10 Wisata Kuliner di Batubara yang Murah & Enak

10 Wisata Kuliner di Batubara yang Murah & Enak

Sumatera Utara mempunyai cakupan wilayah luas dengan karakteristik cita rasa masakan berbeda. Anda bisa mencoba wisata kuliner di Batubara yang terkenal menggugah selera.

Sumber daya alam yang melimpah mempengaruhi keberagaman jenis masakan di Indonesia. Hal itu disebabkan faktor geografis setiap daerah berbeda-beda sehingga cita rasa khasnya pun bervariasi dan patut dicoba. Seorang food vlogger pastinya senang mengunjungi rumah makan atau restoran ketika sedang liburan di suatu tempat wisata tertentu.

Sumatera memiliki banyak bagian wilayah yang tersebar luas. Salah satunya adalah kabupaten Batubara yang terkenal dengan wisata kuliner lezat. Karena lokasinya yang dekat tepi pantai, membuat menu masakan di daerah ini didominasi oleh hasil laut. Tentunya ikan-ikan segar dapat menggugah selera Anda. Selain itu, wilaah Batubara cukup subur sehingga banyak ditumbuhi tanaman rempah-rempah.

Saat berkunjung ke suatu tempat yang terbilang baru, wajar Anda merasa penasaran dan mencari tahu soal menu-menu yang disediakan disana. Dengan begitu, setelah tiba di destinasi Anda tidak lagi merasa kebingungan dan salah memilih. Untuk menghindari hal tersebut, berikut rekomendasi kuliner sedap khas Batubara yang wajib Anda coba.

1. Gulai Asam

Gulai Asam Kuning
Image Credit: Cookpad.com

Seperti yang sudah disinggung tadi, lokasi Batubara yang berdekatan dengan tepi pantai menghasilkan jenis masakan berbahan dasar laut. misalnya gulai asam yang terbuat dari bahan ikan. Uniknya, Anda bisa memilih isian ikan sesuai selera. Kebanyakan jenis ikan yang disajikan untuk dibumbui gulai adalah ikan kakap, patin, atau sembilang.

Rasa gulai asam ini lumayan berbeda dari gulai dari biasanya sebab kuah kaldu terasa begitu gurih, pedas, dan pastinya segar ketika diseruput. Anda juga akan menemukan wewangian kecombrang yang menjadi ciri khasnya. Mayoritas rumah makan selalu menjual menu satu ini dengan harga terjangkau. Kunjungi rumah makan terdekat di pinggiran jalan atau restoran.

Supaya rasanya lebih nikmat, di atas gulai diberi irisan lalapan segar seperti kemangi dan tomat sebagai topping penyedap. Kuahnya yang pedas ketika disantap bersama irisan tomat segar tentunya menghasilkan kombinasi pas di lidah. Dijamin Anda akan merasa ketagihan serta ingin selalu datang kembali untuk menyantapnya.

Lokasi: Air Putih, Sei Suka/Deras, Kec. Sei Suka, Kab. Batu Bara.

2. Kue karas

Kue karas
Image Credit: Facebook.com @batubaraonline

Rekomendasi makanan kuliner khas Batubara yang tidka boleh sampai Anda lewatkan adalah Kue karas. Selain itu, kue ini memiliki cukup banyak nama yang berbeda-beda. Nama lain dari Kue karas adalah kareh-kareh, keukarah, kekaras, dan karah. Bahannya mudah didapatkan yaitu hanya perlu menyiapkan santan dan tepung.

Terdapat alat khusus tradisional yang digunakan untuk mencetak kue ini. Batok kelapa yang telah dimodifikasi menjadi kunci dari pembuatan jajanan tradisional ini. Anda mungkin sudah tidak asing lagi menemukan kue ini di acara-acara besar seperti hari raya, pengajian, dan lain sebagainya. Bentuknya yang lonjong seperti tabung mudah dibawa kemana-mana.

Kue karas cocok dipakai sebagai cemilan ringan sebelum atau sesudah memakan hidangan utama yang biasanya berat. Teksturnya mungkin mengingatkan Anda dengan sarang burung yang berlubang-lubang. Saat dimakan, campuran rasa gurih dan renyah langsung timbul di permukaan mulut. Harganya termasuk murah serta dapat dibeli mulai dari Rp 10.000.

Lokasi: Kec. Sei Suka, Kab. Batu Bara.

3. Bubur Pedas Melayu

Image Credit: Facebook.com @rizky.syahdana.9

Bubur menjadi santapan lezat khususnya untuk sarapan di pagi hari. Bubur Pedas Melayu terbuat dari bumbu yang kaya akan rempah-rempah. Jadi, tidak heran cita rasa pedasnya sangat terasa begitu alami. Meskipun aslinya bubur ini tidak terlalu pedas walaupun namanya adalah bubur pedas. Sebaliknya, Anda akan merasa panas karena suhu bubur dan rempah-rempahnya.

Sayuran yang dipakai di dalam bubur pedas ini meliputi kangkung, kesum, dan pakis. Awalnya, tampilan kombinasi sayuran ini mirip seperti urap. Agar tampilan bubur tidak terlihat polos dan monoton, pihak rumah makan atau restoran selalu menyediakan isian kacang tanah dan ikan teri. Memakan bubur ini ketika hujan turun merupakan pilihan yang tepat.

Mengapa demikian? Karena Anda bisa menghangatkan tubuh sambil menyantap semangkok bubur pedas melayu yang menggugah selera. Bagi pencinta bubur, sangat direkomendasikan untuk datang kesini dan menyantapnya.

Lokasi: Kec. Sei Suka, Kab. Batu Bara.

4. Cumi Isi Pulut

Cumi Isi Pulut
Image Credit: Cookpad.com

Hasil tangkapan nelayan selain ikan di kawasan wilayah ini adalah cumi-cumi. Warga lokal mengolahnya menjadi menu lezat yang diberi nama cumi isi pulut. Rata-rata, cumi-cumi disajikan dengan cara ditumis, diungkep, dipanggang, dan lain sejenisnya. Akan tetapi, cumi jenis ini digoreng bersama isian yang unik yaitu beras ketan.

Semakin uniknya lagi, campuran bumbu cumi ini memakai bumbu rendang berwarna hitam kecoklatan. Akan tetapi, menu ini cukup sulit dibuat karena membutuhkan waktu berjam-jam untuk memasaknya. Jadi, beberapa restoran yang menjual menu ini menyediakan booking pesanan terlebih dahulu melalui telepon.

Lokasi: Kec. Sei Suka, Kab. Batu Bara.

5. Gulai Kepala Ikan

Gulai Kepala Ikan
Image Credit: Facebook.com @tina.silalahi.7

Masakan gulai memang tidak pernah mengecewakan pembeli. Apalagi, di daerah Batubara gulai disajikan dengan detail yang lengkap. Gulai kepala ikan memakai ikan manyung sebagai bahan dasar utamanya. Para wisatawan yang berkunjung kesini selalu menyukai menu gulai karena cita rasanya begitu akrab di lidah. Telur yang lengket sengaja tetap ditempelkan di badan ikan.

Oleh karena itu, tampilan fisik dari ikan ini seperti bulatan-bulatan kecil yang menggelembung sehingga cita rasanya tambah lezat. Anda akan semakin ketagihan menyicipi makanan khas daerah yaitu gulai dengan kuah santan pedas. Bau wewangian dari rempah-rempah langsung tercium ketika gulai disajikan.

Makanlah bersama sepiring nasi putih hangat dan minuman segar. Nikmati waktu Anda semaksimal mungkin lalu resapi setiap suapan yang masuk ke dalam mulut. Gulai ini pas dimakan dengan lalapan sayuran segar.

Lokasi: Kec. Tanjung Tiram , Kab. Batu Bara.

6. Kue Dangai

Kue Dangai
Image Credit: Facebook.com @ricky44devil

Sekali-kali, Anda perlu menyicipi kudapan kue dangai. Tampilan luar dari kue ini mirip seperti roti bakar. Tapi perbedaannya terletak dari komposisi dan bentuknya. Jika roti bakar bentuknya menggembung maka kue dangai lebih penyet dan dipotong seperti potongan pizza. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat kue dangai adalah kelapa, gula, dan tepung terigu pilihan.

Cicipi kue dangai ini bersama secangkir kopi atau teh hangat. Kudapan ini cocok disantap ketika bersantai sambil menonton film dan berbincang dengan keluarga. Anda juga dapat membeli kue ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Rasanya bervariasi mulai dari stroberi, nanas, atau rasa umum lainnya. Jangan khawatir, harganya terjangkau dan ramah di kantong.

Lokasi: Guntung, Kec. Limapuluh, Kab. Batu Bara.

7. Sop Kepiting Jumbo

Sop Kepiting Jumbo
Image Credit: Selerasa.com

Olahan bahari memang selalu diminati mayoritas orang. Apalagi sop kepiting jumbo tersedia secara ekslusif di rumah-rumah makan atau restoran yang dapat dijumpai dengan mudah di jalanan. Menu kepiting ini dibuat dalam porsi jumbo dengan ragam topping yang pastinya menggoda untuk dicicipi.

Bahan-bahan yang dipakai sebagai bumbu sop kepiting pastinya berkualitas dan masih baru. Anda akan menyecap rasa manis dari kuah kaldu segar. Tambahkan perasan jeruk nipis agar rasanya semakin kuat. Jangan lupa siapkan semangkuk nasi putih hangat supaya menambah selera makan.

Lokasi: Kec. Sei Suka, Kab. Batu Bara.

8. Mie Rebus Melayu

Mie Rebus Melayu
Image Credit: Indozone.id

Tidak sedikit masakan melayu yang diadopsi dan dijadikan menu masakan di Batubara. Mie rebus ini mirip seperti mie ayam dilihat dari komposisinya. Akan tetapi, mie rebus ini memiliki bumbu rempah-rempah yang lebih kaya. Sedangkan topping yang digunakan bukan potongan ayam melainkan hasil tangkapan laut seperti udang, cumi-cumi, dan ikan.

Kuah setengah kental dengan mie lembut ketika disantap merupakan kombinasi yang sangat diidam-idamkan oleh para wisatawan. Sudah banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin sekadar mencoba kelezatan mie rebus melayu. Sebagai informasi, mie rebus ini cocok dimakan di setiap musim baik panas ataupun hujan.

Lokasi: Sei Suka/Deras, Kec. Sei Suka, Kab. Batu Bara.

9. Soto Udang

Soto Udang
Image Credit: Cookpad.com

Mungkin Anda sudah kerap menemui hidangan soto ayam dan daging. Tetapi, bagaimana dengan soto udang? Seperti namanya, soto ini dibuat dengan isian lauk berupa udang dalam porsi sedang. Kuah sotonya dibuat cair dan sayuran-sayuran yang dipakai juga terbilang lengkap dan sedap.

Bumbu inti yang dipakai untuk memperkaya rasa ialah daun salam, merica, garam, serai, daun jeruk, dan daun bawang. Selain diberi lauk udang, di dalam soto juga dimasukkan suwiran ayam bakar sehingga lauknya bervariasi.

Lokasi: Nenas Siam, Kec. Medang Deras, Kab. Batu Bara.

10. Sate Kerang

Sate Kerang
Image Credit: Google Maps (Erry Bibbie)

Kerang yang telah dibersihkan dan diambil isinya dapat diolah menjadi masakan sate. Tinggal menyusunnya dalam satu tusukan dan membuat bumbu yang kemudian dipanggang. Per tusuk diisi sekitar 3 sampai 5 daging kerang tergantung panjang dari batang lidinya. Anda bisa membeli sate ini dari penjual kaki lima atau restoran yang buka.

Rasanya cukup bervariasi mulai dari pedas manis, manis, hingga original. Jadi, Anda bisa request kepada penjualnya untuk mengatur level kepedasan yang sekiranya tidak berlebihan. Harganya termasuk murah mulai dari Rp 11.000 dan Anda sudah bisa berkesempatan menyicipi sate kerang.

Lokasi: Sei Suka/Deras, Kec. Sei Suka, Kab. Batu Bara.

Nah, itulah rekomendasi wisata kuliner favorit di Batubara yang dapat Anda jadikan rujukan bila sewaktu-waktu mampir disana. Jangan lupa membeli makanan sesuai budget yang dipunyai. Nikmati masakan-masakan lezat dengan harga murah bersama keluarga tercinta. Segera pesan tiket liburan untuk menjelajai kuliner Batubara.