Jambi

10 Wisata Kuliner di Bungo yang Terkenal Enak & Wajib Dicoba

Berkunjung ke Kabupaten Bungo dan mencicipi makanan khas menjadi kegiatan yang menyenangkan. Inilah daftar wisata kuliner di Bungo yang terkenal dengan cita rasanya.

Mungkin tidak banyak dari Anda yang pernah mendengar nama Bungo yang mana merupakan nama salah satu kabupaten di Provinsi Jambi. Sebelumnya kabupaten ini adalah bagian dari Kabupaten Bungo Tebo yang kemudian memisahkan diri.

Seperti wilayah-wilayah di Pulau Sumatera, Bungo juga menyimpan aneka ragam panorama alam yang mampu membius para pengunjung. Bahkan kabupaten yang dihuni oleh lebih dari 300 ribu penduduk ini dikenal sebagai salah satu penghasil emas terbesar di Jambi.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Bungo, tentu rasanya tidak akan lengkap jika tidak mencicipi hidangan khas dari daerah ini. Lagipula, kuliner adalah salah satu cara termudah untuk mengenal sebuah daerah. Penasaran apa saja kuliner yang terkenal di Kabupaten Bungo? Simaklah ulasan berikut.

1. Rumah Makan Koto Rajo

Rumah Makan Koto Rajo

Image Credit: Google Maps (Emmbe Cenel)

Setiap kali Anda pergi ke suatu daerah, Anda pasti ingin mencicipi bagaimana hidangan asli dari daerah tersebut. Seperti di Kabupaten Bungo contohnya, ada satu tempat makan yang terkenal dengan olahan-olahan otentik dari daerah ini, yakni Rumah Makan Koto Rajo.

Di rumah makan yang satu ini para pengunjung bisa menikmati aneka masakan rumahan khas dari Provinsi Jambi. Anda bisa mencicipi terong dan daun katuk yang dicampur dengan sambal tumis yang bisa Anda nikmati dengan sepiring nasi putih hangat.

Koto Rajo juga menyajikan aneka hidangan laut seperti ikan yang diolah menjadi gulai kuning yang disajikan bersama sambal cabai hijau atau sambal kabau. Jika Anda menyambangi rumah makan ini, cobalah untuk memesan ikan tempoyak karena ini merupakan salah satu olahan khas dari Jambi.

Lokasi: Jaya Setia, Kec. Pasar Muara Bungo, Kab. Bungo.

2. Warung Kopi Sulita

Warung Kopi Sulita

Image Credit: Google Maps (Algie Aldhian Akbar)

Warung Kopi Sulita bisa menjadi pilihan Anda sewaktu mencari tempat untuk makan pagi di Kabupaten Bungo. Hanya karena bernama warung kopi, bukan hanya kopi saja yang ditawarkan di warung yang tampak sederhana ini.

Warkop Sulita menawarkan aneka ragam hidangan khas Bungo seperti kopi telur, teh telur, bubur kacang hijau yang kerap kali dinikmati pada pagi hari, soto padang, hingga ketan rendang. Harga setiap menunya pun cukup ramah dikantong. Tempat sarapan di Kota Muara Bungo ini bisa Anda kunjungi pada pukul 5 pagi hingga menjelang tengah malam.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Jambi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Prof. Moh. Yamin, Bungo Barat, Kec. Pasar Muara Bungo, Kab. Bungo.

3. Nasi Kapau Uni Eva

Nasi Kapau Uni Eva

Image Credit: Google Maps (Duduk Paling Depan)

Lelah mengelilingi berbagai tempat wisata di Bungo? Kini saatnya Anda memanjakan lidah dan mengisi perut Anda yang keroncongan dengan berbagai hidangan khas Padang di rumah makan Nasi Kapau Uni Eva. Menu yang ditawarkan sangat beragam jadi Anda bisa memilih hidangan yang paling Anda minati seperti ikan tempoyak, ayam gulai, ayam bakar, ayam sambal, aneka sayur, dan masih banyak lagi.

Semua hidangan di rumah makan ini memiliki cita rasa yang sangat kuat, bahkan telur dadar saja terasa sangat lezat. Apalagi jika Anda memesan keripik serta perkedel kentangnya, satu piring nasi putih hangat saja tidak akan cukup untuk memuaskan lidah. Biasanya Anda harus mengeluarkan dana sekitar 30 hingga 35 ribu rupiah untuk satu porsi nasi ditambah dua hingga tiga pilihan lauk serta minuman.

Lokasi: Bungo Barat, Kec. Pasar Muara Bungo, Kab. Bungo.

4. Sate Mak Upik

Sate Mak Upik

Image Credit: Google Maps (Ricky Richard)

Jika Anda penikmat masakan bercita rasa pedas, Anda wajib mengunjungi warung sate Mak Upik di Kota Muara Bungo. Selain karena rasanya yang mampu menggoyang lidah, harga satu porsinya pun cukup terjangkau bagi warga lokal maupun pelancong.

Daging yang digunakan oleh Mak Upik seperti sate ayam Madura pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah bumbu dan rempah-rempah yang digunakan. Jika sate madura menggunakan bumbu kacang yang cenderung manis dan gurih, bumbu sate Mak Upik ini justru cenderung pedas karena menggunakan tambahan cabai rawit.

Apabila Anda tidak terlalu suka pedas, Anda bisa memesan sate dengan bumbu kacang yang manis. Satu porsi sate ayam di warung Mak Upik dibandrol dengan harga 14.000 dan 15.000 untuk sate sapi. Anda harus siap mengantri di warung sate ini karena biasanya warung ini sudah tutup pada siang hari karena habis diserbu oleh para pelanggan.

Lokasi: Kec. Pasar Muara Bungo, Kab. Bungo.

5. Royal Bakery & Cafe

Royal Bakery & Cafe

Image Credit: Facebook.com @royalbakery2003

Dari luar memang kelihatannya hanya seperti toko roti dan kue. Namun jangan salah, karena café yang yang berada di pusat Kabupaten Bungo ini tidak hanya menawarkan aneka kue dan roti saja. Begitu Anda memasuki café ini, Anda akan dikejutkan dengan berbagai menu makanan berat dan siap mengenyangkan perut Anda.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Kerinci yang Paling Populer

Anda bisa menjadikan Royal Bakery & Café ini tempat untuk bersantap bersama keluarga ataupun rekan kerja. Menu makanan berat yang ditawarkan antara lain seperti aneka olahan ayam dan ikan, kwetiau, nasi goreng, dan masih banyak lagi.

Melihat presentasinya saja bisa membuat siapapun menelan ludah, apalagi saat sudah mencicipinya. Terutama menu seperti ikan nila saus padang yang bumbunya meresap hingga ke dalam setiap gigitan. Café ini juga memiliki interior yang cukup nyaman untuk berlama-lama mengobrol bersama keluarga atau teman sambil bersantap bersama.

Lokasi: Jl. Sultan Thaha, Bungo Timur, Kec. Pasar Muara Bungo, Kab. Bungo.

6. RM Seafood Dua Nelayan

RM Seafood Dua Nelayan

Image Credit: Google Maps (Siok San)

Apakah Anda pecinta hidangan laut? Mampirlah ke rumah makan Seafood Dua Nelayan sewaktu Anda berkunjung ke Kabupaten Bungo. Sesuai dengan namanya, rumah makan ini menawarkan sejumlah hidangan laut yang diolah dalam berbagai cara seperti dimasak dengan asam pedas, bakar, atau bahkan digoreng.

Selain olahan laut, tempat makan ini juga menawarkan menu pilihan lainnya seperti capcay, tumis kangkung, dan sayur-sayuran lainnya. Apabila Anda alergi dengan hidangan laut, Anda bisa memilih menu yang diolah dari daging ayam dan dimasak seperti hidangan laut di rumah makan ini. Harga setiap menunya dibandrol mulai dari 10.000 hingga 50.000 per ons untuk olahan laut.

Lokasi: Jl. Bassaruddin, Bungo Timur, Kec. Pasar Muara Bungo, Kab. Bungo.

7. Pempek Olivia

Pempek Olivia

Image Credit: Google Maps (Yogi Maryadi)

Bagi masyarakat Kabupaten Bungo, pembek seperti sudah menjadi makanan pokok kedua bagi mereka. Di setiap sudut wilayah ini pasti ada penjual pempek dan tekwan. Hanya saja tidak semua warung menawarkan pempek yang rasanya mampu membuat siapapun ingin membeli lagi dan lagi.Salah satu warung pempek yang menjadi andalan warga lokal adalah Pempek Olivia.

Tempatnya cukup sederhana seperti warung-warung di ruko pada umumnya. Aneka pempek yang ditawarkan bermacam-macam seperti lenjer, pempek tahu, pempek telur, kapal selam, dan sebagainya. Rasa ikannya yang sangat kuat serta teksturnya yang lembut membuat warung pempek ini wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Bungo.

Lokasi: Jl. Lebai Hasan, Batang Bungo, Kec. Pasar Muara Bungo, Kab. Bungo.

8. Saiyo Dimsum Bungo

Saiyo Dimsum Bungo

Image Credit: Google Maps (Liza Liza)

Apabila Anda penikmat kuliner asal negeri tirai bambu, cobalah mampir ke Saiyo Dimsum saat Anda berkunjung ke Kabupaten Bungo. Sesuai dengan namanya, tempat makan ini menyajikan aneka dimsum yang terbuat dari daging ayam, udang, kepiting, hingga rumput laut. Cita rasanya sendiri cukup lezat dengan daging yang sangat lembut dan terasa di setiap gigitannya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sarolangun Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Sambil dicocol dengan saus yang super pedas, Anda pasti akan ketagihan dengan dimsum di warung ini. Ukuran per bijinya tidak terlalu kecil sehingga cocok untuk meredakan perut Anda yang keroncongan apabila Anda sedang tidak ingin makan nasi. Harga per porsinya cukup terjangkau, yakni dibandrol dengan harga 20 hingga 25 ribu rupiah.

Lokasi: Jl. H. A. Gaffar Baid, Sungai Kerjan, Kec. Bungo Dani, Kab. Bungo.

9. Taragak Salero

Taragak Salero

Image Credit: Google Maps (anissa putri)

Warung makan prasmanan Taragak Salero menawarkan aneka ragam menu dengan harga yang cukup ramah di kantong. Jika Anda sekedar ingin berkumpul dan menghabiskan waktu bersama teman, teman makan di Kabupaten Bungo ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Menu makanan dan minuman yang disajikan sangat beragam.

Ada kopi telur dan teh telur yang menjadi minuman khas di daerah Sumatera, aneka olahan mie dan bihun, roti canai, hingga martabak India. Dengan harga mulai dari 10.000 rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati berbagai hidangan yang ditawarkan. Karena mengusung konsep buffet atau prasmanan, tentu Anda bisa memilih makanan atau minuman sesuai dengan selera Anda.

Lokasi: Pramuka Street No.1, Bungo Barat, Kec. Pasar Muara Bungo, Kab. Bungo.

10. Street Food Taman Puspa Ragam

Street Food Taman Puspa Ragam

Image Credit: Google Maps (Marzuki Apakipase)

Bagi masyarakat Kabupaten Bungo, Taman Puspa Ragam sudah dikenal sebagai pusat mencari jajanan kaki lima sekaligus berkumpul bersama keluarga dan teman tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Apabila Anda berkesempatan untuk berkunjung ke Bungo, sempatkan lah untuk mampir ke pusat jajanan kaki lima yang satu ini.

Di pusat kuliner ini Anda bisa menemukan aneka makanan berat seperti mie ayam, sate, bakso, hidangan bercita rasa manis seperti es pisang ijo, kue pancung,es tebu, dan lain-lain. Harganya pun cukup bervariasi, mulai dari 5 hingga 15 ribu rupiah. Mampirlah ke pusat jajanan kaki lima ini, hanya dengan uang 100 ribu rupiah, Anda masih akan mendapatkan banyak kembalian dengan perut kenyang.

Lokasi: Jaya Setia, Kec. Pasar Muara Bungo, Kab. Bungo.

Itulah rekomendasi wisata kuliner yang populer di Kabupaten Bungo. Mungkin memang tidak banyak yang mengenal daerah ini kecuali masyarakat yang tinggal di sekitar daerah ini. Namun jika Anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi daerah di Provinsi Jambi yang satu ini, jangan lupa juga untuk mencoba aneka ragam kuliner khas yang ditawarkan.