Sumatra Utara

15 Wisata Kuliner di Medan yang Murah & Enak

Medan menjadi salah satu tujuan wisata yang menyenangkan untuk setiap orang. Ibukota provinsi Sumatera Utara ini selain kaya akan wisata alamnya, juga terkenal dengan berbagai wisata kuliner yang murah dan enak. Jika Anda penasaran dengan kuliner murah dan enak yang ada di Medan, maka Anda perlu mencoba ke sana untuk membuktikannya.

Beberapa wisata kuliner biasanya berada di restoran-restoran mewah. Namun di Medan, Anda bisa menikmati wisata kuliner yang tak kalah enak di pedagang-pedagang kaki lima. Berbagai makanan yang ditawarkan dijamin tak akan membuat Anda kecewa. Apalagi, di warung kaki lima, harga yang ditawarkan juga pasti lebih murah.

Berwisata ke suatu tempat tentu tak akan lengkap jika belum mencicipi kuliner yang ada di daerah tersebut. Apalagi ada banyak makanan khas Medan yang perlu Anda coba. Dan Anda juga bisa menikmatinya di berbagai tempat. Nah, untuk mengetahui wisata kuliner di Medan yang enak dan murah, simak ulasan berikut ya.

1. Kerang Rebus Sumatera

Kerang Rebus Sumatera

Image Credit: Mhm.asia

Wisata kuliner pertama ini tentu sangat disukai oleh pecinta seafood. Di Medan, Anda bisa menemukan warung kaki lima yang menjual kerang rebus. Varian rasa yang dihadirkan di warung kerang rebus juga sangat beragam. Ada kerang ijo, kerang bulu, kerang panggang pulut, kerang dara, dan juga berbagai macam siput.

Biasanya kerang rebut disajikan di piring kecil dilengkapi dengan sambal yang pedas. Anda bisa mencocol kerang ke sambal tersebut. Nikmat sekali bukan? Selain rasanya yang nikmat, harganya juga sangat murah. Anda bisa mendapatkan satu porsi kerang dengan harga sekitar 20 ribu rupiah. Tunggu apa lagi, segera kunjungi Medan untuk wisata kulinernya ya.

Lokasi: Jl. Arteri Ring Road No.107, Tanjung Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan.

2. Soto Sinar Pagi

Image Credit: Adesiana.com

Bagi Anda yang menyukai makanan berkuah, maka soto sinar pagi ini bisa menjadi salah satu rekomendasi yang tepat. Soto medan satu ini memang cukup berbeda dengan soto-soto kebanyakan. Kuah santan soto ini cukup kental dan berwarna kuning kehijauan.

Rasanya tentu tak perlu ditanyakan lagi, rasa kuah santannya sangat gurih disertai dengan bumbu soto yang nendang. Anda tentu bisa menikmati makanan khas ini hanya di Medan. Jadi, makanan enak dan murah satu ini tentu sangat direkomendasikan untuk Anda yang suka dengan kuliner.

Lokasi: Jl. Sei Deli, Silalas, Kec. Medan Barat, Kota Medan.

3. Rujak Kolam Takana Juo

Rujak Kolam Takana Juo

Image Credit: Rudihartoyo.com

Di mana-mana rujak menjadi makanan yang banyak diminati karena kesegarannya. Nah, di Medan, rujak kolam bisa menjadi salah satu makanan siang hari yang rekomended. Rujak kolam di sini memiliki cara tersendiri dalam penyajiannya. Sambel uleg rujaknya memiliki gaya minang, dibuat dengan kacang dan gula merah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Simalungun Terbaru & Terhits Dikunjungi

Untuk menikmati satu porsi rujak kolam takana juo, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Dengan harga sekitar 18 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati kesegaran rujak kolam khas Medan ini. Jangan lewatkan rujak kolam saat pergi ke Medan ya.

Lokasi: Jl. Mahkamah No.98-96, Mesjid, Kec. Medan Kota, Kota Medan.

4. Roti Tissue dan Martabak Gapa di Perniagaan

Roti Tissue dan Martabak Gapa di Perniagaan

Image Credit: Steemit.com @Kakilasak

Medan yang lokasinya berada di dekat Malaysia membuat makanannya juga dipengaruhi oleh budaya melayu. Salah satu tempat yang rekomended untuk menikmati martabak Gapa adalah Martabak Gapa Perniagaan.

Selain martabak Gapa, di Medan, Anda juga bisa menikmati dan berburu martabak jenis lainnya. Seperti martabak telur, martabak mesir, atau roti tissue. Perpaduan rasa manis dan gurih di roti tissue membuat makanan tersebut cukup terkenal belakangan ini. Sekali coba, tentu Anda akan ketagihan.

Lokasi: Jl. Perniagaan No.15, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan.

5. Mie Gomak Pasar Balige

Mie Gomak Pasar Balige

Image Credit: Matakota.id

Jika Anda ingin menikmati spaghety ala orang Batak, maka Medan menjadi tempat rekomended bagi Anda. Anda bisa datang ke Balige untuk menikmati seporsi mie gomak pasar Balige yang sudah terkenal. Selain enak, mie gomak juga dijual dengan harga cukup murah. Mulai dari 5 ribu rupiah sampai 10 ribu ke atas.

Namun oleh penduduk sekitar, mie ini lebih dikenal dengan sebutan mie lidi. Dan mie gomak menjadi makanan yang akan sulit ditemukan selain di Medan. Anda bisa menikmatinya dengan kuah lontong dan bumbu kacangnya yang pedas.

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja, Napitupulu Bagasan, Kec. Balige, Kab. Toba Samosir.

6. Nasi Kentut

Nasi Kentut

Image Credit: Cookpad.com

Jika mendengar namanya, mungkin Anda akan merasa kurang nyaman. Namun jangan salah, nasi kentut Medan ini patut Anda coba. Rasanya yang enak dan harganya yang murah menjadi rekomendasi paling tepat bagi Anda saat jalan-jalan ke Medan.

Nasi kentut disebut demikian karena dibungkus dengan daun kentut. Karena itu, aromanya tentu sangat wangi, apalagi ditambah dengan bau rempah-rempahnya. Untuk satu porsi nasi kentut akan disajikan bersama ayam goreng, ikan pepes, dan juga tahu tempe. Lalu Anda bisa menikmatinya dengan paduan sambal gorang, sambal hijau, atau sambal terasi.

Lokasi: Jl. Wahidin No.24, Pandau Hulu I, Kec. Medan Kota, Kota Medan.

7. Soto Kesawan

Image Credit: Airpaz.com

Selain soto sinar pagi, soto kesawan tak kalah enak dan patut dicoba. Soto kesawan cukup unik, lantaran dilengkapi dengan udang galah yang tidak biasanya digunakan untuk bahan soto. Sebelum dimasukkan di kuah soto, udang ini tentu akan digoreng lebih dulu. Udang galah inilah yang membuat soto Kesawan berbeda dengan soto-soto di daerah lainnya.

Selain soto dengan udang, Anda tentu juga bisa menemukan soto lain di Medan. Namun karena keunikannya ini, maka Anda perlu mencoba soto kesawen saat pergi ke sana. Jangan sampai melewatkannya ya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Nias Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan.

8. Ubi tumbuk Medan

Ubi tumbuk Medan

Image Credit: Cookpad.com

Makanan satu ini mungkin menjadi hidangan yang biasa. Bahan dasar ubi tumbuk adalah daun singkok. Namun jangan salah, Anda perlu melihat beda ubi tumbuk ini dengan masakan rumahan yang sering Anda masak.

Ubi tumbuk Medan dibuat dari daun singkok yang ditumbuk menggunakan lesung. Nah, hasil tumbukannya nanti akan ditumis dengan tambahan bumbu rempah-rempah. Aromanya tentu sakan sangat khas, sebab menggunakan rempah-rempah. Anda bisa menemukan ubi tumbuk khas Medan ini di berbagai tempat makan dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Jl. Sidorukun, Pulo Brayan Darat II, Kec. Medan Timur, Kota Medan.

9. Lontong Kak Lin

Lontong Kak Lin

Image Credit: Deliserdangmall.com

Wisata kuliner enak dan murah yang sudah banyak dikenal masyarakat Medan dan para pelancongnya adalah lontong Kak Lin. Warung kaki lima ini terkenal dengan sajian lontongnya yang legendaris. Anda bisa menjadikannya sebagai teman sarapan di pagi hari.

Selain lontong, di sana Anda juga bisa menikmati sajian sate kerang dan juga lauk pauk yang enak-enak. Untuk harganya, tentu sangat bersahabat. Anda bisa menikmati lontong kak lin dengan uang sepuluh ribu sampai dengan dua puluh ribu saja.

Lokasi: Jl. Teuku Cik Ditiro No.8m, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan.

10. Sate Memeng

Image Credit: Makanmana.net

Sate tentu sangat mudah untuk ditemukan di mana pun. Di berbagai lokasi selain Medan, Anda pun bisa menemukannya. Namun sate memeng tentu berbeda dengan sate kebanyakan. Sate Memeng Medan ini dikenal dengan ukuran satenya yang jumbo.

Meski berukuran jumbo, jangan khawatir dengan keempukannya. Proses memasak yang cukup lama membuat sate memeng tetap terasa empuk dan enak meski berukuran jumbo. Apalagi ditambah dengan bumbu kacang, rasanya menjadi semakin nikmat.

Lokasi: Jl. Irian Barat No.2, Gg. Buntu, Kec. Medan Timur, Kota Medan.

11. Bihun Bebek Kumango

Bihun Bebek Kumango

Image Credit: Albertna.com

Bagi pecinta bebek, makanan ini sangat rekomended untuk menikmati bebek dalam sajian yang berbeda. Bihun yang dicampur dengan daging bebek ini memiliki kelezatan yang unik. Sekali coba, Anda pasti akan ketagihan.

Daging bebeknya memiliki tekstur yang lembut, sehingga pas untuk dinikmati bersama bihun. Untuk lebih nikmat, Anda bisa menambahkan sayuran dan sambal saat makan. Campuran rempah-rempah pada masakannya membuat bihun bebek kumano dikenal banyak orang.

Lokasi: Jl. Kumango No.15, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan.

12. Martabak Piring Murni

Image Credit: Ceritamedan.com

Selain martabak gape, Anda bisa mencoba sepiring Martabak Piring Murni. Martabak manis ini cukup legendaris dan juga menjadi jajanan favorit beberapa orang saat pergi ke Medan. Karena penyajiannya yang masih tradisional, yaitu menggunakan tungku arang.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Langkat yang Paling Enak

Jajanan ini biasanya akan disajikan menggunakan piring di atas tungku arang. Untuk topping martabaknya, Anda bisa memilih sendiri. Anda bisa memberi topping keju, coklat, atau meses. Selain penyajiannya yang unik, bungkus martabak ini juga sederhana, yaitu menggunakan daun pisang. Untuk harga dan rasanya, tentu tak perlu ditanyakan.

Lokasi: Jl. Tjong Yong Hian, Pasar Baru, Kec. Medan Kota, Kota Medan.

13. Mie Sop Multatuli

Image Credit: Tripadvisor.com

Mie menjadi makanan yang juga sangat mudah ditemukan di mana pun. Nah, mie sop ini menjadi salah satu sajian mie yang bisa Anda nikmati di Medan. Jika Anda suka dengan mie, mie sop Medan ini bisa menjadi alternatif untuk menikmati mie dengan rasa yang berbeda.

Mie sop ini akan disajikan menggunakan mangkok. Kuah beningnya yang masih panas akan mengeluarkan aroma yang sedap. Semangkok mie sop Multatuli ini akan disajikan dengan tahu, bakso, bihun, dan juga irisan daging ayam. Dan selain rasanya yang enak, tentu harga seporsi mie sop ini sangatlah bersahabat dengan kantong Anda.

Lokasi: Jl. Multatuli, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan.

14. Mie Aceh Titi Bobrok

Mie Aceh Titi Bobrok

Image Credit: A-journo.blogspot.com

Mie Aceh ternyata tak hanya terkenal di Aceh saja. Bagi masyarakat Medan, mie Aceh Titi Bobrok menjadi makanan yang cukup dikenal dengan kenikmatannya. Mie aceh satu ini cukup berbeda dengan mie aceh biasanya. Salah satu hal yang membuat mie aceh titi bobrok terkenal adalah toppingnya.

Mie aceh Titi Bobrok ini akan disajikan bersama dengan topping kepiting. Tak tanggung-tanggung, kepiting yang digunakan di sini berukuran jumbo. Irisan kepiting yang ada di mie aceh ini akan terasa lebih nikmat karena kuah kentalnya juga kaya akan rempah-rempah. Mie ini akan sangat nikmat sebagai menu makan malam Anda di Medan.

Lokasi: Jl. Setia Budi No.17 D, Sei Sikambing B, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan.

15. Sop Sumsum Langsa

Sop Sumsum Langsa

Image Credit: Youseemenow-youseemenow.blogspot.com

Makanan enak dan murah yang rekomended saat pergi ke Medan adalah Sop Sumsum Langsa. Untuk satu porsi sop ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar dua puluh lima ribu saja. Sop sumsum ini dibuat dengan bahan rempah, sehingga rasanya tak usah diragukan lagi.

Sop sumsum dibuat menggunakan bahan kuah sop lainnya, seperti kayu manis, merica, garam, jahe, dan bawang putih. Karena dibuat dengan rempah-rempah, sop sumsum Langsa ini tentu terasa lebih nikmat. Jadi, jangan lupa menikmati sop sumsum Langsa saat berkunjung ke Medan ya.

Lokasi: Jl. KL Yos Sudarso No.73, Glugur Kota, Kec. Medan Barat, Kota Medan.

Nah, itulah 15 rekomendasi wisata kuliner enak dan murah yang bisa dinikmati saat berlibur ke Medan. Tak sulit untuk bisa menikmati berbagai makanan tersebut. Anda bisa menemukannya di beberapa warung-warung kaki lima di Medan. Selain rasanya yang enak, harga yang ditawarkan juga sangat murah dengan porsi yang banyak.