Sumatra Selatan

15 Wisata Kuliner di Palembang yang Murah & Enak

Apakah Anda hendak berkunjung ke Palembang dalam waktu dekat? Jika memang demikian, maka Anda juga harus mencoba berbagai wisata kuliner khas dari kota ini. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan Pempek, tapi di Palembang ada kuliner lain yang tak kalah lezatnya dari buah tangan khas Palembang tersebut.

Palembang memang dikenal penuh dengan tempat wisata, dari sejarah, situs budaya, taman bermain, hingga wisata alam, tentunya ada berbagai tempat wisata kuliner yang sama banyaknya. Setidaknya ketika Anda mengunjungi Palembang, Anda tidak melewatkan beberapa daftar wisata kuliner tersebut dan pulang tanpa mencicipi rasa masakan khas dari kota tersebut.

Selain enak, harga yang ditawarkan untuk mencicipi berbagai makanan tersebut juga murah dan terjangkau. Jadi Anda tidak perlu khawatir dompet kering hanya untuk berwisata kuliner saja? Tertarik ingin mencoba makanan khas yang hanya ada di Palembang? Berikut merupakan rekomendasi wisata kuliner yang wajib Anda cicipi.

1. Pempek Vico

Pempek Vico

Image Credit: Pempekkita.com

Pempek mungkin bisa Anda jumpai di hampir semua sudut kota Palembang, namun yang paling terkenal adalah Pempek Vico yang letaknya di ujung kota Palembang tersebut. sebagai restoran yang menyediakan pempek, Anda sebaiknya tidak datang ketika makan siang karena harus mengantri untuk mendapatkan tempat duduk.

Anda bisa menemukan berbagai jenis pempek di restoran ini, dari pempek dengan isian telur, pistel, lenjer, pempek kulit, bahkan pempek tahu. Pempek yang dijual disini bisa dimakan langsung ataupun dibungkus pulang. Harga jualnya berbeda tergantung memesan paket secara langsung atau per jenisnya.

Lokasi: Jl. Veteran No.8B, 9 Ilir, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang.

2. Riverside Restaurant

Image Credit: Merahputih.com

Jika Anda ingin menikmati makanan yang sedap sekaligus menikmati pemandangan yang indah, maka Riverside Restaurant adalah jawabannya. Menariknya, konsep rumah makan ini berbeda dengan rumah makan pada umumnya, sebab pelanggan akan makan di restoran terapung berbentuk kapal.

Hanya dengan duduk di restoran ini saja, Anda bisa melihat pemandangan sungai Musi dan jembatan Ampera yang terkenal di Palembang tersebut. Lampu sungai dan padatnya lalu lalang kendaraan juga membuat kerlip lampu menjadi lebih menarik.

Lokasi: Jl. Rumah Bari, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang.

3. Martabak Har

Martabak Har

Image Credit: Genpi.co

Jika ingin menikmati jajanan pasar atau street food, Anda bisa mencoba jajanan ringan martabak ini. ia merupakan martabak yang cukup populer di Palembang, bahkan juga disukai oleh masyarakat lokal sendiri. Toko martabak ini sudah berdiri sejak tahun 1947 dan telah membuka banyak cabang di berbagai tempat.

Jika Anda ke Palembang, setidaknya mampirlah ke satu cabangnya dan Anda bisa merasakan martabak yang lezat ini. Untuk satu porsinya, harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Martabak Har memiliki saus kari rempah yang disiramkan langsung pada martabak tepat setelah matang.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Penukal Abab Lematang Ilir Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.597A, 18 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.

4. Rumah Makan Kampung Kecil Palembang

Rumah Makan Kampung Kecil Palembang

Image Credit: Kikioemar.blogspot.com

Apabila Anda lebih menyukai tempat yang lebih tradisional untuk bersantap, maka rumah makan Kampung Kecil Palembang adalah pilihan yang tepat. Disana, Anda akan menemukan saung-saung yang atapnya terbuat dari daun kelapa, membuatnya sejuk ketika udara cukup panas.

Hal yang menarik di restoran ini adalah adanya kolam di bagian bawah saung, sehingga pelanggan bisa duduk bersantap makanan sekaligus melihat ikan hilir mudik di bawah kakinya. Makanan yang ditawarkan bervariasi, namun harga yang ditawarkan tidak akan menguras kantong.

Lokasi: Jl. Jaksa Agung R. Soeprapto No.74, Kemang Manis, Kec. Ilir Barat. II, Kota Palembang.

5. Bakmi Aloi

Image Credit: Helgachrist.com

Di Palembang terdapat tempat makan khusus yang menyajikan berbagai macam makanan non-halal. Ini tentu hal yang harus dicari oleh umat muslim ketika berkunjung ke Palembang. Jangan sampai Anda salah mampir dan mengajukan protes kepada pemilik karena menyediakan makanan yang tidak sesuai dengan selera Anda.

Makanan yang paling terkenal di rumah makan ini adalah bakmi aloi yang dicampur dengan daging babi. Bakmi aloi sendiri juga merupakan salah satu makanan khas kota Palembang. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis makanan yang di pilih.

Lokasi: Jl. Dempo Luar No.410A, 15 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.

6. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah

Image Credit: Inibaru.id

Terdapat desert atau makanan manis khas kota Palembang yang tidak boleh Anda tinggalkan, yakni es kacang merah. Minuman ini berbahan dasar kacang merah yang dicampur dengan berbagai bahan lain, sehingga memiliki rasa yang manis dan lezat. Di Palembang terdapat dua franchise  es kacang merah yang terkenal, yakni Mamat dan Cinde.

Keduanya memiliki tempatnya masing-masing, jadi pelanggan bisa memilih sesuai dengan lokasi yang paling dekat. Harga yang ditawarkan untuk es ini juga terjangkau, bahkan bisa dibungkus sebagai buah tangan.

Lokasi: Jl. Kapten A. Rivai No.690, 26 Ilir D. I, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang.

7. Restoran Classie

Restoran Classie

Image Credit: Palembang.tribunnews.com

Walapun tidak menginap, Anda tetap bisa mampir ke restoran yang dikelola oleh tempat inap Classie ini. Disana, Anda akan menemukan berbagai makanan khas Tiongkok, seperti dim sum atau olahan lain. Restoran ini cukup terkenal di kalangan anak muda karena menawarkan pemandangan yang indah dan harga masakan yang terjangkau.

Makanan yang disajikan pun memiliki rasa yang khas, walaupun berupa makanan Tiongkok, namun ia tetap disesuaikan dengan lidah masyarakat lokal. Restoran ini buka setiap hari dengan jam buka dari 10 pagi sampai 10 malam.

Lokasi: Jl. Rajawali No.8, 9 Ilir, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang.

8. Mie Celor 23 Ilir

Mie Celor 23 Ilir

Image Credit: Ampera.co.id

Mungkin Anda sedikit asing dengan mi celor, sebab ia merupakan versi lokal dari mi udon dan dibuat sedikit mirip dengannya. Mi celor menggunakan potongan mi yang besar, telur yang disajikan di tengahnya dan disiram dengan kuah khusus dengan tekstur yang kental. Rasanya pedas dan gurih, cocok untuk lidah masyarakat lokal.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Anda bisa menyesuaikan toping dengan selera dan tersedia beragam jenis yang bisa di pilih. Untuk toping yang digunakan biasanya berupa daging, udang, toge, daun bawang, bawang goreng, hingga potongan telur yang di iris menjadi dua.

Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan No.2, 26 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang.

9. Harum Sari

Harum Sari

Image Credit: Tokopedia.com @Harsally

Tempat makan ini selain terkenal di kalangan pelancong, juga terkenal di kalangan masyarakat setempat dan anak muda. Makanan yang ditawarkan merupakan makanan ringan, penutup mulut dan berbagai jajanan tradisional. Harga yang ditawarkan juga bersahabat dengan kantong pengunjung.

Anda bisa mengunjungi tempat makan ini pada sore atau malam hari untuk mendapatkan pemandangan sekitar restoran yang lebih indah. Menu favorit yang sering direkomendasikan oleh pengunjung adalah bubur ayam Palembang, lonting, laksa, serta kopi susu yang manis dan gurih.

Lokasi: Jl. Kolonel Atmo No.324, 17 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.

10. Sushi So

Sushi So

Image Credit: Itikkecil.com

Jika ingin merasakan makanan khas Jepang, tidak ada salahnya mampir ke Sushi So, yang memang menyediakan beragam jenis sushi yang enak dan memiliki harga yang murah. Selain itu, ukuran porsinya juga disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, sehingga cukup mengenyangkan sekali makan.

Selain sushi, Anda juga bisa mencoba bento, udon, dan berbagai makanan khas Jepang yang lain. Sushi So buka dari pukul 11 pagi sampai jam 10 malam, dengan harga yang bervariasi antar 20 sampai 45 ribu, Anda sudah bisa menikmati satu porsi sushi di tempat makan ini.

Lokasi: Jl. Rajawali No.1174 A-B, 9 Ilir, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang.

11. Tekwan dan Pempek Lince

Tekwan dan Pempek Lince

Image Credit: Pempeklince.com

Anda tentu mengenal tekwan sebagai makanan khas dari kota Palembang. Ia dibuat semirip mungkin dengan pempek, yang membedakan adalah adonannya yang dibentuk bulat dan disiram dari kuah dengan kaldu udang. Sedangkan untuk pempek, di rumah makan ini tersedia berbagai jenis.

Jika Anda tertarik membeli tekwan, Anda bisa memilih toping yang hendak di gunakan, dari jamur kuping, bihun, bakso ikan, seledri, bawang goreng, bahkan bengkuang. Satu mangkuknya juga terjangkau dan mengenyangkan perut. Anda bisa menikmati tekwan ketika cuaca sedang dingin, karena tekwa cocok disantap selagi hangat.

Lokasi: Jl. Tugumulyo No.2398, 20 Ilir D II, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.

12. Pempek Saga Sudi Mampir

Pempek Saga Sudi Mampir

Image Credit: Kompas.com

Jika masih belum puas menikmati pempek, Anda bisa menikmati satu makanan khas ini di rumah makan pempek saga, Sudi Mampir. Seperti rumah makan yang menyediakan pempek pada umumnya, Anda bisa memilih berbagai jenis pempek sesuai dengan selera. Walaupun terkenal karena sajian pempeknya, Anda masih bisa memesan makanan dan minuman lain.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Terhits Dikunjungi

Menu yang paling banyak di rekomendasikan di restoran ini adalah pempek panggang. Proses pemanggangan yang dilakukan menghasilkan cita rasa yang khas dan tidak perlu ditunggu lama. Rumah makan ini berlokasi di pertengahan kota Palembang, jadi Anda bisa dengan mudah menuju tempat makan ini.

Lokasi: Jl. Merdeka, 22 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang.

13. Chicken Story

Chicken Story

Image Credit: Anekawisataseru.net

Tempat makan bergaya kafe ini bisa Anda temukan dengan mudah di pusat kota Palembang. Sesuai namanya, restoran ini menyediakan berbagai macam olahan ayam yang sedap dan lezat, dengan harga yang terjangkau. Seperti kafe pada umumnya, Anda bisa langsung duduk tanpa perlu menunggu antrian.

Makanan yang sering di rekomendasikan dari tempat ini adalah syur asam, nasi goreng, berbagi olahan ayam, sup ayam dan iga, berbagai olahan ikan. Anda juga bisa menikmati berbagai macam makanan ringan seperti roti bakar disini. Menariknya, pemesanan paket antar juga disediakan untuk Anda yang belum sempat berkunjung.

Lokasi: Palembang Icon, Jl. POM IX, Lorok Pakjo, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang.

14. Rumah Makan Sri Melayu

Rumah Makan Sri Melayu

Image Credit: Zonatau.com

Sesuai dengan nama restoran tersebut, masakan yang disediakan di restoran ini merupakan makanan khas dari suku Melayu. Tidak hanya makanan, tersedia pula minuman dengan rasa yang bervariasi. Di menu terdapat 27 jenis makanan dan 16 jenis minuman yang bisa di pilih oleh pengunjung.

Makanan yang sering direkomendasikan dari tempat makan ini adalah ikan pindang pating yang rasanya sesuai dengan lidah masyarakat lokal kota Palembang. Ikan pindang putih memiliki rasa yang kuat dan tahan lama, sebab proses memasaknya dimulai dari pengasapan sampai dengan perebusan dengan jangka waktu yang tidak sebentar.

Lokasi: Jl. Demang Lebar Daun No.1, Demang Lebar Daun, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang.

15. Lorong Basah Culinary Night

Lorong Basah Culinary Night

Image Credit: Tribunnews.com

Perhelatan Asian Games ternyata membuka destinasi wisata kuliner yang baru, yakni Lorong Basah Culinary Night. Dulunya area tersebut merupakan tempat pedagang kaki lima berjualan jajanan ringan atau street food, kemudian diubah menjadi lebih rapi dan menarik. Disana, Anda bisa menemukan berbagai makanan khas Palembang yang murah dan enak.

Ada banyak pedagang yang menjajakan makanannya di tempat ini, jadi Anda berwisata malam sekaligus menikmati berbagai sajian sedap di sekeliling Anda. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, dari hanya ribuan sampai dengan puluhan ribu untuk satu jenis makanan. Selain melakukan wisata kuliner, ada bisa sekaligus membeli buah tangan di tempat ini.

Lokasi: Jl. Pasar 16 Ilir, 16 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.

Itulah 15 rekomendasi wisata kuliner yang paling murah dan enak di Palembang. Sebagai kota dengan suku yang beragam, Anda bisa menemukan berbagai olahan yang menarik, enak, dan tidak akan Anda temukan di kota lainnya.