Kepulauan Riau

10 Wisata Kuliner di Batam yang Murah & Enak

Setiap kota pasti mempunyai beragam kuliner yang sangat khas. Apalagi kadang kuliner dapat merepresentasikan kota tersebut. Sama halnya dengan kota Batam yang terletak di kepulauan Riau. Terlepas dari hal itu, ternyata Batam memiliki segudang tempat kuliner yang sangat khas dan murah. Tak hanya destinasi wisatanya, wisata kuliner di kota yang satu ini bisa dibilang cukup terjangkau dan enak.

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke kota Batam, tak ada salahnya harus mencoba makanan khas sini. Karena pasti tidak lengkap jika Anda mengunjungi kota tersebut tanpa mencoba kuliner khas Batam. Bahkan wisata kuliner yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Anda dapat mengajak teman atau keluarga agar suasana menjadi lebih ramai.

Selain itu, wisata kuliner ini sangat mudah di jangkau bagi Anda yang sedang berwisata apalagi Batam sendiri sangat terkenal dengan jembatan barelang dan pulau-pulau di sekitarnya. Nah, bagi Anda yang sedang berkunjung ke kota Batam tapi masih awam dengan tempat-tempat kuliner yang sangat populer. Kami merekomendasikan beberapa tempat wisata kuliner di Batam yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Pojok Kuliner Nagoya Mansion

Pojok Kuliner Nagoya Mansion

Image Credit: Tribunnews.com

Wisata kuliner pertama yang harus Anda kunjungi ada pojok kuliner Nagoya mansion. Menu yang disajikan ada beragam macamnya seperti pecel lele goreng, pecel ayam goreng, sup ceker dan masih banyak lagi. Mayoritas banyak orang yang memesan menu sup ceker karena memang sup ceker sudah menjadi andalan disini.

Selain enak, menu-menu yang ditawarkan sangat terjangkau apalagi bagi Anda yang ingin berhemat. Tak hanya itu, wisata kuliner yang satu ini sangat strategis dan mudah dijangkau. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menyantap hidangan bersama keluarga atau sahabat. Selain menyantap hidangan yang lezak, Anda juga akan disuguhkan dengan alunan musik daerah.

Lokasi: Lubuk Baja Kota, Kec. Lubuk Baja, Keta Batam.

2. RM Mie Tarempa

RM Mie Tarempa

Image Credit: Batam.com

Berikutnya ada wisata kuliner RM Mie Tarempa. Tempat kuliner yang satu ini menyediakan menu khas kota Batam yakni mie tarempa. Mie tarempa merupakan mie berbentuk gepeng yang dipadukan dengan kuah merah dan ikan tongkol kering. Anda juga bisa merequest level kepedasan sesuai selera.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Batam yang Paling Hits

Tak hanya mie tarempa saja, disini juga menyajikan menu andalan selanjutnya yaitu kue luti gendang khas Batam atau yang biasa disebut roti goreng isi. Tempat ini berlokasi di center Batam tentu sangat mudah dijangkau dengan kendaraan apapun. Tentu sangat tidak lengkap jika Anda mengunjungi kota Batam tanpa mencicipi mie tarempa.

Lokasi: Ruko Royal Sincom, Blk. D No.15 – 16, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

3. Sei Enam

Sei Enam

Image Credit: Burpple.com

Anda tak perlu kaget jika menemukan banyak restoran seafood karena memang Batam termasuk memiliki hasil laut yang kaya. Salah satunya ada sei enam, restoran ini menyediakan makanan seafood dengan harga sangat terjangkau. Menu andalan dari restoran sei enam ada kepiting saus pedas dan udang.

Selain itu, restoran yang satu ini termasuk salah satu restoran seafood yang paling populer di Batam. Tentu tidak heran jika Anda akan menemukan banyak konsumen. Tak hanya itu, menu makan malam akan terasa nyaman apabila Anda dapat mengajak keluarga atau orang-orang terdekatmu untuk menikmati makanan seafood seienam.

Lokasi: Jl. Engku Putri No.4-6, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

4. Butik Kuliner

Butik Kuliner

Image Credit: Panorama-magz.com

Berikutnya ada butik kuliner, batik kuliner menghadirkan berbagai macam menu bervariasi di tiap-tiap ruko. Anda dapat memilih berbagai macam ruko atau stand yang ingin Anda kunjungi. Batik kuliner berlokasi di pusat kota dan sangat mudah dijangkau oleh karena itu, tempat ini sering dikunjungi oleh banyak orang yang sedang berlibur.

Bahkan, restoran ini selalu ramai pengunjung walaupun hari biasa. Selain itu, menu makanan yang dihidangkan sangat terjangkau dan bervariasi. Tak hanya itu saja, restoran ini cukup memanjakan lidah pengunjung oleh karena itu, banyak para pengunjung yang kerap kembali ke restoran tersebut.

Lokasi: Ruko Central Legenda Point Block i2 No 11 Batam Center, Baloi Permai, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

5. Tiban Centre

Tiban Centre

Image Credit: Direktori.batam.go.id

Wisata kuliner selanjutnya merupakan pusat camilan dan makanan berat. Tiban centre menyediakan banyak fasilitas meja dan kursi yang digunakan untuk nonkrong. Anda juga akan dimanjakan dengan banyaknya jajanan yang unik dan bervariasi. Dengan begitu, Anda bisa menikmati jajanan dan sambil nongkrong bersama teman-temanmu.

BACA JUGA:  6 Wisata Pantai di Bintan yang Paling Hits

Tak hanya itu saja, tiban centre juga merupakan salah satu pusat kuliner yang sangat ramah di kantong. Anda tidak perlu mengeluarkan uang berlebih untuk menjajakan kuliner yang lezat ini. Di samping itu, tempat ini sangat pas bagi Anda yang sedang berlibur atau sekedar nongkrong saja.

Lokasi: Tiban Center Blok D No 6 Tiban, Tiban Indah, Kec. Sekupang, Kota Batam.

6. Lesehan Mitra Mall Batam

Lesehan Mitra Mall Batam

Image Credit: Enjoybatam.com

Selanjutnya ada pusat jajanan yang bisa Anda kunjungi saat sore hari menjelang malam hari. Sambil menikmati udara di tengah-tengah kota, Anda bisa mampir sebentar untuk mengunjungi wisata kuliner yang satu ini. Ada banyak stand-stand yang berjajar yang bisa Anda cicipi.

Bahkan, tempat lesehan ini menyediakan makanan nusantara mulai dari mie tek-tek, bakso dan jajanan tradisional. Selain harga yang terjangkau, tempat ini merupakan surga jajanan dan makanan khas Batam. Disini Anda akan menemukan banyak jajanan khas kota Batam apalagi tempat ini dapat dijangkau dengan mudah.

Lokasi: pemda 1 batu aji, Buliang, Kec. Batu Aji, Kota Batam.

7. Golden Prawn 933

Image Credit: Tripadvisor.co.uk

Golden Prawn merupakan wisata kuliner yang cukup terkenal di Batam. Menu yang disajikan ada bermacam-macam salah satunya seafood. Seafood sendiri merupakan menu andalan di restoran ini. Selain memanjakan lidah, untuk harganya dapat dibilang masih terjangkau. Anda tak perlu merogoh uang berlebih untuk mencoba seafood khas Batam.

Selain itu, Anda dapat memilih beragam menu pilihan seafood segar secara langsung seperti udang, kepiting, ikan dan masih banyak lagi. Di samping itu, Anda juga akan menemukan menu yang sangat unik yaitu gonggong semacam siput yang dicampur sambal. Banyak pengunjung yang merekomendasikan tempat ini karena pelayanannya sangat ramah dan memuaskan.

Lokasi: Jl. Golden Prawn, Tanjung Buntung, Kec. Bengkong, Kota Batam.

8. Kue Bingka Nayadam

Kue Bingka Nayadam

Image Credit: Pariwisataoleholehbatam.wordpress.com

Wisata kuliner selanjutnya ada kue bingka nayadam. Kue bingka sendiri merupakan jajanan khas kota Batam yang diolah dengan tepung terigu, santan dan gula. Selain itu, kue bingka yang disajikan memiliki beragam rasa dan varian seperti pandan, coklat, keju dan masih banyak lagi. Dan juga kue bingka termasuk jajanan oleh-oleh khas kota Batam.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tak hanya itu, ternyata wisata kuliner yang satu ini telah dijuluki sebagai penjual kue bingka yang enak. Jika Anda sedang belibur ke kota Batam jangan lupa mampir ke wisata kuliner kue bingka nayadam. Dan pastikan Anda memilih beberapa kotak bingka untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman-temanmu.

Lokasi: Komplek Ruko Puri Legenda Blok D1 No. 3 Batam Center, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

9. Mie Tarempa Sungai Panas

Mie Tarempa Sungai Panas

Image Credit: Detik.com

Selanjutnya jika Anda masih penasaran dengan mie tarempa Anda dapat mengunjungi wisata kuliner mie tarempa sungai panas. Mie gepeng dengan taburan ikan tongkol kering ini memang sudah menjadi daya tarik wisatawan. Selain enak, cita rasa yang disajikan sangat khas dengan kota ini.

Selain itu, Anda tak perlu mengeluarkan budget berlebih untuk mencoba makanan yang satu ini karena bisa bilang mie tarempa ini sangat ramah di kantong. Apalagi jika Anda mengajak keluarga atau teman-temanmu tentu akan menambah suasana makan malammu menjadi lebih nyaman.

Lokasi: Komp. Graha mas Blok J No. 10-11 Sei Panas, Sungai Panas, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

10. Ikan Bakar Pak N’dut

Ikan Bakar Pak N’dut

Image Credit: Byfivit.wordpress.com

Wisata kuliner yang terakhir ada ikan bakar pak ndut. Sesuai dengan namanya, restoran ini menyediakan beragam macam jenis ikan bakar. Bahkan, hampir pilihan ikan laut pun tersedia disini. Anda dapat memilih hidangan ikan segar ini secara langsung seperti ikan gurami, bawal, dan baronang. Bahkan, hanya dengan seekor ikan bakar pun dapat dinikmati oleh 2 orang.

Tak hanya ikan laut saja, di restoran ini juga menyediakan jenis ikan lainnya. Nah bagi Anda yang ingin mencoba makanan hasil laut daerah sini Anda wajib mencoba makanan yang satu ini karena bisa dibilang ikan-ikan ini masih terhitung segar dari laut. Walaupun begitu, menu yang disajikan masih bisa dibilang cukup terjangkau.

Lokasi: Sungai Jodoh, Kec. Batu Ampar, Kota Batam.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner di Batam yang cukup populer dan enak. Ada banyak kuliner yang disajikan dengan harga terjangkau. Tentu sangat pas bagi Anda yang sedang ingin liburan namun tak ingin mengeluarkan budget berlebih. Di samping itu, wisata kuliner diatas bisa dibilang cukup strategis dari destinasi wisata lainnya dengan begitu, Anda dapat menjangkau dengan kendaraan apapun.