Sumatra Selatan

10 Wisata Kuliner di Prabumulih yang Murah dan Enak

Kota Prabumulih terkenal dengan kulinernya yang lezat dan ramah di kantong. Inilah daftar tempat wisata kuliner di Prabumulih yang terkenal enak dan wajib Anda kunjungi.

Kota Prabumulih merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Selatan. Kota prabumulih dikenal sebagai kota minyak, karena setiap tahunnya dapat menghasilkan ribuan barel minyak bumi dan jutaan gas alam.

Tidak hanya itu, kota Prabumulih juga terkenal dengan kota nanas, karena salah satu hasil pertanian yang terkenal adalah nanas dengan rasa yang manis. Selain itu, masih banyak lagi kuliner khas yang ada di kota ini.

Hal yang semakin membuat pengunjung tertarik berkunjung, kota ini juga terkenal dengan makanannya yang enak dan dibandrol dengan harga yang terjangkau. Berikut deretan wisata kuliner di Prabumulih yang murah dan enak.

1. Rumah Makan Lombok Ijo

Rumah Makan Lombok Ijo

Image Credit: Maps.google.com @devi rismanti

Rumah Makan Lombok Ijo merupakan salah satu rumah makan di Kota Prabumulih yang sangat cocok dikunjungi untuk makan bersama keluarga ataupun untuk acara resmi seperti meeting kantor. Rumah makan ini memiliki tempat yang luas, terdapat kursi dan juga lesehan.

Lokasinya yang strategis dan rasa makanan yang lezat menjadikan rumah makan ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Rumah Makan Lombok Ijo menyajikan berbagai menu dengan harga yang relatif murah. Bagi Anda yang ingin wisata kuliner ke Kota Prabumulih wajib untuk mengunjungi rumah makan satu ini.

Rumah Makan Lombok Ijo menyajikan menu ayam, daging, kikil, soto, mie, ikan, pempek dan lain sebagainya. Rumah makan ini terkenal dengan tempatnya yang nyaman, menu yang variatif, serta makanannya yang enak dengan harga yang terjangkau.

Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 09.30 sampai dengan 21.45. Disini juga disediakan fasilitas berupa tempat parkir yang luas, toilet, dan juga musholla.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.14, Tugu Kecil, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

2. Pempek Semar

Pempek Semar

Image Credit: Bukalapak.com

Bagi Anda yang sedang berwisata kuliner di Kota Prabumulih, wajib mengunjungi tempat makan satu ini. Pempek yang dijual di tempat makan ini memiliki rasa yang tidak kalah enak dengan pempek yang ada di Kota Palembang.

Rumah makan ini menyediakan tempat yang luas dan nyaman. Menu yang disajikan sangat bervariatif, diantaranya yaitu pempek, lenggang, mie celor, model, rujak mie, tekwan, jus buah, es campur, dan lain sebagainya.

Menu favorit dari Pempek Semar yaitu pempek dan mie celor. Pempek yang kenyal dan lembut dan disiram dengan cuka yang memiliki rasa pedas, manis, dan asam membuat siapapun akan ketagihan. Selain itu mie celor yang disajikan juga tak kalah nikmat dan mampu menggugah selera.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Empat Lawang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Makanan dan minuman yang disajikan di Pempek Semar dibandrol dengan harga yang relatif murah, yaitu dari Rp 4000 sampai dengan Rp20.000. Tempat satu ini sangat cocok dikunjungi saat Anda berwisata kuliner ke Kota Prabumulih dengan budget yang minim.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.120, Tugu Kecil, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

3. Mie Ayam Manalagi

Mie Ayam Manalagi

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Mie Ayam Manalagi menjadi salah satu rekomendasi yang paling cocok saat berwisata kuliner. Tempat makan ini berada di tangga pasar Kota Prabumulih dan sangat ramai diminati oleh warga lokal maupun para wisatawan.

Mie Ayam Manalagi memiliki tempat sederhana khas melayu. Terdapat meja kayu dengan taplak plastik dan kursi plastik. Rumah makan ini memiliki tempat yang lumayan kecil, hanya bisa menampung kurang lebih 20 orang.

Seperti namanya, tempat makan ini menjual mie ayam yang terkenal dengan rasanya yang lezat dan harga yang ramah di kantong. Satu porsi penuh mie ayam dibandrol dengan harga Rp 15.000. Bagi Anda yang ingin makan dengan porsi sedikit, Anda cukup membayar Rp 10.000 untuk satu porsinya.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Pasar Prabumulih, Kec. Prabumulih Utara, Kota Prabumulih.

4. Bakso Tiga Dara

Bakso Tiga Dara

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Bakso Tiga Dara menawarkan menu bakso terbaik dengan resep khas yang dapat menggugah selera. Anda akan langsung mencium bau yang sedap saat memasuki tempat makan ini. Tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 21.00.

Tempat makan yang terkenal di Kota Prabumulih ini menyediakan tempat yang luas dan nyaman bagi para pelanggan yang makan di tempat. Pelanggan juga bisa memesan untuk dibawa pulang ke rumah. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, pasangan, maupun teman.

Bakso Tiga Dara menjadi salah satu opsi wisata kuliner pagi para wisatawan yang memiliki budget minim. Satu porsi bakso biasa dibandrol dengan harga Rp 10.000. Sedangkan satu porsi bakso komplit yang berisi daging, tahu, dan urat dibandrol dengan harga Rp 20.000.

Lokasi: Jl. Urip Sumodiharjo, Pasar II Prabumulih, Kec. Prabumulih Utara, Kota Prabumulih.

5. Rumah Makan Pindang Pondok Bambu Prabumulih

Rumah Makan Pindang Pondok Bambu Prabumulih

Image Credit: Rumahmakanpondokbambu.business.site

Rumah Makan Pindang Pondok Bambu Prabumulih terkenal dengan suasananya yang sejuk dan asri. Memiliki tempat yang luas dan didominasi oleh pondok-pondok lesehan. Fasilitas yang tersedia yaitu area parkir yang luas, musholla, dan juga toilet.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Muara Enim yang Paling Populer

Rumah makan ini menyajikan aneka menu olahan pindang, seafood, ayam, sayur, dan lain-lain. Tersedia juga es kelapa muda segar yang mampu menghilangkan dahaga. Menu makanan dan minuman disini dibandrol dengan harga yang sangat sesuai dengan kualitas rasanya yang begitu nikmat, yaitu sekitar Rp 15.000 sampai dengan Rp 100.000.

Memiliki area tempat yang terbuka menjadikan rumah makan ini diminati oleh warga lokal maupun para pelancong. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 21.00.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Muara Dua, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

6. Kedai Pempek 71 Prabumulih

Kedai Pempek 71 Prabumulih

Image Credit: Maps.google.com @Orbansyah Md

Salah satu tempat makan yang menyajikan menu pempek nikmat dan lezat yaitu Kedai Pempek 71 Prabumulih. Kedai ini buka pada hari senin sampai Sabtu mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00.

Kedai ini menyajikan menu pempek, tekwan, kerupuk keriting, laksan, otak-otak, celimpungan, model, dan lain sebagainya. Semua makanan yang disajikan bebas dari bahan pengawet dan 100% halal. Kedai ini juga menyediakan tempat yang bersih untuk para pelanggan yang ingin makan di tempat.

Makanan yang disajikan di kedai ini memiliki rasa yang enak dan tidak bau. Makanan disini dibandrol dengan harga yang relatif murah. Anda hanya perlu merogoh uang sebesar Rp 10.000 untuk pempek lenjer dan pempek telor kapal selam, dan uang sebesar Rp 1.500 per-satuan pempek kecil.

Lokasi: Jl. Bangu, Tugu Kecil, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

7. Martabak AJ

Martabak AJ

Image Credit: Grab.com

Martabak AJ atau Martabak Jhoni terletak di pinggir jalan Kota Prabumulih. Martabak ini merupakan salah satu martabak yang terkenal di kota ini. Martabak AJ buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00.

Menu makanan dan minuman yang disajikan di tempat ini sangatlah sederhana. Menunya yaitu martabak telur ayam, martabak telur bebek, martabak kentang, martabak spesial, teh botol, kopi manis dan teh manis.

Selain menunya yang enak, Martabak AJ juga terkenal dengan harga makanan dan minumannya yang ramah di kantong yaitu sebesar Rp 3.000 sampai dengan Rp 10.000. Makanan satu ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin makan dengan harga yang murah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Ogan Komering Ilir Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Prof. Moh. Yamin, Mangga Besar, Kec. Prabumulih Utara, Kota Prabumulih.

8. Mie Pangsit ATADC

Mie Pangsit ATADC

Image Credit: Mie-pangsit-bakso-atadc.business.site

Masakan berbahan mie merupakan salah satu makanan favorit di Kota Prabumulih. Salah satu tempat makan yang menyediakan olahan mie yaitu Mie Pangit ATADC. Menu yang disajikan yaitu mie yang dilengkapi dengan kuah, ayam, bakso, dan juga pangsit.

Mie Pangsit ATADC telah dibangun sejah tahun 2007. Tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 06.30 sampai dengan pukul 18.30.

Tempat makan ini terkenal dengan mie nya yang tipis dan kenyal serta kuah kaldu yang segar. Ayam yang terdapat di mie juga dibumbui dengan pas. Harga untuk satu porsi mie pangsit sangat murah, yaitu Rp 10.000.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.58, Muara Dua, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

9. Master Bakar

Master bakar

Image Credit: Master-bakar.business.site

Bagi Anda yang ingin menikmati kuliner yang dibakar, Anda bisa mengunjungi warung makan satu ini. Master Bakar merupakan salah satu warung yang terkenal akan menunya yang lezat.

Warung makanan ini menyediakan ayam bakar, ikan bakar, tongseng ayam dan kambing serta macam-macam mie dan banyak lagi menu lainnya. Menu makanan di Master Bakar dibandrol dengan harga yang murah dan terjangkau.

Mater Bakar menyediakan tempat yang nyaman dan asri dengan konsep pondok-pondok lesehan yang sangat cocok digunakan untuk tempat berkumpul. Tempat ini juga menyediakan area parkir yang luas.

Lokasi: Jl. Padat Karya No.333, Gunung Ibul, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

10. Mie Awek

Mie Awek

Image Credit: Maps.google.com @sugeng saputra

Mie Awek merupakan salah satu tempat makan yang terkenal di Kota Prabumulih. Terletak di lokasi yang mudah di jangkau, memiliki tempat yang nyaman dan tempat parkir yang luas.

Tempat makan ini menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Diantaranya yaitu mie pangsit, mie goreng, mie kuah, pu yung hai, bihun, dan nasi capcay.

Mie Awek menjadi tempat makan yang sangat ramai dikunjungi oleh para warga lokal maupun wisatawan. Makanannya yang terkenal enak dengan harga yang sangat terjangkau menjadikan Mie Awek sebagai salah satu wisata kuliner yang wajib dikunjungi.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Tugu Kecil, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

Itulah rekomendasi tempat wisata kuliner favorit di Kota Prabumulih yang terkenal enak dan murah. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke kota ini, wajib untuk mengunjungi tempat-tempat diatas. Selain terkenal dengan wisata alamnya yang mempesona, Kota Prabumulih juga terkenal dengan kulinernya yang menggoyangkan lidah. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan pengetahuan Anda.