Riau

15 Wisata Kuliner di Pekanbaru yang Murah & Enak

Berkunjung ke suatu kota tidak lengkap jika belum merasakan kulinernya. Salah satu kota tujuan wisata adalah Pekanbaru. Nama kota ini sudah tidak asing lagi karena merupakan salah satu kota terbesar di pulau Sumatera. Pekanbaru adalah ibukota Provinsi Riau dengan budaya melayu yang masih kental. Anda bisa menemukan banyak hal menarik di kota termasuk wisata makanan dan minuman.

Berbicara mengenai wisata kuliner, Pekanbaru memiliki beberapa makanan yang unik dan khas. Selain itu, ada pula makanan yang berasal dari daerah lain tetapi sudah disesuaikan dengan budaya setempat. Makanan tersebut tidak harus dijual di hotel atau restoran mahal. Sebaliknya, mayoritas makanan murah dan nikmat terletak di pinggir jalan.

Satu hari tidak akan cukup untuk melakukan eksplorasi kuliner di Pekanbaru. Banyak sekali tempat menarik dengan menu yang menggugah selera. Anda bisa memulai dari makanan legendaris atau tempat yang sudah ada sejak lama. Setelah itu, Anda mencoba wisata kuliner masa kini yang mulai marak di kota Pekanbaru. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut ini.

1. Pukis Padusari

Pukis Padusari

Image Credit: Findglocal.com

Anda menyukai pukis dan Pekanbaru menawarkan kuliner ini dengan nama pukis padusari. Makanan ini mempunyai citarasa yang khas dengan variasi rasa yang beragam. Anda bisa membeli pukis dengan rasa coklat, keju, pandan, strawberry, nanas, jagung, pandan, dan lainnya. Selain itu, ada pula rasa khusus jika Anda membeli di penjual tertentu.

Pukis termasuk kue yang mudah ditemukan di Pekanbaru. Anda bisa mendapatkan pukis padusari di area-area yang khusus untuk wisata kuliner. Lokasi lain adalah tenda-tenda street food. Karena banyak sekali variasi, Anda cukup memilih sesuai selera. Satu keunggulan lain adalah harganya murah.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Kota Tinggi, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru.

2. Soto Bude Cemara

Soto Bude Cemara

Image Credit: Brosispku.com

Makanan soto sangat khas di Jawa. Namun, Anda akan menemukan soto di Pekanbaru yang terkenal dan legendaris. Soto Bude Cemara termasuk kuliner yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke kota ini. Anda tidak perlu khawatir terkait lokasi sebab soto ini mudah ditemukan. Selain itu, soto selalu ramai sehingga mudah dikenali.

Soto menggunakan bahan-bahan seperti ayam, kuah kaldu, dan sayuran serta bawang goreng. Secara sekilas, soto tersebut tidak berbeda dengan soto lain. Namun, Anda akan merasakan rasa soto sesungguhnya setelah mencicipinya. Karena sudah terkenal, pembeli harus antri dan cukup panjang. Pastikan Anda datang lebih awal sebelum kehabisan.

Lokasi: Jl. Ronggo Warsito No.55, Kel. Suka Maju, Kec. Sail, Kota Pekanbaru.

3. Rujak Aniu Teng Teng

Rujak Aniu Teng Teng

Image Credit: Brosispku.com

Pekanbaru memiliki wisata kuliner yang sudah beroperasi puluhan tahun. Salah satunya adalah Rujak Aniu teng teng. Namanya unik dan orang akan penasaran dengan rasa rujak tersebut. Penjual rujak ini sudah membuka usahanya sejak 1980. Dari pengalaman panjang tersebut, Anda akan melihat kualitas rasa termasuk komposisi bahannya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Indragiri Hulu Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Rujak ini berbeda dengan yang lain meskipun bahan dasar cenderung sama. Rujak menggunakan nanas dan semangka sehingga tampak lebih berwarna dan cerah. Selain itu, resep rujak ditambahkan dengan kacang. Yang menarik, kacang tersebut bukan dalam bentuk halus atau bumbu. Anda melihatnya sebagai kacang utuh untuk meningkatkan citarasa rujak aniu teng teng.

Lokasi: Jl. Dr. Sam Ratulangi No.33, Sago, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru.

4. Pondok Gurih

Image Credit: Tripadvisor.com

Pekanbaru memiliki restoran yang tepat untuk makan bersama keluarga. Tempat tersebut bernama Pondok Gurih. Anda menerka apa yang ada di rumah makan ini. Saat masuk, suasananya sangat nyaman dan disambut dengan bunyi gong. Ini adalah cara Pondok Gurih untuk mengumumkan kedatangan Anda sebagai pelanggan.

Menu-menu di tempat ini memiliki citarasa khas melayu. Selain itu, Pondok Gurih juga menyertakan menu dari daerah lain terutama Sunda dan Jawa. Mereka berusaha untuk memenuhi apa yang diinginkan oleh pengunjung. Restoran ini sangat ramai di jam makan siang bahkan hingga sore hari.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.202, Tengkerang Tengah, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

5. Klapper Pie

Klapper Pie

Image Credit: Liandamarta.com

Wisata makanan di suatu daerah berkembang karena adanya tempat baru. Mereka menyajikan menu yang khas dan unik meskipun bukan asli dari daerah setempat. Namun, tempat ini memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadikannya tujuan kuliner yang layak. Bagi yang suka pie, mereka wajib mengunjungi Klapper Pie.

Tempat ini sangat cocok untuk anak muda dan ingin mencoba sesuatu yang baru. Selain makan di tempat, Klapper Pie juga menyediakan produk untuk dibawa pulang. Anda bisa memesan pie dalam bentuk apapun terutama ukuran kecil yang mudah untuk dimakan. Selain menu, Klapper Pie juga memiliki daya tarik lain yaitu ruangan dengan dekorasi modern dan kontemporer.

Lokasi: Jl. Sumatera No.66b, Simpang Empat, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru.

6. Kampoong Dimsum

Kampoong Dimsum

Image Credit: Facebook.com @Kampoongdimsumpku

Anda suka dengan dimsum dan Pekanbaru memiliki tempat khusus untuk kuliner tersebut. Namanya adalah Kampong Dimsum. Anda bisa memesan dimsum dengan berbagai pilihan rasa. Selain itu, resep di tempat ini sudah disesuaikan dengan citarasa warna Pekanbaru termasuk pengunjung yang berasal dari daerah sekitar.

Lokasinya mudah dijangkau serta terletak di area strategis. Anda bisa menggunakan peta digital untuk penunjuk arah agar tidak kesasar. Harga makanan di Kampoong dimsum sangat terjangkau dan tergolong murah. Satu aspek lagi yaitu makanan dijamin halal. Anda bisa datang kapan saja selama masih buka yaitu antara jam 10 pagi hingga 10 malam.

Lokasi: Jl.Riau, No.58, Kampung Baru, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru.

7. Jimbaran Resto

Image Credit: Brosispku.com

Usaha restoran memiliki persaingan tinggi. Tentu saja, pemilik berusaha menawarkan lebih dari sekedar makanan enak. Jika Anda ingin mencoba hal baru, salah satu restoran pilihan adalah Jimbaran Resto. Namanya sekilas mirip lokasi wisata di Bali. Pemilik menggunakan dekorasi dan konsep Jimbaran untuk menarik lebih banyak pengunjung.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru & Terhits Dikunjungi

Restoran ini cocok untuk keluarga karena suasana dan dekorasinya menunjang. Tentu saja, Anda masih bisa merasakan bagaimana rasanya berlibur di bali. Resto ini menyediakan menu-menu pilihan dengan citarasa lezat. Terkait harga, Anda tidak perlu khawatir karena resto ini sangat terjangkau dari segi harga.

Lokasi: Jl. Putri Indah Gg. Damai Blk. B No.1, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

8. Nasi Kapau

Nasi Kapau

Image Credit: Brosispku.com

Nasi kapau juga tersedia di Pekanbaru. Anda bisa mengunjungi warung makan nasi kapau Asli. Nama tempat ini sudah menunjukkan siapa pemilik dan menu yang ada. Nasi kapau menggunakan rending asli yang lezat serta kerupuk. Selain itu, Anda juga menerima sambal yang gurih dan nikmat.

Yang menarik dari warung ini adalah pengunjung bebas menambah nasi. Jika masih kurang, Anda cukup meminta lagi secara langsung. Menu lezat dan pilihan tambah nasi membuat rumah makan ini menjadi populer. Anda mungkin bisa kalap jika makan nasi kapau di sini.

Lokasi: Jl. Umban Sari, Umban Sari, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru.

9. Satu Cun

Image Credit: Brosispku.com

Salah satu kuliner lain di Pekanbaru adalah sate cun. Namanya mungkin janggal tetapi jenis sate ini cukup populer. Secara umum, sate menggunakan bahan yang sama dengan satu lainnya yaitu daging. Namun, penjual menawarkan bahan lain yaitu lidah. Anda akan merasakan satu dengan komposisi lidah sapi yang langsung dibakar di tempat.

Sate ini tersedia di beberapa tempat dan mudah ditemukan. Anda cukup mengaktifkan peta digital lalu mengetik kata kunci sate cun. Jenis satu ini tersedia di sore hingga malam hari. Karena rasanya yang lezat, banyak orang mengantri untuk membeli. Anda sebaiknya menuju tempat satu cun lebih awal agar tidak kehabisan.

Lokasi: Lembah Damai, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

10. Miso Paklek

Miso Paklek

Image Credit: Licsaysyummy.com

Anda suka dengan miso dan Pekanbaru mempunya tempat khusus untuk wisata kuliner tersebut. Miso Pak Lek adalah tempat dimana Anda bisa mencoba miso lezat buatan Pak lek yang sudah ada sejak dahulu. Berdasarkan informasi, miso ini telah berdiri sejak tahun 1974 dan masih bertahan hingga sekarang.

Pengunjung bisa memilih antara mie kuning dan putih bahkan mencampurnya. Miso menggunakan suwiran ayam dan ayam goreng sehingga sangat lezat. Jika beruntung, Anda bisa meminta ceker goreng selama masih ada. Satu lagi yang harus diketahui adalah Anda harus cepat dan datang lebih pagi untuk memesan tempat.

Lokasi: Jl. Thamrin Ujung No.135, Suka Maju, Kec. Sail, Kota Pekanbaru.

11. Warung Pecel Mbah Rodo

Image Credit: Warung-pecal-mbah-rodo.business.site

Kuliner pecel seolah tidak mengenal tempat. Anda bisa menemukan pecel dimana saja termasuk di Pekanbaru. Tentu saja, pecel yang dimaksud bukan makanan biasa karena memiliki rasa enak dan sudah beroperasi sejak lama. Warung pecel Mbah Rodo termasuk wisata legendaris yang layak untuk dicoba.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Kampar yang Paling Populer

Warung ini sudah dipegang generasi kedua. Berdasarkan informasi, warung pecel ini dibuka tahun 1964 yang masih sederhana. Sekarang, tampilannya bukan layaknya warung karena sudah di tempat permanen. Pecel di tempat ini menggunakan bumbu khas dan bahan pelengkapnya juga pilihan.

Lokasi: Jl. Letkol Hasan Basri No.5A, Simpang Empat, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru.

12. Putu Bambu

Putu Bambu

Image Credit: Tokopedia.com (Infomakan.com)

Nama kue putu sudah tidak asing lagi. Anda sering melihatnya di banyak tempat. Jika berkunjung ke Pekanbaru, kue putu bambu menjadi Andalan wisata kuliner kota ini. Kue ini dikukus tidak dengan cara biasa. Anda bisa melihat langsung bagaimana bambu tersebut menjadi wadah untuk membuat kue putu.

Tekstur kue sangat lembut tetapi cukup solid sehingga tidak mudah pecah saat matang. Anda bisa menikmati kue putu ini sebagai cemilan di sore hari bersama teh atau kopi. Kue ini tersedia di banyak tempat dan mudah ditemukan penjualnya.

Lokasi: Jl. Hang Tuah No.98B, Suka Mulia, Kec. Sail, Kota Pekanbaru.

13. Es Cendol Pak Jenggot

Es Cendol Pak Jenggot

Image Credit: Suarapekanbaru.com

Es cendol pak jenggot adalah kuliner yang tepat bagi merasa dahaga. Tempatnya mudah dijangkau dan es cendol selalu siap menemani pengunjung. Anda bisa memesan langsung dan mencobanya di tempat.

Kesegaran es ini sudah terkenal. Tidak heran jika lokasinya sangat ramai terutama di hari libur. Anda cukup datang lebih awal jika tidak ingin kehabisan tempat.

Lokasi: Jl. Prof. Moh. Yamin, Kota Baru, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru.

14. Martabak Purnama

Martabak Purnama

Image Credit: Cookpad.com

Kuliner martabak tampak biasa karena sudah umum. Tentu saja, setiap daerah memiliki martabak tersendiri. Anda akan menemukan hal berbeda terkait martabak di Pekanbaru.

Salah satunya adalah martabak Purnama. Dari tampilannya, Anda tidak akan menahan diri karena tampak lezat. Martabak ini tersedia dengan harga terjangkau. Anda tidak akan merasa rugi karena membelinya.

Lokasi: Tengkerang Tengah, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

15. Kimteng

Kimteng

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Pekanbaru menjadi pusat kuliner kopi karena banyak sekali usaha sejenis. Salah satunya adalah Kimteng. Anda bisa datang langsung dan menikmati rasa kopi pilihan. Tentu saja, kedai ini juga menyediakan menu lain yang layak untuk dicicipi.

Anda bisa memesan roti bakar yang memiliki tekstur lembut serta selai yang gurih dan nikmat. Selain itu, pemilik juga menyiapkan menu besar seperti dimsum, mie ayam, dan bubur. Anda cukup memilih menu apa yang cocok untuk mengisi perut. Setelah itu, Anda menggabungkannya dengan kopi yang nikmat.

Lokasi: Jl. Senapelan No 22 A-B-C, Kampung Bandar, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru.

Itulah 15 rekomendasi wisata kuliner di Pekanbaru yang terkenal lezat dan memiliki harga terjangkau. Pengunjung cukup memilih apa makanan yang ingin dicoba. Masing-masing memiliki rasa dan suasana tersendiri. Anda bebas mencoba apapun bahkan masih banyak rumah makan lain yang layak untuk dikunjungi selama berlibur di Pekanbaru.