Sumatra Barat

8 Wisata Kuliner di Sawahlunto yang Murah & Enak

Sawahlunto memiliki beragam makanan khas yang dijamin enak dengan cita rasa dan budaya orang Minang. Ada banyak tempat wisata kuliner enak dan murah di Sawahlunto yang harus Anda coba saat berkunjung.

Sawahlunto memiliki beragam makanan atau kuliner khas yang menarik untuk dicoba. Kota yang dikenal sebagai tambang batubara di zaman Belanda ini adalah salah satu destinasi wisata kuliner di Sumatera Barat. Menyimpan berbagai warisan budaya dan kuliner yang akan memanjakan Anda terutama untuk para pecinta wisata kuliner.

Kota yang berada di daerah Sumatera Barat ini terkenal dengan aneka makanan tradisional, mulai dari yang pedas, gurih, berkuah, hingga jajanan-jajanan manisnya. Anda bisa datang ke kawasan kota tua di Sawahlunto yang menjadi pusat kuliner. Beragam makanan khas di Sawahlunto memang masih terjaga dan mudah ditemukan.

Jika Anda sedang berwisata atau sedang melewati daerah ini, sebaiknya cicipi beberapa kuliner khas yang menggugah selera di Sawahlunto. Ada banyak pilihan kuliner yang akan memuaskan rasa lapar Anda seperti beberapa kuliner khas Sawahlunto yang murah dan terkenal enak berikut ini.

1. Gulai Kepala Ikan Karang Rumah Makan Pak Malin

Gulai Kepala Ikan Karang Rumah Makan Pak Malin

Image Credit: Yudhaarif.com

Kuliner lezat ini dibuat dengan bahan dasar ikan kerapu, ikan kakap, kerang, atau hewan laut lain yang diperoleh di sekitar karang. Jadi gulai khas Sawahlunto ini disebut sebagai gulai kepala ikan karang. Makanan dengan kuah kental ini banyak disajikan sebagai menu andalan di Sawahlunto seperti di Rumah Makan Pak Malin.

Ikan yang digunakan adalah ikan-ikan segar karena diperoleh langsung di tempat pelelangan ikan. Kepala ikan yang disajikan tidak amis dengan kuat gulai yang tidak begitu kental. Rasa kuahnya kaya akan rempah karena dibuat dari berbagai bahan seperti lengkuas, kunyit, dan cabai.

Gulai kepala ikan karang dapat dinikmati dengan nasi atau lontong. Harganya pun terjangkau dan disesuaikan dengan ukuran ikan yang digunakan. Selain gulai kepala ikan karang, berbagai olahan seafood di rumah makan ini juga dapat Anda coba. Jangan lupa juga untuk mencoba sambal hijau dan sambal jengkol yang ada di tempat ini.

Lokasi: Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

2. Pical Lubang Mbah Soero

Pical Lubang Mbah Soero

Image Credit: Vakanjogja.com

Rumah makan Pical Mbah Soero dapat menjadi destinasi wisata kuliner saat Anda berada di Sawahlunto. Menu andalan yang wajib dicoba tentu saja Pical. Kuliner khas Sawahlunto ini disajikan dengan saus kacang kental. Pical terdiri dari sayuran hijau seperti kol ditambah potongan tahu, mie kuning, dan kemudian disiram saus kacang.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tebing Tinggi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ada juga yang menyajikan pical khas Sawahlunto dengan tambahan mentimun. Daun singkong, dan jantung pisang. Penyajiannya juga tidak ketinggalan dengan taburan bawang goreng kerupuk merah. Kerupuk khas tanah Minang yang akan membuat suasana makan pical lebih ramai.

Pical menjadi salah satu kuliner Sawahlunto yang masih sangat mudah dijumpai. Harganya pun sangat terjangkau untuk satu porsi pical. Jika ingin satu porsi pical lengkap, Anda bisa menambahkannya dengan telur.

Rasa khas dari pical Sawahlunto ini berasal dari bumbu kacangnya yang dibuat dengan campuran gula aren, asam jawa, daun asam, dan kencur. Proses pembuatan pical yang dilakukan secara manual dan tradisional membuat cita rasanya sangat khas. Pical atau pecel khas Sawahlunto dapat disajikan bersama lontong untuk mengobati rasa lapar.

Lokasi: Kelurahan Tanah Lapang, Kec. Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

3. Dendeng Batokok

Dendeng Batokok

Image Credit: Reseppedia.com

Rumah makan Dendeng Batokok adalah salah satu tempat wisata kuliner yang banyak direkomendasikan, khususnya bagi Anda yang sedang berada di Sawahlunto. Tempat makan ini menyediakan berbagai menu makanan khas Padang. Menu andalannya adalah dendeng batokok yang berbahan dasar daging sapi.

Memiliki aroma dan rasa rempah-rempah yang menghangatkan. Rempah-rempah yang digunakan benar-benar meresap hingga ke dalam serat daging. Penyajian dendeng batokok ini biasanya ditemani dengan sambal cabai merah atau sambal balado. Namun, ada juga yang menyajikan dendeng batokok dengan sambal cabai hijau atau lado mudo.

Nama dendeng batokok sendiri diambil dari proses pembuatannya yang melalui tahap batokok atau memukul. Daging sapi yang direbus dan dilumuri bumbu akan dipukul hingga pipih sebelum dibakar atau digoreng. Biasanya daging digoreng tidak terlalu garing sehingga tidak alot.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, RW.Simpang 3, Muaro Kalaban, Kec. Silungkang, Kota Sawahlunto.

4. Ayam Kaget Lado Mudo

Ayam Kaget Lado Mudo

Image Credit: Cookpad.com

Salah satu tempat wisata kuliner di Sawahlunto yang menarik untuk dikunjungi adalah rumah makan ayam kaget lado ijo. Menu ayam ini menjadi kuliner andalan yang dapat dicoba saat Anda berwisata ke Sawahlunto. Kuliner dengan rasa pedas seperti kebanyakan makanan Minang yang menggugah selera makan tentunya.

Tempat yang nyaman dan hidangan yang lezat dapat Anda nikmati di rumah makan ini. Menu ayam kaget lado mudo dibuat dari daging ayam yang digoreng dan kemudian disiram dengan sambal cabai hijau. Rasanya lezat dengan sensasi pedas yang khas makanan Padang, sangat cocok disantap dengan nasi hangat.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Bukittinggi yang Murah & Enak

Ayam kaget lado mudo khas Sawahlunto ini ada juga yang dimasak dengan cara ditumis. Bahan untuk bumbu ayam antara lain asam kandis, lengkuas, ketumbar, kemiri, jahe, dan tentunya cabe rawit hijau. Setelah menumis bumbu hingga harum, daging ayam dimasukan dan ditambahkan air hingga terendam.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Kel. Pasar, Kec. Lembah Segar, Kota. Sawahlunto.

5. Sop Silungkang Rumah Makan Pondok Selohan

Sop Silungkang Rumah Makan Pondok Selohan

Image Credit: Palantabudaya.blogspot.com

Makanan hangat dan berkuah tidak sulit ditemukan di Sawahlunto. Salah satu pilihan makanan dengan kuah segar dan pedas adalah sup silungkang. Olahan sop daging sapi ini menjadi salah satu kuliner favorit bagi para wisatawan yang datang ke Sawahlunto. Satu porsi sup silungkang ini biasanya disajikan dengan nasi dan kerupuk merah.

Menggunakan daging sapi segar membuat sop silungkang banyak disukai. Selain daging sapi, satu porsi sop silungkang biasanya disajikan dengan lemak daging sapi. Daging yang dimasak benar-benar matang hingga tulang-tulang kecilnya cukup renyah untuk dinikmati.

Kuahnya menghangatkan dengan aroma wangi dari taburan bawang goreng. Sop ini dapat Anda nikmati bersama nasi untuk menghangatkan perut, terutama jika Anda sedang berada di perjalanan di daerah Sawahlunto. Jangan lupa untuk menikmati sop dengan sambal dan kerupuk merah khas Sawahlunto.

Lokasi: Jl. M Yamin, simpang Logas, Sijunjuang, Kec. Muaro, Kota. Sijunjung, Kab. Sijunjung

6. Ale-Ale Apam Silungkang

Ale-Ale Apam Silungkang

Image Credit: Cookpad.com

Ale-ale apam dikenal sebagai salah satu jajanan khas Sawahlunto dengan rasanya yang manis. Bahan utama dari kuliner ini antara lain tepung beras, santan, gula aren, dan daun pandan. Jajanan lezat dan murah meriah ini dapat ditemukan dengan mudah di pinggir jalan di daerah Sawahlunto.

Biasanya penjual menjajakan ale-ale apam sejak dini hari hingga subuh. Pelancong yang datang ke Sawahlunto wajib mencoba ale-ale apam ini atau dibeli untuk oleh-oleh. Rasa manisnya yang pas membuat jajanan ini banyak disukai, oleh anak-anak dan orang dewasa. Kue tradisional ini cocok disantap dengan teh manis hangat atau wedang jahe.

Tekstur kue ini cukup lembut dengan warnanya yang putih. Aromanya pun wangi karena dibuat dengan campuran santan kelapa dan pandang. Selain untuk camilan, kue ale-ale apam ini juga dapat menjadi jamuan saat rapat atau pertemuan penting lainnya. Ale-ale apam adalah pilihan jajanan murah dan tentunya lezat untuk semua orang.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Sijunjung yang Paling Enak

Lokasi: Dusun Tangah Sawah, Desa Silungkang Duo, Kec.Silungkang, Kota. Madya Sawahlunto.

7. Pinyaram Habil

Pinyaram Habil

Image Credit: Pinyaram-habil.business.site

Pinyaram Habil merupakan salah satu toko kue yang menyediakan oleh-oleh khas Sawahlunto yakni kue pinyaram. Bahan dasar untuk kue pinyaram adalah tepung beras dan gula untuk kemudian digoreng dengan cetakan khusus. Sebelum digoreng, adonan kue perlu didiamkan selama satu malam.

Apabila adonan terlalu kental, maka bisa diberi tambahan air. Selanjutnya adonan akan digoreng dengan minyak panas hingga matang kecokelatan. Kue tradisional ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Beberapa varian juga ada yang memiliki aroma pandan yang cukup wangi. Kue tradisional Sawahlunto ini cocok untuk camilan dengan teh hangat.

Selain original, kini banyak juga yang menjual kue pinyaram dengan tambahan rasa seperti ketan hitam dan pasta pandan. Selain untuk camilan, kue pinyaram juga sering disajikan untuk acara-acara tertentu seperti upacara adat, pernikahan, dan perayaan idul fitri. Anda bisa memborong kue pinyaram ini sebagai oleh-oleh.

Lokasi: Kayu Tanam, Kec.Kayu Tanam, Kab. Padang Pariaman.

8. Lamang Tungkek Talawi

Lamang Tungkek Talawi

Image Credit: Makananoleholeh.com

Kuliner khas Sawahlunto yang perlu dicoba salah satunya adalah lamang tungkek. Makanan ini dapat diperoleh di sekitar daerah Talawi, Sawahlunto. Bahan utamanya adalah tepung beras ketan yang dicampur dengan santan kelapa dan gula aren. Adonan lamang kemudian dibungkus daun pisang dan diikat dengan tali.

Masyarakat Sawahlunto biasanya mengikat hingga enam lamang sekaligus. Jadi bentuknya memanjang dan kemudian lamang dikukus hingga matang kurang lebih 15 menit. Lamang dapat langsung disajikan dan dinikmati selagi hangat. Rasa lamang atau lemang khas Sawahlunto ini adalah manis dan juga gurih.

Kuliner khas Sawahlunto ini paling banyak dibuat oleh masyarakat saat musim lebaran haji.  Proses memasak lamang tungkek ini pun biasanya dilakukan dengan gotong royong dan untuk porsi yang besar. Namun untuk Anda yang sedang berada di Sawahlunto dan ingin mencicipi lamang khas ini bisa mencarinya di daerah Talawi.

Lokasi: Dusun Tangah Sawah, Desa Silungkang Duo, Kec. Silungkang, Kota Sawahlunto.

Itulah beberapa pilihan tempat wisata kuliner yang murah dan enak di Sawahlunto, Sumatera Barat. Bahan dan proses pembuatan yang dilakukan secara turun temurun, menjadikan makanan-makanan ini memiliki cita rasa khas kuliner Minang.