razali

Image Credit: Gotravelly.com

Mie Razali menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi pecinta olahan mie. Tempat makan yang terkenal di Aceh ini memang sudah lama dikenal menyajikan berbagai macam olahan mie yang lezat. Apalagi harga makanan ini terbilang terjangkau bergantung dari menu yang di pilih.

Ada banyak menu olahan mie yang bisa di pesan. Jadi Anda dapat lebih bebas memilih beragam menu kesukaan. Di buat dengan bahan mie yang berkualitas membuat siapa pun akan merasakan kenikmatan saat mengonsumsi. Ada pula tambahan berupa toge dan kol yang menambah selera makan. Untuk tambahan menu spesial seperti kepiting juga begitu direkomendasikan.

Lokasi: Jl. T. Panglima Polem No.83-85, Peunayong, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

6. Restoran Banda Seafood

Restoran Banda Seafood

Image Credit: Garnesia.com

Di lihat dari namanya pasti Anda sudah paham apa yang disajikan di restoran yang satu ini. Ada banyak sekali menu seafood yang siap memanjakan perut pengunjung. Tempat wisata kuliner populer ini memang sudah lama dikenal lezat dan menjadi surga untuk para pecinta masakan hasil laut.

Semua olahan yang ditawarkan tentu enak. Meski begitu Anda wajib mencoba beberapa menu favorit di sini. Misalnya ikan bakar Jimbaran yang memberikan sensasi ikan bakar yang menggugah di mulut. Ada pula udang goreng tepung yang tak kalah lezat untuk di nikmati sembari bersantai.

Lokasi:

7. Kue Bhoi

Kue Bhoi

Image Credit: Daerahkita.com

Menu berikutnya merupakan olahan makanan berupa kue. Kue Bhoi menjadi makanan berupa kue yang harus Anda coba. Rasa kue terbilang lembut dan enak untuk di konsumsi. Hal itu tak mengherankan mengingat bahan pembuatan berupa tepung terigu, gula dan juga telur.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Aceh Besar Terbaru & Terhits Dikunjung

Untuk menemukan kue khas Aceh ini terbilang mudah. Anda dapat mencari baik itu di pasar maupun di beberapa tempat kue. Menariknya bentuk makanan ringan ini bervariasi ada yang berupa ikan, bunga ataupun binatang.

Lokasi: Jl. Sultan Iskandar Muda, Lambung, Kec. Meuraxa, Kota Banda Aceh.

8. Rujak Aceh

Rujak Aceh

Image Credit: Grid.id

Puas dengan banyak pilihan makanan berat, jangan lupa untuk mencoba menu pencuci mulut. Tak lain tak bukan adalah rujak Aceh yang layak untuk di coba. Berbahan dasar banyak buah seperti bengkuang, nanas, timun, belimbing dan lainnya membuat rasa rujak terbilang segar.

Apalagi berbagai bahan di atas akan dipadu dengan saus gula Jawa yang akan membuat cita rasa rujak sangat nikmat. Rujak ini begitu populer di serambi mekah bahkan beberapa orang menambah bahan lain seperti salak agar rasa lebih gurih. Anda yang penasaran dengan rasa rujak ini tak perlu ragu membelinya sebab harganya pun sangat terjangkau.

Lokasi: Jl. Tgk. Pulo Dibaroh No.15, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

9. Eungkot Keumamah

Eungkot Keumamah

Image Credit: Sarihusada.co.id

Banda Aceh berada tak jauh dari perairan berupa laut. Letak geografis demikian membuat hasil tangkapan laut banyak. Hal itu menjadi keuntungan tersendiri terhadap olahan hasil laut seperti eungkot keumamah. Ikan yang digunakan ialah ikan tongkol yang terkenal keras dan padat.

Meski begitu justru menjadi keuntungan untuk pembeli. Sebab ikan menjadi lebih awet untuk bisa di masak lagi sewaktu-waktu. Maka dari itu eungkot dapat pula menjadi oleh-oleh untuk di berikan kepada rekan lain atau Anda bisa mengolah kapan pun.

Lokasi: Ceurih, Kec. Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.

10. Nasi Goreng Daus

Nasi Goreng Daus

Image Credit: Makanmana.net

Nasi goreng pasti kebanyakan dari Anda sudah mencoba. Namun di restoran terkenal di Aceh ini memberikan sentuhan tersendiri pada menu masakan. Pilihan menu sangat beragam jadi pengunjung dapat memesan sesuai yang diinginkan. Misalnya dengan tambahan mie atau bahan lain agar rasa menjadi lebih menggugah selera.

Anda yang datang ke Aceh wajib mencoba menu masakan ini. Rasa dahaga lapar yang menggebu bisa hilang seketika dengan sajian lezat pada resto ini. Bagaimana pun racikan nasi goreng paling enak di makan saat malam hari. Apalagi sembari bersama rekan atau keluarga.

Lokasi: Jl. T. Panglima Polem No.87-89, Peunayong, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

11. Tempat Makan Ayam Pramugari

Tempat Makan Ayam Pramugari

Image Credit: Detik.com

Dari nama yang ada mungkin Anda sedikit merasa keheranan. Namun menu yang disajikan kebanyakan memang berbahan dasar ayam. Penamaan pramugari terinspirasi dari banyaknya pramugari yang berdatangan untuk menikmati kelezatan menu di restoran populer tersebut.

Ada banyak sekali menu pilihan yang bisa Anda cicipi. Sebut saja ayam tangjkap, gulai ayam hingga gulai kambing. Semua menu di masak dengan tambahan bumbu rempah yang membuatnya semakin mengguncang di lidah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Simeulue Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Prof. Ali Hasyimi, Pango Raya, Kec. Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.

12. Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Sepertinya beragam menu di Banda Aceh memang mengandalkan rempah di dalamnya. Demikian pula pada rumah makan Bu Sie Itek Bireuen yang memberikan sentuhan bumbu lezat pada sebuah hidangan. Masakan yang tersaji di rumah makan ini ialah nasi gulai bebek yang super nikmat.

Nasi gula bebek pada restoran ini beda dengan yang lain. Sebab seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa racikan bumbu menggunakan banyak bahan rempah penunjang yang tentu nikmat. Apalagi daging bebek di olah dengan sedemikian rupa membuat teksturnya lembut saat di gigit.

Lokasi: Geuceu Kayee Jato, Kec. Banda Raya, Kota Banda Aceh.

13. Ayam Penyet Pak Ulis

Ayam Penyet Pak Ulis

Image Credit: Garnesia.com

Olahan ayam berupa penyet mungkin terdengar biasa. Sudah banyak tersedia pula di berbagai kota di Indonesia. Meski begitu ketika datang ke Aceh wajib mencoba ayam penyet pak Ulis. Menu ayam penyet di sini memiliki cita rasa yang dari pada yang lain.

Tambahan racikan bumbu dan sambal dengan bahan spesial membuat rasa pada ayam akan menyatu dengan maksimal. Apalagi ayam yang tersaji sangat lembut dan enak di lidah. Hal itu tak terlepas dari pengolahan alam yang terlebih dahulu di kukus dan di goreng sebelum di proses penyet.

Lokasi: Geuceu Kayee Jato, Kec. Banda Raya, Kota Banda Aceh.

14. Break Time Coffee

Break Time Coffee

Image Credit: Steemit.com @Razack pulo

Ada kalanya Anda perlu bersantai sejenak dari berbagai aktivitas padat. Break time Coffee akan menjadi tempat sempurna untuk di kunjungi. Desain tempat yang dibuat semenarik mungkin akan menjadi tempat santai yang nyaman untuk pengunjung yang datang.

Di sini tidak hanya tersedia pilihan menu berupa minuman. Untuk beragam makanan pun tersedia mulai dari dimsum, olahan ayam, puding dan lain-lain. Anda dijamin akan betah selama berada di tempat dengan nuansa kafe ini.

Lokasi: Dr H Teuku Mohammad Hasan No.10A, Sukadamai, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh.

15. Warung Nasi Aceh Tulen

Warung Nasi Aceh Tulen

Image Credit: Facebook.com @Nasiudukbundahj.fauziah

Rekomendasi terakhir datang dari warung nasi Aceh Tulen yang ada di Sabang. Beragam menu di warung ini memiliki cita rasa yang mengguncang ketika di cicipi. Apalagi beragam hidangan di masak dengan olahan dan bumbu rempah-rempah sehingga makin lezat.

Ada beberapa menu khas yang bisa Anda coba. Sebut saja mie jalak yang memiliki cita rasa super lezat. Harga hidangan pun terbilang murah sehingga ramah di kantong. Pengunjung dijamin tak menyesal datang menikmatinya.

Lokasi: Santan, Kec. Ingin Jaya, Kab. Aceh Besar.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner yang ada di Banda Aceh. Provinsi yang berada di ujung barat ini tidak hanya indah melainkan banyak pula masakan khas yang mengguncang di lidah. Anda dijamin akan makin betah selama berkunjung. Rasanya yang lezat dan murah menjadi kelebihan tersendiri.