Bengkulu

10 Wisata Kuliner di Bengkulu yang Murah & Enak

Jika Anda berkunjung ke Bengkulu, alangkah baiknya mencoba beberapa wisata kuliner di Bengkulu yang lezat ditawarkan dengan harga murah dan mudah ditemukan.

Setiap orang mendambakan masakan lezat untuk mengenyangkan perut. Apalagi ketika sedang pergi liburan ke suatu tempat pastinya perlu mencari wisata kuliner yang mampu mengisi kembali energi. Untuk itu, Anda perlu memilih tempat kuliner yang mempunyai cita rasa enak serta harga terjangkau. Dengan begitu perjalanan Anda akan terasa lengkap sambil menyantap makanan sedap.

Salah satu kota yang menawarkan wisata kuliner murah meriah ialah Bengkulu. Kota ini diberi julukan kota Bumi Rafflesia karena memiliki objek wisata yang banyak serta menarik untuk dikunjungi. Jangan hanya menikmati pesona keindahan Bengkulu, namun Anda perlu menyicipi sederetan menu wisata kuliner yang membuat air liur menetes.

Berbagai macam cita rasa dan bentuk masakan kuliner di Bengkulu tentunya tidak akan membuat lidah Anda merasa bosan. Namun, sebelum melakukan wisata kuliner perlu diketahui review lokasi serta pelayanannya. Berikut rekomendasi 10 wisata kuliner di Bengkulu yang dapat dijadikan referensi ketika pergi ke sana.

1. Restoran Pindang 77

Restoran Pindang 77

Image Credit: Travelerien.com

Bengkulu terkenal akan masakan seafoodnya, termasuk ikan pindang yang disajikan di restoran pindang 77 ini. Jika Anda seorang pencinta pindang tentunya tidak boleh melewatkan wisata kuliner satu ini. Menu yang paling digemari dan dijadikan andalan ialah ikan pindang patin yang khas rasanya dari Sumatera. Rasa khas ini akan sulit untuk ditemukan di tempat lainnya.

Meskipun nama restorannya hanya memuat kata pindang, sebenarnya restoran ini juga menyediakan hidangan seafood lainnya. Misalnya saja seperti nila, tahu ikan, dan ayam. Tidak perlu risau dengan harganya karena masih terbilang terjangkau dan aman di dompet. Untuk makanan seporsi bisa menyiapkan budget mulai Rp 20.000.

Lokasi: Jl. Sedap Malam No.26a, Nusa Indah, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu.

2. Rumah Makan Sembam Ikan Marola

Rumah Makan Sembam Ikan Marola

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Tempat kedua yang harus dikunjungi ketika melakukan wisata kuliner ialah Rumah Makan Sembam Ikan Marola yang menawarkan berbagai macam masakan seafood. Rumah makan ini siap melayani Anda dengan menu yang berbahan dasar dari ikan laut segar. Bahkan, sudah banyak wisatawan luar daerah sampai mancanegara yang datang ke rumah makan ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kepahiang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Menu favorit yang disajikan oleh rumah makan ini yaitu berupa udang tempoyak yang merupakan makanan asli Bengkulu. Harganya terbilang murah sekitar Rp 30.000 per porsinya. Kabar baiknya, rumah makan ini selalu menyajikan hidangan dalam keadaan segar.

Selain itu, lokasi Rumah Makan Sembam Ikan Marola terbilang cukup strategis karena berdekatan dengan pantai. Sehingga para wisatawan atau turis dapat menjadikan rumah ini sebagai tujuan wisata kuliner sehabis bermain di pantai. Pengunjung bisa menyantap makanan sambil menikmati keindahan ombak Samudera Hindia.

Lokasi: Jl. Pariwisata, Pasar Berkas, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu.

3. Aloha Resto

Aloha Resto

Image Credit: 2Pos.asia

Restoran lain yang dekat dengan lokasi pantai ialah Aloha Resto. Tempat ini sangat cocok didatangi bersama pasangan karena suasananya yang romantis di pinggir pantai. Aloha resto mulai buka pada jam 10.00 pagi sampai jam 12.00 malam. Bangunan pada restoran ini dibangun dengan konsep modern sehingga cocok bagi kaum milenial untuk datang bersama temannya.

Pilihan menu yang ditawarkan oleh restoran ini cukup beragam dan bervariasi. Mulai dari minum dan makanan yang berkonsep barat serta makanan asli khas Sumatera. Untuk meriahkan suasana, disana digelar konser musik live agar mengiringi waktu makan Anda dengan semarak musik.

Lokasi: Sumur Melele, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu.

4. Lontong Tunjang Kapuas Raya

Lontong Tunjang Kapuas Raya

Image Credit: Kaskus.co.id

Mungkin orang-orang sudah tak asing lagi mendengar masakan lontong. Namun, bagaimana dengan masakan lontong tunjang? Tunjang merupakan bahasa Bengkulu yang mempunyai arti kikil. Maka dari itu lontong tunjang ialah makanan yang didalamnya terdapat potongan lontong kecil serta dibumbui dengan kuah santan yang berisi sayur gori, kikil, daging, dan buncis.

Waktu yang paling sedap menyantap lontong tunjang adalah saat pagi hari tiba. Banyak warga Bengkulu yang mengkonsumsi makanan ini sebagai menu sarapan. Jika ingin mencicipnya, datang saja ke Kapuas Raya yang mulai buka pada pukul 06.30 Dan, harganya sangat terjangkau.

Lokasi: Jl. Bakti Husada No.13A, Lingkar Barat, Kec. Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

5. Rumah Makan Inga Raya

Rumah Makan Inga Raya

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Kalau Anda merindukan menu masakan rumahan yang khas banget sama Bengkulu, maka direkomendasikan untuk datang ke Rumah Makan Inga Naya. Rumah makan ini menghidangkan sajian menu masakan khas kota Bengkulu. Misalnya saja seperti rebung asam, gulai timun cendawan, dan bagar hiu.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Mukomuko Terbaru & Terhits Dikunjungi

Supaya kebagian mencicipi masakan, Anda perlu datang tepat waktu. Rumah makan ini dibuka pada pukul 9 pagi dan ditutup pada pukul 9 malam. Masakan di rumah makan ini terkenal bumbu rempahnya yang diolah sendiri dengan cara alami. Para pengunjung yang pertama kali datang ke rumah makan ini akan selalu mengakui bahwa masakannya enak.

Lokasi: Jl. Bencoolen, Street, Pantai Pariwisata, Ps. Bengkulu, Kec. Sungai Serut, Kota Bengkulu.

6. Warung Pempek Saskia

Warung Pempek Saskia

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Pempek merupakan makanan yang dimasak dari olahan ikan serta dibumbui dengan penyedap rasa. Sekarang, pempek tidak perlu dicari sampai ke Palembang. Sebab, Bengkulu juga sudah mempunyai warung Pempek Saskia bagi Anda yang ingin menyantap pempek. Rasa cuka yang dipakai sebagi kuah pempek sangatlah sedap dan kaya akan rasa.

Begitupula dengan bahan yang digunakan dalam membuat pempek. Jika biasanya pempek terbuat dari ikan tengiri, maka pempek di warung saskia ini dibuat dari ikan gabus. Sehingga, mempunyai cita rasa yang beda namun tetap sedap. Seringkali para wisatawan yang singgah makan disini akan membungkus pempek untuk dijadikan buah tangan bagi teman dan keluarga.

Lokasi: Jl. Gedang, Kec. Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

7. Sumpit Mas Restaurant

Sumpit Mas Restaurant

Image Credit: Infomakan.com

Rekomendasi tempat wisata kuliner di Bengkulu selanjutnya yaitu Restoran Sumpit Mas. Restoran ini termasuk restoran steamboat pertama yang dibangun di Bengkulu. Selain itu, restoran ini sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI pada awal pembukaan resto.

Menu yang sering dipesan oleh pengunjung ialah dimsum, steamboat, dan masakan cina lainnya. Bagi Anda penggemar Chinese food maka bolehlah datang kemari untuk menyicipi rasanya yang telah terjamin. Anda dapat datang kesini bersama rekan kerja ataupun keluarga dekat. Tidak perlu takut dikecewakan karena pelayanan disini diakui baik.

Lokasi: Jl. H. Adam Malik, Cempaka Permai, Kec. Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

8. Rumah Kekinian Milik Salman

Rumah Kekinian Milik Salman

Image Credit: Tokopedia.com

Menu yang disajikan dalam restoran ini cukup unik yatu mie terbang. Mie terbang akhir-akhir ini menjadi hits dikalangan daerah Bengkulu. Seperti namanya, mie dihidangkan dalam bentuk seakan-akan terbang. Konsepnya yang unik inilah yang membuat mie terbang banyak dilirik oleh para pengunjung karena merasa penasaran.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Seluma Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tekstur mie lumayan tebal dan hampir mirip seperti bakmi. Tambahan topping yang ada dalam mie terbang yaitu berupa sawi hijau, wortel, telur dan kerupuk sebagai pelengkap. Banyak yang mengatakan mie disini sedap dan menagih untuk didatangi kembali.

Lokasi: Jl. Rafflesia, Nusa Indah, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu.

9. Rumah Makan Pondok Selero

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Para karyawan kerja biasanya menyempatkan diri makan disini pada jam makan siang. Jika Anda mencari menu masakan padang maka Rumah Makan Pondok Selero bisa dijadikan solusi. Rumah makan ini menyediakan berbagai menu masakan padang dengan sajian lauk yang bervariasi.

Menu yang bisa dikatakan sebagai maskot ialah masakan gulai ikan dan ikan bakar. Kedua menu ini sangat terkenal dikalangan para pelanggan yang datang kesana. Cita rasa khas bumbu rempah-rempah sangat terasa di lidah. Sedangkan menu masakan padang seperti ikan bumbu kuning atau terung balado juga sering dipesan.

Lokasi: Jl. Veteran No.30, RT.1/RW.2, Pasar Jitra, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu.

10. Rumah Makan Kerapu

Rumah Makan Kerapu

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Rekomendasi wisata kuliner terakhir dari Bengkulu yaitu Rumah Makan Kerapu. Lokasi rumah makan ini langsung berhadapan dengan Pantai Panjang sehingga suasananya pun masih segar. Menu yang disajikan disana beragam dengan bahan dasar ikan laut yang masih segar. Jadi, bagi Anda penggila seafood datanglah ke Rumah Makan Kerapu untuk sajian ikan laut segarnya.

Menu yang dijadikan andalan rumah makan ini yaitu udang tempoyak dan bagar asam ikan. Kedua menu ini sangat laris dibeli sehingga dijadikan sebagai menu utama. Selain itu, ada juga masakan kakap merah, cumi-cumi saus tiram, kerapu merah, dan lain sebagainya. Kuah kental dan rasa pedasnya yang pas membuat siapapun ingin kembali menyantapnya.

Lokasi: Jalan Pariwisata Pantai Berkas, Pasar Berkas, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata kuliner di Bengkulu yang wajib dikunjungi ketika pergi ke sana. Yakin saja seluruh masakan disana disajikan dengan maksimal ditambah pelayanan yang ramah sehingga lapar Anda dapat terpuaskan. Rata-rata makan di restoran atau rumah makan masih bisa dijangkau dengan harga relatif murah serta bersahabat.