Sumatra Utara

10 Wisata Kuliner di Simalungun yang Murah & Enak

Simalungun memiliki beragam kuliner khas yang bisa memanjakan lidah Anda. Ada banyak tempat wisata kuliner enak dan murah di Simalungun yang wajib Anda coba.

Jika Anda akan mengunjungi Provinsi Sumatera Utara, jangan lupa untuk memasukkan Kabupaten Simalungun dalam daftar. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan pesisir Danau Toba tidak kalah memukaunya dengan daerah lain di Sumatera Utara.

Daerah ini mempunyai destinasi wisata yang diunggulkan adalah objek wisata Danau Toba yang dapat Anda nikmati dari Parapat, sebuah daerah di pesisir Danau Toba. Jika Anda mengunjungi Kabupaten Simalungun jangan lupa untuk mencoba kuliner yang berjejer di pesisir Danau Toba yang dapat dinikmati bersama teman atau keluarga.

Mari kita simak kuliner khas yang ada di Simalungun di sepanjang pesisir Danau Toba yang banyak berdiri warung maupun Coffee Shop. Kuliner yang menggugah selera dan tidak menguras kantong Anda karena ditawarkan sangat terjangkau.

1. Hotel dan Restaurant Singgalang

Hotel dan Restaurant Singgalang

Image Credit: Tripadvisor.com

Restaurant Singgalang menyediakan makanan seafood, masakan Nusantara dan China. Tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung karena lokasi yang strategis dekat dengan bibir Danau Toba.

Hampir semua masakan disini menjadi favorit dari para pengunjung. Tetapi yang sering dipesan dan selalu habis adalah masakan seafood dan masakan dari etnis China. Restaurant ini menyediakan makanan yang tidak seharusnya di konsumsi oleh kaum Muslim, jadi jika Anda beragama Islam sebaiknya mengurungkan niat untuk mendatangi kuliner disini.

Jika Anda datang ke daerah Simalungun dan ingin menginap untuk beristirahat serta melepas penat dalam perjalanan, restaurant singgalang menyediakan fasilitas hotel. Hotel tersebut tepat berada di sebelah restaurant. Hotel dan restaurant ini memiliki pelayanan yang sangat baik dan ramah.

Walau tersedia makanan dengan varian yang lengkap, citarasa yang enak Anda mendapatkan semua itu dengan harga yang terjangkau. Sehingga jika liburan tiba dan festival Danau Toba maka tempat kuliner ini bahkan tidak menyisakan 1 kursi kosong karena ramai pengunjung.

Desain hotel dan restaurant ini bergaya vintage sehingga memiliki kenyamanan dengan segala usia. Banyak pengunjung yang menjadikan tempat ini berkumpul bersama keluarga dengan suasana hangat yang ditawarkan.

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja No.52, Prapat, Tiga Raja, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun.

2. Warung Pesona Alam

Warung Pesona Alam

Image Credit: Maps.google.com @dayana indri

Tempat kuliner selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Warung Pesona Alam. Seperti pada umumnya warung banyak menyediakan varian makanan yang menggugah selera Anda. Nasi campur khas tanah Jawa, sampai makanan khas tanah Batak tersedia disini. Jika hanya mampir untuk sekedar bersantai menikmati pemandangan, Anda dapat memesan makanan atau minuman ringan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Asahan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Banyak pengunjung disini yang menikmati pemandangan tenggelamnya matahari ditemani dengan secangkir kopi atau teh. Ada beberapa spot foto yang dapat Anda abadikan.

Anda dapat memilih tempat di dalam atau di teras warung. Di dalam warung terdapat meja dan kursi duduk pada umumnya warung, jika di teras Anda disuguhkan saung-saung yang tidak bersekat sehingga langsung menampakkan pemandangan Danau Toba dengan hamparan perkebunan.

Menikmati pemandangan yang indah ditemani kopi yang khas pastinya akan menambah kesyahduan. Anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkan kopi yang nikmat ini, karena harganya terjangkau.

Lokasi: Jl. Siborong Borong-Parapat, Sibaganding, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun.

3. Panatapan Lamhot Tua

Panatapan Lamhot Tua

Image Credit: Patapan-lamhot-tua.business.site

Panatapan Lamhot Tua memiliki pemandangan langsung ke Danau Toba dan banyak kapal di sekitar lokasi. Jika dilihat dari sekitar tempat kuliner ini, terdapat sebuah batu besar yang menggantung sehingga mempercantik pemandangan.

Disini hanya menyediakan mie instan yang dapat ditambah dengan telor dan kondimen lainnya sesuai selera Anda. Ditemani dengan minuman hangat atau dingin dapat menjadikan Anda enggan beranjak dari tempat duduk.

Walau di daerah wisata, tetapi harga yang ditawarkan di Panatapan Lamhot Tua ini sangat terjangkau dan menerapkan harga yang masih masuk akal. Di dalam tempat makan ini, terdapat menu yang besar dengan daftar harga sehingga Anda dapat memilih menu dengan menyesuaikan budget.

Lokasi: Sibaganding, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun.

4. Wintie Coffeshop-Parapat

Wintie Coffeshop-Parapat

Image Credit: Wintie-coffeeshop.business.site

Sepanjang penatapan parapat banyak berjejer tempat makan dan kopi dengan menawarkan pemandangan Danau Toba yang menawan. Salah satunya adalah Wintie Coffeshop ini, selain pemandangan yang cantik tempat kuliner ini juga di desain untuk kaum muda bersantai.

Bertema kekinian menjadikan Wintie Coffeshop ini primadona diantara tempat kopi yang lain. Pernak pernik dalam Coffee shop ini penuh dengan barang recycle sehingga membuat suasana unik. Menu yang dihidangkan pun cukup menarik hati dan memanjakan lidah para pengunjung.

Dari mie instan sampai makanan khas Batak pun tersedia di menu makanan coffeshop ini. Bagi Anda yang penasaran dengan nasi goreng dengan paduan andaliman dapat dicoba disini, rasanya unik dan menggugah selera.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Langkat yang Murah & Enak

Apabila hanya ingin bersantai, sesuai dengan namanya tempat kuliner ini menyediakan berbagai kopi dengan racikan sendiri. Kopi yang mempunyai banyak penggemar dan selalu dicari adalah kopi robusta. Menu makanan dan minuman disini sangat terjangkau dan dijamin Anda pasti ingin kembali kesini lagi.

Lokasi: Jl. Siborong Borong-Parapat Penatapan, Sibaganding, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun.

5. RM Sederhana

RM Sederhana

Image Credit: Maps.google.com @horumetsu ndk

Walaupun nama tempat kuliner ini sederhana, tetapi rasa yang dihidangkan dalam setiap menu masakannya luar biasa. Masakan Nusantara yang menjadi menu unggulan di tempat ini sangat bervariatif.

Menu Batak sampai menu dari tanah Jawa dapat Anda jumpai disini. Ikan na tinombur atau ikan jahir panggangnya selalu menjadi menu paling dicari oleh pengunjung. Semua yang disajikan disini dijamin halal dan dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Jl. Siborong Borong-Parapat, Tiga Raja, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun.

6. Rumah Makan Islam Murni

Image Credit: Maps.google.com @toni hadi wibowo

Kabupaten Simalungun merupakan bagian daerah yang bermayoritas beragama Kristen, terutama Kristen Batak. Sehingga rumah makan ini mengusung makanan halal bagi kaum Muslim yang singgah maupun yang tinggal di sekitarnya.

Rumah Makan Islami Murni menyediakan menu makanan yang di dominasi rasa pedas dan manis. Pemilik mengembangkan menu yang diadaptasi dari masakan Nusantara sehingga menyesuaikan dengan selera masyarakat sekitar.

Tempat kuliner ini memiliki tempat yang nyaman dan luas, walaupun begitu tetapi pengunjung yang datang sering mengantre. Disini dapat dijadikan tempat berkumpul bersama teman, sanak saudara, maupun dengan keluarga sekaligus menikmati makanan lezat yang dihidangkan.

Lokasi: Jl. Haranggaol No.15, Tiga Raja, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun.

7. Putra Kembar Coffe Shop & Resto

Putra Kembar Coffe Shop & Resto

Image Credit: Putra-kembar-cafe.business.site

Beberapa coffe shop yang berada di sepanjang pesisir Danau Toba tidak ada habisnya untuk dibahas. Selain bersantai ria dengan secangkir kopi, Anda juga dapat menyaksikan sekawanan monyet liar yang berkeliaran di sekitar tempat makan.

Putra kembar Coffee Shop & Resto di desain dengan sederhana tetapi sangat epik untuk menikmati sunrise dan sunset yang ditawarkan oleh menawannya Danau Toba. Bagi sebagian pengunjung, disini merupakan rumah kedua bagi mereka karena begitu nyamannya dan pelayanan yang sangat ramah.

Lokasi: Jl. Panatapan, Sibaganding Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun.

8. Waroenk Pinus Damasus

Waroenk Pinus Damasus

Image Credit: Waroenk-pinus-damasus.business.site

Sesuai dengan namanya tempat kuliner satu ini pengunjung dimanjakan dengan suasana hutan pinus yang terhampar di sekitarnya selain pemandangan dari Danau Toba. Di dalam lokasi ini meja, kursi dan beberapa peralatan makan terbuat dari kayu sehingga membuat suasana hanya dan nyaman.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Gunungsitoli Terbaru & Terhits Dikunjungi

Fasilitas yang dimiliki Waroenk Pinus Damasus cukup lengkap dan bersih. Terdapat parkiran yang luas di depan warung yang menampung banyaknya pengunjung. Suasana yang nyaman mendukung dengan suasana berkumpul bersama teman maupun keluarga.

Berbagai olahan dari seafood seperti ikan, udang, serta kerang tersedia di Waroenk Pinus Damasus. Selain itu, ada menu lainnya seperti olahan ayam dan mie dengan harga yang aman untuk kantong Anda.

Jam operasional di Waroenk Pinus Damasus mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 22.00 WIB. Disini, Anda dapat menyalurkan hobi memancing Anda karena disediakan kolam pancing dengan berbagai macam ikan di dalamnya.

Lokasi: Sibaganding, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun.

9. Rumah Makan dan Warung Kopi Elizabeth

Rumah Makan dan Warung Kopi Elizabeth

Image Credit: Maps.google.com @wanda afriza

Rumah makan yang menyediakan ikan bakar dan ikan goreng dengan berbagai pilihan sambal yang lezat, salah satunya sambal andaliman khas dari tanah Batak yang sangat diunggulkan. Akan lengkap rasanya makanan lezat ini ditemani dengan minuman dingin yang segar khas Rumah Makan dan Warung Kopi Elizabeth.

Tempat yang bersih di dalam maupun di sekitar lokasi sehingga membuat nyaman dengan pelayanan ramah membuat tempat ini tidak sepi pelanggan. Terdapat saung dengan pemandangan langsung menghadap ke Danau Toba menjadi spot favorit pengunjung.

Lokasi: Tiga Raja, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun.

10. Warung Mbak Siti KDI

Warung Mbak Siti KDI

Image Credit: Instagram.com @golap_gondronglapar

Warung dengan menu makanan enak yang halal dengan harga terjangkau dan pemandangan Danau Toba yang teduh menjadi unggulan di tempat makan ini. Menikmati pemandangan daerah parapat yang menawan ditambah angin semilir menambah kesejukan.

Tempat kuliner yang selalu ramai pengunjungnya ini memiliki pelayanan yang sangat ramah dan tempat yang bersih sehingga memanjakan pengunjung yang datang. Tak ada salahnya jika Anda beristirahat disini setelah melakukan perjalanan dalam berlibur.

Menu disini semua unggulan karena rasa yang ditawarkan tidak mengecewakan. Tetapi makanan yang selalu dicari oleh pengunjung disini adalah ayam kampung penyet, mie serta kwetiaw yang disajikan dengan porsi besar.

Lokasi: Jl. Panatapan, Sibaganding, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun.

Inilah beberapa tempat kuliner yang wajib Anda nikmati saat berlibur ke daerah Simalungun terutama di pesisir Danau Toba. Dimanjakan dengan pemandangan Danau Toba yang eksotis dan ditemani dengan kuliner menggugah selera akan menjadikan liburan Anda semakin menyenangkan. Semoga informasi yang Anda dapatkan bermanfaat.