Lampung

15 Tempat Wisata Kuliner di Lampung yang Murah dan Enak

Mengunjungi Lampung tanpa mencicipi berbagai wisata kuliner yang tersedia tentunya akan terasa kurang lengkap. Sudah bukan rahasia lagi jika Lampung merupakan salah satu tujuan wisata yang menjadi favorit masyarakat lokal maupun mancanegara.

Tidak hanya terkenal enak, hal yang membuat banyak wisatawan wajib mencoba berbagai wisata kuliner yang ada di Lampung adalah karena harganya yang murah. Hal tersebut karena Lampung termasuk daerah yang kaya akan berbagai sumber makanan.

Untuk itu, memilih Lampung sebagai tujuan liburan atau wisata adalah keputusan yang tepat. Nantinya, Anda akan punya banyak kesempatan untuk mencicipi aneka wisata kuliner paling populer dan tentunya tetap murah. Jika Anda belum mengetahui wisata kuliner apa saja di Lampung yang patut untuk dicoba, maka simak saja ulasan berikut ini.

1. Bebek Bakar Mbok Wito

Bebek Bakar Mbok Wito

Image Credit: Trackpacking.com

Kenikmatan bebek bakar dengan aneka macam sambal, menjadi menu andalan dari warung Mbok Wito. Wisata kuliner ini hampir diketahui oleh para wisatawan karena tempatnya yang begitu strategis dan dekat dengan beberapa destinasi wisata. Apalagi dengan konsep warung makan lesehan, akan membuat pengunjung semakin nyaman menikmati kuliner di sini.

Selain memiliki bebek bakar sebagai menu andalan, Mbok Wito juga menyediakan ayam bakar dan goreng yang bisa Anda nikmati. Racikan bumbu yang khas dengan resep turun-temurun adalah salah satu rahasia di balik kepopuleran wisata kuliner satu ini. Dagingnya sangat empuk dan gurih, berbeda dengan beberapa warung lainnya yang dagingnya keras.

Lokasi: Jl. Arif Rahman Hakim No.16, Way Halim Permai, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung.

2. Nasi Uduk Toha

Nasi Uduk Toha

Image Credit: Garnesia.com

Apakah Anda adalah pencinta nasi uduk? Jika iya, maka nasi uduk Toha bisa menjadi wisata kuliner paling rekomended. Hal yang membuat nasi uduk ini berbeda adalah karena tersedia berbagai lauk pauk dalam jumlah yang sangat banyak. Setiap pengunjung bebas memilih sendiri lauk yang diinginkan dengan jumlah bebas.

Warung yang hanya buka saat pagi hari ini, menjadi rujukan tempat sarapan paling ramai di Lampung. Tidak hanya menyediakan tempat yang bersih dan nyaman, pengunjung bisa menikmati pemandangan di luar tempat makan yang begitu menyenangkan. Apalagi porsi yang disediakan juga cukup besar dengan harga terjangkau.

Lokasi: Jl. Raden Ajeng Kartini No.105, Tanjung Karang, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung.

3. Bakso Sony

Bakso Sony

Image Credit: Umumsekali.com

Menikmati bakso setelah lelah mengeliling tempat wisata di Lampung sepertinya adalah ide yang bagus. Bakso Sony adalah salah satu wisata kuliner yang sudah banyak diketahui oleh para wisatawan dan bahkan menjadi yang paling favorit. Bahkan, kunjungan wisata ke Lampung tidak akan lengkap jika belum mencicipi bakso satu ini.

Kuahnya sangat gurih dengan campuran daun bawang dan bawang goreng yang melimpah. Dalam satu mangkok bakso terdapat 7 buah pentol, mie kuning, bihun, tahu, dan gorengan. Anda juga bisa meminta beberapa potong gajih apabila memang menyukainya. Jangan lupa menambahkan banyak sambal untuk semakin menambah cita rasanya menjadi nikmat.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pringsewu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No.42 A, Durian Payung, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung.

4. Mie Pangsit Ubi Cilembu

Mie Pangsit Ubi Cilembu

Image Credit: Romapakpahan.com

Untuk para pencinta mie pangsit tidak boleh melewatkan wisata kuliner Ubi Cilembu satu ini. Hal yang membuat mie satu ini menjadi lebih istimewa dibanding mie pangsit lainnya adalah karena bahan baku pembuatan mienya mendapatkan campuran ubi cilembu. Sebelumnya, belum pernah ada mie pangsit yang dibuat dari campuran ubi.

Di dalam ubi terdapat kandungan potasium dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah gangguan kanker, gagal ginjal, dan juga tumor. Maka tak heran jika pengunjung sangat suka memilih makan di tempat ini karena menyediakan menu mie pangsit sehat. Selain itu, masih ada banyak ubi lainnya yang bisa dicoba.

Lokasi: Jl. Pajajaran No.47, Jagabaya II, Kec. Sukabumi, Kota Bandar Lampung.

5. Mie Khodon

Mie Khodon

Image Credit: Garnesia.com

Rekomendasi wisata kuliner selanjutnya adalah Mie Khodon yang sangat istimewa karena merupakan racikan pribadi. Jika biasanya penjual mie mendapatkan bahan langsung dari penjual mie lainnya, maka pemilik Mie Khodon memilih untuk meracik sendiri mie spesial dengan cita rasa unik.

Warung ini bahkan sudah ada sejak tahun 1960 dan tetap menjadi pilihan favorit wisatawan maupun masyarakat lokal hingga saat ini. Dalam satu mangkok mie terdapat tambahan irisan ayam dan daun bawang yang banyak. Anda juga bisa menikmati sensasi kuah pedas dan gurih dengan mencicipi mie satu ini.

Lokasi: Jl. Ikan Bawal No.22, Pesawahan, Kec. Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung.

6. Banana Foster Lampung

Banana Foster Lampung

Image Credit: Dwiseptiani.com

Banana Foster Lampung menyediakan berbagai menu cake dan brownis yang berasal dari bahan dasar pisang. Wisata kuliner satu ini menjadi sangat populer karena pemiliknya adalah seorang artis ibukota, Hengky Kurniawan. Berkat namanya yang eksis di dunia entertainment menjadikan Banana Foster sangat terkenal.

Terdapat 8 varian cake dan brownies berbahan dasar pisang yang tersedia. Beberapa varian tersebut diantaranya, Caramelized, Nutella, Double Cheese, Peanut, Molten Banana, Chocolate, Premium Pandan, dan Premium Black. Jika Anda adalah penyuka kuliner semacam kue dan brownies, maka wajib mengunjungi wisata kuliner satu ini.

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No.115, Pengajaran, Kec. Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung.

7. Ayam Goreng Begadang

Image Credit: Garnesia.com

Sesuai dengan keunikan namanya, wisata kuliner satu ini memang sangat spesial. Jika Anda mengira ayam goreng yang dijual sama saja dengan ayam goreng di berbagai daerah lainnya, maka sangat salah. Hal yang membuat wisata kuliner satu ini menjadi pilihan favorit banyak orang adalah karena cara memasaknya yang berbeda.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Lampung Terbaru & Terhits Dikunjungi

Setelah direndam bumbu cukup lama, ayam goreng satu ini tidak lantas digoreng tetapi masih dibaluri lagi dengan adonan telur yang tebal. Setelah itu, dimasukkan pada rendaman terigu dan digoreng hingga benar-benar crispy. Para pengunjung bisa menikmati cita rasa ayam goreng yang sangat nikmat dengan tempat yang begitu nyaman.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.164, Enggal, Kec. Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung.

8. Lontong Sayur Warung Kopi Dunia

Lontong Sayur Warung Kopi Dunia

Image Credit: Minumkopisufi.wordpress.com

Menu lontong sayur memang sudah menjadi andalan kota Lampung karena memiliki kekhasan yang sangat unik. Cita rasa lontong daun ditambah dengan deretan pilihan sayur yang nikmat akan sangat menggugah selera Anda. Setiap harinya, menu sayur berubah-ubah sehingga ada banyak kejutan yang bisa dinanti.

Selain lontong sayur, di tempat ini Anda juga bisa melakukan wisata kuliner berupa bubur, nasi uduk, mie ayam, ayam goreng, dan beberapa jajanan tradisional. Karena berbagai menunya yang lengkap tidak mengherankan jika tempat ini menjadi rujukan andalan para wisatawan.

Lokasi: No., Jl. Ikan Hiu No.70, Pesawahan, Kec. Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung.

9. Encim Gendut

Encim Gendut

Image Credit: Annienugraha.com

Ketika pertama kali memasuki rumah makan satu ini, Anda pasti akan tertarik dengan dekorasi di dalamnya. Mulai dari tatanan kursi hingga berbagai hiasannya benar-benar sangat menarik. Wisata kuliner yang bisa dinikmati ada beberapa macam pilihan seperti nasi campur, nasi uduk, nasi kuning, dan juga nasi putih.

Untuk menu lauk pauknya, Anda bisa memilih mulai dari kikil, sate udang, bumbu balado, dan masih banyak yang lainnya. Anda bisa berkunjung saat malam hari karena warung ini buka setelah jam 5 sore. Terlebih pemandangan saat malam hari di sekitar tempat ini sangat indah untuk diperhatikan.

Lokasi: Jl. Lindu No.6, Palapa, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung.

10. Pondok Makan Dapoer Tatu

Image Credit: Yopiefranz.com

Wisata kuliner Lampung yang tidak boleh dilewatkan adalah Pondok Makan Dapur Tatu karena memiliki sajian kuliner yang menarik. Ada banyak menu Pindang andalan yang bisa dinikmati dari wisata kuliner di tempat ini, seperti pindang patin, pindang daging, dan pindang iga sapi.

Cita rasa dari masing-masing pindang terasa sangat pas, yakni pedas manis. Ada juga beberapa pilihan sambal yang akan menyempurnakan kenikmatan rasa dari masing-masing pindang. Jika Anda menyukai cita rasa semacam petai dan sayuran mentah lainnya, maka tempat ini sudah menyediakannya.

Lokasi: Jl. Putri Balau No.24, Kedamaian, Kec. Kedamaian, Kota Bandar Lampung.

11. RM. Khang Mengan Jejama

RM. Khang Mengan Jejama

Image Credit: Prananingrum.com

Saat sudah lelah mengkeplor Danau Ranau, maka selanjutnya wajib untuk menikmati wisata kuliner di RM. Khang Mengan Jejama. Alasan rumah makan ini menjadi sangat ramai tidak hanya karena dekat dengan tempat wisata, tetapi juga karena menu-menu andalan yang tersedia.

Anda bisa menikmati sajian Gulai Santan dengan isian daging kambing ataupun sapi yang begitu nikmat. Soal cita rasanya tidak perlu diragukan lagi karena konon katanya warung ini sudah ada sejak zaman kerajaan Lampung dan menjadi menu favorit para raja.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Lampung Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Raden Intan, Way Mengaku, Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat.

12. Pindang Merajut Riu

Image Credit: Terkaitrumah.blogspot.com

Mengunjungi Lampung tidak akan lengkap rasanya apabila belum mampir ke Pindang Marajut Riu. Wisata kuliner yang bisa dinikmati adalah sajian ikan baung dan ikan patin yang dibumbu balado sangat pedas. Di Lampung sendiri tidak banyak tempat makan yang menyediakan kedua menu tersebut.

Selain rasa makanannya yang nikmat, Anda juga bisa menikmati indahnya tempat yang tersedia. Tempat makan ini terdiri dari beberapa jumlah saung yang masing-masing memiliki sekat. Pada setiap saung atau ruangan memiliki desain interior yang indah sehingga sangat nyaman bagi pengunjung.

Lokasi: Jl. Pramuka, Rajabasa, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung.

13. Jumbo Kakap Seafood Resto

Jumbo Kakap Seafood Resto

Image Credit: Bukalapak.com

Apakah Anda pencinta seafood? Jika iya, maka jangan lewatkan wisata kuliner satu ini. Resto Jumbo Kakap menyediakan aneka seafood dengan cita rasa gurih dan nikmat sehingga cocok disantap kapan saja. Tempatnya juga sangat nyaman, bahkan berada di sekitar pantai yang sejuk.

Ikan laut yang disajikan sangat segar dan berkualitas tinggi. Ada banyak menu ikan tawar yang disajikan dalam dua masakan, yakni tradisional dan chinnese. Harganya juga sangat bervariasi tetapi secara umum sangat murah-murah.

Lokasi: Jl. Ikan Sepat, Pesawahan, Kec. Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung.

14. Bumbu Desa

Bumbu Desa

Image Credit: Makanmakan.com

Sesuai dengan namanya, rumah makan Bumbu Desa menyediakan menu kuliner yang sanggup memuaskan cita rasa lidah Anda. Tempat makan keluarga satu ini tidak hanya menyediakan satu dua jenis menu saja, tetapi ada lebih dari 20 menu tersedia. Dengan harga sekelas warteg, Anda bisa menikmati cita rasa makanan yang begitu lezat.

Bumbu Desa bahkan sudah melebarkan sayapnya hingga berbagai negara seperti Malaysia dan Singapura. Jika Anda sangat penasaran dengan berbagai menu khas Sunda, maka tidak ada salahnya untuk datang ke sini.

Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan No.97, Kupang Raya, Kec. Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung.

15. Oops Pujasera Way Halim

Oops Pujasera Way Halim

Image Credit: Kompasiana.com

Oops Pujasera Way Halim terkenal dengan berbagai menunya yang banyak menjadi favorit para pengunjung. Sebenarnya, hanya dengan mengunjungi tempat ini, Anda bisa menikmati wisata kuliner yang sangat lengkap, mulai dari makanan, minuman, hingga jajanan.

Beberapa makanan khas Lampung seperti tempoyak, empek-empek, lapit legit, seruit, geguduh, menjadi daya tarik yang tidak dapat dihindari. Jika Anda berkunjung saat malam hari maka bisa menikmati keindahan dekorasi sekaligus suasana malam Lampung yang begitu lengang.

Lokasi: Way Halim Permai, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung.

Nah, itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Lampung yang wajib dicoba saat berlibur ke daerah ini. Tidak dapat dipungkiri apabila tidak akan lengkap rasanya mengunjungi suatu daerah tanpa melakukan wisata kuliner. Untuk itu, jangan pernah melewatkan deretan wisata kuliner di atas.