Sumatra Selatan

10 Wisata Kuliner di Lahat yang Murah & Enak

Berkunjung ke Kabupaten Lahat terasa kurang lengkap tanpa mecicipi sajian kulinernya yang terkenal lezat. Temukan wisata kuliner enak di Lahat yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

Beragam kuliner khas dari Kabupaten Lahat tidak kalah menarik untuk dicoba. Saat sedang berkunjung ke daerah ini tentu wajib untuk mencoba kuliner atau makanan tradisional yang tidak dijumpai di daerah lainnya. Lahat memiliki begitu banyak kuliner yang sudah ada sejak puluhan tahun silam.

Aneka kuliner yang dapat dijumpai di daerah ini memang hampir sama seperti yang ada di daerah-daerah lain di Sumatera Selatan. Namun kulinernya tentu memiliki cita rasa yang khas yang layak untuk dijadikan tujuan wisata kuliner. Mulai dari makanan pedas, makanan berkuah, hingga jajanan manis tersedia di daerah ini.

Makanan-makanan khas daerah kebanyakan mudah untuk diperoleh, seperti di warung makan atau di pasar. Harganya pun ramah di kantong sehingga Anda bisa lebih puas untuk mencicip makanan khas Lahat lebih banyak lagi. Jika berkunjung ke kabupaten ini, berikut rekomendasi wisata kuliner di Lahat yang terkenal enak dan layan Anda coba.

1. Gulai Rebung

Gulai Rebung

Image Credit: Cookpad.com

Kekayaan kuliner dari daerah Lahat sangat beragam. Salah satunya adalah gulai rebung santan. Sesuai dengan namanya, kuliner ini berbahan dasar rebung atau bambu muda. Bahan tersebut tentu unik karena kebanyakan gulai menggunakan daging, seperti kambing, ayam, atau daging sapi.

Gulai khas Lahat ini menggunakan beberapa rempah untuk bumbu. Bahan bumbunya terdiri dari bawang merah, kunyit, lengkuas, merica, kemiri, dan daun salam. Bahan-bahan untuk membuat gulai rebung tersebut tidak sulit sehingga Anda bisa membuatnya sendiri.

Jika sedang berada di Lahat, gulai rebung santan mudah ditemukan pada menu-menu rumah makan. Rebung dimasak dengan kuah santan sehingga gulai rebung terasa lebih gurih dan sedap. Selain itu, bumbunya pun terasa segar dan nikmat. Cocok untuk makan siang dengan nasi atau lontong.

Lokasi: Kec. Lahat, Kab. Lahat.

2. Ayam Nanas

Ayam Nanas

Image Credit: Cookpad.com

Wisata kulineran kurang lengkap jika tidak mencoba ayam nanas. Masakan lezat dengan bahan utamanya yaitu ayam kampung dan buah nanas. Buah yang digunakan biasanya adalah buah nanas yang berukuran sedang. Sementara untuk bumbunya terdiri dari banyak bahan seperti bawang merah, ketumbar, dan cabai merah.

Ayam nanas khas daerah Lahat dapat dibeli di pasar-pasar tradisional atau di rumah makan. Kuliner yang cocok untuk teman nasi ini memiliki rasa yang lezat dengan aroma yang sangat khas. Perpaduan daging ayam yang lembut dan buah nanas yang segar membuat orang-orang ketagihan untuk mencobanya lagi.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Muara Enim yang Paling Populer

Lokasi: Kec. Lahat, Kab. Lahat.

3. Lenggang

Lenggang

Image Credit: Detik.com

Salah satu kuliner yang bisa dicoba adalah lenggang. Panganan yang terbuat dari tepung dan dicampur daging ikan giling. Adonan lenggang ini hampir sama seperti adonan pempek. Adonan diberi bumbu penyedap dan diaduk hingga mengental untuk selanjutnya dibungkus menggunakan daun pisang.

Adonan lenggang yang sudah siap dapat langsung dipanggang hingga setengah matang. Ada yang unik dari makanan ini karena sebelum benar-benar matang, lenggang akan dicampur terlebih dulu dengan telur. Biasanya untuk lenggang menggunakan telur bebek. Adonan kembali dipanggang sambil dibolak-balik agar matang merata.

Kenikmatan kuliner dari daerah Lahat ini biasanya dinikmati dengan cara disiram air cuko. Air cuko untuk lenggang dibuat dari campuran air, cabai rawit yang ditumbuk, gula, bumbu penyedap, dan udang ebi. Panganan tradisional ini cocok sebagai kudapan saat santai dan menikmati Kota Lahat.

Lokasi: Manggul, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

4. Model

Model

Image Credit: Okezone.com

Model merupakan salah satu nama makanan khas yang dapat dijumpai di daerah Lahat. Makanan yang dapat membuat perut kenyang ini terbuat dari adonan yang tidak jauh berbeda dari pempek dan lenggang. Tepung dan daging ikan merupakan bahan utama untuk membuat kuliner khas Lahat ini.

Beberapa tempat makan hingga penjual di pinggir jalan menyediakan olahan kuliner yang dinamai model. Makanan dengan sebutan unik tersebut disajikan dengan kuah seperti bakso. Model yang sudah matang dipotong beberapa bagian kemudian dicampur dengan bawang goreng, ebi, bihun, dan timun.

Kuahnya yang segar dan tekstur model yang kenyal ini sangat nikmat disantap saat masih hangat. Kelezatan sajian model dapat dinikmati oleh setiap kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Harganya pun cukup terjangkau untuk setiap porsi model.

Lokasi: Pasar Lama, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

5. Lemang

Lemang

Image Credit: Okezone.com

Lemang menjadi salah satu kuliner khas yang patut untuk dicoba bagi Anda yang senang berburu kuliner tradisional. Lemang sangat mudah didapat di daerah Tanjung Sirih. Makanan ini banyak dicari masyarakat terlebih lagi pada saat puasa karena lezat dan nikmat untuk berbuka.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Musi Banyuasin Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Selain membeli langsung ke penjual lemang, Anda juga bisa membuat sendiri karena bahan-bahannya cukup sederhana dan proses pembuatannya pun tidak begitu susah. Setelah menyiapkan beras ketan, bahan-bahan lain yang dibutuhkan adalah santan kelapa, garam, daun pisang, dan tidak lupa batang bambu.

Beras ketan yang sudah bersih dicampur dengan santan kelapa. Bagian dalam bambu dibersihkan juga dan diberi daun pisang untuk melapisi lemang. Beras yang dimasukan ke bilah bambu tidak sampai penuh, biasanya hanya sekitar ¾ bagian. Lemang kemudian dibakar dengan arang hingga matang merata.

Lokasi: Tanjung Sirih, Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat.

6. Tempoyak

Tempoyak

Image Credit: Travellink-indonesia.com

Makanan yang sudah cukup populer ini dibuat dari fermentasi buah durian. Banyak masyarakat yang mengolah durian untuk dijadikan tempoyak. Jadi masyarakat luar khususnya wisatawan tidak akan sulit untuk mendapatkan kuliner khas yang satu ini. Tempoyak juga banyak dimasukan pada menu-menu restoran di Lahat.

Olahan durian ini dapat dimasak dengan daging ayam atau ikan. Tekstur tempoyak kental dengan aroma durian yang cukup kuat. Selain untuk campuran masakan, tempoyak juga dapat dinikmati dengan sambal. Biasanya untuk sambal ini menggunakan cabai merah sehingga tidak pucat dan rasa pedasnya lebih mantap.

Proses fermentasi buah durian ini menghasilkan tempoyak yang dapat bertahan cukup lama. Tempoyak asli Lahat ini dapat lebih awet hingga beberapa hari atau minggu. Rasa masamnya pun cukup kuat, namun tetap segar.

Lokasi: Kec. Lahat, Kab Lahat.

7. Bubuw

Image Credit: Womantalk.com

Makanan khas dari Lahat selanjutnya adalah bubuw. Olahan yang terbuat dari tepung dan disajikan dengan siraman air gula. Kuliner tradisional ini merupakan salah satu makanan yang biasanya dibuat untuk acara adat seperti ruwahan. Namun sekarang bubuw dapat dinikmati kapan saja di pusat-pusat jajanan di Lahat.

Bubur putih khas Lahat ini memiliki tekstur yang cukup kental dengan rasa sedikit asin. Tambahan air gula membuat rasanya lebih nikmat. Biasanya bubuw disiram dengan gula durian khas Lahat. Bubuw khas ini dapat dinikmati oleh semua orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Lokasi: Pasar Lama, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

8. Hehancang Tehung

Hehancang Tehung

Image Credit: Okezone.com

Makanan asli dari lahat yang satu ini terbuat dari sayur dan ikan. Bahan-bahan untuk hehancang tehung antara lain tehung atau terong, ikan sungai, dan jamur putih. Bumbunya terdiri dari bawang merah, laos, bawang putih, cabai rawit, dan daun kemangi. Resep kuliner ini tidak berubah dan menjadi warisan budaya dari generasi ke generasi.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Penukal Abab Lematang Ilir Terbaru & Terhits Dikunjungi

Hehancang tehung bukan termasuk makanan yang umum disajikan di rumah makan. Kuliner ini biasanya dibuat secara khusus untuk acara-acara besar seperti festival makanan khas Lahat. Hehancang tehung lebih sering dijumpai sebagai makanan rumahan. Proses membuatnya pun tidak terlalu ribet dan bahan-bahannya sederhana.

Ikan untuk hehancang tehung biasanya adalah ikan asap atau ikan bakar. Proses membuatnya sama seperti menumis sayuran pada umumnya. Rasanya lezat dengan kuah yang cukup pedas. Cocok untuk lauk nasi putih dengan kuah yang menghangatkan.

Lokasi: Kec. Lahat, Kab. Lahat.

9. Kue Lumpang

Kue Lumpang

Image Credit: Kompasiana.com

Kuliner unik Lahat yang layak dicoba adalah mencicipi kue tradisional yang disebut kue lumpang. Bahan utamanya adalah tepung beras dengan perisa pandan untuk membuat adonan hijau. Jajanan manis ini memiliki bentuk layaknya lumpang yang digunakan untuk menumbuk.

Bagian permukaan kue lebih lebar dari bagian bawahnya. Penyajian kue lumpang biasanya diberi taburan kelapa parut. Kue lumpang memiliki rasa yang gurih dengan rasa manis yang tidak terlalu kuat. Cocok untuk camilan saat santai atau teman minum teh hangat. Banyak penjual kue lumpang yang dapat dijumpai di pasar atau di pinggir jalan.

Lokasi: Kec. Lahat, Kab. Lahat.

10. Kemplang

Kemplang

Image Credit: Firdausartikel.com

Makanan khas yang bisa dicoba selanjutnya adalah kemplang. Terbuat dari tepung sagu dan daging ikan yang dicampur bahan-bahan penyedap. Kemplang merupakan kerupuk yang banyak ditemui di daerah Lahat. Kerupuk gurih ini cocok untuk makanan ringan atau camilan saat bersantai di rumah.

Cara menikmati kemplang dapat menggunakan sambal terasi atau dicocol dengan kuah coko. Rasanya gurih membuat camilan ini membuat sulit untuk berhenti memakannya. Kemplang khas Lahat dengan rasa ikan juga banyak dicari sebagai oleh-oleh. Beberapa tempat makan atau pusat oleh-oleh menyediakan kemplang ikan khas Lahat ini.

Lokasi: Bandar Jaya, Kec. Lahat, Kab. Lahat.

Itulah beberapa makanan yang bisa dicoba untuk melengkapi wisata kuliner di Lahat. Kuliner lezat yang dapat diperoleh dengan harga yang murah dan terjangkau. Selain makanan-makanan di atas tentu masih banyak kuliner khas seperti tekwan, kue maksubah, gula durian, dan lain sebagainya.