Sumatra Barat

10 Wisata Kuliner di Dharmasraya yang Murah & Enak

Dharmasraya terkenal dengan beragam wisata kuliner yang menggugah selera. Berkunjung ke Dharmasraya kurang lengkap jika tak menikmati beberapa makanan khas daerahnya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Sumatera Barat memiliki aneka kuliner yang beragam, termasuk kabupaten Dharmasraya. Wilayah tersebut dulunya merupakan wilayah bersejarah karena pada jaman kerajaan melayu Dharmasraya adalah ibukota yang menjadi pusat pemerintahan.

Uniknya dari kabupaten Dharmasraya yaitu penduduknya bukan hanya penduduk asli Sumatera, melainkan penduduk dari pulau Jawa yang bertransmigrasi. Hal tersebutlah yang menyebabkan aspek kehidupan masyarakat beragam, pun dengan varian kulinernya.

Beragam jenis kuliner mulai dari rasa asin, gurih, manis hingga pedas dapat ditemukan di Dharmasraya. Beberapa kudapan khas yang dulunya dianggap sepele kini menjadi primadona terlebih bagi wisatawan luar daerah yang berkunjung. Maka tak heran jika Dharmastaya saat ini memiliki banyak destinasi wisata kuliner memikat yang wajib dikunjungi.

1. Rumah Makan Aur Duri

Rumah Makan Aur Duri

Image Credit: Google Maps (Imron Ahadi)

Rumah makan yang menyediakan menu khas Sumatera Barat yang legendaris yaitu Rumah Makan Aur Duri. Rumah makan yang terletak di Sungai Kambut ini menyediakan hidangan rumahan khas padang tanpa terkecuali. Sate padang yang menjadi menu favorit di tempat ini. Kenikmatan daging sapi yang dibakar lalu disiram dengan bumbu khas sate padang sulit ditolak bagi siapa saja yang mencicipinya.

Selain sate padang, rumah makan ini juga menyediakan beberapa hidangan lezat lainnya seperti rendang, gulai ikan, serta telur ikan yang menjadi rekomendasi menu pilihan. Beberapa jenis kuliner tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagi siapapun, sebab hampir semua pernah memakannya. Namun menikmatinya di tanah Sumatera Barat akan memberikan sensasi yang berbeda.

Terletak dijalur yang ramai kendaraan membuat restoran ini menjadi tempat istirahat atau rest area. Oleh karena itu, pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas untuk menunjang kebutuhan. Fasilitas yang tersedia antara lain lahan parkir yang cukup luas, tempat makan yang bersih dan nyaman serta sudah tersedia toilet. Restoran ini buka 24 jam, maka tak heran jika tempat makan ini tak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Sungai Kambut, Kec. Pulau Punjung, Kab. Dharmasraya.

2. Warung Essy

Warung Essy

Image Credit: Google Maps (Warung Essy)

Jika ingin mencari suasana wisata kuliner baru maka Warung Essy cocok dijadikan pilihan. Menu andalan di restoran ini yaitu es durian dan bebek mosay. Bebek mosay merupakan olahan bebek setengah ekor berbumbu pedas. Selain menu tersebut juga ada olahan ikan, ayam, camilan ringan dan beberapa minuman hangat.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Payakumbuh yang Paling Populer

Warung Essy terletak di kabupaten Dharmasraya tepatnya di Sungai Rumbai. Selain menghidangkan makanan lezat restoran ini cukup bersih sehingga nyaman untuk berlama-lama, serta pelayanan yang ramah menjadi nilai lebih bagi restoran ini.

Lokasi: Sungai Rumbai Timur, Kec. Sungai Rumbai, Kab. Dharmasraya.

3. Kacimuih di Pasar Tradisional Dharmasraya

Kacimuih di Pasar Tradisional Dharmasraya

Image Credit: Indonesiakaya.com

Jika biasa wisata kuliner dilakukan dengan mengunjungi warung atau restoran tertentu, berkunjung ke pasar tradisional mencari kacimuih patut dicoba sebagai alternatif wisata kuliner yang baru. Kacimuih merupakan jajan tradisional yang keberadaannya sulit ditemukan. Namun, jangan khawatir karena camilan ini biasanya dijual di pasar tradisional.

Kacimuih sendiri merupakan jenis hidangan rendah lemak karena proses pembuatannya hanya dikukus. Bahan baku pembuatnya yaitu parutan singkong, gula pasir, garam, dan kelapa parut. Setelah semua bahan tercampur kemudian dikukus hingga matang.

Sebagai salah satu jajan jaman dahulu yang eksis di masanya. Makanan khas Minang ini memiliki bentuk tak beraturan yang menjadi daya tariknya. Hidangan ini berbahan dasar singkong dan topping taburan kelapa parut, namun ada juga yang menambahkan lelehan gula aren di atasnya untuk menambah cita rasanya. Rasa manis camilan ini menjadikannya kerap dijadikan camilan saat bersantai.

Lokasi: pasar tradisional, Kab. Dharmasraya.

4. Kedai Mata Air Swalayan dan Resto

Kedai Mata Air Swalayan dan Resto

Image Credit: Google Maps (Sahabat Manal)

Merupakan gabungan antara swalayan dan resto. Kedai ini menyediakan berbagai kebutuhan pokok sehari-hari pun dengan berbagai menu makanan yang mengenyangkan. Tak hanya makanan berat di tempat ini juga terdapat beberapa camilan dan minuman segar yang cocok diminum saat matahari bersinar terik. Berkunjung ke tempat ini, selain berbelanja juga bisa berwisata kuliner sekaligus.

Kedai Mata air terletak di lintas Sumatera, kabupaten Dharmasraya. Tempat ini populer setelah presiden Jokowi singgah dan menikmati makanan di sini. Donat madu, nasi goreng dan olahan mie merupakan menu favorit di tempat ini, bahkan presiden pun juga memesan menu tersebut. Maka tak diragukan lagi bahwa menu kuliner di tempat ini memiliki cita rasa yang juara.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera No.KM.1, Empat Koto Pulau Punjung, Kec. Pulau Punjung, Kab. Dharmasraya.

5. Keripik Tempe TTS Satria

Keripik Tempe TTS Satria

Image Credit: Google Maps (Keripik Tempe TTS Satria)

Dharmasraya terkenal dengan keripik tempenya. Makanan yang berasal dari kedelai ini bisa diolah menjadi segala jenis olahan salah satunya menjadi olahan keripik. Cara pengolahannya cukup sederhana, yakni dengan mengiris tipis tempe kemudian dicelupkan ke adonan tepung yang telah ditambahkan bumbu-bumbu. Kemudian digoreng di atas minyak panas, angkat jika warnanya sudah mulai kecoklatan.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Sijunjung yang Murah & Enak

Tak sulit menemukan makanan ini sebab terdapat beberapa industri baik rumahan atau pabrik berdiri di sana. Selain itu, terdapat pusat oleh-oleh yang menyediakan camilan tersebut seperti keripik tempe TTS Satria yang beralamatkan di Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya. Pusat oleh-oleh tersebut menyediakan berbagai jenis keripik tempe dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 70.000.

Lokasi: Kec. Koto Baru, Kab. Dharmasraya.

6. Bakso Tanya Nama

Bakso Tanya Nama

Image Credit: Google Maps (Rinto Ernandi)

Menyantap bakso dengan isian bakso daging sapi, tahu, dan bihun mungkin sudah biasa. Namun di Dharmasraya ada menu bakso yang menarik, yaitu dengan tambahan topping keju di atasnya. Sebenarnya, bahan baku yang digunakan tak jauh berbeda dengan bakso pada umumnya, tambahan parutan keju pada bakso ini akan menciptakan rasa yang unik dan belum pernah ada sebelumnya.

Menu bakso unik ini terdapat di warung Bakso Tanya Nama yang terletak di Pinang Makmur, kecamatan Timpeh. Bakso di tempat ini menggunakan mie, olahan daging bakso serta kuah yang khas. Harga seporsi baksonya juga bervariasi mula dari Rp 12.000 – Rp 35.000. Keunikan dan harga yang murah membuat kuliner ini menjadi menu wajib untuk dicoba bagi wisatawan yang berkunjung ke Dharmasraya.

Lokasi: Jorong Pinang Jaya, Kec. Timpeh, Kab. Dharmasraya.

7. Rumah Makan Umega

Rumah Makan Umega

Image Credit: Google Maps (Hamzah Saefudin)

Rekomendasi wisata kuliner selanjutnya yaitu RM Umega Gunung Medan atau lebih dikenal dengan RM Umega. Tempat ini merupakan restoran yang menyajikan hidangan khas Sumatera Barat dengan beragam varian rasa mulai dari pedas, asin, gurih hingga manis. Rumah makan ini telah berdiri kurang lebih 30 tahun lalu, maka tak heran jika hidangan yang disajikan memiliki rasa khas yang melegenda.

RM Umega terletak di Gunung Medan, Sitiung, kabupaten Dharmasraya. Letaknya yang berada di jalur lintas Sumatera membuatnya ramai pengunjung. Sebagai rest area restoran ini menyediakan fasilitas yang memadai untuk digunakan. Diantaranya toilet, mushola serta lahan parkir yang luas memungkinkan wisatawan yang berkunjung untuk beristirahat dengan nyaman dan aman.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Padang Lawas Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, Km. 200, Pulau Punjung, Kec. Sitiung, Kab. Dharmasraya.

8. Sate Kambing Mas Eko Londo

Sate Kambing Mas Eko Londo

Image Credit: Google Maps (Eko Londo)

Bosan dengan menu kuliner yang itu-itu saja, menu sate kambing Mas Eko Londo bisa dijadikan pilihan yang tepat. Sesuai dengan namanya warung ini menyediakan sate kambing dengan bumbu kacang dan dilengkapi dengan sayuran seperti irisan kubis, tomat, mentimun dan tak ketinggalan irisan bawang merah.

Warung ini terletak di Sungai Rumbai, kabupaten Dhamasraya. Tak hanya menyajikan sate kambing, di sini juga tersedia beberapa olahan kambing lainnya seperti rica-rica, tengkleng, nasi goreng, gulai, tongseng serta sop kambing khas solo yang menjadi primadona.

Lokasi: Kec. Sungai Rumbai, Kab. Dharmasraya.

9. Pecel Lele Wong Solo

Image Credit: Google Maps (Einfuhlung Channel)

Salah satu restoran yang menyajikan hidangan selain makanan khas Sumatera Barat. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi ketika berada di Dharmasraya sebab makanan yang disajikan memiliki cita rasa yang super sedap. Seperti namanya, restoran ini menghidangkan berbagai varian menu seperti pecel lele, ayam penyet, lele goreng, lele bakar, hingga ayam bakar.

Meskipun pecel lele yang menjadi menu utama, namun menu ayam bakarlah yang sering ludes terlebih dahulu. Restoran yang terletak di Empat Koto Pulau Punjung ini memiliki rasa pedas yang legendaris. Tak hanya itu, sambal khas restoran ini membuat para penikmatnya terkadang meminta porsi yang lebih banyak. Pelayanan yang ramah dan harga yang terjangkau membuat tempat ini tak pernah sepi.

Lokasi: Empat Koto Pulau Punjung, Kec. Pulau Punjung, Kab. Dharmasraya.

10. Rumah Makan Bukittinggi

Rumah Makan Bukittinggi

Image Credit: Google Maps (Gadisku Azizah)

Rumah makan ini menyajikan berbagai jenis masakan khas Sumatera Barat. Tak perlu ditanyakan lagi mengenai rasa, sebab semua masakan di tempat ini memiliki rasa lezat nan memanjakan lidah. Jika ingin menikmati makanan dan minuman khas provinsi Sumbar tempat ini layak untuk dikunjungi.

Rumah makan yang terletak di Koto Baru, kabupaten Dharmasraya ini buka mulai pukul 08.00 dan akan ramai pengunjung ketika jam makan siang. Selain rasa makanan yang super lezat, kecepatan layanan serta keramahan layanan membuat para wisatawan tak ragu untuk berkunjung kembali ke tempat ini ketika berada di Dharmasraya.

Lokasi: Kec. Koto Baru, Kab. Dharmasraya.

Itulah deretan wisata kuliner favorit di Dharmasraya yang bisa dijadikan rekomendasi apabila suatu saat berkunjung ke daerah tersebut. Wisata kuliner selalu menjadi kegiatan yang menarik dan patut dicoba karena selain menenangkan pikiran kegiatan tersebut juga sebagai ajang icip-icip yang mengenyangkan.