10 Wisata Kuliner di Rokan Hulu yang Murah & Enak

Beragam pilihan sajian khas di Rokan Hulu mungkin membuat Anda kebingungan saat memilih. Inilah rekomendasi wisata kuliner di Rokan Hulu yang dijamin lezat.

Semua orang mendambakan wisata kuliner sepuasnya ketika berlibur di suatu tempat. Pastinya, Anda juga ingin menyicipi makanan khas daerah yang tampak menggiurkan dan menjadi ikon dari kota tersebut. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan sejuta pesona budaya yang tak terelakkan. Termasuk dalam penyajian masakan yang beraneka ragam dengan cirinya masing-masing.

Salah satu pulau di Indonesia yaitu Kepulauan Riau memiliki banyak daerah-daerah terkenal akan kulinernya yang sedap. Rokan Hulu merupakan kabupaten yang menyediakan berbagai macam wisata menarik untuk dikunjungi. Mulai tempat-tempat alami seperti bukit dan pantai hingga taman rekreasi buatan dari pihak pariwisata. Disamping itu, terdapat banyak masakan khas Rokan Hulu yang menanti.

Masakan berkuah, garing, atau keduanya mudah ditemukan di Rokan Hulu. Kekreatifan dalam menyajikan bumbu-bumbu mampu menghasilkan cita rasa yang lezat dengan komposisi pas. Namun, sebelum memasuki ajang pencarian kuliner, Anda perlu mengetahui apa saja menu masakan populer dari Rokan Hulu. Berikut daftar wisata kuliner favorit di Rokan Hulu yang bisa Anda pilih.

1. Kokek Asam Durian

Kokek Asam Durian
Image Credit: Cookpad.com

Wisatawan yang baru datang pertama kali di Rokan Hulu bisa mencoba masakan kokek asam durian yang terasa nendang di lidah. Rasanya yang unik serta bervariasi membuat sulit dilupakan sejak suapan pertama. Bahan-bahan yang digunakan ialah petai dan ikan teri yang kemudian ditaburi saus asam durian. Saus durian yang dicampurkan sudah melalui formula terbaik.

Selain itu, untuk menyedapkan rasa maka Anda membutuhkan gilingan halus dari beberapa bahan rempah-rempah meliputi bawang merah, cabe merah, tomat, dan cabe rawit. Blender hingga halus kemudian mencampurkan gilingan tersebut bersama bahan lainnya. Aduk sampai merata dan biarkan matang di atas perapian yang tidak kecil tapi juga tidak besar.

Jangan lupakan geprekan serai, petai, dan ikan teri agar cita rasanya bertambah lezat. Supaya warnanya terkesan lebih hidup, tambahkan daun kunyit. Daun kunyit dan sereh tadi dapat dijadikan sebagai pengharum masakan. Harganya cukup terjangkau dan tersedia di setiap rumah makan atau restoran di Pasir Pengaraian Rokan Hulu.

Lokasi: Pasir Pengaraian, Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu.

2. Asam Pedas Ikan Baung

Asam Pedas Ikan Baung
Image Credit: Facebook.com @alfa.scorpii.56

Anda tidak perlu terkejut lagi saat menemukan berbagai macam masakan yang memiliki cita rasa asam. Karena rasa tersebut sudah menjadi ciri khas di wilayah Rokan Hulu. Untuk mendampingi rasa asam maka perpaduan pedaslah yang sempurna. Misalnya seperti asam pedas ikan baung yang disajikan dalam semangkuk porsi dengan beraneka ragam bahan.

Pemilik rumah makan atau restoran selalu mengambil stok ikan baung dari nelayan secara langsung sehingga kondisinya masih segar ketika dimasak. Jadi, cita rasanya dapat optimal dengan tambahan bumbu-bumbu resep yang telah diturunkan turun-temurun. Ikan baung yang masih baru akan terasa begitu lembut dan empuk ketika dikunyah. Apalagi dengan sesuap kuah.

Para nelayan mudah menangkap ikan baung karena ikan tersebut banyak ditemukan di sungai Rokan. Setelah dimasak dan melalui proses pematangan sempurna, Anda akan merasakan cita rasa gurih asam manis saat disantap. Hidangan terasa lebih mantap jika disajikan bersama irisan nanas yang menyegarkan.

Lokasi: Kec. Ujung Batu, Kab. Rokan Hulu.

3. Putri Mandi

Putri Mandi
Image Credit: Tribunnews.com

Menu selanjutnya dari Rokan Hulu adalah putri mandi. Dari namanya saja sudah terdengar menarik. Anda pasti menebak masakan apa yang dijuluki putri mandi. Masakan ini terbuat dari tepung ketan yang telah direbus dan kemudian diberi campuran kuah kental berupa santan. Apabila Anda familier dengan kolak, kurang lebih seperti itu penampakannya.

Putri mandi sangat cocok dimakan sebagai hidangan pencuci mulut. Setelah merasakan asin, asam, pedas dari hidangan utama selanjutkan akan ditutup memakai putri mandi yang terkenal dengan rasa manisnya. Jika sedang menyantapnya saat musim panas tiba, jangan lupa masukkan beberapa balok es batu agar terasa lebih menyegarkan dahaga.

Lokasi: Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu.

4. Sambal Lado Pokek Asam Durian

Sambal Lado Pokek Asam Durian
Image Credit: Cookpad.com

Jenis masakan yang dicampuri dengan asam durian memang cukup terkenal di Rokan Hulu. Al itu dikarenakan wisatawan lokal hingga mancanegara menyukai rasanya. Sambal lado ini tidak akan lengkap tanpa sajian nasi putih hangat. Banyak orang di pinggir jalan atau restoran yang menjual menu ini dengan harga murah meriah. Tentunya rasa tidak diragukan lagi pasti enak.

Karena termasuk olahan sambal, tidak heran bahan utama yang dipakai adalah abi, bawang merah, ikan teri, petai, dan asam durian secukupnya. Haluskan bumbu tertentu seperti misalnya bawang merah dan cabai. Ketika telah digiling halus, maka tumis bersama kuah santan dan asalm durian hingga mendidih. Baru setelahnya menambahkan petai serta ikan teri.

Sambal Lado Pokek Asam Durian cukup populer dikalangan masyarakat lokal setempat. Anda bisa membungkusnya dan menaruh ke dalam toples kaca untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh kepada rekan dan keluarga tercinta.

Lokasi: Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu.

5. Ongol-Ongol

Ongol-Ongol
Image Credit: Rofisaputra7.blogspot.com

Jajanan daerah yang masih cukup terkenal dan diproduksi oleh masyarakat adalah ongol-ongol. Makanan ini terbuat dari bahan gula merah yang dibentuk adonan bersama tepung sagu. Anda bisa membelinya di toko terdekat di area wisata dan memakannya sebagai camilan ringan. Ongol-ongol juga bisa dijadikan pengganjal perut ketika lapar tapi belum sampai rumah makan.

Anda mungkin tidak asing dengan klepon, rasanya hampir sama dengan ongol-ongol. Apalagi diatasnya dibubuhi parutan kelapa yang menjadikannya gurih. Jajanan ini mudah dimakan karena sebelumnya telah dipotong dalam ukuran kecil sehingga menelannya gampang. Bungkuskan beberapa untuk keluarga yang menunggu di rumah.

Lokasi: Pasar tradisional, Kab. Rokan Hulu.

6. Anyang Pangkek

Anyang Pangkek
Image Credit: Facebook.com @dinda.k.wardani.3

Bahan baku yang dipakai membuat anyang pangkek antara lain pakis dan rotan. Tampilannya mirip seperti urap. Meskipun komposisi bahannya jelas berbeda. Perbedaan tersebut tampak pada parutan kelapa pada urap dan santan pada anyang pangkek. Selain kedua bahan tersebut, makanan ini juga membutuhkan umbi yang menjelang tua tapi masih tergolong muda.

Masakan ini dapat dinikmati sebagai awalan sebelum menyantap nasi. Mayoritas orang tualah yang berburu ayang pangkek karena terasa pas di lidah. Anda juga harus mencobanya untuk membuktikan kelezatan itu sendiri. Tambahkan perasan jeruk nipis supaya terasa segar.

Lokasi: Pasir Pengaraian, Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu.

7. Gulai Ikan Salai

Gulai Ikan Salai
Image Credit: Facebook.com (Titin Ampuu)

Masakan kuah seperti gulai memang sering ditemui saat berwisata kuliner. Tapi, tahukah Anda bahwa Rokan Hulu mempunyai ciri khas tersendiri dalam menyajikan gulai. Bahan yang digunakan sebagai isian bukanlah ayam ataupun daging. Namun, ikan salai yang ditangkap baru dan segar dari para nelayan. Jika Anda tidak tahu ikan salai samakan saja dengan ikan patin.

Bumbu rempah-rempah yang dibutuhkan agar menciptakan kaldu lezat ialah bawang merah, bawang putih, serai, daun kunyit, daun salam, asam, jahe, lengkuas, dan cabai rawit. Haluskan semua bumbu yang ada dan masak bersama perasan santan. Baru kemudian masukkan ikan salai, rebus hingga matang. Beri topping berupa daun bawang sebagai penyedap rasa.

Lokasi: Pasar tradisional, Kab. Rokan Hulu.

8. Es Air Mata Pengantin

Es Air Mata Pengantin
Image Credit: instagram.com @mutmuthea

Tentunya Anda membutuhkan sensasi segar ketika berlibur terlebih lagi di tengah teriknya matahari. Oleh karena itu, menu es air mata pengantin sangat direkomendasikan untuk dicoba. Meskipun namanya terdengar unik, rasa dari es ini begitu menyegarkan dan mampu melegakan dahaga setelah lelah bermain seharian.

Perpaduan dari berbagai sirup warna-warni dengan kombinasi biji selasih dan blewah menjadikan minuman ini sebagai favorit para wisatawan. Anda bisa dengan mudah mengenali minuman ini karena variasi warnanya yang mencolok yaitu hijau kuning, merah muda, dan atasnya berwarna putih. Sudah seperti pelangi.

Lokasi: Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu.

9. Mie Sagu

Mie Sagu
Image Credit: Facebook.com @gerai.olaholeh.1

Karena mie sagu termasuk kuliner khas dari Kepulauan Riau, maka dari itu Rokan Hulu juga menyediakan hidangan serupa. Sagu merupakan bahan pokok selain nasi yang dimakan sehari-hari. Oleh karena itu, banyak tangan-tangan kreatif yang mengubah bahan makanan pokok tersebut dalam versi lain yaitu mie. Seperti namanya, mie sagu terbuat dari adonan sagu.

Bagi penderita diabetes aman mengkonsumsi kuliner ini karena sagu tidak mengandung kadar gula dalam jumlah banyak. Biasanya, tampilan dari jauh tampak seperti mie ayam. Tetapi, jika diperhatikan kembali maka terlihat perbedaannya. Mulai dari isian topping hingga rasa kuahnya. Tambahkan kecap jika dirasa kurang manis dan saos tomat bila dirasa kurang pedas.

Lokasi: Pasir Putih, Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu.

10. Ikan Selais Asap

Ikan Selais Asap
Image Credit: Facebook.com @dinda.k.wardani.3

Olahan ikan di Rokan Hulu memang cukup bervariasi. Salah satunya adalah ikan selais asap yang melalui proses pengasapan dalam jangka waktu tertentu untuk menghasilkan rasa sedap dan gurih ketika disantap. Selain itu, ikan ini mempunyai ketahanan yang lumayan lama. Rasa dari ikan selais tambah sedap jika dimakan bersama sepiring nasi putih hangat.

Supaya menambah varian rasa, beri sambal balado atau jenis sambal lainnya sebagai lapisan paling atas. Anda juga dapat mencocolnya dengan saos bumbu tertentu yang disenangi. Bahkan ikan ini juga dijual untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Lokasi: Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu.

Nah, itulah menu-menu populer untuk kulineran di Rokan Hulu yang disarankan untuk para wisatawan. Usai kegiatan berwisata selesai, saat memasuki jam makan siang atau makan malam, Anda bisa mampir di beberapa restoran atau rumah makan terdekat untuk menyantap makanan khas daerah.