Bangka Belitung

10 Wisata Kuliner di Bangka Tengah yang Terkenal Enak & Wajib Dicoba

Berkunjung ke Bangka Tengah tidak boleh melewatkan kuliner khas yang terkenal lezat. Inilah daftar wisata kuliner di Bangka Tengah yang mampu memanjakan lidah Anda.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan perbedaan. Dimulai dari bahasa, budaya, sampai kuliner semua tersajikan dengan karakteristik masing-masing. Salah satu wilayah yang digadang menyimpan beragam jenis olahan lezat serta tatanan yang menarik adalah Bangka Tengah.

Bangka tengah sendiri masih dikategorikan sebagai kabupaten yang berbatasan langsung dengan daratan daerah lainnya. Di kawasan ini terdapat satu kecamatan yang cukup terkenal yakni Koba, dimana jika berkunjung langsung kesana maka sejumlah rekomendasi dari kuliner-kuliner khas akan membuat Anda tergoda.

Dibalik itu semua, di daerah ini ternyata juga mempunyai beberapa titik spot destinasi wisata yang juga bisa Anda datangi ketika ada kelonggaran waktu. Namun, untuk kali ini pembahasan lebih lanjut akan lebih difokuskan terhadap daftar wisata kuliner di Bangka Tengah yang wajib untuk Anda cicipi.

1. Laksa Bangka

Laksa Bangka

Image Credit: Twitter.com @vionaadrian

Laksa Bangka, nama yang cukup menarik dan berbeda dari yang lain. Namun, apa sih sebenarnya bentuk dari kuliner yang satu ini? Dalam bahasa Bangka Laksa atau Lakso bisa diartikan sebagai mie. Hanya saja bentuknya tidak sama dengan mie pada umumnya karena diameternya lebih tebal.

Jika diamati Laksa ini lebih mirip dengan udon dan berbahan dasar tepung sagu yang dicampurkan dengan tepung beras. Warnanya cukup netral yakni putih dan teksturnya cukup kenyal. Biasanya mie jenis ini akan disajikan bersama kuah dari santan yang sudah dicampurkan dengan ikan kuning yang gurih.

Dengan begitu cita rasa dari Laksa Bangka ini sendiri akan jauh lebih kuat karena dipadukan bersama bahan-bahan yang komplit. Akan lebih enak lagi jika Anda mengkonsumsinya ketika masih dalam kondisi yang panas. Sedangkan untuk membelinya sejumlah warung hingga restoran sudah banyak yang menyediakan.

Lokasi: Kab. Bangka Tengah.

2. Sambal Lingkung

Sambal Lingkung

Image Credit: Twitter.com @resepkuecinta

Sambal menjadi salah satu masakan pendamping yang wajib ada untuk masyarakat Indonesia. Bahkan sekalipun Anda berkunjung ke kota lain pasti selalu menemukan olahan pedas yang satu ini. Begitupun saat Anda berada di wilayah Bangka Utara dimana Sambal Lingkung adalah kuliner khas yang katanya memiliki daya tarik kuat.

Pada dasarnya Sambal Lingkung ini merupakan abon ikan pedas yang sudah diolah menggunakan bumbu-bumbu pilihan. Seperti lengkuas, cabai, kunyit, daun jeruk, santan, bawang merah dan sereh. Untuk membuatnya membutuhkan waktu yang cukup lama yakni kisaran 4 jam sampai ikan berubah menjadi abon.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Belitung yang Paling Terkenal

Ikan yang sering digunakan adalah sejenis tenggiri karena memang memiliki tekstur daging yang padat dan tidak berair. Bentuk dari makanan ini menyerupai bubuk halus namun berwarna coklat dan seratnya pendek serupa dengan hasil parutan kelapa.

Adapun tujuan saat membuatnya yakni supaya hasil tangkapan laut yang melimpah ruah tidak terbuang percuma dan bisa diaplikasikan menjadi masakan yang lezat namun memiliki ketahanan yang lama. Siapa sangka kesederhanaan yang dimiliki oleh Sambal Lingkung ternyata mampu menarik perhatian seluruh masyarakatnya.

Lokasi: Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah.

3. Mie Koba

Mie Koba

Image Credit: Facebook.com @guesthousesutos

Mie memang sudah menjadi menu yang seolah mendarah daging di dalam kehidupan masyarakat. Namun, ada beberapa daerah yang memberikan sedikit sentuhan sampai akhirnya menciptakan olahan yang enak dan lezat. Salah satunya yakni Bangka Utara.

Mie koba namanya, dengan artian sebagai mie yang memakai kuah ikan tenggiri sebagai pelengkap untuk hidangannya. Di dalam satu porsinya Anda bisa menikmati perpaduan antara gurihnya kuah ikan, dengan mie yang lembut dengan toping telur, bawang goreng, tauge dan seledri.

Untuk menambah kenikmatannya biasanya sebelum disajikan akan ada penambahan perasan dari jeruk nipis. Sangking menggugah seleranya Mie Koba sudah dinobatkan menjadi kuliner khas yang mempunyai banyak penggemar baik warga lokal sampai mancanegara atau wisatawan.

Lokasi: Jl. Namang-Koba, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah.

4. Pempek Panggang

Pempek Panggang

Image Credit: Twitter.com @wididiastuti

Pempek panggang menjadi kuliner yang juga tak boleh untuk Anda lewatkan. Bentuknya bulat kecil dan agak berwarna coklat karena proses pemasakannya di panggang di atas bara api. Hal inilah yang membuat tekstur dari pempek ini tidak lagi lembut melainkan agak keras.

Namun, justru keunikan inilah yang seolah memikat hati pelanggan untuk berusaha mencoba cita rasanya. Setelah diangkat dari pemanggangan bagian tengah pempek akan dibuka dan diberikan isian abon, cabe atau ikan. Barulah setelah itu ditambahkan cuka untuk menambah kelezatannya.

Lokasi: Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah.

5. Sup Gangan

Sup Gangan

Image Credit: Facebook.com @indonesiakaya

Sup Gangan memiliki bahan utama ikan tenggiri yang dimasak sampai empuk kemudian diberikan air dan bumbu untuk menjadi kuahnya. Adapun bahan dapur yang dipakai ialah cabai, lengkuas, kunyit, dan bawang merah sehingga menghasilkan sup yang mempunyai warna kuning dan cerah.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Belitung Timur yang Murah & Enak

Tak hanya itu saja, irisan nanas yang masih segar pun akan ikut tersajikan di dalam mangkuk yang berisikan Sup Gangan. Meskipun ada ikannya namun bau yang dihasilkan tidak amis sekalipun. Dengan begitu jika Anda tak terlalu menyukai bau-bau yang seperti itu tidak perlu khawatir lagi untuk tetap mencobanya.

Adapun kombinasi lain untuk membuat hidangan ini adalah menggantikan bahan utama ikan menggunakan daging sapi. Meskipun tidak sama namun persoalan cita rasa sama enaknya dan tidak bisa tergantikan oleh makanan lainnya.

Lokasi: Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah.

6. Lokan Laut

Lokan Laut

Image Credit: Facebook.com @getbogi.hikmawan

Jika diartikan lokan sebenarnya kerang yang memiliki habitat di muara sungai atau daerah kawasan vegetasi rawa. Bentuknya sangat mirip dengan tiram sehingga tak sedikit yang mengira bahwa lokan termasuk hewan laut.

Lokan laut ditunjukkan sebagai nama makanan berkuah kuning atau lempah kuning yang bisa Anda nikmati saat berada di sekitar Bangka Utara. Rasanya yang sangat gurih dan enak membuat siapapun pasti nagih saat mencobanya. Oleh karena itulah jangan pernah melupakan olahan satu ini saat sudah sampai di lokasi.

Lokasi: Jl. Merdeka, Simpang Perlang, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah.

7. Rusip

Rusip

Image Credit: Twitter.com @ayyvy_

Rusip, makanan khas Bangka yang memiliki sejumlah keunikan terutama saat pengolahannya. Proses fermentasi menjadi cara memasak dari makanan yang berbahan dasar ikan teri ini. Diberikan campuran beragam jenis rempah dan gula jawa membuat hasil akhir dari makanan ini bisa memanjakan lidah orang-orang.

Dikarenakan prosesnya tidak biasa untuk membuat Rusip biasanya membutuhkan waktu sampai satu minggu. Biasanya agar terasa lebih merasuk saat masuk di mulut sayuran pendamping sebagai lalapan akan disajikan. Adapun toping seperti cabai, bawang merah, dan jeruk bisa juga ditambahkan.

Lokasi: Desa Batu Belubang, Kec. Pangkalan Baru, Kab. Bangka Tengah.

8. Kericu

Kericu

Image Credit: Instagram.com @novipurfrida

Bagi Anda yang menyukai camilan dengan cita rasa gurih dan renyah maka Kericu khas Bangka Utara bisa menjadi pilihan yang sesuai. Pasalnya bahan dasar yang dipakai sangat berbeda yakni telur cumi degan sagu. Oleh karena itulah sangat tidak heran jika kenikmatan yang alami akan sangat terasa saat Anda memakannya.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Belitung yang Murah & Enak

Tak hanya cocok dijadikan camilan saat bersantai saja, Kericu juga bisa menemani makan siang Anda. Sementara itu tak sedikit dari wisatawan yang memilih menjadikannya sebagai oleh-oleh karena terbungkus dalam kemasan, dan Anda pun juga dapat melakukannya. Itung-itung membelikan buah tangan untuk orang rumah.

Lokasi: Kab. Bangka Tengah.

9. Barego

Barego

Image Credit: Merahputih.com

Pernah mengkonsumsi lontong? Jika iya maka Anda sudah bisa membayangkan bentuk dari Barego. Hanya saja ada perbedaan signifikan terkait bahan yang digunakan. Apabila lontong terbuat dari beras maka kuliner khas Bangka ini menggunakan perpaduan dari sagu dan tepung beras.

Barego akan disajikan bersama kuah yang terbuat dari kari ikan. Bisa dibayangkan sendiri rasa sagu yang sudah gurih secara alami ditambah adanya kaldu yang sedap, pastilah akan membuat lidah bergoyang bukan? Apalagi jika ditemani dengan kerupuk dan dimakan saat hangat.

Sementara itu masyarakat lokal lebih sering menghidangkan Barego dengan menu-menu lainnya. Adapun jenis makanan itu seperti gangan, lakso, dan lain sebagainya. Dengan adanya perbedaan rasa dari setiap makanan yang tersaji, maka selain perut kenyang rasa puas telah menikmati masakan lezat pun akan sangat terasa.

Lokasi: Kab. Bangka Tengah.

10. Balacon

Balacon

Image Credit: Twitter.com @aryfadlysp

Sama halnya dengan kuliner yang tadi, proses pengolahan menggunakan fermentasi yang digunakan untuk membuat hidangan spesial. Campuran dari ikan dan udang yang disimpan selama berhari-hari dengan rempah membuat aroma dari olahan dari Balacon sangatlah kuat dan merasuk.

Akan tetapi menu ini akan lebih nikmat saat dipakai membuat masakan lain seperti tumisan atau sambal. Nantinya gurih dan pedas akan mendominasi masakan yang dibuat dan hal ini membuat Anda akan semakin ketagihan. Jika ingin merasakan bagaimana istimewanya Balacon maka Anda wajib datang ke daerah Bangka.

Disana Anda akan menemukan berbagai jenis hidangan yang di dalamnya terkandung kuliner tadi. Namun, apabila ingin mencoba mengkombinasikan sendiri dengan resep yang berbeda bawalah Balacon sebagai oleh-oleh dan nikmati bersama orang-orang rumah.

Lokasi: Sungai Selan, Kec. Sungai Selan, Kab. Bangka Tengah.

Itulah daftar wisata kuliner favorit yang ada di Bangka Utara dan wajib untuk Anda jelajahi satu per satu. Perbedaan bumbu serta bahan yang digunakan akan memberikan sensasi cita rasa yang berbeda dari satu menu ke menu lainnya. Oleh karena itu, tunggu apalagi segera jadwalkan kapan Anda akan berpetualang kuliner di kota itu.