Riau

10 Wisata Kuliner di Siak yang Murah & Enak

Kabupaten Siak memiliki beragam makanan khas yang dijamin enak. Ada banyak tempat kuliner enak dan murah yang harus Anda coba saat berkunjung.

Bicara wisata kuliner di Kabupaten Siak Sri Indrapura, ada salah satu makanan khas yang wajib dicoba yakni Bolu Kemojo. Salah satu hidangan atau makanan khas tempat ini yang berwujud kue bolu. Konon katanya bolu kemojo hanya dikonsumsi untuk penduduk Siak, tetapi sejalannya waktu, bolu kemojo banyak dijual di toko-toko kue dan pusat oleh-oleh.

Kabupaten di Provinsi Riau ini menjadi salah satu tempat yang masuk dalam list destinasi wisata para pengunjung atau masyarakat Riau sendiri. Di sini ada Istana Siak yang menjadi ikon dari kabupaten Siak Sri Indrapura di provinsi Riau ini. Makanan khasnya pun menjadi salah satu hal yang dicari seperti Bolu Kemojo tadi, lalu masih ada Kue Bangket yang berwarna putih dan khas buatan warga Siak, serta masih masih banyak lagi.

Kabupaten ini memang cukup menjadi sorotan masyarakat untuk dijadikan tempat untuk berwisata. Apalagi banyak hidangan spesial di sini yang bisa dinikmati sehingga wisata kulinernya pun banyak peminatnya. Jadi selain wisata sejarah, di sini wisata kulinernya patut diintip. Ingin tahu wisata kuliner di Siak, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Istana Siak

Istana Siak

Image Credit: Wikipedia.org

Seperti yang sudah disinggung. Dimana ada Istana Siak yang cukup populer dan menjadi ikon di Siak Sri Indrapura. Di sini ada banyak sekali pedagang makanan yang menyuguhkan aneka makanan khas dan juga makanan lain seperti jagung bakar, es kelapa muda, hingga olahan seafood yang nikmat. Dari pagi hingga sore ada saja pedagang yang berjualan di sekitar Istana.

Paling banyak ditemui adalah tempat makan yang menjadikan udang galah sebagai menu utamanya. Ini merupakan salah satu makanan yang menjadi ciri khas di Siak. Udang galah sendiri merupakan salah satu jenis udang yang berada di air tawar dengan ukuran besar. Saat ke Riau wajib untuk mencoba beragam kuline di sekitar Istana Siak.

Lokasi: Sri indrapura, Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak.

2. Taman Kuliner Lawo

Taman Kuliner Lawo

Image Credit: Facebook.com @tamankulinerlawo

Ini merupakan salah satu tempat wisata kuliner terbaru. Tempat makan ini bisa dikatakan semacam pujasera yang dibangun oleh para pemuda di Siak. Di sini ada banyak sekali makanan khas yang bisa dinikmati. Ada menu pagi dan juga menu malam yang menjadi andalan di sini. Menu pagi dari jam 7 pagi hingga jam 4 sore, sementara menu malam dari jam 4 sore sampai jam 10 malam.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru & Terhits Dikunjungi

Untuk menu pagi yang dijadikan menu favorit adalah Soto Padas. Ini merupakan salah satu makanan khas yang wajib diicip di Taman Kuliner Lawo ini. Makanan ini selalu banyak peminatnya karena memang memiliki rasa yang unik . Masih ada menu lain yang disuguhkan seperti nasi lemak sampai mie ayam di tempat ini. Tentu dengan harga yang sangat murah.

Lokasi: Jl. Mempelu No.2, Kampung Rempak, Kec. Siak, Kab. Siak.

3. Kantin Bude

Kantin Bude

Image Credit: Siskamariaeviline.blogspot.com

Tempat kuliner yang sangat sederhana namun hidangannya luar biasa. Kantin ini masih di area Istana Siak yang populer itu. Meski tempatnya tidak mewah malah terkesan sangat sederhana dan hanya muat 12 orang saja namun masakan di sini tidak bisa diremehkan. Di kantin ini ada kakap merah pedas dan gulai siput yang khas.

Masih ada juga menu bilis jengkol, pepes ikan kembung dan juga beragam menu sayuran dari yang ditumis, gule pare dan masih banyak lagi. Kantin Bude ini tidak boleh dilewatkan karena banyak sekali makanan khas dan unik dari Siak Sri Indrapura yang enak dan wajib dicicipi. Harganya tentu saja sangat bersahabat dengan kantong.

Lokasi: Jl. Datuk Kampar, Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak.

4. Cik Minah

Cik Minah

Image Credit: Djangki.wordpress.com

Ini adalah salah satu tempat wisata kuliner yang memberikan hidangan enak dengan harga terjangkau. Di sini yang menjadi menu andalan adalah seafood khususnya udang. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk menikmati udang galah yang dimasak dengan bumbu khas yang lezat.

CIk Minah ini merupakan salah satu tempat makan yang juga melayani jasa catering. Bisa dikatakan ini merupakan resto yang cukup terkenal di Siak. Meski demikian menu-menu di tempat ini dibanderol dengan harga yang terbilang murah apalagi untuk ukuran resto ternama. Pokoknya kalau ke Siak Sri Indrapura wajib datangi tempat kuliner yang satu ini.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Pekanbaru yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Ss Qasim, Benteng Hilir, Kec. Mempura, Kab. Siak.

5. Wisata Kuliner Lubuk Dalam

Wisata Kuliner Lubuk Dalam

Image Credit: Idntimes.com

Tempat kuliner yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri. Di sini menyediakan beragam makanan dari cemilan hingga hidangan atau masakan khas dari Siak. Mulai dari Bolu Kemojo, Dodol Burung hingga Udang Galah ada di sini. Semua masakan di tempat ini tidak sampai 50 ribu rupiah lho Murah sekali bukan?

Tempat ini buka dari pagi jam 8 sampai jam 9 malam. Masih di sekitaran Siak, Riau. Saat datang ke sini lebih baik ajak teman dan rekan rame-rame terutama saat malam hari. Karena cocok sekali nongkrong di sini sambil menikmati makanan khas yang unik seperti Bolu Kemojo yang menjadi makanan primadona di salah satu tempat di Riau ini.

Lokasi: Desa Yait, Kec. Lubuk Dalam, Kab. Siak.

6. Iga Bakar Cobek

Iga Bakar Cobek

Image Credit: Gojek.com

Selain udang galah, ada satu makanan yang wajib dicoba yakni Iga Bakar Cobek. Siak Sri Indrapura memiliki tempat wisata kuliner yang menyediakan masakan unik tersebut. Makanan ini menjadi viral karena memiliki rasa yang nikmat karena bumbu yang digunakan untuk membakar iga beda dari iga bakar yang lain.

Dikombinasikan dengan sambal cobek khas Riau, hidangan iga bakar cobek ini semakin spesial. Wisata kuliner ini menyuguhkan iga bakar dengan porsi banyak namun harga cukup terjangkau. Wajib coba dan mencicipi makanan enak ini saat jalan-jalan ke Riau ya.

Lokasi: Jl. Gardenia No.12E, Harjosari, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru.

7. Roti Jala Kari Ayam

Image Credit: Tokomesin.com

Pernah tahu roti canai bukan. Nah roti jala tidak jauh berbeda dengan roti canai yang berasal dari India. Di Siak ada roti jala yang juga menjadi ciri khas tersendiri karena rasanya yang enak dan unik. Ini menjadi salah satu makanan khas dan juga bagian dari budaya di Siak.

Jika roti cenai bentuknya persegi dan tipis lalu dilipat-lipat sedemikian rupa. Kalau roti jala bentuknya seperti jala yang digulung menjadi dadar gulung. Untuk menikmati roti jala ini ada kuah kari ayam yang menambah kenikmatan kuliner satu ini.

Lokasi: Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Dumai Terbaru & Terhits Dikunjungi

8. Kuliner Cencaluk

Kuliner Cencaluk

Image Credit: Seringjalan.com

Hidangan khas dari masyarakat sekitar yang berbahan dasar udang. Udang jenis geragau adalah bahan utamanya di sini. Seafood yang terkenal susah untuk didapatkan karena hanya bisa ditemukan di waktu tertentu saja. Ini menjadikan Cencaluk yang merupakan masakan khas Siak ini semakin spesial.

Makanan unik ini proses pembuatnnya sangat lama dan panjang sebelum bisa disajikan dan dinikmati. Udang geragau diolah dengan cara dihaluskan lalu dicampur rata dengan bumbu rempah khas.Penyajiannya dengan bubur dan hanya ada di Siak.

Lokasi: Jl. Sultan Ismail, Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak.

9. Wan Syafariah

Image Credit: Hmzwan.com

Salah satu tempat kuliner khas yang cujup populerdi masyarakat sekitar. Ahli dalam mengolah seafood menjadi hidangan istimewa. Di tempat makan Wan Syafariah ini ada beragam menu seafood yang diolah dengan sangat lezat. Ini merupakan salah satu tempat makan yang cukup terkenal di kabupaten Siak. Udang galah adalah menu andalan di sini.

Banyak pengunjung yang suka dengan cara pemilik tempat kuliner ini membuat udang galah. Rasanya bisa sangat enak di lidah. Meski masuk kategori resto yang cukup populer namun harga hidangan khas di sini cukup murah dan tidak bikin kantong bolong Ada banyak sekali menu seafood yang wajib dicoba di sini.

Lokasi: Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak.

10. Tempat Makan Ikan Salai

Tempat Makan Ikan Salai

Image Credit: Detik.com

Ikan Salai adalah salah satu makanan khas yang enak. Di Siak Sri Indrapura ada salah satu tempat yang menyediakan menu ini dan menjadikan Ikan Salai sebagai menu paling dicari. Ikan Salai di salah satu tempat kuliner Siak Sri Indrapura ini dibumbu dengan perpaduan beragam rempah hingga menjadi hidangan khas.

Tempatnya tidak jauh dari Istana Siak yang terkenal itu. Jika sedang berjalan-jalan dekat dengan Istana Siak maka akan terlihat tempat kuliner yang menjadikan Ikan Salai sebagai menu utamanya. Wajib mampir dan dicoba, ikan salai merupakan seafood yang enak dan tidak ada di tempat lain.

Lokasi: Jl. Buatan – Siak, Buatan II, Kec. Koto Gasib, Kab. Siak.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata kuliner di Siak yang cukup populer dan juga murah. Ada banyak sekali destinasi wisata kuliner yang bisa dicoba. Masakan khas di salah satu tempat di Riau ini sangat istimewa dan enak. Harganya juga tidak ada yang mahal kok. Semuanya lezat dan sangat ekonomis.