Sumatra Selatan

10 Wisata Kuliner di Pagaralam yang Murah & Enak

Kota Pagaralam terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat. Inilah rekomendasi wisata kuliner di Pagaralam yang populer dan ditawarkan dengan harga terjangkau.

Kota Pagaralam yang dijuluki sebagai kota 1000 air terjun merupakan salah satu kota yang terdapat di Provinsi Sumatra Selatan. Kota ini memiliki berbagai macam destinasi wisata. Kekayaan alam yang begitu mempesona menjadikan kota ini sebagai salah satu tujuan liburan yang banyak diminati oleh warga lokal maupun para pelancong.

Selain wisata alam, Kota Pagaralam juga menyediakan wisata buatan yang wajib Anda kunjungi. Salah satunya yaitu wisata kuliner yang banyak tersebar di seluruh penjuru kota. Wisata kuliner merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh banyak orang. Anda akan menjumpai berbagai jenis kuliner khas kota yang menggugah selera.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke kota ini, wajib untuk mencicipi berbagai macam kuliner khas daerah. Kota Pagaralam terkenal akan makanan khas yang beragam dan rasa yang lezat serta dibandrol dengan harga yang terjangkau. Berikut daftar wisata kuliner di Pagaralam yang wajib Anda cicipi.

1. Pindang Kuah Kuning Besemah

Pindang Kuah Kuning Besemah

Image Credit: Ampera.co

Pindang kuah kuning besemah menjadi salah satu kuliner favorit di Kota Pagaralam. Kuliner ini menjadi daya tarik pendatang dari luar kota sampai luar negeri. Kuliner khas Pagaralam ini terbuat dari ikan segar yang dipanen dari sungai musi.

Hidangan khas ini diracik dengan campuran rempah-rempah yang pas untuk menghasilkan rasa yang nikmat. Selain itu, pindang kuah kuning besemah juga memiliki wangi harum yang membuat siapapun ingin mencicipinya.

Selain rasanya yang enak, hidangan ini termasuk dalam hidangan sehat yang banyak diincar oleh masyarakat. Campuran rempah-rempahnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit asam lambung. Anda bisa menjumpai hidangan ini di tempat makan ataupun restoran di sepanjang jalan kota. Satu porsi pindang kuah kuning besemah dibandrol dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Ulu Rurah, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

2. Ikan Sema Masak Bambu

Ikan Sema Masak Bambu

Image Credit: Cookpad.com

Ikan sema masak bambu merupakan masakan tradisional yang biasanya disajikan di rumah ataupun di warung-warung makan pinggir jalan. Hidangan ini terkenal dengan cara masaknya yang unik.

Ikan sema diolesi dengan bumbu racikan yang sudah halus. Bumbu ini terdiri dari sereh, kemiri, jahe, kunyit, laos, cabai merah, daun salam, dan tomat ceri. Ikan yang sudah dibumbui ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang segar selama 10 menit.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Prabumulih yang Murah dan Enak

Ikan sema dimasak dengan cara dibakar menggunakan bambu muda selama 20 menit untuk menciptakan aroma harum yang khas. Aneka macam rempah-rempah ditambah dengan cara masaknya yang tradisional menjadikan hidangan ini diminati oleh para wisatawan.

Lokasi: Kota Pagar Alam.

3. Kelicuk

Kelicuk

Image Credit: Youtube.com @bunda syakila channel

Salah satu jajanan khas Pagalaram yang paling diincar oleh para wisatawan yaitu kelicuk. Dulunya, kelicuk seringkali menjadi hantaran saat acara pernikahan. Namun seiring berjalannya waktu, tradisi ini sudah mulai ditinggalkan.

Bahan utama dalam pembuatan kelicuk ini yaitu pisang dan beras ketan yang dicampur secara merata. Adonan ini kemudian dibungkus daun pisang segar yang telah diolesi dengan minyak goreng. Kelicuk dibentuk kerucut kemudian dikukus seperti mengukus nasi.

Kelicuk memiliki rasa manis dan legit yang membuat Anda ketagihan. Jajanan tradisional ini sangat cocok dijadikan sebagai pengganti makanan berat karena terbuat dari tepung beras. Kelicuk banyak dijuak oleh pedagang kaki lima yang tersebar di sepanjang jalan. Selain itu, Anda juga bisa membeli kelicuk di Alun-alun utara beringin jaya.

Lokasi: Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

4. Nasi Samin

Nasi Samin

Image Credit: Instagram.com @yusufirawan79

Nasi samin merupakan salah satu makanan khas Pagaralam yang populer di kalangan masyarakat. Nasi samin seringkali disajikan pada saat acara tasyakuran, pernikahan, dan acara istimewa lainnya. Kuliner satu ini sangat diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

Hidangan ini termasuk hidangan langka karena rempah-rempah yang digunakan sudah lumayan sulit untuk didapatkan. Nasi samin dibuat dengan mencampurkan minyak samin dengan aneka macam rempah-rempah. Diantaranya yaitu cengkeh, kapulaga, dan kayu manis yang diracik dengan takaran yang pas.

Selain itu, pembuatan nasi ini juga dicampur dengan nanas untuk menghasilkan cita rasa unik dan nikmat. Hal ini lah yang menjadikan nasi samin memiliki rasa yang lezat dan wangi yang menggugah selera. Nasi samin biasa juga disebut dengan nasi minyak.

Nasi ini memiliki rasa gurih khas rempah-rempah timur tengah dengan aroma bumbu yang kuat. Anda akan merasa ketagihan saat mencicipi makanan satu ini. Nasi samin sulit dijumpai saat hari biasa. Nasi ini dapat dengan mudah Anda temukan saat menjelang bulan ramadhan dan idul fitri di tempat-tempat makan tertentu.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Bangun Jaya, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam.

5. Gulai Pindang

Gulai Pindang

Image Credit: Instagram.com @kakherd

Olahan ikan yang paling digemari oleh wisatawan saat berkunjung ke Pagaralam yaitu gulai pindang. Gulai pindang ini dimasak dengan bahan-bahan kasar dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Bahan yang digunakan untuk membuat gulai pindang yaitu cabai, serai, bawang putih, tomat, daun bawang, garam, laos, daun salam, dan sedikit penyedap rasa. Semua bahan yang telah dicincang kasar dan ikan pindang dimasukkan ke dalam air mendidih. Hidangan ini memiliki citarasa gurih yang khas dan menggugah selera.

Bagi Anda yang ingin mencicipi hidangan nikmat ini, jangan khawatir. Sebab, gulai ini dapat dijumpai di tempat makan sederhana sampai dengan restoran terkenal. Hidangan ini dibandrol dengan harga yang terjangkau sesuai dengan kualitas rasanya yang juara.

Lokasi: Tanjung Agung, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

6. Nasi Ibad Daun

Nasi Ibad Daun

Image Credit: Instagram.com @papa_aisha

Nasi ibad daun merupakan sumber karbohidrat utama yang memiliki rasa yang lezat. Masakan khas Pagaralam ini merupakan olahan nasi yang dibungkus dengan pisang. Pembungkusan dengan daun pisang ini bertujuan untuk menciptakan aroma yang harum dengan tekstur nasi yang lebih lembut.

Nasi ibad dapat dijumpai di tempat makan tradisional maupun restoran. Nasi ini sangat cocok dimakan bersama pindang kuah kuning besemah. Rasa nikmat yang menggugah selera menjadikan nasi ibad diincar oleh para wisatawan.

Lokasi: Basemah Serasan, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

7. Pindang Kerupuk

Pindang Kerupuk

Image Credit: Genpi.co

Pindang kerupuk merupakan makanan khas Pagaralam yang menyerupai pempek. Pempek biasanya digabungkan dengan kuah campuran gula merah dan cabai atau cuka, sedangkan pindang kerupuk adalah pempek kerupuk yang digabungkan dengan kuah pindang.

Adonan kerupuk ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas dengan takaran yang pas. Kerupuk ini tidak dijemur, melainkan langsung direbus dan dimasukkan ke dalam kuah pindang.

Kuah pindang dibuat lebih pedas dengan rasa terasi yang pekat. Kerupuk yang dicampur dengan kuah ini akan memiliki tekstur yang lebih lembut, kenyal, dan juga gurih. Kerupuk pindang ini menjadi makanan favorit para pelancong saat berkunjung ke Kota Pagaralam.

Kerupuk pindang biasanya dijual oleh pedagang kaki lima maupun warung-warung pinggir jalan. Satu porsi kerupuk pindang dijangkau dengan harga yang terjangkau dan membuat Anda ketagihan.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Pagaralam yang Paling Populer

Lokasi: Tanjung Agung, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

8. Tekwan Khas Pagaralam

Tekwan Khas Pagaralam

Image Credit: Tribunnews.com

Tekwan merupakan jajanan yang memiliki bentuk menyerupai cilok, perbedaannya yaitu tekwan disiram dengan menggunakan kuah. Kuah pada tekwan memiliki rasa khas kaldu yang gurih dan nikmat. Kuah tekwan dibuat dengan mencampurkan bawang merah dan putih, merica bubuk, daun bawang, seledri, dan kaldu atau bisa juga dengan penyedap rasa.

Tekwan dapat dengan mudah dijumpai di pinggir-pinggir jalan. Pedagang kaki lima biasanya berjejer untuk menjajakan makanan ini. Anda juga bisa membeli tekwan di Alun-Alun Utara Beringin Jaya. Satu porsi tekwan biasanya dibandrol dengan harga Rp 8.000.

Lokasi: Beringin Jaya, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam.

9. Gurame Bakar

Gurame Bakar

Image Credit: Globalplanet.news

Hidangan satu ini hampir ada di setiap daerah yang ada di Indonesia. Tapi jangan salah, gurame bakar yang ada di Kota Pagaralam ini memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat. Terdapat beberapa tempat makan terkenal di daerah ini yang menyajikan gurame bakar dengan kualitas rasa yang juara.

Gurame bakar disini dimasak dengan racikan bumbu rahasia yang khas dan menimbulkan bau yang menggugah selera. Ikan gurame yang digunakan adalah ikan yang masih segar. Hidangan ini disajikan dengan didampingi kuah kecap yang dipenuhi oleh potongan cabai. Gurame bakar ini memiliki daging yang empuk dan terasa manis.

Lokasi: Tanjung Agung, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

10. Tempoyak

Tempoyak

Image Credit: Komeringonline.com

Tempoyak merupakan salah satu makanan khas Pagaralam yang terbuat dari durian yang difermentasi. Tempoyak juga terkenal di negeri tetangga yaitu Malaysia. Makanan ini biasanya dicampur dengan sambel kemudian dioleskan pada ikan. Tempoyak memiliki rasa asam khas karena difermentasi.

Cara pembuatan tempoyak yaitu dengan cara memisahkan daging buah durian dengan bijinya. Daging buah durian dijadikan satu didalam baskom kemudian dicampur dengan garam sampai merata. Adonan ini kemudian ditutup rapat dan didiamkan selama beberapa hari.

Olahan durian satu ini sangat terkenal di kalangan masyarakat. Makanan ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata kuliner. Tempoyak dapat Anda jumpai di restoran maupun rumah makan yang tersebar di Kota Pagaralam.

Lokasi: Tanjung Agung, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

Itulah rekomendasi wisata kuliner di Kota Pagaralam yang murah dan enak. Selain terkenal dengan wisata alamnya yang mempesona, Kota Pagaralam juga terkenal dengan kulinernya yang menggoyangkan lidah dengan cita rasa yang khas dan kaya akan rempah-rempah. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan pengetahuan Anda.