10 Wisata Kuliner di Bengkalis yang Murah & Enak

10 Wisata Kuliner di Bengkalis yang Murah & Enak

Ada banyak jenis makanan khas Bengkalis, Riau yang dijamin lezat dengan cita rasa khas melayu. Periksa daftar wisata kuliner favorit di Bengkalis yang patut Anda cicipi saat berkunjung.

Bengkalis merupakan salah satu kota di Riau, Sumatera. Meski kota ini tidak terlalu besar, namun ada banyak sekali potensi wisata di dalamnya. Inilah mengapa kota ini cukup ramai pengunjung ketika musim-musim liburan, seperti di pertengahan tahun atau di bulan-bulan November-Desember, menjelang libur panjang dan pergantian tahun.

Ketika berada di Bengkalis, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah berwisata kuliner. Laiknya kota lain di Pulau Sumatera, Bengkalis memiliki ratusan makanan khas yang harus dicoba oleh wisatawan, apalagi yang berasal dari luar Pulau Sumatera. Aneka makanan khas Bengkalis memiliki citarasa unik dan lain daripada yang lain.

Nah, bagi yang berminat mengunjungi Bengkalis dalam waktu dekat ini, berikut adalah beberapa makanan khas Bengkalis yang wajib dijadikan tujuan ketika melakukan wisata kuliner. Semua makanan khas ini belum tentu ada di luar kota Bengkalis dan menjadikannya unik dan sangat khas. Jadi, saat ada di Bengkalis, jangan lewatkan kesempatan untuk menyantap makanan-makanan ini.

1. Lempuk Durian Bengkalis

Lempuk Durian Bengkalis
Image Credit: Facebook.com @LempukDurianAsliBengkalis

Salah satu makanan khas Bengkalis yang mungkin juga akan sering ditemukan di berbagai pelosok kota lain di Sumatera adalah lempok durian. Durian menjadi buah yang umum ditemukan di Sumatera dan inilah mengapa banyak sekali makanan khas kota-kota di Sumatera yang menggunakan durian sebagai bahan dasarnya.

Lempok berbentuk seperti dodol. Teksturnya lengket dan pekat. Rasanya sangat manis, apalagi dicampur dengan durian yang legit di dalamnya. Lempok biasanya dikonsumsi sebagai snack di Bengkalis. Tempat membeli lempok juga sangat mudah ditemukan di berbagai sudut kota Bengkalis, mulai dari di toko-toko besar hingga di pinggir jalan.

Lokasi: Kec. Bantan, Kab. Bengkalis.

2. Sempolet

Image Credit: Facebook.com @fitrie.yhanie.777

Bagi penggemar sup, sempolet harus dicoba pada saat wisata kuliner. Sempolet adalah masakan sejenis sup yang kental dan gurih. Masyarakat di Bengkalis hampir semuanya menggunakan sagu dalam masakannya sehari-hari, termasuk dalam pembuatan sup sempolet ini. Sagu membuat kuah sup menjadi kental, layaknya cream sup jika di luar negeri.

Sempolet berisi mie sagu dan juga kuah kental. Biasanya isi sup juga akan divariasi sesuai dengan selera. Ada yang menggunakan seafood, suwiran ayam, dan lain sebagainya. Sempolet dapat ditemukan di aneka restoran dan tempat-tempat makan di seluruh Bengkalis karena sudah menjadi makanan umum di kota ini.

Lokasi: Kec. Bengkalis, Kab. Bengkalis.

3. Ubi Sambal Teri

Image Credit: Facebook.com @riska.oktafia

Sambal adalah salah satu makanan yang sangat digemari oleh penduduk Bengkalis. Memang kebanyakan daerah di Sumatera orang-orangnya gemar makan pedas. Citarasa pedas berempah dapat ditemukan di kuliner ubi sambal teri. Makanan ini adalah sejenis kudapan berupa ubi rebus/goreng yang disajikan bersama sambal teri.

Penyajiannya macam-macam, ada yang sudah diaduk jadi satu dan ada juga yang disajikan terpisah. Rasanya sangat unik dan nikmat karena tidak biasanya ubi disajikan bersama dengan sambal. Rasa gurih ubi akan berpadu dengan pedas dan nikmatnya sambal teri khas Bengkalis yang tentunya sangat menggugah selera.

Lokasi: Kec. Bengkalis, Kab. Bengkalis.

4. Bubur Lambuk Khas Bengkalis

Bubur Lambuk Khas Bengkalis
Image Credit: Facebook.com @abdulazis.setiawan.9

Bubur menjadi makanan khas di banyak daerah di penjuru Nusantara. Di Bengkalis, ada jenis masakan bubur yang juga sangat khas dan mungkin jarang ada di daerah lain. Namanya adalah Bubur Lambuk. Jika dilihat sekilas, bubur ini mungkin akan terlihat seperti bubur ayam polos yang biasa ditemui di tempat-tempat makan.

Setelah disantap, mungkin kita baru akan paham jika citarasa bubur lambuk ini sedikit berbeda. Rasanya lebih ke gurih aroma seafood karena memang dimasak menggunakan kaldu ayam yang dipadu dengan beberapa jenis seafood. Rasanya unik dan mungkin tidak biasa untuk lidah orang-orang yang belum pernah menyantap bubur ini sebelumnya.

Bubur ini bisa disajikan dengan aneka topping sesuai dengan pilihan. Ayam biasanya menjadi topping yang umum. Tapi, ada juga bubur lambuk yang disajikan dengan aneka seafood atau bahkan dengan berbagai sayur. Campuran bubur lambuk yang umum adalah kangkung, bayam atau jenis-jenis sayuran lainnya.

Lokasi: Kec. Bengkalis, Kab. Bengkalis.

5. Mie Sagu

Mie Sagu Bengkalis
Image Credit: Facebook.com @suherman.selamat.3

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sagu menjadi salah satu bahan makanan yang sangat umum ditemukan di Bengkalis. Hampir setiap makanan menggunakan sagu. Salah satu olahan sagu yang umum ditemukan di kota ini adalah mie. Mie sagu atau mie sago sangat mudah ditemukan di berbagai tempat kuliner di Bengkalis.

Mie sago biasanya disajikan dengan cara digoreng atau direbus. Umumnya, mie ini akan diolah dengan berbagai bumbu rempah yang menggugah selera. Bagi yang menggemari makan mie, jangan lewatkan kesempatan untuk makan mie sago saat berada di Bengkalis. Dijamin tidak akan menyesal karena rasanya memang sangat enak dan khas.

Lokasi: Kec. Bengkalis, Kab. Bengkalis.

6. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo Bengkalis
Image Credit: Facebook.com (Fatmawati Wait)

Untuk makanan manis yang biasa dijadikan sebagai tujuan kuliner di Bengkalis, orang-orang di sana pasti akan menyarankan untuk makan Bolu Kemojo. Bolu ini adalah kue khas Bengkalis yang tidak ada di kota lain, setidaknya tidak ada di luar Pulau Sumatera. Kue ini berbentuk seperti bunga kemboja, inilah mengapa namanya ada “kemojo” di dalamnya.

Kue dibuat dari tepung dan santan. Rasanya gurih dan teksturnya sedikit lengket. Salah satu hal yang membuat kue ini sangat khas adalah warnanya yang hijau terang. Warna hijau didapatkan dari campuran sari pandan dan daun suji. Kedua pewarna hijau alami ini ditambahkan dalam adonan bolu kemojo sebelum dipanggang dan membuat warnanya hijau.

Bolu ini dulunya hanya disajikan pada saat acara-acara tertentu saja, seperti acara pernikahan atau di hari-hari raya. Tapi, sekarang jaman sudah berubah dan bolu ini bisa dibeli kapan saja dan hampir semua tempat kuliner di Bengkalis memiliki menu bolu kemojo yang bisa disantap di tempat atau bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Lokasi: Kelapa Pati, Kec. Bengkalis, Kab. Bengkalis.

7. Kerupuk Amplang

Kerupuk Amplang Bengkalis
Image Credit: Facebook.com @ceyly.lovelydeany

Bagi yang sedang mencari oleh-oleh, salah satu kuliner khas Bengkalis yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah kerupuk amplang. Kerupuk jenis ini dibuat dari berbagai jenis ikan yang ada di Bengkalis. Teksturnya cukup keras, namun enak dan membuat ketagihan. Kerupuk ini biasanya disajikan dengan sambal yang membuat rasanya semakin unik.

Kerupuk jenis ini bisa dengan mudahnya dijadikan oleh-oleh karena teksturnya kering dan awet. Kerupuk ini bisa juga dibeli dalam bentuk yang masih mentah dan nantinya bisa digoreng sendiri di rumah. Jika ingin membeli kerupuk semacam ini, sudah banyak yang menjualnya di sepanjang jalan-jalan kota Bengkalis.

Lokasi: Kec. Mandau, Kab. Bengkalis.

8. Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin Bengkalis
Image Credit: Facebook.com @muhamad.a.perdana

Bengkalis merupakan daerah yang memiliki banyak sungai. Tentunya di dalamnya terdapat banyak jenis ikan yang bisa dipancing, salah satunya adalah ikan patin. Ikan ini juga dikembangbiakkan dengan bebas di sini. Ikan patin kemudian menjadi salah satu sumber bahan masakan yang banyak digunakan oleh masyarakat Bengkalis.

Salah satu olahan ikan patin yang paling terkenal di seluruh Bengkalis adalah gulai ikan patin. Gulai ini lain dari gulai ayam yang kuahnya lebih kuning dan kental. Gulai ikan patin cenderung memiliki rasa cukup pedas dan membuat rasa amis dari ikan menjadi tersamarkan. Rasanya sungguh enak, apalagi saat disajikan bersama nasi panas.

Lokasi: Balik Alam, Kec. Mandau, Kab. Bengkalis.

9. Miso Rang Awak

Miso Rang Awak
Image Credit: Cookpad.com

Miso adalah sejenis mie tipis yang teksturnya lembut. Miso dapat diolah menjadi macam-macam masakan kuliner di Bengkalis, termasuk menjadi Miso Rang Awak. Miso Rang Awak adalah semacam mie rebus yang disajikan dengan kuah hangat dan topping udang dan aneka seafood lainnya di dalamnya. Rasanya sangat enak dan cocok bagi banyak orang.

Biasanya, orang-orang di Bengkalis sudah sangat mahir memasak miso rang awak dan banyak di antara mereka yang membuka restoran khas Bengkalis dan menyajikan miso rang awak sebagai menu andalannya. Jika sedang ingin menyantap makanan hangat nan nikmat di Bengkalis, jangan lupa untuk mencicipi miso rang awak ini.

Lokasi: Kec. Bengkalis, Kab. Bengkalis.

10. Manisan Buah Ceremai

Manisan Buah Ceremai
Image Credit: Bukalapak.com

Buah ceremai adalah buah bulat kecil-kecil yang biasa ditemui di pohon-pohon seputaran Bengkalis. Daripada dimakan begitu saja, warga Bengkalis banyak yang mengolahnya menjadi manisan yang rasanya sangat enak dan bisa digunakan sebagai oleh-oleh khas Bengkalis juga. Kuliner unik Bengkalis ini biasanya disebut dengan manisan buah cerme.

Rasa dari manisan buah ini adalah perpaduan antara manis dan asam. Rasanya sangat unik dan cocok untuk camilan. Inilah mengapa jika mencari manisan buah di Bengkalis, maka kebanyakan yang akan ditawarkan penjual adalah manisan buah ceremai atau cerme ini karena memang khas dan tidak ada di daerah lain. Jadi, wajib dicoba tentunya.

Lokasi: Kec. Mandau, Kab. Bengkalis.

Itulah beberapa jenis makanan yang biasanya akan dijadikan tujuan oleh wisatawan pada saat ingin mencicipi sajian lezat. Melakukan wisata kuliner di Bengkalis memang sangat menyenangkan karena banyak ragam makanan yang unik dan mungkin jarang ditemui di kota lain. Pada saat berwisata ke Bengkalis, jangan lupa semua jenis makanan tadi dicoba dan dibawa pulang untuk buah tangan.