10 Wisata Kuliner di Merangin yang Terkenal Enak & Wajib Dicoba

10 Wisata Kuliner di Merangin yang Terkenal Enak & Wajib Dicoba

Merangin memiliki sederet wisata kuliner yang terkenal mampu menggugah selera. Anda bisa mencicipi berbagai olahan laut, sayur, dan daging yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

Jambi ternyata memiliki banyak wisata menarik yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, mulai dari wisata alam, sejarah, hingga wisata kuliner. Seperti umumnya kota lain yang ada di Indonesia, tiap daerah memiliki cita rasa dan jenis makanan yang khas antara satu dengan yang lain, begitu pula dengan kota Merangin yang berada di Jambi.

Ketika Anda mengunjungi Merangin, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi berbagai menu dan makanan khas yang ada disana. Cita rasanya tidak bisa Anda temukan di kota lain, karena ia dimasak dengan bumbu dan resep khusus masyarakat kota Merangin. Untuk mencobanya, Anda bisa mengunjungi pusat-pusat kuliner yang ada disana.

Jika Anda hendak mengunjungi Merangin dalam waktu dekat, baik sekedar mampir atau memang ingin melakukan wisata kuliner, berikut merupakan rekomendasi tempat makan dan pusat wisata kuliner yang sebaiknya Anda kunjungi di Merangin. Jangan khawatir terkait dengan harga makanan, sebab semuanya cukup terjangkau.

1. Gelamai Yunani Pulau Renggas

Gelamai Yunani Pulau Rengas
Image Credit: Google Maps (restu akegana)

Ketika berkunjung ke Merangin, Anda tidak boleh melupakan oleh-oleh khas dari sana, yakni Gelamai. Anda bisa menjadikannya sebagai buah tangan untuk keluarga, saudara, ataupun kolega. Ciri dan bentuk gelamai agak mirip dengan dodol, sehingga bisa Anda kenali secara cepat ketika melihatnya.

Bahan utama pembuatan gelamai sebenarnya sederhana, yakni santan kelapa, gula merah, tepung ketan, dan belakangan menggunakan tambahan variasi rasa buah. Sehingga memberikan sensasi yang berbeda ketika Anda memakannya. Buah yang digunakan merupakan buah yang umum ditemukan di Merangin, yakni durian.

Jika Anda ingin mendapatkan gelamai dengan harga terjangkau dan rasa yang otentik, Anda bisa mengunjungi Gelamai Yunani Pulau Renggas sebagai sentra yang terkenal dalam pembuatan gulamai. Selain disana, Anda juga bisa mengunjungi Gelamai Perentak yang lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota.

Lokasi: Pulau Rengas, Kec. Bangko Barat, Kab. Merangin.

2. Dapur Merangin

Dapur Merangin
Image Credit: Google Maps (Sigit Setiawan)

Sesuai namanya, tempat makan ini menyajikan berbagai menu makanan khas daerah Merangin. Ruangannya cukup lebar dan ditata dengan sederhana, sehingga Anda bisa datang secara rombongan untuk makan di rumah makan ini. Makanan yang disediakan beragam, dari olahan ikan, gulai cangkok kepayang, serta sla bance sebagai makanan khas Merangin.

Selain rasanya yang enak, harga yang ditawarkan di rumah makan ini cukup terjangkau. Jadi Anda bisa memesan berbagai masakan khas Merangin secara serentak. Pelayanan yang diberikan juga ramah, sehingga ia mendapatkan banyak rekomendasi dari pelanggan yang sebelumnya pernah bersantap di tempat ini.

Menu yang sering direkomendasikan adalah gulai siput, yang bahan utamanya terbuat dari siput sungai. Cara memakannya juga unik, Anda harus menghisap kuat cangkang siput tersebut untuk mendapatkan dagingnya. Namun hati-hati, sebab kuahnya cukup pedas, jadi Anda rawan tersedak.

Lokasi: Pematang Kandis, Kec. Bangko, Kab. Merangin.

3. Rumah Makan Perentak

Rumah Makan Perentak
Image Credit: Google Maps (Ki Tunggulwulung)

Berlokasi di pasar kota Bangko, di Rumah Makan Perentak Anda juga bisa mendapatkan berbagai menu masakan khas Merangin. Lokasinya yang strategis membuat pengujung bisa mengaksesnya dengan mudah, apalagi harga yang ditawarkan juga cukup murah, sehingga banyak orang tertarik untuk mampir di rumah makan ini.

Menu masakan yang disediakan beragam, tapi gulai kepala ikan merupakan menu makanan yang direkomendasikan. Harganya memang cukup mahal, namun rasanya yang sedap tidak boleh dilewatkan. Anda juga bisa memesan jenis gulai lain yang banyak pilihan variannya.

Anda bisa merasakan cita rasa masakan khas Bangko dan Merangin di rumah makan ini. Bumbu yang digunakan kebanyakan merupakan cabe rawit, bawang merah dan putih, santan, serta lengkuas. Perpaduan berbagai rempah tersebut membuat kuah gulai menjadi kaya akan rasa, gurih dan lezat.

Lokasi: Jl. Raya Bangko-Kerinci, Pasar Bangko, Kec. Bangko, Kab. Merangin.

4. Pasar Baru Bangko

Pasar Baru Bangko
Image Credit: Halosumatera.com

Sebagai tempat untuk aktivitas jual beli masyarakat kota Bangko dan Merangin, Anda juga bisa berwisata kuliner di tempat ini. Biasanya makanan yang dijual adalah makanan khas Merangin serta jajanan tradisional. Jangan khawatir dengan harganya, semua murah dan terjangkau.

Salah satu menu makanan yang bisa Anda temui dengan mudah adalah lemang. Lemang merupakan beras ketan yang dimasak menggunakan santan kelapa. Adonan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam bambu untuk dibakar, cita rasanya gurih sehingga bisa dimakan langsung atau dicampur dengan lauk lainnya.

Kuliner lain yang bisa Anda coba adalah jajanan pasar tradisional yang dijual setiap harinya. Lemang biasanya banyak ditemukan ketika bulan Ramadhan sebagai menu buka puasa, namun masih bisa Anda beli di hari biasa di beberapa tempat khusus, Pasar Baru Bangko merupakan salah satunya.

Lokasi: Pematang Kandis, Kec. Bangko, Kab. Merangin.

5. Pasar Beduk

Image Credit: Bangko-independent.com

Pasar Beduk merupakan pasar masyarakat yang berada di sekitar wilayah Pasar Besar Bawah. Menariknya Pasar Beduk tidak buka setiap pagi seperti pasar pada umumnya, yakni di sore hari menjelang beduk maghrib. Inilah asal mula penyebutan Pasar Beduk, yang kemudian digunakan seiring berjalannya waktu.

Jika Anda berkunjung ke Merangin di waktu Ramadhan, jangan lupa untuk mengunjungi pasar ini. Selain bisa melihat berbagai aktivitas masyarakat menjelang buka puasa, Anda juga bisa membeli berbagai menu takjil dan buka puasa dengan harga yang cukup terjangkau.

Menu yang paling banyak dicari ketika Pasar Beduk beroperasi adalah lemang. Harganya terjangkau, sekitar 5 ribu sampai 35 ribu untuk tiap batangnya. Jika belum puas, Anda bisa berkeliling Pasar Beduk untuk menemukan berbagai menu khas Ramadhan yang dijual disana secara insidental.

Lokasi: Kec. Bangko, Kab. Merangin.

6. Nasi Ayam dan Nasi Goreng Si Des

Nasi Ayam dan Nasi Goreng Si Des
Image Credit: Google Maps (Deri Sopian T.)

Apabila Anda ingin mencoba makanan dengan harga yang terjangkau, maka kedai makan Nasi Ayam dan Nasi Goreng si Des merupakan pilihan yang tepat. Walaupun berada di pinggir jalan, namun rasa masakan yang dibuat benar-benar enak dan tidak kalah dengan menu di restoran.

Menu yang bisa Anda coba dan sering direkomendasikan adalah Goreng Ayam Kampung. Dengan bumbu khas dan cita rasa khas Merangin, Anda tidak bisa menemukan menu dengan rasa yang sama di tempat lain. Jika kurang puas, Anda bisa memesan menu masakan lain, seperti sayur bening, kentang dan terong goreng, serta berbagai minuman.

Tempat makan ini cukup bersih dan selalu ramai dengan pengunjung. Karena makanan yang disediakan masih panas, maka disarankan Anda makan di tempat untuk mendapatkan kepuasan bersantap. Anda juga bisa melihat langsung proses memasak, jadi dijamin makanan yang disajikan higienis.

Lokasi: Kec. Bangko, Kab. Merangin.

7. Rumah Makan Monggo

Rumah Makan Monggo
Image Credit: Google Maps (Wiwid arsa)

Tempat makan yang terletak di pusat kota ini bisa Anda coba jika berkunjung ke Merangin. Buka dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam, Anda bisa mencicipi berbagai menu makanan yang tersedia, dari makanan khas Merangin, makanan nusantara, dan lainnya.

Berlokasi di Bangko, Anda bisa mengakses Rumah Makan Monggo dengan memakai kendaraan pribadi maupun umum. Harga tiap menunya juga terjangkau, jadi jangan khawatir akan menghabiskan dana Anda. Anda bisa mencoba gulai ikan, makanan khas Bangko, lemang, dan berbagai menu lainnya.

Tempat makan ini juga luas dan bersih, jadi Anda bisa mengunjungi dengan membawa rombongan besar. Pelayanan yang ramah dan rasa makanan yang enak menjadi daya tarik rumah makan ini.

Lokasi: Pematang Kandis, Kec. Bangko, Kab. Merangin.

8. California Fried Chicken Bangko

California Fried Chicken Bangko
Image Credit: Google Maps (alan ramlan)

Jika Anda ingin makan praktis dan cepat, maka California Fried Chicken Bangko bisa menjadi pilihan. Menu makanan yang disajikan beragam, namun kebanyakan merupakan makanan olahan ayam cepat saji. Menu makanannya cukup besar, jadi Anda bisa kenyang satu kali makan.

Rumah makan ini mudah dijangkau menggunakan mobil ataupun bus, serta cukup strategis. Menariknya di tempat ini terdapat tempat bermain anak-anak yang bisa dimainkan selama menunggu pesanan. Fasilitas dan pelayannya juga memuaskan, membuat pelanggan sering kembali makan disini ketika berkunjung ke Bangko dan Merangin.

Lokasi: Pematang Kandis, Kec. Bangko, Kab. Merangin.

9. Taman PKK

Taman PKK
Image Credit: Google Maps (Feri Setiawan)

Tempat wisata kuliner lain yang sering direkomendasikan adalah Taman PKK yang terletak di pusat kota Merangin. Merupakan sebuah pujasera, Anda bisa mendapatkan berbagai jenis makanan ketika berkunjung kesana. Harganya juga terjangkau, namun variasi masakannya banyak.

Tempat ini juga menyediakan tempat duduk dan berbincang bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung. Anda bisa memilih masakan yang tersedia disana sesuai dengan selera. Taman PKK biasanya buka dari jam 7 pagi sampai 12 siang.

Lokasi: Pematang Kandis, Kec. Bangko, Kab. Merangin.

10. Green Kandis Bangko

Green Kandis Bangko
Image Credit: Google Maps (Triyono Sari Mulya_Rimbo ilir_Tebo)

Selain sebagai rumah makan, ternyata Green Kandis Bangko juga menyediakan destinasi wisata yang menarik, yakni taman bunga. Jadi pengunjung bisa menunggu pesanan sembari melihat pemandangan yang ada dan melakukan aktivitas selfie.

Untuk rumah makannya, menu yang disediakan kebanyakan adalah seafood. Jadi Anda yang menyukai olahan menu laut jangan lupa mampir di Green Kandis Bangko ketika mengunjungi Merangin. Rumah makan ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam, jadi Anda bisa mengunjungi setiap hari.

Lokasi: Pematang Kandis, Kec. Bangko, Kab. Merangin.

Itulah 10 tempat wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi ketika datang ke Merangin. Jangan lupa menyiapkan budget yang cukup untuk melakukan wisata kuliner, karena banyak makanan Merangin yang enak untuk dicicipi.