Sumatra Barat

10 Wisata Kuliner di Solok yang Murah & Enak

Solok menyimpan banyak kekayaan kuliner yang masih terjaga hingga sekarang. Inilah deretan wisata kuliner populer di Solok yang murah & enak bisa menjadi rekomendasi Anda saat berkunjung.

Kabupaten Solok terkenal sebagai salah satu daerah penghasil beras di Sumatera Barat. Daerah ini juga menyimpan banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Saat berkunjung ke Solok, Anda juga wajib untuk mencicipi kuliner khas daerah ini. Melengkapi kunjungan Anda ke Solok, ada beberapa makanan khas yang bisa dicoba.

Ragam kuliner khas Solok memang memiliki cita rasa khas masakan Minang. Makanan-makanan dengan rasa pedas yang menggugah selera. Solok juga memiliki banyak makanan khas yang manis dan legit. Kuliner unik dan khas dari Solok dapat dijumpai di beberapa tempat seperti di rumah makan, kawasan wisata, atau di pasar tradisional.

Kabupaten Solok memiliki beberapa makanan khas yang populer seperti kalio, gulai masak hitam, palai bilih, dan masih banyak lagi. Makanan untuk lauk hingga camilan saat sedang bersantai. Jika Anda tertarik, beberapa daftar tempat wisata kuliner di Solok yang murah dan enak berikut ini bisa menjadi referensi Anda.

1. Rumah Makan Kalio Baluik

Rumah Makan Kalio Baluik

Image Credit: Rumah-makan-kalio-baluik.business.site

Salah satu rekomendasi wisata kuliner di daerah Solok adalah mencicipi kuliner lezat yaitu kalio baluik. Kalio memiliki tampilan yang hampir mirip seperti rendang, namun proses memasaknya lebih sederhana dan tidak terlalu lama seperti rendang. Kalio diolah dengan menggunakan belut, namun bisa juga diganti dengan daging ayam atau sapi.

Bumbu yang dibutuhkan adalah cabai merah yang digiling, bawang merah, kunyit, lengkuas, jahe, daun jeruk, dan santan kelapa. Semua bahan dicampur dan dimasak hingga aromanya wangi. Masukan belut atau daging dan biarkan hingga matang dan airnya berkurang.

Resep masakan yang diperoleh dari warisan turun temurun, membuat cita rasa kalio ini sangat khas. Kuliner khas solok yang kaya akan aroma rempah ini sangat lezat untuk lauk nasi hangat.

Lokasi: Jl. Raya Solok-Padang, Koto Baru, Kec. Kubung, Kota Solok.

2. Palai Bilih Rumah Makan Onah

Palai Bilih Rumah Makan Onah

Image Credit: Cookpad.com

Palai bilih merupakan pepes ikan bilih yang menjadi menu favorit di Rumah Makan Onah. Menu ini wajib dicoba saat Anda berkunjung ke kawasan Danau Singkarak. Jenis ikan bilih ini memiliki rasa asli yang sedikit manis dan gurih. Bumbu pepes dibuat dari campuran cabai, asam kandis, kunyit, jahe, dan daun kemangi khas Solok.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pasaman Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Bumbu dimasukan ke kelapa parut untuk kemudian dibalutkan ke ikan bilih. Ikan dibungkus daun pisang dan dibakar hingga matang. Proses pembakaran palai bilih di tempat ini cukup unik karena menggunakan kerikil. Panas yang dihasilkan pun lebih merata dan palai dapat matang sempurna dengan aroma yang wangi.

Menu pepes ikan bilih ini dapat dinikmati dengan nasi hangat. Selain pepes, olahan ikan bilih khas Kabupaten Soloh yang wajib dicoba adalah peyek ikan bilih. Peyek yang gurih dengan sedikit aroma jahe. Makanan tradisional berbahan ikan bilih ini cocok untuk lauk nasi sehari-hari.

Lokasi: Desa Kayu Aro, Kec. Gunung Talang, Kab. Solok.

3. Limpiang Pinyaram

Limpiang Pinyaram

Image Credit: Nusantaranews.co

Kue pinyaram menjadi salah satu jajanan tradisional dari Sumatera Barat. Kabupaten Solok sendiri menyebutnya sebagai limpiang pinyaram. Jajanan yang banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional ini memiliki tampilan seperti ke cucur. Bagian limpiang berwarna putih dan pinyaram memiliki warna kecokelaran dengan bagian tengah yang menonjol.

Limpiang pinyaram merupakan makanan tradisional yang dibuat dari bahan utama yaitu tepung beras. Adonan tepung dicampur dengan gula, garam, dan bahan-bahan pelengkap lainnya. Setelah adonan kental dan tercampur merata, adonan limpiang pinyaram langsung digoreng.

Kuliner khas Solok Selatan ini lebih nikmat untuk disantap selagi masih hangat. Cocok untuk camilan di sore hari dengan secangkir teh atau kopi. Kue yang semakin jarang dijumpai ini sering digunakan untuk sajian saat upacara pernikahan atau upacara adat masyarakat Solok.

Lokasi: Pasar Pandan Air Mati, Kec. Tanjung Harapan, Kota Solok.

4. Gulai Ayam Hitam Kampung Sulit Air

Gulai Ayam Hitam Kampung Sulit Air

Image Credit: Kinciakincia.com

Gulai ayam hitam khas Kabupaten Solok dibuat dengan menggunakan bahan buah galundi. Buah yang menjadi pewarna alami tersebut disangrai dan kemudian ditumbuk hingga halus.

Proses memasak gulai ayam hitam ini tidak jauh berbeda dengan cara membuat gulai pada umumnya. Bumbu gulai yang sudah disiapkan hanya perlu ditambah dengan bubuk galundi. Masakan khas Solok yang berwarna hitam ini memiliki rasa yang gurih dengan daging yang empuk.

Gulai unik ini dibuat dengan resep turun temurun dan biasanya disediakan untuk acara-acara besar. Namun sekarang beberapa rumah makan di Solok sudah menyediakan gulai ayam hitam ini dengan harga yang cukup terjangkau.

Lokasi: Saok Laweh, Kec. Kubung, Kota Solok.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Padang Panjang yang Paling Enak

5. Pangek Pisang Warung Adzkia

Pangek Pisang Warung Adzkia

Image Credit: Inibaru.id

Solok juga memiliki kudapan manis yang khas yaitu pangek pisang. Olahan pisang kepok tersebut dulu sering dibuat untuk kegiatan adat seperti pengangkatan tokoh adat, pesta pernikahan, atau untuk bulan puasa. Namun, sekarang makanan ini dapat dinikmati kapan saja untuk camilan.

Masyarakat Solok sendiri biasanya menikmati pangek pisang dengan nasi lamak, lamang ketan, maupun lupis. Pangek pisang memiliki rasa manis dan gurih dari campuran gula dan santan kelapa. Panganan khas Solok ini tidak begitu rumit untuk proses pembuatannya.

Bahan-bahan untuk pangek pisang antara lain pisang kepok, kunyit halus, vanili, garam, daun pandang, dan santan kelapa. Pisang kepok dikupas dan kemudian ditumpuk di dalam kuali untuk dikukus. Bahan-bahan lainnya dicampur dan selanjutnya disiram ke atas pisang yang akan dikukus. Diamkan hingga pangek matang dan santannya kering.

Lokasi: Lundang, Kec. Sungai Pagu, Kab. Solok Selatan.

6. Dendeng Pucuk Ubi

Dendeng Pucuk Ubi

Image Credit: Shopee.co.id

Saat berkunjung ke daerah Solok seperti kawasan Saribu Rumah Gadang, ada kuliner khas yang bisa Anda coba yaitu dendeng pucuk ubi. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang cukup gurih dan cocok untuk teman nasi. Dendeng yang biasa menggunakan daging sapi diganti dengan daun singkong yang diambil bagian pucuknya.

Daun singkong yang masih muda dibersihkan akan direbus dan kemudian diiris kecil. Selanjutnya daun singkong dicampur dengan tepung terigu, telur, dan garam. Setelah diaduk rata, dicampur lagi dengan kaldu ayam. Daun singkong siap dimasak menjadi dendeng khas Solok yang lezat dan unik.

Dendeng pucuk ubi rasanya enak dan sedap seperti dendeng biasa. Cocok untuk disantap bersama nasi hangat. Jika ingin lebih lezat dan nikmat, dendeng pucuk ubi ini juga bisa dicampur dengan daging sapi. Dendeng pucuk ubi ini dapat menjadi oleh-oleh saat berkunjung ke daerah Solok.

Lokasi: Kec. Sungai Pagu, Kab. Solok Selatan.

7. Ampiang Dadiah Pasar Alahan Panjang

Ampiang Dadiah Pasar Alahan Panjang

Image Credit: Kompasiana.com

Kuliner khas Solok yang lezat ini terbuat dari beras pulut untuk ampiang, susu fermentasi dan gula tebu untuk dadiah. Masyarakat Minangkabau membuat ampiang dengan cara menumbuk beras pulut hingga hancur. Beras yang akan ditumbuk terlebih dulu direbus atau disangrai.

Sedangkan untuk dadiah terbuat dari susu fermentasi, bisa menggunakan susu sapi atau susu kerbau. Proses fermentasi dilakukan secara tradisional sehingga rasanya sangat khas. Penyajiannya adalah dengan memasukan ampiang dan dadiah ke dalam mangkuk. Siram dengan gulo saka atau manisan gula khas Minang dan kelapa parut.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Dharmasraya yang Murah & Enak

Ampiang dadiah memiliki rasa yang manis dan gurih, juga tinggi nutrisi. Namun makanan ini tidak bisa ditemukan di semua daerah Solok. Jika ingin mencicipi kelezatan ampiang dadiah, silahkan datang ke Pasar Alahan Panjang. Panganan yang enak ini dapat dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau.

Lokasi: Nagari Aie Dingin, Kec. Lembah Gumanti, Kab.  Solok.

8. Ayam Kampung Lado Hijau

Ayam Lado Hijau

Image Credit: Sahabatnestle.co.id

Kuliner yang bisa Anda coba saat berkunjung ke solok adalah ayam kampuang lado hijau. Makanan ini dapat dijumpai di beberapa rumah makan di Solok seperti Rumah Makan Sungai Kalu.

Daging ayam kampung yang empuk dan bumbu rempah-rempah yang hangat dapat dinikmati dari sajian kuliner khas Solok ini. Selain memiliki rasa pedas, menu makanan ini juga sedikit asam sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa pedas yang segar.

Lokasi: Jl. Raya Muara Labuh, Pakan Rabaa Utara, Kec. Koto Parik Gadang Diateh, Kab. Solok Selatan.

9. Gelamai

Gelamai

Image Credit: Newswantara.com

Gelamai merupakan makanan dari tanah Minang yang dibuat dari tepung beras ketan yang dicampur santan dan gula aren. Gelamai bisa dikatakan sebagai jenang atau dodol khas dari Solok. Makanan tradisional ini memiliki tampilan mengkilap karena menggunakan santan dengan warna cokelat yang menggoda.

Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Biasanya bahan-bahan gelamai dimasak dengan kuali besar di atas bara api. Rasanya legit dengan tekstur yang sedikit lengket. Jajanan manis ini cocok untuk kudapan saat santai dengan ditemani secangkir teh. Gelamai juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk Anda bawa pulang.

Lokasi: Kota Solok.

10. Kopi Solok Selatan

Kopi Solok Selatan

Image Credit: Shopee.co.id

Saat berkunjung ke Kabupaten Solok Selatan, olahan kopi asli tanah minang bisa menjadi rekomendasi wisata kuliner untuk Anda. Kopi Solok memiliki rasa yang sedikit asam dan manis cokelat. Setiap daerah memang menghasilkan kopi dengan cita rasa yang unik dan berbeda-beda.

Kopi dengan aroma rempah yang cukup kuat ini dapat menjadi minuman hangat saat Anda berada di daerah puncak Bangun Rejo. Selain itu, kopi ini juga banyak dijadikan oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang.

Lokasi: Lubuk Gadang Selatan, Kec. Sangir, Kab. Solok.

Itulah beberapa rekomendasi untuk Anda yang tertarik untuk berburu kuliner di Solok. Kabupaten yang terkenal dengan berasnya ini tentu masih memiliki banyak kuliner khas Minang yang enak dan murah.