Riau

10 Wisata Kuliner di Dumai yang Murah & Enak

Periksa rekomendasi wisata kuliner di Kota Dumai yang menarik Anda coba untuk menikmati kuliner enak. Deretan makanan khas daerah yang unik dengan cita rasa yang menggugah selera.

Kota Dumai memiliki perkebunan sawit yang begitu luas. Sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan ini. Hal tersebutlah yang menyebabkan wilayah ini menjadi penghasil minyak goreng yang produknya tersebar di seluruh Indonesia. Oleh karena banyaknya pohon sawit, maka banyak truk- truk besar yang akan mengangkut biji sawit untuk kemudian diolah di pabrik.

Kota ini juga disebut sebagai kota industri oleh masyarakat, karena penghasilan sawit yang melimpah. Di samping itu, daerah ini juga memiliki kuliner khas yang tak kalah menarik. Anda dapat mencoba kuliner ini pada tempat-tempat tertentu yang menjual maupun menjadikannya buah tangan untuk keluarga Anda di rumah.

Dumai memang menyimpan banyak potensi, baik wisata, kuliner, maupun budaya. Perjalanan akan lebih terasa lengkap apabila Anda juga mencicipi sajian kuliner khas di daerah setempat. Kota Dumai juga dikenal memiliki beragam wisata kuliner yang dapat membangkitkan selera makan Anda.

1. Gulai Asam Kuning

Image Credit: Cookpad.com

Di wilayah ini memang terdapat banyak menu yang memiliki sensasi rasa yang asam dan gurih. Makanan ini biasanya dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan maupun daging ayam. Sudah banyak masyarakat setempat yang telah berinovasi dalam mengolah menu ini, sehingga isian yang digunakan sangat beragam.

Apabila Anda ingin mencicipi gulai yang masih memiliki rasa yang asli, Anda dapat berkunjung di rumah makan yang khusus menjual makanan khas Dumai. Anda dapat mencoba sajian ini khususnya pada warung makan tradisional, contohnya di Rumah Makan Pak Datuk.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.321, Bintan, Kec. Dumai Selatan, Kota Dumai.

2. Dodol Nenas

Dodol Nenas

Image Credit: Twitter.com @sepdum

Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat menggunakan bahan dasar buah nanas. Di Pulau Jawa tersebar banyak dodol pada berbagai daerah, sehingga pengunjung pastinya tidak asing dengan makanan ini. Dodol nenas ini dapat dijadikan oleh-oleh ataupun dinikmati ketika sedang berwisata di Dumai.

Dodol ini juga merupakan makanan khas di kota ini. Hampir pada setiap pusat oleh-oleh menyediakan makanan ini. Secara tampilan dodol ini memang hampir sama dengan dodol pada umumnya. Namun tetap saja, kurang afdol rasanya jika berwisata ke Dumai tak membawa dodol nenas ini sebagai oleh-oleh.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Dumai yang Paling Enak

Perbedaan dodol nenas yang ada di Dumai dengan yang ada pada daerah lain yaitu rasa nanasnya dominan lebih terasa. Dodol ini ditawarkan mulai harga Rp 20.000 setiap kotaknya. Anda bisa mencoba dodol ini dengan membelinya di Dodol Nenas Mundam.

Lokasi: Mundam, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai.

3. Gulai Udang Khas Dumai

Gulai Udang Khas Dumai

Image Credit: Cookpad.com

Makanan selanjutnya yang masuk kuliner di Dumai adalah gulai udang. Dumai memang terhitung dekat dengan daerah penghasil udang, maka beberapa kuliner yang ada merupakan olahan dari udang. Gulai ini banyak menarik perhatian wisatawan untuk mencicipinya. Terdapat banyak kedai yang menjual menu ini dengan rasa yang begitu lezat, seperti Rumah Makan Rimba Sekampung.

Gulai ini memiliki kuah yang kental dengan rasa yang sangat gurih, sehingga Anda akan merasakan sensasi masakan khas Indonesia yang sebenarnya. Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap udang, sebaiknya jangan sekali-kali mencobanya. Anda masih bisa memilih menu yang lain untuk mengisi wisata kuliner Anda.

Lokasi: Jl. Sultan Hasanuddin, Rimba Sekampung, Kec. Dumai Barat, Dumai Kota.

4. Bolu Kemojo

Image Credit: Google Maps (Sudiarno Tamba)

Bolu kemojo menjadi salah satu kudapan khas dari daerah Dumai. Makanan ini akan mudah ditemukan ketika terdapat acara hajatan yang diselenggarakan di daerah setempat. Walaupun demikian, Anda tetap dapat menjumpainya di pusat oleh-oleh yang menjual beragam kuliner khas Dumai.

Bolu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung terigu yang dicampurkan dengan berbagai jenis bahan pelengkap lain. Bolu ini berwarna hijau dan memiliki rasa yang manis. Anda sudah dapat mencicipi bolu kemojo ini dengan mengeluarkan uang sejumlah Rp 35.000. Anda bisa mendapatkannya di Bolu Kemojo Al-Mahdi.

Lokasi: Bintan, Dumai Timur, Dumai Kota.

5. Udang Galah Khas Dumai

Udang Galah Khas Dumai

Image Credit: Kompas.com

Menu ini cukup mudah ditemui apabila Anda berkunjung ke Dumai. Udang di wilayah ini memang menjadi komoditi yang telah banyak diperjualbelikan, bahkan sudah sampai ke luar Dumai. Kualitas udang galah di sini termasuk dalam kualitas yang unggul. Udang galah ini dapat diolah menjadi beragam masakan seperti tumis, gulai, maupun jenis menu yang lain.

Udang yang memiliki ukuran yang besar akan lebih sedap apabila digoreng menggunakan tepung bumbu. Selanjutnya dapat dinikmati dengan perpaduan sajian lain yang sesuai. Rasa dari daging udang yang digoreng ini akan lebih terasa ketika dimakan. Sajian ini tersedia di Mahkota Seafood dan Ikan Bakar.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Pekanbaru yang Murah & Enak

Lokasi: Pangkalan Sesai, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai.

6. Es Samudra

Es Samudra

Image Credit: Twitter.com @bercandra

Menu ini merupakan sajian minuman segar dari Kota Dumai. Es samudra ini dapat menjadi pilihan ketika Anda ingin mencicipi kuliner yang segar. Nama samudra pada kuliner ini memiliki makna bahwa minuman ini akan memberikan kesegaran dan kelegaan saat dikonsumsi. Sajian ini sangat cocok apabila dikonsumsi ketika berbuka puasa.

Minuman ini dibuat dengan menggunakan bahan utama pandan yang dicampur durian, serta dilengkapi dengan santan, roti, dan rumput laut, sehingga rasanya sungguh nikmat. Minuman ini akan melengkapi perjalanan wisata kuliner Anda di Dumai.

Setelah Anda mencicipi sajian kuliner berupa makanan dengan rasa pedas, es samudra ini sangat pas untuk dijadikan hidangan penutup. Apalagi ketika cuaca sedang terik, sensasi segar dari minuman ini akan sangat terasa di tenggorokan. Anda bisa membelinya di Dapur Umik.

Lokasi: Tj. Palas, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai.

7. Dadar Guling

Dadar Guling

Image Credit: Riau24.com

Makanan ini telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Dadar guling memang dapat ditemukan pada hampir setiap daerah, akan tetapi ternyata merupakan salah satu makanan khas di Dumai. Seperti biasa, isian yang digunakan yaitu kelapa yang telah bercampur dengan gula jawa yang manis, sedangkan kulit yang digunakan memiliki tekstur yang lembut.

Secara tampilan makanan ini memang tampak seperti kue lemper atau lumpia yang justru memiliki cita rasa yang gurih. Dadar gulung ini dapat disantap bersama dengan meminum secangkir kopi ataupun teh sembari bersantai menikmati momen liburan di Dumai. Anda bisa mendapatkannya hanya dengan mengeluarkan Rp 1.000 saja di Jajanan Kampung Dumai.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Kec. Dumai Selatan, Dumai Kota.

8. Keripik Cabe Dumai

Keripik Cabe Dumai

Image Credit: Tokopedia.com

Makanan ini merupakan jenis camilan. Ketika Anda berwisata ke Dumai, Anda akan menemukan makanan khas berupa keripik cabe. Camilan ini dapat Anda jumpai dengan mudah. Wisatawan banyak yang menjadikannya sebagai buah tangan ketika pulang. Makanan ini bisa diperoleh di Keripik Cabe Mai Satun.

Sesuai dengan namanya, keripik ini benar-benar dibuat menggunakan cabe asli. Hanya saja menggunakan cabe yang rasa pedasnya tidak tajam dan telah melalui proses pembersihan biji. Selanjutnya cabe dimasak dengan dilumuri tepung dan dimasukkan dalam minyak panas. Hasilnya berupa keripik yang memiliki tekstur renyah serta rasanya gurih dan pedas tentunya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kampar Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ketika dikonsumsi, makanan ini tidak akan menimbulkan rasa membakar pada lidah. Hal ini disebabkan karena cabe yang dipakai adalah cabe keriting atau cabe besar, bukan cabe rawit yang memiliki rasa pedas. Proses menggoreng keripik ini dimasak sampai kering, sehingga hasilnya juga lezat.

Lokasi: Purnama, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai.

9. Asam Pedas Patin Khas Dumai

Asam Pedas Patin Khas Dumai

Image Credit: Google Maps (Galeri DST)

Menu ini dapat Anda coba ketika Anda berkunjung ke kota ini. Makanan ini menjadi salah satu makanan sehat di daerah setempat. Kuliner ini akan memberikan sensasi rasa yang segar ketika dimakan, karena adanya perpaduan rasa pedas dan asam.

Ikan patin yang dipakai juga memiliki tekstur yang sangat lembut, sehingga banyak wisatawan yang menyukainya. Olahan ikan patin ini sangat cocok apabila dikonsumsi bersama dengan nasi putih hangat yang pulen. Kuliner yang satu ini kerap disajikan pada acara keluarga oleh masyarakat daerah setempat, maupun acara besar seperti sunatan ataupun pernikahan.

Menu ini termasuk jenis hidangan yang pengolahannya cukup mudah, karena bahan-bahan yang digunakan juga mudah diperoleh, diantaranya lengkuas, batang serai, kunyit, asam kandis, bawang putih, bawang merah, dan penyedap rasa. Anda dapat mencoba sajian kuliner ini di Rumah Makan Puti Buana.

Lokasi: Kec. Dumai Selatan, Dumai Kota

10. Mie Sagu

Mie Sagu

Image Credit: Ukmriau.com

Mie ini dibuat dengan bahan dasar sagu, sehingga menghasilkan mie yang bertekstur kenyal. Kuliner tersebut biasa disajikan dengan kuah maupun digoreng. Dalam penyajiannya bisa ditambahkan dengan toping, seperti tauge dan telur. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih, pedas, serta sedikit asin.

Mie sagu tersebut mengandung karbohidrat dalam porsi yang rendah serta telah dibuktikan bisa menurunkan tingkat gula darah. Oleh karena itu, sangat baik dikonsumsi untuk orang-orang yang sedang menjalani program diet maupun yang sedang mengalami diabetes.

Mie ini dibuat dengan menggunakan bahan seperti mie sagu, udang basah, cabe merah giling, tauge, bawang merah, daun kucai, dan ikan teri goreng. Jika Anda berkunjung ke kota ini, Anda dapat mencobanya di Kedai Mie Sagu. Mie di sini rasanya begitu lezat dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp 11.000.

Lokasi: Rimba Sekampung, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai.

Setelah mengenal beberapa macam kuliner di Dumai, Anda dapat memilih sendiri menu apa saja yang ingin Anda cicipi ketika berkunjung langsung ke Kota Dumai. Kebanyakan dari masakan di daerah ini memang memiliki rasa yang pedas dan gurih.