Bangka Belitung

10 Wisata Kuliner di Belitung yang Murah & Enak

Berkunjung ke pulau Belitung, Anda tak hanya melihat pemandangan eksotis melainkan bisa puas berwisata kuliner lezat yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

Pulau Belitung merupakan salah satu pulau terbesar di Kepulauan Bangka Belitung. Berada di posisi tak jauh dari laut membuat banyak pantai indah tersaji di sini. Kebanyakan destinasi wisata alam bahkan masih terasa alami sehingga lebih bernuansa asri. Datang ke Belitung kurang lengkap bila tidak berwisata kuliner. Apalagi wisata kuliner di sini sangat variatif dan lezat.

Belitung menampilkan ragam kuliner tersendiri yang harus Anda cicipi. Cita rasa dari setiap menu didukung dengan kelengkapan bumbu yang makin menambah nikmat. Sembari melepas lelah setelah mengunjungi destinasi, berhenti sejenak untuk berkuliner akan menjadi keputusan tepat.

Selain menawarkan cita rasa masakan yang enak, harga dari setiap makanan juga terbilang bersahabat. Maka dari itu Anda jangan lagi ragu untuk mencoba dari setiap menunya. Tanpa harus berpanjang lebar berikut menu wisata kuliner di Pulau Belitung yang lezat dan wajib Anda cicipi saat berkunjung.

1. Aneka Seafood

Aneka Seafood

Image Credit: Simphortour.com

Letak geografis pulau Belitung di kelilingi banyak pantai. Tak ayal tidak hanya memperlihatkan pemandangan alam yang indah melainkan juga menonjol dari segi hasil laut. Hal itu mendasari banyaknya menu masakan bertemakan seafood. Anda dapat bebas memilih olahan makanan laut apa yang ingin di cicipi misalnya udang, ikan, cumi-cumi, kepiting, dan lain-lain.

Beberapa rumah makan banyak sekali yang menyediakan olahan seafood. Ada pula yang berada tak jauh dari pantai. Mengingat menjadi tempat hasil laut tentu membuat harga di sini jauh lebih terjangkau. Selain itu menu makanan berbahan ikan ini juga dijamin lebih segar sebab langsung dari lokasi penangkapan.

Lokasi: Jl. Sudirman No.325, Air Raya, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

2. Gangan

Gangan

Image Credit: Cookpad.com

Gangan merupakan makanan khas Belitung yang tak boleh Anda lewatkan. Menu masakan enak ini dibumbui dengan resep rempah yang menambah cita rasa. Siapa saja mencoba gangan dijamin akan mudah untuk ketagihan. Nama gangan itu sendiri dapat diartikan sebagai sup ikan atau gulai sehingga beragam rempah akan terasa menyegarkan.

BACA JUGA:  12 Wisata Pantai di Belitung yang Paling Hits

Pada proses pembuatan sup ikan ini, sajian akan disajikan secara hangat. Rasa kuah yang gurih, asam dan pedas menambah cita rasa. Belum lagi adanya ikan sebagai bahan utama tentu menjadi kombinasi yang sempurna. Anda dapat pula memesan bagian ikan secara bebas sesuai selera misalnya bagian kepala, ekor atau badan.

Lokasi: Jl. Irian, Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

3. Mie Belitung

Mie Belitung

Image Credit: Tripadvisor.fr

Nama mie Belitung begitu di idamkan di pulau ini. Bahkan siapa saja yang datang ke Belitung, belum lengkap jika belum mencobanya. Bahan pembuatan mie sebetulnya terlihat sederhana dengan mide kuning yang dicampur dengan telur. Namun rasa kuah kaldu yang tersaji begitu menggoda selera untuk di habiskan.

Bahan dalam pembuatan mie belitung tidak hanya itu saja. Ada sajian lain yang menambah kelezatan sebuah mie. Bahan lain itu tak lain ialah udang, timun, taoge dan bakwan. Waktu yang tepat untuk mengonsumsi olahan ini ialah saat sedang panas. Anda wajib sekali untuk mencoba menu ini, lagi pula harga kuliner lezat ini terbilang sangat ramah di kantong.

Lokasi: Jl. Sriwijaya No.123A, Parit, Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

4. Suto Belitung

Suto Belitung

Image Credit: KSMTour.com

Ketika berkunjung ke Belitung pasti Anda akan melihat menu makanan suto Belitung. Olahan masakan ini memang begitu terkenal sehingga banyak tempat menyediakannya. Apabila di lihat sekilas, suto belitung nampak seperti ketupat sayur. Namun ketika Anda mencicipi maka akan buat tercengang mengingat cita rasa yang berbeda.

Menu olahan lezat ini menonjolkan rasa kuah kari iga sapi yang menyegarkan. Kuah ini juga tidak kental dan berminyak meski dicampur dengan santan. Untuk isian terbilang sangat lengkap dengan irisan lontong, bihun, kerupuk dan lain-lain. Anda dijamin akan menikmati menu kuliner ini apalagi harganya sangat terjangkau.

Lokasi: Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

5. Nasi Gemuk

Nasi Gemuk

Image Credit: Masakandapurku.com

Berwisata kuliner tidak harus mencicipi menu masakan yang berat. Masakan dengan porsi sedikit di Belitung juga patut diperhitungkan. Seperti halnya nasi gemok yang memiliki cita rasa tersendiri. Ukuran dari nasi yang dibungkus daun simpor ini terbilang mini. Anda dapat membayangkan seperti nampak pada nasi kucing.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Belitung yang Paling Enak

Soal cita rasa tentu Anda sudah tak perlu ragu lagi. Bahan utama mengandalkan ikan bebulus yang memiliki tekstur daging yang lezat. Tambahan kuah ikan akan menambah rasa nikmat saat mengonsumsinya. Dengan ukuran porsi yang terbilang mini, tak ayal banyak orang menjadikan nasi gemok sebagai menu sarapan sebelum memulai aktivitas.

Lokasi: Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

6. Bedulang

Bedulang

Image Credit: Kompas.com

Pulau Belitung masih menjaga tradisi secara baik. Bahkan ada pula menu makanan yang dikemas secara tradisional. Demikian terlihat pada menu masakan bedulang. Tipe masakan ini sangat cocok untuk Anda konsumsi bersama rekan. Sebab bedulang disajikan dalam satu nampan yang nantinya dapat dikonsumsi orang banyak sekaligus.

Dalam satu nampan menu yang tersaji sudah terbilang lengkap. Paket dalam nampan berisi lengkap meliputi ayam ketumbar, ikan, ikan bilis goreng, sate ikan, beragam sayuran, lalapan dan lain-lain. Kelengkapan itu akan semakin nikmat untuk dikonsumsi secara bersamaan. Memakan menu masakan secara bebarengan akan membuat cita rasa akan makin terasa sedap.

Lokasi: Jl. Tanjung Kelayang, Batu Itam, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

7. Berego

Berego

Image Credit: Merahputih.com

Berego memiliki nama tersendiri di pulau Belitung. Penyajian paling nikmat dari masakan ini ialah dengan mencampur dengan kuah ikan. Tampilan belego terlihat seperti sebuah lontong meski bahan pembuatan tentu saja berbeda. Menu masakan yang mudah ditemui di Belitung ini memiliki bahan pembuatan dari sagu yang dicampur tepung beras.

Cita rasa dari menu sederhana ini akan terasa kenyal dan gurih. Paling pas disandingkan dengan kuah ikan. Sebetulnya Anda dapat pula mengkombinasikan dengan masakan lain seperti mie Belitung atau gangan. Lebih dari itu untuk mencari Berego tidaklah sulit mengingat kebanyakan kedai banyak sekali yang menyediakannya. Meski rasanya enak, harganya terbilang murah.

Lokasi: Parit ,Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

8. Ketam

Ketam

Image Credit: Ranselsaya.com

Belitung dikenal memiliki menu masakan yang enak sebagai camilan. Ukuran porsi yang kecil menjadi satu alasannya. Ketam merupakan salah satu camilan yang wajib Anda coba selama berada di pulau ini. Dari tampilan visual terlihat layaknya perkedel meskipun cita rasa akan terasa sangat berbeda. Hal itu dipengaruhi dari bahan pembuatan yang berbeda pula.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Pulau Bangka Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ketam menjadi camilan yang enak selama bersantai di Belitung. Sembari melihat pemandangan yang ada, Anda dapat mencobanya. Bahan pembuatan makanan ini terbilang unik mengingat berasal dari anak kepiting yang di suir kecil-kecil. Bahan demikian lalu dicampur dengan terigu untuk kemudian di goreng tidak terlalu matang. Rasanya nikmat, Anda harus mencobanya.

Lokasi: Jl. Pattimura, Tanjung Pendam, Kec. Tanjung Pandan, Kab.Belitung.

9. Kopi

Kopi

Image Credit: Belitungisland.com

Siapa sih yang tak suka kopi. Kebanyakan dari Anda pasti menyukainya dan cocok sembari bersantai. penikmat kopi wajib mencoba sajian kopi selama berada di Belitung. Berbeda dari tempat lain, minuman di buat masih secara tradisional sehingga terlihat cukup menarik. Sembari menyeruput, Anda dapat pula mengonsumsi camilan khas yang tersedia seperti nasi gemok,berego dan ketam.

Di antara jenis kopi, pengunjung di rekomendasikan mencoba kopi hitam dan kopi susu. Dengan cita rasa yang nikmat akan begitu nyaman di mulut. Tersedia banyak sekali penjual kopi yang nikmat baik itu di kedai-kedai maupun kafe. Menikmati segelas kopi selama bersantai akan semakin lengkap dengan pemandangan alam yang indah.

Lokasi: Jl. Serma Abdullah, Perawas, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

10. Siput Gonggong

Siput Gonggong

Image Credit: Bobo.grid.id

Jenis siput yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Dari ukuran saja terbilang berbeda mengingat hanya sebesar ibu jari. Namun bila di olah dengan tepat cita rasa siput gonggong akan sangat nikmat untuk di coba. Dengan ukuran yang kecil tentu butuh usaha pula untuk mengambilnya dari cangkang.

Olahan siput gonggong lebih mudah ditemui dengan direbus lalu tambahkan dengan kuah asam manis. Selain itu ada pula yang membuatnya menjadi keripik kering. Kandungan protein yang tinggi pada jenis siput ini juga tinggi sehingga Anda wajib mencobanya.

Lokasi: Air Merbau, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

Itulah beberapa wisata kuliner di Pulau Belitung yang wajib Anda coba. Cita rasa dari setiap menu menampilkan keunikan tersendiri yang menarik untuk dikonsumsi. Selain memiliki rasa yang nikmat dan lezat, setiap menu masakan juga di banderol dengan harga yang murah sehingga ramah untuk kantong pengunjung.