Sumatra Utara

10 Wisata Kuliner di Langkat yang Murah & Enak

Langkat memiliki beragam jenis kuliner khas yang terkenal lezat. Ada banyak tempat kuliner enak dan murah yang harus Anda cicipi saat berkunjung.

Mengeksplor kota sambil melakukan wisata kuliner pastilah menyenangkan. Apalagi jika Anda gemar menyicipi makanan lezat sudah tentu tidak mau ketinggalan jelajah kuliner di Langkat. Langkat merupakan sebuah kabupaten yang berlokasi di Sumatera Utara. Tersedia beragam ciri khas masakan yang diracik sedemikian rupa sehingga menghasilkan varian yang variatif.

Usaha rumah makan kecil ke bawah sampai menengah ke atas selalu memaksimalkan perkembangan usahanya dengan cara menciptakan masakan yang khas diingat oleh pengunjung. Wisata tidak hanya dalam bentuk rekreasi saja, melainkan kini kuliner juga kerap dijadikan tujuan wisata. Oleh karena itu, disarankan bagi Anda yang melakukan liburan ke Langkat untuk sekalian mencoba makanan daerahnya.

Namun, hal yang perlu diingat adalah Anda harus tahu betul mengenai lokasinya agar memudahkan saat mencari di perjalanan. Apabila merasa kesulitan dan baru pertama kali pergi ke Sumatera Utara khususnya di bagian Langkat, maka Anda perlu menyimak daftar nama masakan kuliner berikut ini. Bisa dijadikan referensi terbaik jika kebingungan mencari tempat yang pas.

1. Rumah Makan Langkat Berseri

Rumah Makan Langkat Berseri

Image Credit: Surgakuliner.com

Jika Anda datang dari Tanjung Pura, maka cukup menempuh perjalanan dekat kurang lebih 300 meter untuk sampai ke rumah makan ini. RM Berseri menyediakan masakan khas Indonesia yaitu soto udang. Tempat makan ini memang cukup terkenal karena rasa sotonya yang berhasil memanjakan lidah pengunjung.

Dari arah depan pintu masuk, Anda bisa menyaksikan beberapa piring yang dipajang dengan isi udang segar berukuran besar. Cara penyajiannya cukup mirip dengan masakan padang, perbedaannya lauk yang disediakan hanyalah udang. Sedangkan kuah sotonya cukup kental dan padat, tidak seperti kuah soto lainnya yang sangat encer.

Terdapat campuran perkedel dalam ukuran kecil yang dipotong halus serta nasi putih sebagai pelengkap. Menu tambahan yang bisa dipesan selain soto, yaitu mie rebus dan emping. Cukup membawa uang sebesar 25 ribu sudah bisa menikmati enaknya soto udang dari Rumah Makan Langkat Berseri.

Lokasi: Pekan Tanjung Pura, Kec. Tanjung Pura, Kab. Langkat.

2. Lawang Inn Restaurant

Lawang Inn Restaurant

Image Credit: Tripadvisor.com

Selanjutnya, wisata kuliner yang bisa direkomendasikan di Langkat ialah Lawang Inn Restaurant. Restoran ini menyediakan beragam masakan lokal ataupun luar negeri. Banyak pelanggan yang menyukai pelayanan dari restoran Lawang Inn sebab ramah dan cepat tanggap. Tersedia paket makanan disesuaikan jadwal seperti sarapan, makan siang dan malam.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Dairi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bahkan bagi Anda yang sedang menjalani program diet bisa memesan menu berupa vegetable yang khusus disediakan dari pihak restoran, misalnya seperti salad. Menyantap makanan semakin nikmat sambil ditemani pemandangan indah dari alam bebas. Selain itu, sangat direkomendasikan didatangi bersama keluarga atau rekan dekat.

Lokasi: Bukit Lawang, Kec. Bohorok, Kab. Langkat.

3. Kapal Bambu Restaurant

Kapal Bambu Restaurant

Image Credit: Nonikhairani.com

Keunikan dari restoran ini yaitu arsitekturnya yang berbentuk menyerupai kapal dan terbuat dari sekumpulan bambu. Seolah-olah para pengunjung yang datang akan merasakan makan makanan di dalam kapal. Konsep desainnya yang unik menjadi daya tarik utama dari restoran kapal bambu. Selain itu, areanya sangat luas sehingga bisa menampung ratusan orang.

Makanan yang disediakan cukup kreatif mulai dari kari pizza, grill, steak, dan lain sebagainya. Bisa Anda bayangkan pizza yang dilumuri kari saling berpadu dan menciptakan rasa baru. Semua makanan disajikan di atas nampan yang telah diberi alas daun pisang. Anda juga dapat memesan minuman seperti jus buah, es jeruk, dan es teh. Biaya makan cukup terjangkau.

Lokasi: Sampe Raya, Kec. Bohorok, Kab. Langkat.

4. Rilex Seafood

Rilex Seafood

Image Credit: Surgakuliner.com

Bagi pencinta makanan laut maka Rilex Seafood adalah tempat makan yang tepat untuk dikunjungi. Warung makan seafood ini selalu ramai terlebih di jam makan siang dan makan malam sehingga Anda perlu mengantri untuk mendapatkan makanan. Namun, tidak perlu khawatir kehabisan kursi karena warung makan ini cukup banyak menyediakan bangku.

Seperti namanya, terdapat bervariasi olahan laut yang menggiurkan. Menu andalan yang sering disajikan yaitu udang galah. Udang yang dihidangkan sangat memuaskan karena berukuran super dan kaya daging. Serta poin plusnya tidak berbau amis saat disantap. Sedangkan menu lain ada ikan kakap bakar, kepiting balado, cumi-cumi tumis, dan lain sebagainya.

Untuk pemuas dahaga, Anda bisa memesan es kelapa yang langsung dari wadah kelapa itu sendiri. Rasa air degannya yang segar dan daging buahnya juga melimpah. Apabila dirasa kurang manis dapat meminta gula tambahan ke pelayan. Harga makan di warung seafood ini murah dan tidak menguras dompet.

Lokasi: Jl. Pajak Ikan Lama No.84, Pekan Tanjung Pura, Kec. Tanjung Pura, Kab. Langkat.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Binjai yang Paling Populer

5. Dapoer Alun-Alun Stabat

Dapoer Alun-Alun Stabat

Image Credit: Facebook.com @dapoer alun alun

Tempat kuliner yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Dapoer Alun-Alun Stabat. Lokasinya berada di Stabat, tepatnya kabupaten Langkat. Restoran ini mudah dikenali karena spanduk namanya yang cukup besar dan berwarna coklat kemerahan. Selain itu, bangunannya dibangun sebanyak dua tingkat sehingga bisa didatangi ramai-ramai.

Biasanya pada saat bulan puasa, cukup banyak pemuda dan pemudi yang menjadwalkan acara buka bersama di Dapoer Alun-Alun Stabat. Alasan orang-orang membooking tempat di restoran ini ialah harganya yang terjangkau dan masakannya enak. Masakan yang diolah di restoran ini dibuat semirip mungkin seperti gaya masakan di rumah agar orang-orang merasa lebih nyaman.

Bagi orang tua yang tidak sempat membawakan bekal untuk putra-putrinya pergi ke sekolah, maka bisa langsung memesan di restoran ini. Terdapat menu bekal sekolah yang murah meriah dan rasanya dijamin tidak mengecewakan.

Lokasi: Kwala Bingai, Kec. Stabat, Kab. Langkat.

6. Rumah Steak dan Soup

Rumah Steak dan Soup

Image Credit: Mantanmahasiswa98.blogspot.com

Salah satu menu wajib saat menjelajah kuliner ialah steak. Anda bisa mencoba masakan steak di Rumah Steak dan Soup. Steak yang disajikan bisa dipilih sesuai selera. Terdapat dua varian yaitu daging ayam dan sapi. Bumbu saosnya juga terasa pas di lidah sehingga ketika steak dihidangkan di atas hot plate, saos yang dituang akan langsung melebur menjadi satu.

Selain menu steak, terdapat sup yang tak kalah sedapnya untuk disantap. Anda bisa memesan dua menu sekaligus biar tambah nikmat. Tenang saja, harga makan seporsi disana tidak terlalu mahal dan cukup aman untuk dompet. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 20 ribu untuk seporsi steak.

Lokasi: JL. Jend. Sudirman, No. 9, Kwala Bingai, Kec. Stabat, Kab. Langkat.

7. Jungle Hill Café

Jungle Hill Café

Image Credit: Happycow.net

Anda juga bisa mendatangi kafe di Langkat yang cukup terkenal. Jungle Hill Café mempunyai menu utama yaitu pizza. Terdapat berbagai varian pizza segala rasa yang siap mengenyangkan perut Anda. Mulai dari topping keju, sosis, jamur, dan lain sejenisnya lengkap tersedia di kafe ini. Anda bebas memesan pizza sesuai selera yang diinginkan.

Selama menyantap pizza, Anda bisa menikmati suasana alam yang asri kehijauan. Seperti namanya, kafe ini memang bernuansa hutan. Terbukti dari pepohonan sekitarnya yang tumbuh lebat. Bangunan kafenya juga memakai bahan dari kayu sehingga tampak menyatu dengan alam.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Samosir Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Sampe Raya, Kec. Bohorok, Kab. Langkat.

8. Pondok Lesehan Prabu & Tombo Luwe

Pondok Lesehan Prabu & Tombo Luwe

Image Credit: Facebook.com @miftah

Apabila ingin bersantai sambil duduk lesehan, maka pergi ke Pondok Lesehan Prabu & Tombo Luwe adalah jawabannya. Sama seperti lesehan lainnya, dekorasi tempat makan ini cukup sederhana. Tetapi nyaman disinggahi dan pelayannya pun sangat memuaskan. Dindingnya terbuat dari gedeg yang berupa anyaman dari bambu.

Anda bisa menjumpai menu makanan seafood seperti ikan yang dimasak gulai, dibakar, digoreng, penyet lalapan, dan lain sebagainya. Hal yang paling menyenangkan ketika berada di lesehan, ialah Anda bisa leluasa duduk dengan posisi kaki senyaman mungkin sambil terlibat obrolan ringan bersama keluarga atau sahabat.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, No.9, Perdamaian, Kec. Stabat, Kab. Langkat.

9. Yusri Café

Yusri Café

Image Credit: Facebook.com @yusri cafe

Mencari wisata kuliner yang cocok dengan lidah anak kecil? Coba datang ke Yusri Café yang memiliki pilihan menu melimpah yang bisa dicocokkan sesuai keinginan lidah. Mulai dari menu vegetarian dan masakan lainnya yang tidak terlalu berat dikonsumsi. Anda bisa memesan tumis sayuran seperti cap cay, tempe dan tahu yang kaya protein, ikan dan minuman sehat jus buah.

Sedangkan menu tambahan yang bisa dibeli ialah mie instant bagi Anda yang hanya ingin mengganjal lapar. Uniknya bisa request bentuk nasi untuk memikat anak kecil misalnya bentuk hati atau love. Tersedia juga buah-buahan yang telah dipotong dan ditaruh di etalase depan. Buah-buahan tersebut bisa menjadi pencuci mulut.

Lokasi: Jl. Orang Utan, Bukit Lawang, Kec. Bohorok, Kab. Langkat.

10. Hikmah Coffe Shop & Restaurant

Hikmah Coffe Shop & Restaurant

Image Credit: Tripadvisor.com

Lokasi kedai kopi ini berada di atas perbukitan sehingga nampak pemandangan alam bebas yang mengagumkan. Pencinta kafein tentu saja direkomendasikan untuk mampir ke kedai kopi ini dan menyesap secangkir kopi hitam yang masih hangat.

Anda juga bisa memesan menu lain sebagai pendamping kopi, seperti gorengan. Jika ingin makan-makanan berat bisa dengan lauk pauk ayam atau nasi. Datangilah bersama rekan kerja atau teman dekat untuk melepas penat usai seharian beraktivitas.

Lokasi: Simpang Tiga, Kec. Sawit Seberang, Kab. Langkat.

Nah, itulah beberapa daftar tempat wisata kuliner terbaik di Langkat yang bisa Anda pilih. Tips yang bisa Anda praktikkan ialah selalu meriset terlebih dahulu restoran atau rumah makan yang hendak dikunjungi agar bisa menjadi pertimbangan. Lalu, jangan lupa membersihkan bekas-bekas tisu yang habis dipakai dengan membuangnya ke tempat sampah.