Sumatra Barat

10 Wisata Kuliner di Bukittinggi yang Murah & Enak

Inilah rekomendasi wisata kuliner di Kota Bukittinggi yang terkenal enak dengan harga terjangkau. Pilihan makanan khas dengan cita rasa unik yang menarik untuk Anda coba.

Bukittinggi merupakan salah satu daerah di Sumatera Barat yang menyimpan banyak tempat wisata menarik. Selain wisata alam, wisata kuliner di Bukittinggi juga layak untuk dicoba. Ada beragam jenis makanan khas yang dapat dijumpai di Bukittinggi, terutama di kawasan pasar tradisional dan sekitar kawasan wisatanya.

Wisata kuliner di Bukittinggi sangat beragam, mulai dari mencoba makanan-makanan pedas hingga jajanan tradisional dengan cita rasa manis. Tempat-tempat yang menjadi tujuan wisata kuliner Bukittinggi kebanyakan berada di pusat kota, kawasan wisata Lubang Jepang, Pasa Ateh, dan di Ngarai Sinok.

Wisatawan dapat mencoba aneka kuliner Bukittinggi yang sudah sangat legendaris seperti pical dan nasi kapau. Bukittinggi juga menjadi asal dari olahan ayam yang sangat populer yakni ayam pop. Daerah ini memang menawarkan banyak kuliner lezat, namun ada beberapa yang menjadi favorit untuk rekomendasi wisata kuliner seperti berikut.

1. Nasi Kapau Uni Lis

Nasi Kapau Uni Lis

Image Credit: Liandamarta.com

Beragam makanan yang enak dan murah tidak sulit untuk ditemukan di Bukittinggi. Salah satu kuliner khas tanah Minang yang paling banyak direkomendasikan adalah Nasi Kapau. Sajian nasi rames khas Bukittinggi yang memiliki ciri khas dari lauk pauknya yang sangat beragam.

Biasanya lauk yang pasti ada pada nasi kapai adalah gulai nangka. Lauk lainnya dapat disesuaikan dengan selera pembeli atau penjual yang membuatnya. Ada banyak pilihan lauk yang ditawarkan Nasi Kapau Uni Lis, mulai dari tumbusu, gulai daging kerbau, gulai bebek, ayam panggang, belut goreng, hingga sambal.

Warung makan yang dapat dijumpai di Bukittinggi ini menjadi salah satu yang paling terkenal. Kenikmatan rasa nasi kapau sudah diakui oleh banyak wisatawan  yang sudah pernah mencobanya. Harganya pun tidak terlalu mahal dan tergantung dari lauk pauk yang digunakan untuk nasi kapau.

Lokasi: Jl. Pemuda Los Lambuang Wisata, Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

2. Itik Lado Mudo Ngarai

Itik Lado Mudo Ngarai

Image Credit: Ksmtour.com

Makanan berbahan dasar itik atau bebek ini merupakan salah satu kuliner favorit bagi para pelancong yang datang ke Bukittinggi. Sesuai dengan namanya, kuliner ini dibuat dengan bebek muda dan biasanya bebek berumur kurang lebih 6 bulan. Bebek dipotong-potong besar dan kemudian dibersihkan hingga benar-benar bersih.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pariaman Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ada banyak rempah yang digunakan untuk bumbu itik lado muda seperti bawang merah, cabai hijau, jahe, bawang putih, kunyit, daun jeruk, lengkuas, dan lain-lain. Proses memasaknya pun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat dagingnya lebih empuk dan bumbunya meresap sempurna.

Itik lado mudo adalah makanan yang wajib dicoba terutama bagi Anda pecinta pedas. Selain rasa pedas yang nikmat, daging bebeknya pun tidak amis. Proses memasak daging yang masih dilakukan dengan cara tradisional yaitu menggunakan kayu bakar, menjadikan cita rasanya khas dan lezat.

Lokasi: Jl. Binuang No.41, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

3. Ayam Pop

Ayam Pop

Image Credit: Cookpad.com

Family Benteng Indah dapat menjadi rekomendasi pilihan untuk Anda berburu ayam pop di Bukittinggi. Hidangan asli tanah Minang ini sudah sangat populer dengan ciri khas ayamnya yang berwarna putih.

Ayam kampung yang menjadi bahan utama ayam pop ini tidak menggunakan bumbu yang terlalu banyak. Sebelum digoreng, ayam direbus terlebih dahulu hingga matang. Proses menggoreng ayam pop sangat sebentar sehingga warna dagingnya tetap putih dan tidak terlalu garing.

Daging ayam pop khas Bukittinggi ini lembut dan mudah dikunyah. Penyajian ayam pop biasanya ditemani dengan sambal merah yang pedas dan sedikit asam. Sambal untuk ayam pop dibuat dengan bahan-bahan yang terdiri dari cabai merah, tomat, kayu manis, daun jeruk, dan ada juga yang menambahkannya dengan petai.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.4, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

4. Cancang Kambiang H. Marah

Cancang Kambiang H. Marah

Image Credit: Google Maps (Nobel Aqualdo)

Rumah makan Haji Marah sudah sangat terkenal di Bukittinggi dengan menu legendaris yaitu cancang kambiang. Olahan daging kambing yang dimasak dengan aneka rempah khas Minang.

Daging kambing yang digunakan biasanya bagian yang memiliki lemak. Bagian tersebut paling bagus agar ada minyak yang keluar saat daging dimasak. Bumbu untuk cancang kambiang sangat banyak, mulai dari bawang merah, jahe, daun salam, serai, kaldu bubuk, kepulaga, lengkuas, cengkeh, dan asam kandis.

Proses memasaknya pun cukup lama untuk bisa mendapatkan daging yang benar-benar empuk. Cancang kambiang ini sangat lezat apalagi untuk teman makan nasi. Rasanya yang sedikit pedas dapat memberikan sensasi hangat.

Lokasi: Jl. Raya Tigo Baleh, Kec. Ampek Angkek, Kab. Agam.

5. Kerupuk Siram

Kerupuk Siram

Image Credit: Twitter.com @beyubaystory

Kerupuk siram terkenal sebagai salah satu jajanan yang banyak dijumpai di kawasan wisata Jam Gadang. Makanan ringan ini menggunakan kerupuk singkong dengan bentuk bulat dan ukurannya yang lebih besar dari kerupuk pada umumnya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Agam Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Kuah kari berwarna kuning kemudian disiramkan ke atas kerupuk. Selain bumbu kuning tersebut, penyajian kerupuk siram juga menggunakan mi bihun dan sambal. Jika tidak suka pedas, maka sambalnya bisa dikurangi atau tanpa menggunakan sambal.

Kerupuk siram ini memiliki tekstur yang gurih atau renyah. Setelah siap, kerupuk dapat langsung dinikmati sebelum teksturnya menjadi lembek karena kuah kari di atasnya.

Lokasi: Jam Gadang, Kota Bukitinggi.

6. Kepala Kakap Pauh Piaman

Kepala Kakap Pauh Piaman

Image Credit: Ksmtour.com

Gulai kepala ikan di Kedai Pauh Piaman adalah menu yang tidak boleh terlewatkan untuk Anda coba saat berada di Bukittinggi. Makanan berkuah ini menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas sehingga rasanya selalu terjaga. Menu andalan yang satu ini memiliki rasa lezat dengan kuat kental.

Selain ikan kakap, tersedia juga olahan ikan lainnya seperti ikan kerapu dan ikan kerang. Ikan diambil dari laut dan dimasak dalam kondisi yang masih segar. Berbagai bumbu masakan yang digunakan pun berkualitas seperti bawang merah, cabai, lengkuas, dan lain-lain.

Kedai makanan yang terkenal enak ini menyediakan berbagai menu yang menggugah selera. Namun, olahan gulai menjadi yang paling banyak dipesan oleh pengunjung yang datang. Menu lain yang mungkin bisa Anda coba di tempat ini adalah kalio daging, ayam panas, ikan pangekpadeh dan dendeng.

Lokasi: Jl. Raya Bukittinggi – Padang Luar Km 3,5, Ladang Laweh, Kec. Banuhampu, Kota Bukittinggi.

7. Pical Sikai dan Lamang Tapai

Pical Sikai dan Lamang Tapai

Image Credit: Wikipedia.org

Saat berburu kuliner di Bukittinggi, warung Pical Sikai ini wajib untuk dikunjungi. Warung makan sederhana yang menyajikan pical sikai dan lamang tapai legendaris. Pical sikai merupakan olahan sayur seperti pecel di Jawa, namun bahan-bahan sayur yang digunakan sedikit berbeda.

Pical dibuat dari sayuran seperti pucuk daun singkong, kol, rebung, dan jantung pisang yang sudah direbus. Selanjutnya sayuran disiram dengan saus kacang dan ditaburi kerupuk merah. Menu makanan yang harganya terjangkau ini cocok untuk dimakan saat siang hari.

Menu selanjutnya adalah lamang tapai khas tanah Minang. Lamang merupakan salah satu kuliner khas masyarakat Minangkabau yang terbuat dari beras ketan dan campuran santan kelapa. Adonan lamang yang dibungkus daun pisang kemudian disangrai menggunakan kayu bakar.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pasaman Barat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Sementara itu untuk tapai yang disajikan bersama lama dibuat dari beras ketan merah. Tapai memiliki rasa manis sedikit pedas dengan aroma cengkeh. Lamang tapai tradisional ini menjadi jajanan legendaris yang banyak diburu.

Lokasi: Jl. Panorama No.19C, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

8. Kacimuih Pasar Bawah Bukittinggi

Kacimuih Pasar Bawah Bukittinggi

Image Credit: Indonesiakaya.com

Kacimuih terkenal sebagai salah satu jajanan pasar Bukittinggi yang manis dan gurih. Bahan utamanya adalah singkong yang diparut kasar dan kemudian direbus hingga benar-benar matang dan teksturnya lembut. Selanjutnya singkong rebus tersebut dicampur dengan parutan kelapa.

Kacimuih yang sudah matang dapat dibungkus dengan daun pisang. Penyajian kacimuih biasanya menggunakan taburan gula, baik gula pasir atau gula merah di atasnya. Rasa manis dan gurih dari kue tradisional Bukittinggi ini dapat dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau.

Jajanan manis ini banyak diburu masyarakat terutama saat bulan puasa. Rasanya yang legit membuat kacimuih cocok untuk disantap saat berbuka. Namun, sekarang untuk bisa menikmati kacimuih tidak harus saat bulan Ramadhan. Kue dengan tekstur lembut dan sedikit gurih ini dapat dijumpai dengan mudah di pasar-pasar tradisional.

Lokasi: Pasar Bawah, Kota Bukittinggi.

9. Pical Ayang

Image Credit: Pergidulu.com

Pical ayang di Bukittinggi dapat menjadi rekomendasi pilihan untuk wisata kuliner yang murah dan enak. Pical menjadi menu makanan yang wajib dicoba saat berada di Bukittinggi. Berbahan dasar sayuran seperti olahan pecel pada umumnya, namun pical ini juga menggunakan rebusan daun singkong, rebung, dan jantung pisang.

Pical dapat dinikmati bersama lontong dengan harga yang terjangkau. Selain pical, tersedia juga beberapa menu lain seperti lontong sayur, bubur kampiun, ketan sarikaya, dan bubur candil.

Lokasi: Jl. Simpang Atas Ngarai No.37, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

10. Pisang Kapik

Pisang Kapik

Image Credit: Kaba12.co.id

Jajanan khas Bukittinggi ini berbahan dasar pisang kepok. Pisang yang memiliki rasa tidak terlalu manis ini dibakar terlebih dahulu di atas bara api. Selanjutnya pisang yang sudah dibakar akan dijepit hingga bentuknya menjadi gepeng. Pisang kapik disajikan dengan taburan kelapa parut yang dicampur gula merah.

Kuliner khas Bukittinggi ini memiliki rasa manis dan gurih dengan aroma pembakaran yang nikmat. Pisang kapik dapat menjadi camilan manis dengan ditemani secangkir kopi atau teh. Harganya sangat terjangkau dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dari Bukittinggi.

Lokasi: Pasar Atas, Kota Bukittinggi.

Itulah daftar wisata kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Bukittingi. Masih banyak tempat yang bisa dijelajahi untuk berburu kuliner di tanah Minang ini.